KOMPAStekno

KOMPAStekno


Adu Kencang 7 "Smartphone" Premium, Siapa Juaranya?

Posted: 26 Jun 2013 09:47 AM PDT

KOMPAS.com - Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan oleh majalah konsumer Inggris, Which, Samsung Galaxy S4 merupakan smartphone terkencang di antara 7 yang terpopuler saat ini. Sedangkan iPhone 5 berada di peringkat terbawah dalam benchmark kali ini.

Dikutip dari The Register, Rabu (26/6/2013), pihak majalah mengadakan pengujian dengan menggunakan aplikasi Geekbench. Ke tujuh smartphone yang diuji adalah iPhone 5, Galaxy S4, HTC One, Sony Xperia Z, Nexus 4, Galaxy Note 2, dan BlackBerry Z10.

Dari pengujian ini, Samsung Galaxy S4 mampu unggul jauh dibandingkan musuh bebuyutannya, iPhone 5. Smartphone Android andalan perusahaan asal Korea Selatan ini mendapatkan skor 3.188, unggul 91,6 persen dari hasil pengujian iPhone 5 yang memiliki nilai 1.664.

Sekadar informasi, majalah Which? menggunakan Galaxy S4 edisi AS. Artinya, perangkat ini menggunakan prosesor Snapdragon 600 dari Qualcomm dengan kecepatan 1,9 GHz quad-core.

Galaxy S4 juga mampu unggul cukup jauh, sekitar 14 persen, dari pemegang posisi nomor dua, sekitar 14 persen HTC One. Perangkat buatan vendor asal Taiwan ini mampu mendapatkan skor 2.798.  

BlackBerry Z10 mendapatkan hasil yang kurang memuaskan. Dalam pengujian ini, ia hanya unggul tipis dari iPhone 5 dengan mendapatkan nilai 1.698.

Berikut hasil lengkap pengujiannya:

1. Samsung Galaxy S4 – 3188
2. HTC One – 2798
3. Sony Xperia Z – 2173
4. Google Nexus 4 – 2134
5. Samsung Galaxy Note 2 – 1950
6. BlackBerry Z10 – 1698
7. Apple iPhone 5 16GB – 1664

Hasil pengujian yang didapatkan majalah Which? ini tidak berbeda jauh dari Android Authority. Menggunakan aplikasi benchmark yang sama, Samsung Galaxy S4 mampu mencetak angka 3.163 dan iPhone 5 dengan 1.596.

Hasil benchmark ini sebenarnya bukanlah sebuah hal yang mengejutkan. iPhone 5 memang tidak menggunakan spesifikasi hardware setinggi Samsung Galaxy S4. Produk buatan Apple ini dipersenjatai prosesor 1,2GHz dual-core. Untuk mengejar ketertinggalan dari segi kecepatan, Apple tampaknya harus merilis seri penerus iPhone 5.

Kesan Pertama Menjajal Sony Xperia Z Ultra

Posted: 26 Jun 2013 09:19 AM PDT

SHANGHAI, KOMPAS.com — Sony Mobile Communications merilis varian baru ponsel pintar Android Xperia Z, yaitu Xperia Z Ultra. Apa saja keunggulan dan keunikan dari ponsel ini?

Jurnalis Kompas.com, Didik Purwanto, berkesempatan menjajal Xperia Z Ultra di Hotel Jumeirah Shanghai, China, Selasa (25/6/2013).

Xperia Z Ultra memiliki bentang layar yang besar, berukuran 6,4 inci. Untuk sebuah ponsel, ukuran ini jelas terlalu besar. Sementara untuk tablet, ukuran Xperia Z Ultra terbilang tanggung karena biasanya tablet hadir dengan ukuran 7 inci.

Xperia Z Ultra dapat didefinisikan sebagai perangkat perpaduan tablet dan ponsel. Sony mengklaim Xperia Z Ultra memiliki segmen pasar tersendiri dan memang ada permitaan dari pasar untuk produk macam ini.

Xperia Z Ultra 1

Layar sebesar ini cukup nyaman dipakai untuk menonton video, membaca buku elektronik, bermain game, dan berselancar internet. Mata Anda akan dimanjakan saat melihat layar yang cemerlang dengan dukungan teknologi Triluminos.

Kamera utama 8MP terdapat di bagian belakang. Panel belakang Xperia Z Ultra terbuat dari materi kaca antigores dan antipecah, yang membuatnya nampak elegan dan mewah. Materi ini juga digunakan pada Xperia Z.

Bagi pengguna yang terbiasa dengan jari dan telapak tangan yang berkeringat, mungkin bakal terasa licin saat menggenggam ponsel ini.

Terdapat tombol power berwarna perak di sisi kanan ponsel. Tombol ini disebut Sony sebagai Omni Balance. Masih di sisi kanan, ada tombol pengatur volume, port untuk jack audio, slot kartu SIM, dan MicroSD (hingga 64GB).

Di sisi kiri ponsel, hanya ada port untuk MicroUSB yang juga berfungsi untuk mengisi daya baterai. Hanya ada dua pilihan warna untuk Xperia Z Ultra, yakni hitam dan putih.

Xperia Z Ultra merupakan ponsel tertipis yang pernah dibuat Sony, tebalnya hanya 6,5 mm. Jika Anda menggenggamnya dengan satu tangan, ibu jari Anda tak akan bisa meraih seluruh layar. Alangkah lebih nyaman jika memegang Xperia Z Ultra dengan dua tangan dan bernavigasi dengan dua ibu jari.

Xperia Z Ultra menyandang sertifikat IP55 dan IP58, sebuah standar ketahanan internasional. Ponsel ini didesain tahan air dan debu. Anda dapat mengajaknya menyelam di kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Sony membekali prosesor empat inti (quad core) Qualcomm Snapdragon 800 kecepatan 2,2GHz pada Xperia Z Ultra. Sistem operasi yang digunakan adalah Android versi 4.2 (Jelly Bean). Sementara daya tahan hidupnya ditopang oleh baterai berkapasitas 3.000mAh.

Sony juga membekali Xperia Z Ultra dengan pena stylus untuk menggambar di layar. Bukan hanya pena stylus, layar ponsel ini juga mampu mendeteksi torehan pensil atau pena untuk aktivitas menggambar. Namun, pena yang digunakan harus terbuat dari logam dengan diameter lebih dari 1mm.

Xperia Z Ultra 2

"Game" Baratayudha Versi Robot Siap Dimainkan

Posted: 26 Jun 2013 09:10 AM PDT

KOMPAS.com — Tanoshii Creative, sebuah studio pengembangan game yang bermarkas di Depok, Jawa Barat, telah merilis game dengan tema perang Baratayudha. Uniknya, perang itu dijalankan oleh para robot.

Game bertajuk Garata: The Battle of Baratayudha itu tersedia secara gratis untuk dimainkan melalui mobile web/WAP browser dari platform KotaGames.

Seperti disampaikan dalam keterangan resminya, game ini akan menampilkan banyak tokoh yang sudah akrab di telinga orang Indonesia, terutama mereka yang gemar kisah pewayangan.

Tokoh-tokoh itu termasuk kelima Pandawa bersaudara, Gatot Kaca, Garuda, Punakawan, hingga Hanoman. Namun, para tokoh itu akan berwujud robot (mecha) ala seri Gundam dan sejenisnya.

Oscar Kurniawan, Direktur Eksekutif Tanoshii Creative, yang bertindak sebagai Produser Garata, mengatakan, game ini telah melalui proses uji coba dengan beberapa pemain di Indonesia.

"Kami mengundang pemain untuk mencoba, mengalami, dan menolong kami untuk meningkatkan mutu permainan ini dengan menyediakan umpan balik. Kunci dari permainan ini terletak dari kekuatan komunitas. Jadi, kami ingin komunitas pemain terlibat sejak awal," tuturnya.

Saat ini, Garata telah tersedia melalui http://m.kotagames.com. Ke depannya, Oscar mengatakan, Garata direncanakan hadir di platform sejenis seperti Gempon. Selain itu, ia mengatakan versi iOS dan Android-nya juga sedang digodok.

"Proses yang kami alami saat mengembangkan permainan ini terus memotivasi kami untuk tetap maju dan membuat permainan yang lebih baik lagi," tutur Oscar.

Huawei Perkenalkan Ponsel Android "Tak Lazim"

Posted: 26 Jun 2013 08:40 AM PDT

KOMPAS.com — Huawei, vendor ponsel asal China, kembali meluncurkan produk hybrid antara smartphone dan tablet (phablet) yang dinamakan MediaPad 7 Vogue.

Salah satu keunikan dari perangkat tersebut adalah bentang layarnya. Produk ini menggunakan besar layar yang kurang lazim, bahkan untuk ukuran phablet, yaitu 7 inci.

"Kami dengan bahagia memperkenalkan MediaPad 7 Vogue, tablet dengan kemampuan panggilan suara dengan kemampuan hiburan kelas dunia dan baterai yang tahan lama," kata Richard Yu, Consumer Business Group CEO Huawei, seperti dikutip dari The Register, Rabu (26/6/2013).

Tidak umum memang apabila seseorang menggunakan perangkat dengan layar sebesar itu untuk melakukan panggilan suara/menelepon. Namun, Yu tetap optimistis dengan menargetkan produk tersebut kepada kalangan fashionita, pecinta dunia teknologi, dan penggemar dunia hiburan.

Sebagai phablet, Vogue benar-benar hadir dengan spesifikasi hardware yang mirip dengan tablet. Ia dilengkapi prosesor quad-core berkecepatan 1,2GHz, GPU 16 core, mendukung teknologi HSPA+ dengan kecepatan unduh 42Mbps dan unggah 6,76 Mbps, Wi-Fi, kemampuan memutar video 1080p, dan berjalan di sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean.

Hadir dengan layar jumbo, Vogue memiliki resolusi layar yang cukup tinggi, yaitu 1.024 x 600 piksel. Jenis layarnya adalah IPS.

Pihak Huawei mengklaim bahwa antena yang ada di perangkat ini berada di jajaran kelas atas dengan performa yang melebihi standar operator di AS dan Eropa.

Produk ini pun dilengkapi baterai berkapasitas besar, yaitu 4,100 mAh yang diklaim dapat digunakan untuk menonton 4 film HD secara non-stop dan menelepon selama 20 jam.

Huawei MediaPad 7 Vogue akan segera dilepas di pasaran China dan menyusul di pasaran global. Belum diketahui berapa harga dari produk tersebut.

mediapad 7 vogue

Terungkap, Pencurian Kabel Bawah Laut Indosat

Posted: 26 Jun 2013 08:01 AM PDT

KOMPAS.com — Kepolisian Daerah Kepulauan Riau mengungkap aksi pencurian kabel bawah laut milik perusahaan telekomunikasi Indosat yang melibatkan sindikat internasional.

"Pencurian ini bukan hanya antarnegara, melainkan antarbenua, sampai ke Australia," kata Kepala Polda Kepri Brigjen (Pol) Endjang Suderajat di Batam, Selasa (25/6/2013).

Dalam kasus itu, Polda Kepri mengamankan barang bukti kabel sepanjang 31 km yang diduga dicuri dari dalam laut. "Kami juga mengamankan tujuh orang, baik pelaku maupun penadah," kata dia.

Pencurian terjadi di sekitar Pulau Mapur, Kepulauan Riau.

Kapolda mengatakan, sebenarnya, itu bukan kasus pencurian pertama. Berdasarkan pengakuan pihak Indosat, kejahatan mengambil kabel bawah laut sudah pernah terjadi pada 2009, tetapi tidak pernah dilaporkan ke polisi.

"Kasus ini akan kami ekspos hari Jumat karena barang bukti ada di Tanjungpinang," kata Kapolda enggan merinci pengungkapan kasus itu lebih lanjut.

Dari informasi yang berhasil dikumpulkan Antara, pengungkapan kasus terjadi di Perairan Bintan. Barang bukti berupa kabel dititipkan di tempat penampungan dan penjualan besi tua di Batu 8 dan lokasi sudah diberi garis polisi. (ANT)

No comments:

Post a Comment