KOMPASbola

KOMPASbola


Bek Lyon Pilih Klub Premier League

Posted: 14 Jun 2013 09:26 PM PDT

SOUTHAMPTON, KOMPAS.com — Southampton sukses memboyong bek muda Kroasia, Dejan Lovren, dari Olympique Lyon. Lovren digaet pada Jumat (14/6/2013) oleh The Saint dengan biaya 8,5 juta pounds plus bonus 1,7 juta pounds.

Lovren menjadi rekrutan pertama manajer Southampton, Mauricio Pochettino. Pemain berusia 23 tahun itu resmi menandatangani kontrak untuk jangka waktu empat tahun mendatang.

"Aku banyak berbicara dengan chairman Nicola Cortese dan manajer Mauricio Pochettino. Klub ini memiliki proyek yang besar. Mereka banyak mengatakan hal positif. Aku tahu sejarah klub ini dan merupakan klub besar. Aku sangat bahagia bisa menjadi bagian klub ini," tegas Lovren dalam situs resmi Southampton.

"Aku memiliki suatu pemikiran besar. Keinginan aku itu sama dengan apa yang diinginkan klub. Kami berisikan pemain-pemain muda, dan aku juga masih muda. Jadi, aku berharap berada di sini waktu yang lama," tandasnya.

Zico: Jepang Makin Kuat, Brasil Coba-coba

Posted: 14 Jun 2013 09:09 PM PDT

BRASILIA, KOMPAS.com — Legenda sepak bola Brasil sekaligus mantan pelatih tim nasional Jepang, Zico, tak sabar menantikan duel tim Samba melawan pasukan Samurai Biru pada partai pembuka Piala Konfederasi 2013 di Stadion Nacional, Brasilia, Sabtu (15/6/2013).

Kendati secara catatan sejarah Jepang jelas kalah jauh ketimbang Brasil, Zico kini berani menyebut pertandingan kedua tim nanti bakal berlangsung menarik. Zico yang pernah melatih Jepang pada 2002-2006, memuji peningkatan kualitas sepak bola Jepang.

"Dari pertemuan kedua, ini bisa menjadi salah satu laga paling sulit yang pernah terjadi antara kedua belah pihak. Dan, itu karena dua alasan," jelas Zico seperti dilansir situs resmi FIFA.

"Pertama, orang Jepang semakin kuat sepanjang waktu, dengan semakin banyak pemain mereka di liga-liga seperti Jerman, Italia, Inggris, dan Rusia. Kedua, Brasil masih mencari mereka formasi terbaik dan susunan pemain inti yang tepat," tambahnya.

"Sekarang, Jepang telah memastikan tiket Piala Dunia 2014. Jepang lebih santai menjalani permainan, meskipun saya pikir mereka masih merasa sulit melawan tim asal Amerika Selatan. Akan tetapi, laga nanti seharusnya menjadi pertandingan yang menarik," ucap Zico.

Sewa Stadion Rp 697 Juta, Arsenal Terancam Batal ke Vietnam

Posted: 14 Jun 2013 08:54 PM PDT

HO CHI MINH, KOMPAS.com — Arsenal akan menjadi tim Premier League pertama yang bermain di Vietnam pada 17 Juli nanti. Namun, rencana ini bisa batal karena sewa Stadion Nasional My Dinh terlalu mahal, mencapai 1,5 miliar dong (sekitar Rp 697 juta).

Arsenal memang akan melakukan tur ke Asia, selain bermain di China, juga Indonesia. Partai Arsenal melawan Indonesia Selection akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 14 Juli.

Federasi Sepak Bola Vietnam telah mengajukan permohonan kepada Pemerintah Vietnam agar menekan pengelola stadion untuk menurunkan harga tersebut. Sebab, harga sebesar 1,5 miliar dong dinilai tak rasional dan tak bisa ditanggung oleh penyelenggara laga persahabatan tersebut. Namun, pengelola beralasan, dana sebesar itu akan dipakai untuk renovasi stadion. (RTR)

De Gea: Ferguson Pelatih Terbaik Sepanjang Masa

Posted: 14 Jun 2013 08:50 PM PDT

MANCHESTER, KOMPAS.com — Kiper Manchester United asal Spanyol, David de Gea, mengklaim bahwa Sir Alex Ferguson merupakan pelatih tersukses sepanjang masa. De Gea menganggap Ferguson telah memberikannya banyak masukan untuk menjadi kiper yang lebih baik.

De Gea telah melalui dua musim perjalanan bersama MU. Pada musim pertamanya, De Gea, yang diboyong MU dari Atletico Madrid, sempat kehilangan posisi kiper utama setelah tampil tidak konsisten.

Perlahan, De Gea mampu menunjukkan kematangan di bawah mistar Setan Merah. Menurut kiper berusia 22 tahun itu, peningkatan level permainannya terjadi karena bantuan Ferguson.

"Sir Alex Ferguson merupakan pelatih terbaik dalam sejarah. Aku ingat masukan terbaik yang ia berikan untukku sangat sederhana. Ia hanya bilang kepadaku untuk terus menunjukkan mentalitas saat bermain," cerita De Gea.

Sang manajer yang telah dipuji tinggi De Gea, kini tak lagi menangani MU. Ferguson memutuskan pensiun, dan tempatnya sebagai manajer MU digantikan David Moyes. Kendati beda arsitek, De Gea tetap ingin memberikan kontribusi positif kepada klub.

"Aku akan memulai fase baru di Manchester. Semoga saja, semuanya berjalan baik untukku dan klub," pungkas De Gea.

Mantan Pelatih Tim Samba Besut Flamengo

Posted: 14 Jun 2013 08:48 PM PDT

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com — Mantan pelatih tim nasional Brasil, Mano Menezes, resmi membesut salah satu klub Brasil, Flamengo. Menezes akan menggantikan tempat Jorginho yang hanya melatih Flamengo selama 14 pertandingan.

"Flamengo mengonfirmasi menunjuk Mano Menezes sebagai pelatih. Pihak klub menyampaikan apresiasi dari para fans Flamengo untuk mendukung klub di bawah asuhannya," jelas pernyataan resmi klub.

Karier tertinggi Menezes sebagai pelatih adalah saat menangani tim nasional Brasil pada periode 2010-2012. Akan tetapi, Menezes gagal membawa Brasil berprestasi dan berujung pemecatan pada 23 November 2012.

Setelah hampir 7 bulan menganggur, Menezes akhirnya kembali melatih. Kesepakatan dengan Flamengo disambut baik oleh pelatih berusia 41 tahun itu.

"Saya sangat senang. Menjadi pelatih Flamengo merupakan tantangan hebat untuk saya. Ini sebuah kebanggaan bagi saya. Kami harus lebih baik ketimbang lawan-lawan kami. Jika kami bisa bersatu sebagai sebuah klub, Flamengo akan semakin kuat," tegasnya.

Flamengo saat ini masih tercecer di papan tengah klasemen Liga Brasil. Dari lima laga, Flamengo baru merasakan satu kemenangan dan membuat posisi mereka berada di urutan ke-14.

Stadion untuk Pembukaan Piala Konfederasi Didemo

Posted: 14 Jun 2013 08:27 PM PDT

BRASILIA, KOMPAS.com - Sekitar 300 aktivis di Brasil memprotes renovasi Stadion Nacional Mane Garrincha yang menghabiskan dana 450 juta euro (sekitar Rp 5,9 triliun). Dana sebesar itu dinilai pemborosan, sementara banyak warga miskin yang membutuhkan perhatian.

Para demonstran yang sebagian berasal dari Gerakan Gelandangan itu mengadakan aksi di depan Stadion Nacional Mane Garrincha. Mereka membakar ban sambil meneriakkan kata-kata protes.

Stadion ini akan menggelar laga Brasil lawan Jepang di pembukaan Piala Konfederasi, Sabtu atau Minggu (16/6/2013) dini hari. Mereka juga mengancam akan kembali melakukan aksi pada laga pembukaan tersebut.

"Aksi mereka sempat menyebabkan kemacetan lalu lintas. Namun, tak ada bentrokan," demikian kata pejabat polisi setampat dan menambahkan, negosiasi dengan para pemrotes akan segera dilakukan.

Para pemrotes menilai pemerintah Brasil terlalu berlebihan mengeluarkan dana untuk pembangunan stadion tersebut. Sementara, masalah perumahan rakyat yang sangat mendesak kurang mendapat perhatian. (RTR)

Pellegrini Targetkan Liga Champions

Posted: 14 Jun 2013 08:08 PM PDT

MANCHESTER, KOMPAS.com — Pelatih baru Manchester City, Manuel Pellegrini, siap memenuhi target klub untuk menjuarai Premier League atau meraih lima gelar dalam lima tahun. Namun, ia pribadi juga memiliki target membawa City menjuarai Liga Champions musim depan.

Pellegrini baru saja diumumkan sebagai pelatih resmi City, menggantikan Roberto Baggio yang dipecat setelah timnya kalah dari Wigan Athletic di Piala FA. Ia mengaku punya pengalaman cukup untuk membawa timnya merajai Eropa.

"Bersama Malaga, saya mencapai babak perempat final Liga Champions. Bersama Villarreal saya juga membawa klub itu ke perempat final dan semifinal," kata Pellegrini di situs resmi City.

"Semua pengalaman saya akan sangat bermanfaat bagi kerja saya di sini untuk memenangkan Liga Champions. Itu target saya," tegasnya.

Reputasi Pellegrini juga diakui oleh Ketua Manchester City, Khaldoon Al Mubarak. Ia mengatakan, "Manuel merupakan manajer yang sukses dan kenyang pengalaman. Reputasinya sudah terbukti. Kami sangat terkesan oleh filosofinya, sikapnya, dan komitmennya untuk proyek jangka panjang Manchester City. Saya senang dia bergabung dengan kami."

Pellegrini juga melihat Manchester City sebagai klub dengan prospek yang amat cerah. "Saya senang menerima kesempatan menarik ini. Klub memiliki visi yang jelas untuk sukses di dalam dan di luar lapangan. Saya berkomitmen untuk membuat kontribusi yang signifikan," tekadnya.

"Segalanya sudah berada di jalur buat Manchester City untuk mengejar kesuksesan. Saya senang bisa bekerja sama dengan skuad yang amat berbakat ini, dengan eksekutif tim dan para dewan," tegasnya. (RTR)

Oezil dan Khedira Berperan dalam Transfer Schurrle

Posted: 14 Jun 2013 07:53 PM PDT

LONDON, KOMPAS.com - Transfer Andre Schurrle dari Bayer Leverkusen ke Chelsea, ternyata tak lepas dari peran dua penggawa Real Madrid, Mesut Oezil dan Sami Khedira. Mereka memberi rekomendasi kepada striker Leverkusen itu untuk bekerja sama dengan pelatih Jose Mourinho.

Schurrle menjadi pemain pertama yang direkrut Chelsea sejak kehadiran kembali Jose Mourinho. Sebelum menerima tawaran itu, Schurrle sempat berkonsultasi dengan Oezil dan Khedira tentang bagaimana bekerja sama dengan Mourinho.

"Mereka (Oezil dan Khedira) mengatakan kepadaku bahwa (Mourinho) adalah pelatih terbaik yang pernah bekerja sama dengan mereka," ungkap Schurrle kepada majalan Jerman, Bild.

Keputusan Schurrle ini juga mendapat dukungan dari pelatih timnas Jerman, Joachim Loew. "Joachim Loew menilai bahwa CHelsea sesuai dengan gaya permainanku," kata pemain berumur 22 tahun tersebut.

Setelah bertemu langsung dengan Mourinho, Schurrle baru membuktikan betapa spesialnya pelatih asal Portugal tersebut. Mereka bertemu pada pertandingan perpisahan Michael Ballack beberapa waktu lalu.

"Dia benar-benar pribadi yang spesial dan terkesan dingin. Dia menemuiku di pertandingan persahabatan Michael Ballack dan mengatakan bahwa aku akan segera menjadi pemainnya," tuturnya.

No comments:

Post a Comment