KOMPASbola

KOMPASbola


Gulung Tahiti 8-0, Uruguay Tantang Brasil di Semifinal

Posted: 23 Jun 2013 09:06 PM PDT

RECIFE, KOMPAS.com - Uruguay lolos ke semifinal Piala Konfederasi 2013, setelah menghajar Tahiti 8-0 pada laga terakhir Grup B, Minggu atau Senin (24/6/2013) dini hari WIB. Di final, mereka harus berhadapan dengan tuan rumah, Brasil.

Uruguay langsung mencetak gol pada serangan pertama mereka. Berawal dari tendangan Nicolas Lodeiro, bola kemudian dilanjutkan oleh Andres Scotti ke depan gawanng. Abel Hernandez dengan mudah menanduknya dan mengarahkan bola ke gawang Tahiti tanpa bisa dihalau kiper Gilbert Meriel.

Setelah itu, Tahiti berusaha mencoba lebih hati-hati dan ketat dalam bertahan. Sehingga, Uruguay kesulitan menambah gol, meski tetap mampu membuat beberapa peluang.

Pada menit ke-24, Uruguay baru bisa menambah gol. Lagi-lagi, Hernandez pelakunya. Ia dengan baik memanfaatkan assist Lodeiro. Tiga menit kemudian, giliran Diego Perez yang membobol gawang Tahiti, memanfaatkan umpan Walter Gargano.

Tahiti bukan tanpa ancaman. Pada menit ke-38, Marama Vahirua melepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti. Sayang, tendangan kerasnya belum mampu mengarahkan bola ke gawang, sedikit meleset ke kanan.

Babak pertama hampir berakhir, Uruguay menambah gol lewat Abel Hernandez lagi, hingga unggul 4-0.

Memasuki babak kedua, Uruguay mencoba kembali menekan. Mereka agak terpukul, setelah Scotti terkena kartu merah. Tahiti mencoba menekan. Namun, mereka juga kehilangan satu pemain juga, setelah Ludivion mendapat kartu merah pada menit ke-59.

Uruguay pun kembali mendominasi. Lodeiro kemudian menambah gol pada menit ke-61, lalu Hernadnez mencetak gol keempatnya pada menit ke-67. Di 10 menit terakhir, Luiz Suarez memastikan kemenangan Uruguay 8-0, setelah mencetak gol pada menit ke-82 dan 90.

Susunan Pemain
Uruguay:
23-Martin Silva; 4-Sebastian Coates, 5-Walter Gargano, 6-Alvaro Pereira, 8-Sebastian Eguren; 11-Abel Hernandez, 13-Matias Aguirregaray, 14-Nicolas Lodeiro, 15-Diego Perez, 18-Gaston Ramirez; 19-Andres Scotti.

Tahiti: 22-Gilbert Meriel; 3-Marama Vahirua, 4-Teheivarii Ludivion, 6-Henri Caroine, 10-Nicolas Vallar; 13-Steevy Chong Hue, 15-L.Tehau (11-Stanley Atani 71), 16-Ricky Aitamai (12-Edson Lemaire 53), 17-Jonathan Tehau; 19-Simon Vincent, 21-Samuel Hnanyine (18-Tihoni Yohann 88)

Wasit: Pedro Proenca (Portugal)

Sempurna, Spanyol Bertemu Italia di Semifinal

Posted: 23 Jun 2013 09:00 PM PDT

FORTALEZA, KOMPAS.com - Spanyol tampil sempurna di Grup B Piala Konfederasi. Mereka mengumpulkan nilai 9 dari tiga laga, setelah menghajar Nigeria 3-0 lewat gol Jordi Alba dan Fernando Torres satu gol. Di semifinal, Spanyol bakal ditantang Italia yang menjadi runner-up Grup A.

Spanyol langsung mengacam di menit pertama melalui Andres Iniesta yang merangsek ke kotak penalti lawan, namun tembakannya masih dapat dibendung Enyeama. Tak butuh waktu lama untuk Spanyol menjebol gawang Nigeria, karena pada menit ke-3 Jordi Alba mencetak gol untuk keunggulan Spanyol setelah menerima umpan dari Iniesta. Melewati beberapa pemain Nigeria, bek Barcelona ini melepaskan tembakan dari area kotak penalti lawan dan menaklukkan Enyeama.

Nigeria sempat mengancam melalui beberapa peluang mereka, namun penyelesaian akhir yang buruk membuat mereka kesulitan menyamakan kedudukan. Salah satunya pada menit ke-19 melalui tendangan Sunday Mba, namun masih dapat diblok oleh Victor Valdes. Menit 28, ganti Joseph Akpala yang nyaris menjebol gawang Valdes melalui sundulannya.

Spanyol nyaris menambah keunggulan di menit ke-38. Tembakan Roberto Soldado membentur tiang gawang Nigeria, namun Fabregas yang berusaha menangkap bola pantulan gagal memanfaatkan peluang tersebut. Di babak tambahan Sergio Ramos pun menciptakan peluang namun sundulannya masih mampu ditahan oleh kiper Nigeria.

DI babak kedua, Spanyol melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Torres menggantikan Soldado. Hasilnya terbukti positif, hanya berselang beberapa menit dari pergantian pemain, Torres mencetak gol lewat sundulan berkat umpan Pedro di menit ke-62. Torres nyaris menambah pundi golnya namun tendanganny di menit 65 masih melambung jauh di atas gawang Enyeama. Gamboa nyaris memperkecil ketinggalan saat melepaskan tembakan kaki kiri namun bola hanya melebar ke sisi kanan gawang Valdes.

Jordi Alba kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-88 lewat gol solo-runnya menaklukkan Enyeama setelah mendapat umpan dari David Villa. Villa mendapat kesempatan memperbesar kemenangan La Furia Roja di babak injury time namun Enyeama masih mampu menyelamatkan gawangnya. Namun hingga pertandingan berakhir Nigeria tak mencetak satu gol pun.

Kemenangan ini memastikan Spanyol memuncaki Grup B dengan poin sempurna 9 dari tiga kemenangan. Sementara Nigeria harus pulang dengan tangan hampa karena posisi kedua ditempati oleh Uruguay yang menggasak Tahiti 5-0.

Susunan Pemain


Nigeria: 1-Vincent Enyeama, 2-Godfrey Oboabona, 3-Uwa Echiejile, 5-Efe Ambrose, 7-Ahmed Musa, 8-Brown Ideye, 9-Joseph Akpala (11-Mohammed Gambo, '71) , 10-John Obi Mikel, 13-Fegor Ogude, 19-Sunday Mba (4-John Ogochukwu Ogu, '63), 22-Kenneth Omeruo (6 Azubuike Egwueke, 11)

Spanyol: 12- Victor Valdes, 3-Gerard Pique, 6-Andres Iniesta, 8-Xavi Hernandez, 10-Cesc Fabregas (21 David Silva, '54), 11-Pedro (7 David Villa, 75'), 14-Roberto Soldado (9-Fernando Torres, '59), 15-Sergio Ramos, 16-Sergio Busquets, 17-Alvaro Arbeloa, 18-Jordi Alba

Wasit: Joel Aguolar (Slovakia)

Paulinho: Tottenham Sudah Menawar Diriku

Posted: 23 Jun 2013 07:14 PM PDT

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com - Gelandang Brasil, Paulinho, mengungkapkan, Tottenham Hotspur telah mengajukan penawaran resmi kepada Corinthians untuk mendapatkan dirinya. Spurs diyakini menawar dengan harga 17 juta Euro atau sekitar Rp 221 miliar. Namun, Paulino menyatakan bahwa ia tak ingin segera memutuskan masa depannya.

"Tottenham sudah membuat penawaran resmi ke Corinthians. Tapi, sama seperti saat Inter Milan membuat penawaran, aku akan bicara lebih dulu dengan keluarga sebelum memutuskan. Aku baru akan melakukannya setelah Piala Konfederasi, karena ini bukan persoalan mudah," jelasnya seperti dilansir Sky Sports.

Mantan pemain Arsenal yang kini menjadi Direktur Olahraga Corinthians, Edu, juga membenarkan bahwa kedua klub tengah melakukan pembicaraan mengenai Paulinho dan tak menutup kemungkinan Paulinho hijrah ke White Hart Lane.

"Negosiasi masih berlanjut dan kami masih harus mencapai beberapa kesepakatan mengenai detail-detail tertentu. Saya tak bisa mengatakan bahwa Paulinho pasti pergi, tapi proses negosiasi sejauh ini lancar," kata Edu.

Paulinho memang menjadi salah satu target incaran Spurs dalam bursa transfer musim panas ini, setelah Pelatih Andre Villas-Boas menegaskan adanya penambahan kekuatan skuad menyusul kegagalan menembus Liga Champions. 

Susunan Pemain Uruguay vs Tahiti

Posted: 23 Jun 2013 06:51 PM PDT

RECIFE, KOMPAS.com - Menang besar, itu yang diinginkan Uruguay saat melawan Tahiti pada laga terakhir Grup B Piala Konfederasi 2013, Minggu atau Senin (24/6/2013) dini hari WIB. Maka, mereka mencoba menurunkan tim terbaik.

Uruguay dituntut menang minimal 6-0 untuk memastikan lolos ke semifinal. Sebab, sebelumnya Nigeria menang 6-1 atas Tahiti. Jika tidak mencapai target itu, maka Uruguay berharap tetap menang lawan Tahiti dan Spanyol mengalahkan Nigeria atau seri.

Berikut adalah susunan pemain Uruguay dan Tahiti

Susunan Pemain
Uruguay
: 23-Martin Silva; 4-Sebastian Coates, 5-Walter Gargano, 6-Alvaro Pereira, 8-Sebastian Eguren; 11-Abel Hernandez, 13-Matias Aguirregaray, 14-Nicolas Lodeiro, 15-Diego Perez, 18-Gaston Ramirez; 19-Andres Scotti.

Tahiti: 22-Gilbert Meriel; 3-Marama Vahirua, 4-Teheivarii Ludivion, 6-Henri Caroine, 10-Nicolas Vallar; 13-Steevy Chong Hue, 15-L.Tehau, 16-Ricky Aitamai, 17-Jonathan Tehau; 19-Simon Vincent, 21-Samuel Hnanyine.

Wasit: Pedro Proenca (Portugal)

Susunan Pemain Nigeria Vs Spanyol

Posted: 23 Jun 2013 06:37 PM PDT

FORTALEZA, KOMPAS.com - Meski sudah pasti lolos ke semifinal Piala Konfederasi, Spanyol tetap menurunkan skuad utamanya melawan Nigeria di laga terakhir Grup B, Minggu atau Senin (24/6/2013) dini hari WIB. Hal sama dilakukan Nigeria yang harus menang untuk ke semifinal.

Khusus Spanyol, mereka memasang kiper Victor Valdes. Sedangkan Iker Casillas diistirahatkan.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Susunan Pemain
Nigeria:
1-Vincent Enyeama, 2-Godfrey Oboabona, 3-Uwa Echiejile, 5-Efe Ambrose, 7-Ahmed Musa, 8-Brown Ideye, 9-Joseph Akpala , 10-John Obi Mikel, 13-Fegor Ogude, 19-Sunday Mba, 22-Kenneth OMERUO

Spanyol: 12- Victor Valdes, 3-Gerard Pique, 6-Andres Iniesta, 8-Xavi Hernandez, 10-Cesc Fabregas, 11-Pedro, 14-Roberto Soldado, 15-Sergio Ramos, 16-Sergio Busquets, 17-Alvaro Arbeloa, 18-Jordi Alba

Wasit: Joel Aguolar (Slovakia)

De Laurentiis Ancam akan Memukul Cavani

Posted: 23 Jun 2013 06:01 PM PDT

NAPOLI, KOMPAS.com - Presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis, mengaku yakin bahwa sang bomber Edinson Cavani akan segera membuat keputusan mengenai masa depannya di Stadio San Paolo pada akhir Juli nanti. De Laurentiis pun berharap Cavani sudah menentukan pilihan sekembalinya dari membela Uruguay di Piala Konfederasi.

"Saya memercayai Cavani. Ia laki-laki sejati dan tak akan membodohi saya. Menurut saya ia akan bertahan, tapi jika ia ingin pergi saya berharap ia sudah membuat keputusan pada tanggal 20 Juli saat ia kembali dari Piala Konfederasi," kata De Laurentiis kepada Radio Rai Italia. Menurut De Laurentiis ia tak akan mengizinkan Cavani pergi ketika Serie-A sudah akan dimulai.

"Kalau ia tak segera membuat keputusan, saya akan memukulnya," canda De Laurentiis. "Tapi saya tak mungkin melepasnya pada tanggal 10 Agustus saat liga akan dimulai," pungkasnya. 10 Agustus merupakan tanggal kadaluarsa buy-out clause senilai 63 juta Euro yang tertera di kontrak Cavani. Artinya jika setelah tanggal 10 Agustus ada klub yang mampu memenuhi jumlah tersebut, Napoli harus melepas sang bomber.

Sejauh ini dua klub yang dikabarkan paling tertarik memboyong Cavani adalah Real Madrid dan Chelsea. Cavani sendiri hanya mengatakan bahwa ia tak tahu apa-apa soal masa depannya dan haya mengaku tersanjung diminati dua klub besar tersebut.

"Aku tak ingin memikirkan soal spekulasi transfer dan hanya fokus ke timnas," kata Cavani di pusat pelatihan Uruguay di Brasil.

"Aku tersanjung dengan minat Madrid dan Chelsea, tapi sejauh ini belum ada pembicaraan konkret. Aku masih pemain Napoli dan kita lihat saja nanti apa yang terjadi," pungkasnya.

AS

Villa Redam Hasrat Pribadi demi Spanyol

Posted: 23 Jun 2013 04:40 PM PDT

FORTALEZA, KOMPAS.com - Striker tim nasional Spanyol, David Villa, tak memikirkan hasrat untuk meraih gelar pencetak gol terbanyak di Piala Konfederasi 2013. Menurut Villa, ketimbang memikirkan gelar individu, ia lebih ingin membawa La Furia Roja sukses di ajang tersebut.

Villa berkesempatan menjadi pencetak gol terbanyak Piala Konfederasi 2013. Bersama bintang Brasil, Neymar da Silva, ia kini bercokol di peringkat kedua daftar pencetak gol terbanyak sementara dengan tiga gol. Posisi puncak ditempati Fernando Torres dengan empat gol.

"Penghargaan individual bagus untuk setiap pemain. Tetapi, yang paling penting adalah memikirkan tim," tegas Villa dalam wawancara di Fortaleza, Brasil, Minggu (23/6/2013).

"Aku dan Torres tak memikirkan mengenai menjadi pencetak gol terbanyak Piala Konfederasi 2013. Kami ingin menjadi juara sebelum memikirkan hal lainnya," lanjut Villa.

Villa dan Torres sebenarnya bukan pilihan utama pelatih Vicente del Bosque di turnamen ini. Del Bosque sepertinya lebih memercayai Roberto Soldado untuk mengisi lini depan Spanyol.

"Kami mempunyai skuat yang lengkap. Sangat bagus Spanyol punya banyak striker. Del Bosque memiliki banyak masalah juga di posisi lain. Kami semua tampil baik sehingga pelatih sulit menentukan pilihan," jelasnya.

Balotelli dan Montolivo Cedera

Posted: 23 Jun 2013 04:37 PM PDT

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com - Tim nasional Italia dikabarkan tengah harap-harap cemas dengan kepastian fitnya dua pilar mereka, Riccardo Montolivo dan Mario Balotelli. Keduanya mengalami cedera dalam pertandingan melawan Brasil, Sabtu (22/6/2013) waktu setempat.

Montolivo bahkan harus dibawa ke rumah sakit karena cedera di bagian kepalanya setelah berbenturan dengan pemain lawan, dan dinyatakan mengalami trauma dan gegar otak ringan. Sementara Balotelli terlihat berjalan agak pincang karena mengalami beberapa kali tekel dalam pertandingan yang berakhir dengan kekalahan 0-4 Gli Azzuri.

Balotelli dan Montolivo bukan pemain Italia pertama yang diganggu cedera selama Piala Konfederasi. Sang jenderal lapangan tengah Andrea Pirlo mengalami cedera betis dan tak dapat memperkuat Italia dalam laga kontra Brasil.

Namun begitu Pirlo masih berharap bisa pulih tepat waktu untuk bisa kembali bermain dalam laga semifinal yang kemungkinan besar mempertemukan Italia dengan Spanyol. Adapun Ignazio Abate dipastikan absen selama sisa turnamen akibat tulang bahunya yang bergeser saat bertabrakan dengan pemain Brasil, Neymar.

Italia juga dipastikan akan diperkuat kembali Daniele de Rossi yang sempat absen karena akumulasi kartu kuning. Pirlo dkk dijadwalkan akan berangkat ke Fortaleza dan berlatih di Stadion Vargaz. 

No comments:

Post a Comment