KOMPAStekno

KOMPAStekno


Asal Usul Nama Google dan Fakta Unik Lainnya

Posted: 07 Jun 2013 01:01 PM PDT

KOMPAS.com — Ada banyak cerita dan pemberitaan media yang menarik seputar Google. Namun ternyata, masih ada fakta-fakta unik yang belum diketahui oleh banyak orang tentang perusahaan tersebut. Fakta-fakta tersebut ditampilkan dalam situs tanya jawab Quora. Berikut beberapa fakta unik yang menarik.

Nama Google lahir karena "kecelakaan". Sejarah Google dimulai dari proyek yang dikerjakan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada 1996. Saat itu, kedua mahasiswa pascasarjana di Stanford University itu berkolaborasi mengembangkan mesin pencari bernama BackRub, yang dioperasikan menggunakan server di kampus mereka.

Pada 1997, Larry dan Sergey mengganti nama BackRub menjadi Googol. "Googol" merupakan istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol. Nama ini diambil untuk menjelaskan misi Google sebagai gudang informasi tak terbatas di internet.

Akan tetapi, para investor rupanya salah mengeja nama Googol menjadi Google, dan telanjur menuliskannya dalam cek. Hal itu membuat Brin dan Page akhirnya "mentok" menggunakan nama Google untuk mesin pencari mereka.

Google merupakan salah satu perusahaan digital yang gencar mengakuisisi startup yang berpotensi. Di antaranya, YouTube, Android, Motorola Mobility, Pyra Labs yang mengembangkan Blogger, serta Keyhole Inc yang melahirkan layanan Google Maps dan Google Earth.

Hingga kini, sudah ada ratusan startup (perusahaan rintisan) yang diakuisisi oleh Google. Sejak 2010, jika dirata-rata, maka Google telah mengakuisisi lebih dari satu perusahaan setiap minggu.

Halaman muka Google tampil bersih sejak kali pertama beroperasi karena dulu kedua pendirinya tidak menguasai HTML. Page dan Brin juga menginginkan mesin pencari dengan antarmuka yang ringkas. Karena itu, pencarian melalui Google dibuat sederhana. Pengguna cukup menekan tombol Enter setelah memasukkan kata kunci pencariannya.

Hingga kini, tampilan homepage Google yang bersih, hanya menampilkan logo dan kotak pencarian, tetap dipertahankan.

Masih ada fakta-fakta menarik lainnya. Indeks pencarian Google memiliki ukuran raksasa, yakni lebih dari 100 juta gigabyte. Dengan kata lain, butuh lebih dari 100.000 hard disk personal berukuran 1 terabyte untuk menyimpan indeks pencarian itu.

Untuk menampilkan informasi pada aplikasi Street View yang merupakan bagian dari Google Maps, jika ditotal, maka Google telah memotret jalan sepanjang 5 juta mil atau 8,046 juta km.

Pada tahun 2012, Google telah menemukan lebih dari 30 triliun URL unik di web. Coba bandingkan dengan jumlah URL unik pada tahun 2008, yang hanya berjumlah 1 triliun!

Satu lagi fakta unik tentang Google. Perusahaan ini dikenal sebagai perusahaan digital paling besar dan paling penting di dunia. Namun ternyata, masih ada kesalahan kode di halaman muka Google. Kalau tidak percaya, sila cek tautan ini.

Indonesia dan Malaysia Garap Game Bareng

Posted: 07 Jun 2013 09:58 AM PDT

KOMPAS.com - Perusahaan pengembang game Indonesia, Nightspade, telah menjalin kerjasama dengan developer asal Malaysia, Nerdook. Keduanya akan segera merilis game berjudul Nuclear Outrun. Nantinya, game tersebut bisa dimainkan di perangkat berbasis iOS, seperti iPhone, iPad, dan iPod Touch.

Nuclear Outrun merupakan game kasual tembak-tembakan (shooter) yang menceritakan sebuah pelarian di akhir zaman. Pemain akan menjalankan sebuah karakter yang sedang melarikan diri sejauh mungkin dari sebuah kota sebelum sebuah misil nuklir menghantam kota tersebut.

Dalam pelariannya ini, pemain bisa menggunakan senjata untuk menembak zombie-zombie yang menghalangi perjalanan. Pemain juga harus menyelamatkan warga kota yang berhasil bertahan, seperti Cheerleader, Mime, dan Hipster. Para warga kota tersebut memiliki berbagai keahlian yang dapat membantu si pemain melarikan diri.

Game ini sendiri sebenarnya merupakan versi remake (pembuatan ulang) dari game dengan judul yang sama, buatan developer game asal Malaysia, Nerdook Production. Nighstpade dan Nerdook bahu-membahu untuk merombak ulang game ini. Ia telah dipercantik tampilannya, ditambahkan senjata dan kendaraan, dan sistem koleksi survivor (orang yang selamat) pun telah diperbarui.

Game tersebut akan dirilis di bawah nama publisher Gamenauts, perusahaan yang juga mem-publish game untuk Android dan iOS, Ninja Fishing.

Nuclear Outrun rencananya akan mulai tersedia di Apple App Store mulai Juli 2013. Belum diketahui apakah game itu akan berbayar atau tidak.

Merrifield di Smartphone, Bay Trail di Tablet

Posted: 07 Jun 2013 09:23 AM PDT

TAIPEI, KOMPAS.com - Dunia gadget mobile yang berkembang sangat cepat menuntut para pemain yang terlibat di dalamnya mengikuti laju teknologi agar tidak tertinggal kompetisi.

Tak terkecuali Intel yang pada ajang Computex 2013 di Taiwan mengumumkan jadwal kedatangan prosesor-prosesor gadget generasi berikutnya.

Mulai tahun depan, Intel akan mengandalkan arsitektur "Silvermont" dengan teknologi fabrikasi 22nm yang akan terwujud dalam bentuk prosesor "Bay Trail" untuk tablet dan "Merrifield" yang ditujukan untuk smartphone. Kedua prosesor akan mengusung nama Atom yang selama ini memang digunakan Intel untuk SoC gadget buatan Intel.

Pada awal 2014, perangkat smartphone pertama dengan prosesor Merrifield" disebut sudah akan mulai beredar di pasaran.

"Pengirimannya ke konsumen akan start mulai akhir tahun ini," ujar General Manager Mobile and Communications Group Intel Hermal Eul dalam acara "Intel Inside Mobile" di Hotel Grand Hyatt Taipei, Rabu (5/6/2013), seperti dilaporkan wartawan KompasTekno Oik Yusuf.

Merrifield

Dengan arsitektur Silvermont, Intel mengklaim Merrifield akan memberikan peningkatan performa smartphone hingga 50 persen dibandingkan prosesor generasi sebelumnya, di samping daya tahan baterai yang lebih lama dan kemampuan kamera yang lebih baik.

"Kami memiliki keunggulan dari segi arsitektur, brand, dan proses fabrikasi. Tak ada produsen lain yang mampu menerapkan peningkatan ini," imbuh Eul, sambil menambahkan bahwa prosesor dual-core dari Intel bisa berjalan sama cepatnya dengan produk quad-core dari pesaing.

Bay Trail

Adapun Bay Trail yang akan ditanam di produk-produk tablet dijadwalkan sudah mulai beredar pada kuartal keempat 2013. Prosesor ini dijanjikan bakal memberi peningkatan performa hingga 2 kali lipat dibandingkan pendahulunya, serta mendukung sistem operasi Windows 8.1 dan Android.

Bay Trail akan menggantikan Clover Trail yang antara lain dipakai pada smartphone Lenovo K900 dan Galaxy Tab 3 dari Samsung (Atom 2560) yang kehadirannya baru diumumkan oleh Intel.

Ikuti perkembangan berita ini di topik:
Computex 2013

Sony Siapkan Xperia Z "Android Murni"

Posted: 07 Jun 2013 08:20 AM PDT

KOMPAS.com - Setelah Samsung dan HTC, Sony sepertinya tak mau ketinggalan meluncurkan smartphone Android "Google Edition".

Sony dikabarkan akan merilis Xperia Z dengan sistem operasi Android murni, tanpa antarmuka buatan Sony dan aplikasi-aplikasi bawaan (bloatware). Ponsel Android ini biasa disebut Google Edition atau Nexus Edition.

Berita ini pertama kali dilansir situs AndroidGeeks yang mendapat bocoran dari orang dalam Sony yang menolak disebut namanya.

Xperia Z versi Nexus ini, yang akan dibekali dengan Android 4.2.2 Jelly Bean atau bisa juga Android 4.3, disebutkan akan dirilis pada bulan Juli mendatang.

Jika rumor ini benar maka akan ada tiga Android Google Edition yang hadir di pasaran. Dua ponsel Android polos lainnya, adalah Galaxy S4 dan HTC One.

Sony sebenarnya merupakan vendor pertama yang menerapkan Android murni di smartphone-nya. Program Android Open Source Project (AOSP) yang diinisiasi oleh Sony ini telah berhasil menyuntikkan Android murni ke Xperia Z.

Namun, hasil percobaan tersebut urung dipasarkan massal karena dianggap dapat membingungkan penggunanya. Melihat antusias konsumen terhadap ponsel Android Google Edition, Sony pun berubah pikiran.

Sebagai informasi, kelebihan dari penggunaan Android murni ini adalah apabila ada Android versi baru, ponsel Google Edition bisa langsung mendapatkannya, tanpa perlu menunggu lama.

Jika menggunakan antarmuka bawaan vendor, pengguna harus menunggu lama untuk mendapatkan update. Hal tersebut dapat terjadi karena biasanya perusahaan harus melakukan uji kompatibilitas antara skin dan sistem operasi baru.

Berita, harga, dan review Sony Xperia Z dapat diikuti dari topik:
Xperia Z

BlackBerry A10, Penerus Z10 Meluncur November

Posted: 07 Jun 2013 06:59 AM PDT

KOMPAS.com - Pada akhir Maret 2013, CEO BlackBerry Thorsten Heins pernah mengungkapkan, setelah BlackBerry Z10 dan Q10, perusahaan asal Kanada ini akan meluncurkan empat seri tambahan lagi. Salah satunya merupakan produk yang akan masuk ke jajaran high-end.

Belum lama ini, seri high-end yang masih dirahasiakan tersebut akhirnya terungkap. Kabarnya, produk ini akan diberi nama BlackBerry A10.

Dikutip dari Cnet, Jumat (7/6/2013), BlackBerry A10 ini nantinya akan menjadi seri penerus dari Z10. Ia akan dilengkapi layar full touch, sama seperti Z10.

BlackBerry A10 akan berada di urutan teratas alias produk berbasis BlackBerry 10 paling high-end, menggeser saudara tuanya, Z10 dan Q10 ke kelas menengah. Sedangkan produk Q5 yang baru saja diperkenalkan pada pertengahan Mei ini akan hadir sebagai strata terbawah/termurah di lini produk BlackBerry 10.

BlackBerry sendiri sebenarnya sudah akan memperkenalkan perangkat ini pada konferensi BlackBerry Live pada pertengahan Mei 2013, tetapi mereka belum siap untuk pengumuman tersebut. Hal tersebut diperkirakan karena BlackBerry tidak mau "menutupi" kemeriahan peluncuran perangkat dengan keyboard fisik Q10 pada bulan tersebut.

Perangkat tersebut kabarnya sudah sangat menarik perhatian salah satu operator Amerika Serikat, Sprint Nextel. Rumornya, operator tersebut sudah akan menjual perangkat ini pada bulan November 2013.

Sekadar informasi, Sprint merupakan salah satu operator di Amerika Serikat yang memutuskan untuk tidak menjual produk Z10. Seorang sumber membeberkan, Sprint mengambil keputusan tersebut karena lebih ingin menunggu kehadiran A10.

Spesifikasi dari A10 belum diketahui. Namun, dikatakan bahwa A10 sebenarnya memiliki nama kode Aristo yang sempat ramai dibicarakan pada tahun lalu. Perangkat tersebut dirumorkan memiliki prosesor quad-core 1,5GHz Krait buatan Qualcomm, layar sentuh OLED 4,65 inci, dan fitur jaringan LTE.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
BlackBerry 10

No comments:

Post a Comment