KOMPASbola

KOMPASbola


Menpora: Sepak Bola Bukan untuk Menciptakan Ketakutan

Posted: 24 Jun 2013 08:36 PM PDT

JAKARTA , KOMPAS.com - Pertandingan sepak bola tidak seharusnya menjadi ancaman yang menakutkan bagi masyarakat. Insiden kesekian kalinya yang melibatkan fans Persija dan Persib, Sabtu (22/6/2013), tidak seharusnya terulang kembali.

"Jangan sampai sepak bola itu menciptakan ketakutan di tengah masyarakat. Akan ada pertandingan masyarakat takut. Tugas saya menyelesaikan masalah di tempat tanpa mengintervensi," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo, seusai menemui Kapolres Jakarta Selatan, Senin (24/6/2013). Pertemuan ini terkait penyerangan bus yang mengangkut pemain Persib oleh sekelompok orang yang diduga suporter Persija, The Jakmania, di Jalan Gatot Subroto, Sabtu.

Roy berharap, ke depan kejadian seperti itu tak terjadi lagi. "Pengawalan dan pengamanan berbeda. Kalau pengawalan paling hanya voorijder saja dan itu tidak siap untuk pengaman lebih lanjut," ujar Roy.

Seperti diketahui, Persib Bandung menyesalkan panitia pelaksana pertandingan dari Persija Jakarta yang tidak melakukan pengamanan terhadap kedatangan rombongan Persib Bandung di Jakarta. Sebagai tuan rumah, panpel pertandingan Persija Jakarta dinilai seharusnya melakukan pengamanan yang maksimal terhadap rombongan Persib Bandung. Langkah pengamanan itu seharusnya mencakup penyediaan mobil baracuda.

Namun, Direktur Teknis Persija Jakarta Benny Dollo balik menyalahkan Persib yang tidak memiliki inisiatif meminta pengamanan. Benny membandingkan situasi saat Persija bertandang ke Bandung. Saat itu pihak Persija yang memiliki inisiatif menghubungi kepolisian setempat untuk pengamanan.

Gomez Ingin Pergi, Tapi Belum Ada Penawaran Resmi

Posted: 24 Jun 2013 07:50 PM PDT

MUENCHEN, KOMPAS.com - Direktur klub Bayern Muenchen Karl-Heinz Rummenigge menegaskan bahwa belum ada penawaran dari klub mana pun untuk bomber Mario Gomez. Namun ia mengakui bahwa Gomez telah mengungkapkan keinginannya pada klub, untuk hengkang pada bursa transfer musim panas ini.

"Mario memang sudah mengatakan ia ingin pergi. Tapi sampai sekarang belum ada tanda-tanda akan terjadi transfer," ujar Rummenigge pada Sky Sports. Karena itulah Rummenigge menegaskan bahwa Gomez masih berstatus pemain Bayern.

Dengan status itu, Rummenigge pun menegaskan bahwa Gomez masih menjadi bagian dari rencana Bayern untuk pra-musim. Meskipun, lanjut dia, tak menutup kemungkinan menjual mantan penyerang Vfb Stuttgart ini jika Bayern bisa mencapai kesepakatan dengan klub yang meminati jasa Gomez.

"Mario akan berlatih kembali bersama kami dan kita lihat selanjutnya. Jika kami bisa mencapai kesepakatan dengan klub lain, saya pun tak akan melarangnya pergi," kata Rummenigge.

Pasca-keberhasilan Bayern meraih gelar treble musim ini, Gomez memang santer dikabarkan akan hengkang dari Allianz Arena. Hal ini tak lepas dari tergesernya posisi Gomez dari susunan starter tim.

Pelatih Bayern, Jupp Heynckes lebih memilih penyerang baru Mario Mandzukic menempati posisi ujung tombak, ditunjang keberhasilan Mandzukic menunjukkan performa impresif sepanjang musim. Sementara Gomez, penyerang berdarah Spanyol ini dikabarkan telah menarik minat dua klub Serie-A, Fiorentina dan Napoli, untuk merekrutnya.

Honda Ditaksir Rp 260 Miliar

Posted: 24 Jun 2013 04:25 PM PDT

TOKYO, KOMPAS.com — Gelandang serang tim nasional Jepang, Keisuke Honda, tertarik pindah ke salah satu klub besar pada musim panas ini. Pemain yang ditaksir senilai 20 juta euro (sekitar Rp 260 miliar) ini sangat ingin meningkatkan level permainannya.

Saat ini, Honda masih terikat kontrak dengan klub Rusia, CSKA Moskwa. Tiga musim bersama CSKA Moskwa, Honda sukses mencetak 23 gol dalam 102 penampilan. Ketajaman pemain berusia 27 tahun itu membuat beberapa klub Eropa tertarik, seperti AC Milan dan Lazio.

Namun, sampai saat ini belum ada tawaran resmi dari Milan ataupun Lazio untuk memboyong Honda. Menurut Transfermarkt, harga pasaran Honda mencapai 20 juta euro.

"Aku tak tahu apa langkah selanjutnya yang akan aku buat. Tetapi, aku memiliki kesempatan bermain untuk klub besar. Pada Agustus nanti, aku akan tahu masa depanku," ungkap Honda kepada Japan Times.

"Yang aku tahu saat ini, jika memutuskan pergi ke klub besar, maka aku akan menjadi pemain yang lebih baik. Bermain dengan beberapa pemain hebat jelas akan meningkatkan kemampuanku," tandasnya.

Iniesta Tak Gentar Hadapi Dendam Italia

Posted: 24 Jun 2013 04:21 PM PDT

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com — Gelandang serang Spanyol, Andres Iniesta, tak takut dengan kemungkinan Italia mengusung misi balas dendam terhadap Spanyol. Iniesta hanya memikirkan timnya dan bagaimana cara untuk melaju ke partai final Piala Konfederasi 2013.

Spanyol memastikan satu tempat di semifinal setelah menjadi juara Grup B Piala Konfederasi 2013. Di babak empat besar, La Furia Roja akan berhadapan dengan Italia yang duduk di peringkat kedua Grup A, di bawah Brasil.

Spanyol dan Italia pernah berjumpa pada final Piala Eropa 2012 di Ukraina dan Polandia. Saat itu, Spanyol keluar sebagai juara setelah menang 4-0 atas Italia.

"Mario Balotelli ingin balas dendam? Kami tak pernah takut terhadap lawan kami. Balotelli percaya kepada timnya, dan aku pun demikian. Ini akan menjadi semifinal yang menarik dan kita lihat apa yang akan terjadi," ungkap Iniesta.

"Anda harus memberikan apresiasi bagi tim yang ke semifinal. Selain itu, untuk menjadi finalis, harus ada langkah yang harus diraih selanjutnya," tutur pemain Barcelona itu.

Iniesta pernah menjadi momok menakutkan bagi barisan belakang Italia pada Piala Eropa 2012. Beberapa media Spanyol pernah menangkap gambar Iniesta harus dikawal oleh enam pemain Italia ketika sedang menguasai bola.

Ramos: Selamat Datang, Isco!

Posted: 24 Jun 2013 04:15 PM PDT

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com - Palang pintu Real Madrid, Sergio Ramos, menyambut baik kabar bakal bergabungnya gelandang serang Malaga, Isco, ke Santiago Bernabeu. Menurut Ramos, Isco akan membuat Los Blancos semakin kuat.

Kabar mengenai kepindahan Isco mencuat dalam beberapa pekan terakhir. Manchester City dan Madrid dikabarkan menjadi klub yang paling berpeluang merekrut pemain bernama lengkap Francisco Roman Alarcon Suarez itu.

Pada awalnya, City memiliki peluang paling besar menggaet Isco, lantaran mantan pelatih Malaga, Manuel Pellegrini, hijrah melatih City mulai musim depan. Namun, beberapa hari terakhir, Madrid berada di barisan terdepan meminang Isco.

"Isco merupakan pemain yang hebat. Segala hal yang bisa membuat kami lebih kuat dengan pemain kelas dunia adalah kabar yang bagus," jelas Ramos kepada Onde Cera di Brasil, Senin (24/6/2013).

Isco baru saja membawa Spanyol menjuarai Piala Eropa U-21 di Israel. Pada turnamen tersebut, Isco tampil memikat sebagai jenderal lapangan tengah La Rojita dan berhasil mempersembahkan tiga gol.

Neymar dan Ancaman Penjara, "Hadiah" Ultah Messi

Posted: 24 Jun 2013 04:13 PM PDT

BARCELONA, KOMPAS.com - Senin, 24 Juni 2013, merupakan hari ulang tahun Lionel Messi yang ke-26. Segala hadiah besar sebagai pemain sepak bola sudah pernah ia dapatkan. Ia juga baru saja "dihadiah" Barcelona dengan pemain hebat asal Brasil, Neymar, sebagai partnernya nanti. Namun, "hadiah" lain pada ultah ke-26 kali ini juga membuatnya cukup berkerut kening, sebab ada ancaman penjara empat tahun.

Ya, Messi dan ayahnya, Jorge, dituduh telah menggelapkan pajak dari penghasilan hak citra mereka. Pejabat pajak mengklaim, dari 2007 sampai 2009, Messi telah mengemplang pajak sebesar 4 juta euro (sekitar Rp 52 miliar).

Pihak Messi mengaku tak melakukan kesalahan. Namun, ivestigasi jalan terus dan Messi harus bisa membuktikan tak bersalah pada sidang 17 September nanti. Jika gagal membuktikan telah memenuhi kewajiban pajak, maka dia dan ayahnya bisa dikenai hukuman maksimal mendekam di penjara selama empat tahun sesuai hukum Spanyol.

Menurut surat kabar La Vanguardia, Messi barus saja membayar 10 juta euro (sekitar Rp 130 miliar) kepada kantor pajak untuk kewajiban tahun 2010 dan 2011. Dia sengaja membayar jauh lebih besar dari ketentuan, dengan maksud mencari kesepakatan dengan kantor pajak agar kasusnya selesai tanpa harus lewat pengadilan.

Menurut La Vanguardia, upaya Messi melebihkan bayaran pajaknya merupakan indikasi bahwa ia mencari jalan damai.

Terlepas dari itu, Messi juga memiliki sisi bahagia, terutama di lapangan. Sebab, ia akan mendapat partner berharga, yakni Neymar. Pemain muda itu memiliki bakat besar dan dianggap cocok dengan gaya Messi. Ia juga baru saja menunjukkan kehebatannya di Piala Konfederasi.

"Saya yakin mereka akan cocok bermain bersama dan saling memahami," kata bek Barcelona, Gerard Pique.

"Sering kali, lawan mencoba menutup dan mengurung Messi. Kini, lawan juga akan mencemaskan keberadaan Neymar dan setidaknya harus menaruh dua pemain untuk menutupnya," tambahnya.

Messi sudah merasakan hampir semua gelar bergengsi sepak bola, baik secara tim maupun pribadi. Peraih gelar Pemain Terbaik Dunia empat kali ini sudah memenangkan enam Liga BBVA, dua Coppa del Rey, dua Liga Champions, lima Piala Super Spanyol, dan dua FIFA Club World Cup.

Memasuki musim 2013-14, Messi memang harus menghadapi dua sisi yang berbeda. Ini juga menandai umurnya yang memasuki angka 26 tahun. Tantangan di lapangan mungkin tak berat, karena dia baru saja mendapatkan "hadiah" Neymar. Namun, tantangan di kehidupan nyata benar-benar memusingkan kepala. Apalagi, jika terbukti dia telah menggelapkan pajak, maka Messi bisa mendekam di penjara.

Del Bosque: Italia Memendam Dendam

Posted: 24 Jun 2013 03:44 PM PDT

FORTALEZA, KOMPAS.com - Pelatih tim nasional Spanyol, Vicente Del Bosque, menyadari, Italia akan membawa dendam saat menghadapi timnya di semifinal piala Konfederasi 2013, Kamis (27/6/2013), di Fortaleza. Sebab, Spanyol menundukkan Italia 4-0 di Piala Eropa tahun lalu.

"Bagi Italia, semifinal (Piala Konfederasi) akan menjadi ajang pembalasan dendam. Mereka akan menjadi lawan yang sangat sulit. Mereka juga salah satu tim terbaik di Eropa maupun dunia," terang Del Bosque kepada Tele Cinco.

Meski begitu, Spanyol bertakad tak akan membiarkan Italia mewujudkan ambisinya. Sebab, Spanyol juga bernafsu ke final dan juara untuk menebus kegagalan di Piala Konfederasi sebelumnya.

"Ini akan menjadi laga ulangan buat mereka, tapi kami ingin terus melaju (ke final)," tegasnya.

Kagawa: Tahun Pertama di MU Terasa Berat

Posted: 24 Jun 2013 03:33 PM PDT

MANCHESTER, KOMPAS.com - Shinji Kagawa mengakui, tahun pertama di Manchester United (MU) terasa berat baginya. Ia tak bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya seperti kala masih membela Borussia Dortmund.

Kagawa dibawa ke Old Trafford oleh Sir Alex Ferguson pada musim lalu. David Moyes yang menggantikan Ferguson, juga mengaku terkesan oleh permainan gelandang asal Jepang tersebut.

"Sangat berat bagiku pada awalnya (di MU) dan banyak yang menyesaki kepalaku. Aku tak bahagia dengan penampilanku buat tim. Aku tak mencetak gol sebanyak yang kuinginkan dan aku juga punya masalah dengan lututku," tutur Kagawa yang baru saja membela timnas Jepang di Piala Konfederasi.

Kagawa sempat tampil bagus di awal musim. Namun, ia kemudian harus bergulat dengan cedera, hingga jarang bermain.

"Meski begitu, sangat menyenangkan kami bisa menjuarai liga. Aku hanya tak merasa meraih segala yang kuinginkan. Bagiku secara personal, itu bukan musim yang bagus," tandasnya.

Musim lalu, Kagawa tampil dalam 26 pertandingan bersama MU. Ia hanya mencetak 6 gol. (GL)

No comments:

Post a Comment