KOMPASbola

KOMPASbola


Soldado Tak Percaya Masuk Skuad El Matador

Posted: 04 Jun 2013 09:05 PM PDT

KOMPAS.com — Roberto Soldado mengakui dirinya tak percaya bisa masuk skuad Spanyol untuk Piala Konfederasi. Striker Valencia ini pun merasa seperti sebuah mimpi ketika tahu pelatih akan membawanya ke Brasil untuk memperkuat La Furia Roja.

Soldado merupakan satu dari tiga nama yang akan dicoret oleh pelatih Vicente del Bosque dari total 26 daftar sementara skuad El Matador untuk Piala Konfederasi. Akan tetapi, dengan pengunduran diri Xabi Alonso yang dibekap cedera, Del Bosque malah memilih penyerang berusia 28 tahun ini dan meninggalkan dua gelandang lainnya, Javi Garcia dan Benat Etxebarria.

"Jika saya jujur, saya tak yakin. Kompetisi sangat tinggi dan saya senang bisa masuk daftar terakhir," ujar Soldado, Selasa (4/6/2013).

"Saya ingin memberikan dorongan kepada mereka yang ditinggalkan. Tak ada yang akan diberikan di tim nasional karena mereka adalah juara dunia dan Eropa.

"Bagiku ini sebuah mimpi berada di sini, saya sangat senang. Berada di sini selalu spesial, terutama ketika Anda bermain di turnamen besar seperti Piala Konfederasi."

Soldado akan bekerja di bawah kepemimpinan pelatih baru di Valencia setelah Ernesto Valverde memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya. Miroslav Djukic akan masuk untuk menggantikannya.

"Saya memperbarui dan saya ingin bertahan di Valencia untuk kembali ke tim di Liga champions. Mengenai Djukic, dia datang dengan antusiasme dan mendapatkan hasil yang mana kami semua inginkan."

Aturan Baru Anti-Rasialisme di Italia

Posted: 04 Jun 2013 07:09 PM PDT

ROMA, KOMPAS.com — Asosiasi Sepak Bola Italia (FIGC) memperkenalkan peraturan baru untuk melawan rasialisme di Italia. Aturan ini mencakup adanya larangan bertanding sebanyak 10 kali dan penutupan stadion bagi klub yang terbukti melakukan pelanggaran.

Menurut situs Football Italia, pertemuan yang diadakan pada hari Selasa (4/6/2013) waktu setempat telah melakukan penyesuaian dengan sanksi baru yang ditetapkan oleh Asosiasi Sepak Bola Eropa UEFA. Dalam aturan baru disebutkan bahwa individu yang "menghina martabat satu orang atau sekelompok yang menyangkut warna kulit, ras, agama, atau etnis akan menerima larangan setidaknya 10 pertandingan atau sanksi lain yang dianggap layak".

Sanksi 10 pertandingan ini dua kali lipat lebih berat dibanding peraturan yang ditetapkan pada tahun 2012 yang hanya mengenakan larangan minimal lima pertandingan. Sementara jika yang melakukan pelanggaran adalah suporter, klub yang bersangkutan akan mendapat hukuman minimal penutupan sebagian area stadion.

Jika terjadi pelanggaran kedua, klub bersangkutan akan terkena denda sebesar 50.000 euro dan harus bermain tanpa penonton. Pelanggaran berikutnya akan diberi konsekuensi berupa lebih dari satu pertandingan tanpa penonton, tidak diberi izin bertanding, pengurangan angka, hingga diskualifikasi dari kompetisi.

Sementara itu, jika dalam sebuah pertandingan wasit melakukan penundaan karena perlakuan rasialis sebuah klub, klub lawan akan diberi kemenangan.

Masalah rasialisme memang menjadi isu yang cukup hangat di kompetisi Serie-A. Beberapa contohnya terjadi pada dua pemain AC Milan Kevin-Prince Boateng dan Mario Balotelli yang pernah lebih dari satu kali mendapat cemoohan bernada rasial dari suporter lawan saat bertanding.

Koscielny Ancam Pergi jika Arsenal "Puasa" Lagi

Posted: 04 Jun 2013 06:47 PM PDT

LONDON, KOMPAS.com — Bek Arsenal, Laurent Koscielny, mengancam bakal hengkang jika klub tak memiliki ambisi besar untuk memenangi gelar. Koscielny sebenarnya betah di Arsenal, tetapi pihak klub juga harus berjuang demi menghapus catatan buruk delapan musim tanpa trofi.

Arsenal terakhir kali menjadi juara pada 2005 saat merengkuh gelar Piala FA. Setelah itu, prestasi Arsenal "konsisten" dengan hanya berada di empat besar Premier League, tetapi tanpa sekali pun meraih gelar.

"Aku merasa baik di Arsenal. Jika kami memiliki ambisi untuk melawan tim lain, tentu saja aku ingin bertahan di sini," kata Koscielny kepada Eurosport.

"Sulit secara psikologis. Kami terus tertekan karena jika Arsenal tidak lolos ke Liga Champions, itu akan menjadi bencana. Sulit untuk tidak memenangkan gelar tahun demi tahun," lanjutnya.

"Kami adalah pesaing, profesional, ingin menang. Aku ingin menambah daftar prestasiku. Jika Arsenal tidak bisa mewujudkannya, aku akan mencari di tempat lain," ancam Koscielny.

Selama delapan musim terakhir, Arsenal sering ditinggal para pemain andalannya karena trofi yang tak kunjung datang ke Stadion Emirates. Pemain-pemain seperti Samir Nasri, Gael Clichy, Cesc Fabregas, dan Robin van Persie pada akhirnya memilih pindah dan ironisnya malah mendapat trofi di klub baru mereka masing-masing.

Rosicky Takkan Tinggalkan Arsenal

Posted: 04 Jun 2013 06:36 PM PDT

LONDON, KOMPAS.com — Gelandang Arsenal Tomas Rosicky (32) membantah kabar yang mengatakan ia akan meninggalkan klub London tersebut pada musim panas ini. Sempat tersiar kabar bahwa Rosicky akan hengkang ke klub yang membesarkan namanya, Sparta Praha.

"Setelah musim ini berakhir, aku bicara dengan pelatih dan Arsenal ternyata menginginkanku untuk tinggal. Memang kita tak akan tahu apa yang akan terjadi ke depan, tetapi aku akan tetap di Arsenal. Belum ada rencana kembali ke Sparta Praha," jelas gelandang asal Ceko ini pada situs fotbal.idnes.cz.

Rosicky bergabung dengan The Gunners pada musim panas 2006 setelah memperkuat tim Jerman, Borussia Dortmund. Kini ia masih punya sisa kontrak semusim lagi bersama tim asuhan Arsene Wenger tersebut.

"Aku masih memiliki sisa setahun di kontrak dan tak berpikir untuk pergi. Pelatih sudah mengatakan bahwa ia mengandalkanku," tambah Rosicky. 

Kesal, Presiden Genoa Rusak Kamera Wartawan

Posted: 04 Jun 2013 06:33 PM PDT

GENOA, KOMPAS.com — Presiden Genoa, Enrico Preziosi, merampas dan merusak kamera seorang wartawan Secolo XIX di depan umum. Meski sudah meminta maaf, Preziosi mengaku akan kembali melakukan hal tersebut jika para wartawan dianggap bertindak di luar batas.

Kejadian itu bermula ketika ada beberapa wartawan yang menanyakan Preziosi soal rumor penjualan klub kepada Presiden Varese, Antonio Rosati. Kesal dengan pertanyaan wartawan, Preziosi lantas mendatangi seorang wartawan Secolo XIX dan kemudian merampas serta membanting kamera sang wartawan hingga rusak.

"Saya sudah minta maaf dan akan membayar ganti rugi untuk kamera itu. Namun, tindakan wartawan itu tidak benar menyergap orang. Reaksi saya mungkin dikritik, tetapi saya menderita lebih buruk," jelas Preziosi kepada TGCom.

"Saya tidak bisa menerima seseorang mengambil gambar saya secara rahasia dan kemudian menyergap saya. Dalam konteks itu, saya memang akan melakukannya lagi," ancamnya.

Preziosi kemudian mengecam laporan media yang mengatakan ia sedang bernegosiasi untuk menjual Genoa kepada Presiden Varese, Antonio Rosati, yang kini telah resmi dinobatkan sebagai wakil presiden eksekutif Genoa.

"Saya terpana oleh kebohongan yang disebarkan. Rosati akan bergabung dengan klub, tetapi sama sekali tidak ada pertukaran atau penjualan saham. Saya tidak akan menjual klub," tegasnya.

"Kami melihat di halaman depan dengan wajah Rosati adalah presiden baru Genoa. Itu tidak benar. Kami hanya akan memperkuat skuad. Setiap hari di Genoa, wartawan terus menciptakan sesuatu yang membuat saya marah," tuturnya.

"Saya hanya mengganti direktur Pietro Lo Monaco dengan Rosati. Ia akan meninggalkan jabatan Presiden Varese karena dua posisi yang bertentangan," jelasnya.

"Blanc Segera Latih AS Roma"

Posted: 04 Jun 2013 06:30 PM PDT

ROMA, KOMPAS.com — Pelatih tim nasional Perancis, Didier Deschamps, yakin Laurent Blanc akan segera menjadi pelatih baru AS Roma. Menurut Deschamps, dalam waktu dekat, peresmian Blanc sebagai pelatih Roma akan segera diumumkan.

I Giallorossi sedang sibuk mencari pelatih untuk membesut Francesco Totti dkk pada musim depan. Beberapa nama seperti Blanc, Marcelo Bielsa, dan Massimiliano Allegri santer dikaitkan dengan klub asal ibu kota Italia itu.

Namun, Deschamps ternyata buka suara mengenai calon pelatih Roma. Deschamps yang berteman baik dengan Blanc mengakui rekannya itu sedang membicarakan kemungkinan melatih di Roma.

"Sebelum mengatakan lebih banyak, saya hanya ingin menunggu peresmiannya. Tetapi, saya tahu Roma dan Blanc sedang dalam tahap pembicaraan," ucap Deschamps.

"Blanc ingin menjadi pelatih Roma dan itu adalah kesempatan baru untuknya. Roma merupakan klub bagus meskipun ada tekanan di sekitar klub itu. Jika ada pengumuman resmi, saya akan sangat senang Blanc melatih Roma," lanjutnya.

Blanc pernah melatih dua tim setelah pensiun dari lapangan hijau. Pada 2007 sampai 2010, Blanc membesut Girondins Bordeaux dan sukses membawa klub tersebut menjadi juara Ligue 1 musim 2008-09. Setelah itu, Blanc menangani tim nasional Perancis dari 2010 hingga 2012.

Madrid: Tak Ada Tawaran dari Juventus untuk Higuain

Posted: 04 Jun 2013 06:28 PM PDT

KOMPAS.com — Real Madrid menegaskan bahwa mereka tak menerima tawaran dari Juventus untuk striker internasional Argentina, Gonzalo Higuain. Selain itu, dikatakan bahwa sang pemain pun tak pernah mengutarakan niatnya untuk angkat kaki dari Santiago Bernabeu.

"Kami tak pernah menerima sebuah penawaran untuknya dan dia pun tak pernah mengatakan kepadaku bahwa dia ingin pergi," ujar Presiden Madrid, Florentino Perez, Selasa (4/6/2013).

"Tak mudah pergi jika klubmu tak ingin membiarkanmu pergi. Akan tetapi, Juventus merupakan tim yang punya hubungan persahabatan dengan kami.

"Jika mereka tertarik, kami bisa bicarakan. Saya akan berbicara dengan pemain pada hari Minggu dan kemudian kami akan membuat keputusan. Jika dia pergi, itu bukan untuk alasan ekonomi."

Gazzetta dello Sport mengklaim bahwa kedua kubu akan berdiskusi mengenai transfer sang pemain pada 9 Juni mendatang. Pada saat itu, akan diadakan pertandingan antara Juventus dengan Madrid di Santiago Bernabeu dalam event bertajuk Corazon Classic Match, yang mempertemukan legenda Madrid dan Juventus.

Madrid mematok harga Higuain sekitar 30 juta euro. Tetapi, juara Italia tersebut tampaknya tak ingin mengeluarkan dana lebih dari 22 juta euro untuk membeli Higuain.

Sebelumnya, Madrid juga sudah mengatakan bahwa Juventus belum pernah ajukan penawaran secara resmi. Tetapi, beredar kabar jika Juventus telah mengadakan penbicaraan dengan agen Higuain tentang kemungkinan perpindahan pada musim panas ini.

Bomber Tajam Spanyol Tolak Klub Premier League

Posted: 04 Jun 2013 06:07 PM PDT

SEVILLA, KOMPAS.com — Sevilla menolak proposal sebesar 17 juta euro atau setara Rp 217 miliar yang diajukan West Ham United untuk meminang striker Alvaro Negredo. Sevilla menganggap Negredo sebagai pemain penting dan masih memiliki kontrak jangka panjang di Ramon Sanchez Pizjuan, markas Sevilla.

Musim ini, Negredo tampil memikat bersama Sevilla. Pemain didikan akademi Real Madrid itu mencetak rekor gol pribadi selama sembilan musim berkiprah di Liga BBVA. Dari 36 pertandingan, Negredo sukses menjaringkan 25 gol.

Ketajaman Negredo mengundang minat banyak klub Eropa, di antaranya West Ham. The Hammers pun mengajukan dana besar yang kemudian ditolak mentah-mentah kubu Sevilla.

"Negredo masih memiliki kontrak empat musim di Sevilla. Rumahnya di sini. Ia mencetak banyak gol dan membuat kami senang dengan kemampuannya," jelas Presiden Sevilla, Jose Maria del Nido.

"West Ham menawar 17 juta euro dalam bentuk uang tunai dan bonus. Tetapi, kami tak memberikan harga tawaran dan Negredo juga menolak (pindah ke West Ham)," lanjutnya.

No comments:

Post a Comment