KOMPASbola

KOMPASbola


Keane Rayakan Rekor dengan Hat-trick

Posted: 07 Jun 2013 09:10 PM PDT

DUBLIN, Kompas.com - Robbie Keane menandai rekor penampilannya yang ke-126 bersama Irlandia dengan mencetak hat-trick saat negaranya menang 3-0 atas Kepulauan Faroe, Jumat (7/6/2013) waktu setempat atau Sabtu dini hari WIB, dalam kualifikasi Grup C kualifikasi Piala Dunia. Meskipun demikian, tim besutan Giovanni Trapattoni gagal menambah perbendaharaan gol untuk memperbaiki selisih golnya demi bersaing dengan Austria.

Keane, striker Los Angeles Galaxy, yang melampaui rekor caps terbanyak penjaga gawang Shay Given, sudah membawa Irlandia unggul 1-0 saat pertandingan baru berlangsung lima menit, ketika dia menerus umpan silang Aiden McGeady. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, striker yang bulan depan berusia 33 tahun ini kembali membobol gawang lawan saat pertandingan berlangsung 10 menit. Gol itu menjadi akhir dari kerja sama apik dengan Wes Hoolan, sebelum dia mencetak gol ketiga 10 menit menjelang pertandingan usai, sekaligus mencetak golnya yang ke-59 bagi Irlandia.

Donasi tiga angka tersebut membuat Irlandia mengumpulkan total 11 poin dari enam pertandingan yang sudah dilakoni, dan berada di peringkat ketiga. Meskipun poinnya sama dengan Austria di peringkat kedua, yang menang 2-1 atas Swedia, tetapi Irlandia kalah selisih gol.

Irlandia mengalami kerugian besar ketika dibantai 1-6 saat menjamu Jerman, sang pemimpin klasemen. Kini, Irlandia hanya plus dua dalam perbandingan gol, dibandingkan Austria yang memiliki selisih 10 gol.

Sementara itu Swedia, yang kini terpaut tiga poin dari Austria dan Irlandia, masih berpeluang naik ke urutan ketiga, bahkan kedua. Pasalnya, mereka masih menyimpan satu pertandingan.

Balotelli Kartu Merah, Italia-Ceko Berakhir "Kacamata"

Posted: 07 Jun 2013 08:49 PM PDT

PRAGUE, KOMPAS.com - Italia bermain imbang tanpa gol dengan Ceko dalam laga keenam penyisihan Grup B Pra-Piala Dunia Brasil 2014 di Stadion Generali Arena, Jumat atau Sabtu (8/6/2013). Pada laga tersebut, Italia harus bermain dengan 10 pemain karena Mario Balotelli dikeluarkan wasit di pertengahan babak kedua.

Dengan hasil ini, Italia masih berada di puncak klasemen sementara Grup B dengan poin 14, unggul empat angka dari Bulgaria di posisi kedua. Sementara, Ceko tetap bercokol di peringkat tiga dengan poin sembilan.

Sepanjang pertandingan, Ceko sebenarnya lebih mampu menguasai tempo permainan. Sementara, Italia terlihat kesulitan menembus rapatnya barisan pertahanan tuan rumah yang tampil cukup disiplin selama laga.

Ceko mendapat sejumlah peluang emas ketika paruh kedua. Peluang pertama terbaik mereka diciptakan Tomas Rosicky pada menit ke-61. Sayang, bola tendangannya dari dalam kotak penalti masih dapat ditepis kiper Italia, Gianluigi Buffon, yang tampil cukup baik sepanjang laga ini.

Rapatnya barisan pertahanan Ceko membuat beberapa penyerang Italia frustasi. Hal itu pun berujung dengan dikeluarkannya penyerang Italia, Mario Balotelli, karena menerima kartu kuning kedua dari wasit pada menit ke-72.

Unggul jumlah pemain, Ceko kemudian meningkatkan serangan ke jantung pertahanan Italia. Enam menit sebelum laga usai, tuan rumah kembali mendapatkan peluang emas. Tapi, lagi-lagi kesempatan itu gagal membuahkan hasil karena bola tendangan Petr Jiracek hanya membentur tiang gawang.

Italia tertekan dan lebih banyak bertahan di sepuluh menit terakhir. Pada injury time, kembali Ceko memperoleh peluang. Sayang, Daniel Kolar belum bisa membawa timnya unggul karena bola tengannya masih melenceng tipis di sisi kiri gawang Buffon. Skor kacamata pun bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Susunan Pemain:
Ceko:
1-Petr Cech, 2-Theodor Gebre Selassie, 3-Michal Kadlec, 6-Tomas Sivok, 8-David Limbersky (4-Marek Suchy 20), 10-Tomas Rosicky, 13-Jaroslav Plasil, 17-Tomas Hubschman, 19-Petr Jiracek (18-Daniel Kolar 86), 22-Vladimir Darida, 9-Libor Kozak.
Pelatih: Michal Bilek.

Italia: 1-Gianluigi Buffon, 3-Giorgio Chiellini, 7-Ignazio Abate, 15-Andrea Barzagli, 19-Leonardo Bonucci, 8-Claudio Marchisio, 16-Daniele De Rossi, 18-Riccardo Montolivo, 21-Andrea Pirlo (7-Alberto Aquilani 77), 9-Mario Balotelli, 17-Stephan El Shaarawy (10-Sebastian Giovinco 45).
Pelatih: Cesare Prandelli.

Wasit: Svein Oddvar Moen.

Brasil Dinilai Belum Siap Jadi Juara Dunia

Posted: 07 Jun 2013 08:27 PM PDT

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com - Mantan bek Brasil, Cris, menilai skuad Selecao telah menunjukkan perkembangan bagus menjelang bergulirnya Piala Dunia 2014. Namun, menurutnya, Neymar dan kawan-kawan belum siap untuk menjadi juara dunia.

Pernyataan itu diungkapkan Cris menanggapi laga uji coba Brasil dengan Perancis yang akan berlangsung pada Minggu (9/6/2013). Menurut mantan bek Galatasaray tersebut, pertandingan melawan Karim Benzema dan kawan-kawan akan menjadi ujian bagus bagi Brasil.

"Sekarang, tim ini telah bekerja sama untuk sementara waktu dan Luis Felipe Scolari (pelatih Brasil) telah menyusun beberapa kelompok pemain yang kuat. Kami memang belum siap memenangkan Piala Dunia, tapi kami jelas melihat tanda-tanda kemajuan," ujar Cris.

"Baik Brasil dan Perancis sama-sama sedang membangun tim dan ada beberapa bakat besar dalam skuad mereka. Didier Deschamp (pelatih Perancis) melakukan tugasnya dengan baik dan saya yakin mereka akan lolos ke Piala Dunia,"

Pertandingan antara Brasil dan Perancis memberikan kenangan tersendiri bagi Cris, yang sempat delapan musim bermain bersama Lyon. Ia mengaku senang bisa kembali bernostalgia bersama rekan-rekannya.

"Saya tinggal di Perancis selama delapan tahun dan saya tidak sabar menunggu pertandingan itu, meskipun hanya sebatas persahabatan. Sangat senang bisa bertemu teman yang telah menghabiskan momen-momen indah," ujarnya.

"Ini juga akan menjadi pertandingan spesial, khususnya bagi kami. Kami masih ingat kekalahan di dua Piala Dunia pada 1998 dan 2006," tambahnya.

Malta Raih Kemenangan Pertama dalam 20 Tahun

Posted: 07 Jun 2013 08:24 PM PDT

KOMPAS.com - Malta untuk pertama kalinya meraih kemenangan di kualifikasi Piala Dunia dalam kurun waktu 20 tahun. Hasil itu mereka raih setelah mengalahkan Armenia 1-0 di Yerevan, Jumat (7/6/2013), lewat gol Michael Mifsud pada menit kedelapan.

Secara keseluruhan, ini adalah kemenangan kedua Malta dalam sejarah mereka di ajang kualifikasi Piala Dunia. Kemenangan pertama mereka raih pada Mei 1993 di Tallinn ketika mengalahkan Estonia dengan skor serupa.

Hasil pertandingan ini mengakhiri lima kemenangan beruntun yang diraih di Grup B. Para pemain pun tampak bersukacita meskipun mereka sudah kehilangan peluang untuk mencapai putaran final di Brasil pada tahun depan. Saat peluit panjang berbunyi, para pemain bergandengan tangan untuk merayakan kemenangan berharga itu.

Malta menghuni posisi juru kunci dengan raihan tiga poin dari enam pertandingan yang telah dilakoni. Poin yang sama juga diraih Armenia, yang mengalahkan Malta 1-0 pada pertemuan sebelumnya di Malta pada bulan September tahun lalu.

Keane Pecahkan Rekor "Caps" Terbanyak di Irlandia

Posted: 07 Jun 2013 08:14 PM PDT

DUBLIN, Kompas.com - Striker Los Angeles Galaxy, Robbie Keane, membuat rekor menjadi pemain dengan penampilan terbanyak bagi Irlandia, ketika dia membela negaranya melawan Kepulauan Faroe, Jumat (7/6/2013). Dalan laga kualifikasi Piala Dunia itu, Keane tampil untuk ke-126 kalinya.

Keane, yang bulan depan berusia 33 tahun, telah menyamai 125 caps penjaga gawang Shay Given ketika negaranya mengalahkan Georgia 4-0 dalam pertandingan persahabatan, Minggu lalu. Waktu itu dia mencetak dua gol untuk memperpanjang rekor golnya bagi Irlandia menjadi 56 kali.

Kapten Irlandia ini masih akan menambah caps-nya karena dia mengaku belum punya rencana pensiun. Hal itu dikatakan usai laga penyisihan di Grup C tersebut.

"Saya ingin terus bermain selama mungkin karena saya masih lapar dan berusaha meraih kemenangan serta mencetak gol. Ini tidak seperti saya 34 atau 36," ujar Keane.

"Orang berbicara tentang ini karena saya sudah ada begitu lama, tetapi tidak punya niat pensiun."

Sebelum membela LA Galaxy, Keane lebih dulu bermain untuk Wolverhampton Wanderers, Coventry City, Inter Milan, Leeds United, Tottenham Hotspur (dua kali), Liverpool, Celtic, West Ham United dan Aston Villa.

Bangganya Kurnia Meiga Tahan Tembakan RvP

Posted: 07 Jun 2013 07:54 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Kiper tim nasional Indonesia, Kurnia Meiga, mengaku bangga bisa menahan tembakan bomber Belanda, Robin van Persie, saat kedua tim melakoni laga persahabatan di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (7/6/2013).

"Aku cukup senang dan bangga sekali bisa menahan tendangan Van Persie," jelas Meiga usai laga.

Gawang Indonesia memang bobol sebanyak tiga kali lewat dua gol Siem de Jong dan sebuah tembakan keras Arjen Robben. Namun, gol-gol tersebut tercipta pada babak kedua.

Pada babak pertama khususnya, Meiga sukses menahan beberapa peluang emas De Oranje, yang salah satunya lewat tendangan keras kaki kanan Robin van Persie. Penampilan cemerlang Meiga bahkan sempat mendapatkan pujian dari pelatih Belanda, Louis van Gaal.

"Saya melihat kiper lawan bermain sangat bagus. Ia memiliki reaksi dan refleks luar biasa. Ia juga mampu memegang bola dan mendistribusikan bola jarak jauh. Saya anggap, ia merupakan kiper yang bertalenta," puji Van Gaal seusai pertandingan.

MU Resmi Dapatkan Bintang Muda Uruguay

Posted: 07 Jun 2013 07:47 PM PDT

MANCHESTER, KOMPAS.com - Manchester United (MU) resmi mendapatkan bintang muda Uruguay, Guillermo Varela, dari Club Atletico Penarol dengan nilai transfer yang tidak diungkapkan.

"Manchester United dengan bangga mengumumkan bahwa telah mencapai kesepakatan untuk merekrut bek berusia 20 tahun, Guillermo Varela dari klub Uruguay, Atletico Penarol," demikian pernyataan MU dalam situs resmi.

Valera menghabiskan musim ini dengan trial di Old Trafford. Namun, karena penampilan bek kanan tersebut mengesankan, Setan Merah memutuskan untuk memberikannya status permanen.

Valera merupakan pembelian pertama MU di bawah pelatih baru David Moyes. Kini, Valera akan lebih dulu menjalani tes medis sebelum menyelesaikan kontraknya bersama MU.

"Aku akan selesai menjalani tes kesehatan pada Jumat (7/6/2013) dan pada Sabtu (8/6/2013) aku akan bergabung dengan timnas U-21 Uruguay. Aku akan belajar bahasa Inggris. Rodolfo Catino (pembantu bakat Penarol) mengajari aku sesuatu hal. Struktur klub ini sangat mengesankan," ujar Varela.

Van Persie Terkesima dengan Atmosfer GBK

Posted: 07 Jun 2013 06:36 PM PDT

AFP/BAY ISMOYO

Striker timnas Belanda, Robin van Persie (2 dari kanan) menyundul bola, sedangkan penjaga gawang Indonesia, Kurnia Meiga, berusaha mengantisipasinya. Duel Indonesia vs Belanda dalam laga uji coba di Jakarta, Jumat (7/6/2013), berakhir dengan skor 3-0 untuk Belanda.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyerang tim nasional Belanda, Robin van Persie, mengaku senang dengan dukungan para penonton di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, saat timnya berhadapan dengan Indonesia, Jumat (7/6/2013). Menurutnya, atmosfer dalam stadion sangat luar biasa.

"Atmosfer di sini (SUGBK) sangat bagus. Aku telah berada di negara-negara seperti ini sebelumnya dengan klubku dan selalu menyenangkan untuk melihat semua orang bereaksi sangat antusias," ungkap RvP sesuai pertandingan.

Pada pertandingan tersebut Belanda menang 3-0 atas Indonesia. Penyerang Ajax Amsterdam, Siem de Jong mencetak sepasang gol dan sisanya ditorehkan bintang Bayern Muenchen, Arjen Robben.

RvP sendiri untuk pertama kalinya bermain sebagai kapten pada pertandinan tersebut. Namun, bermain selama 45 menit, ia gagal mencetak gol meski sempat menceploskan bola ke dalam gawang kiper Indonesia, Kurnia Mega, yang akhirnya dianulir wasit.

"Ini adalah pertandingan yang sulit karena cuaca panas dan untuk bernapas cukup berat. Tetapi, menurutku, kami telah melakukannya sangat baik," ujar RvP.

"Anda tidak dapat selalu memberikan tekanan kepada lawan. Kami ingin bermain dengan gaya permainan kami sendiri dan terkadang Anda memang harus membiarkan lawan menyerang," tukasnya.

No comments:

Post a Comment