KOMPAStekno

KOMPAStekno


Awas, Hotspot iPhone Gampang Dibobol

Posted: 21 Jun 2013 12:41 PM PDT


KOMPAS.com - Hati-hatilah ketika memakai fasilitas password otomatis saat mengaktifkan fitur hotspot mobile pada ponsel pintar iPhone.

Pasalnya, sekelompok peneliti dari departemen ilmu komputer Universitas Friedrich-Alexander di Erlangen, Jerman, menemukan bahwa password yang dipakai secara default ternyata gampang dijebol.

Seperti dilansir oleh Ars Technica, sistem operasi mobile iOS 6 ke bawah rupanya hanya memakai sejumlah kecil password standar ketika diminta membikin hotspot secara otomatis. Tim peneliti yang disebut di atas pun bisa menjebol password WiFi iPhone dalam waktu 24 detik.

Para peneliti menemukan bahwa password otomatis iPhone selalu terdiri dari sebuah kata sepanjang 4-6 karakter yang tercantum dalam kamus bahasa Inggris di iOS, diakhiri dengan empat kata acak. Mereka kemudian mengerucutkan jumlah kata yang paling sering dipakai menjadi hanya 1,842 buah sehingga jumlah total kombinasi yang harus ditebak "hanya" 18,5 juta.

Sebuah GPU AMD Radeon HD 7970 lalu dipakai untuk melakukan proses komputasi dan mencoba seluruh kombinasi password yang dimungkinkan.

Retang 24 detik belum termasuk waktu untuk menembus otorisasi four-way handshake pada protokol keamanan WPA2. Tapi proses yang satu ini biasanya bisa dijebol dalam kurang dari satu menit.

Begitu berhasil dibobol, seorang peretas bisa ikut nimbrung dalam jaringan hotspot yang dibikin pemilik iPhone. Peretas pun bisa mencegat e-mail dan data-data sensitif lainnya yang "diterbangkan" lewat gelombang WiFi.

Meski mungkin terkesan seram, cara untuk mengatasi celah keamanan ini sebenarnya mudah saja, yaitu dengan membikin password sendiri yang sulit ditebak untuk hotspot iPhone.

Fitur monitoring juga bisa dipakai untuk memantau berapa perangkat yang terkoneksi dalam jaringan. Siapa tahu ada tamu tak diundang menyelinap diam-diam.

Windows 8.1 Datang, Penjualan PC Bakal "Nendang"?

Posted: 21 Jun 2013 09:27 AM PDT

KOMPAS.com - Belum resmi diluncurkan, Windows 8.1 sudah mulai mendapatkan berita miring. Menurut seorang analis dari perusahaan Context, Marie-Christine Pygott, sistem operasi yang memiliki nama sandi "Blue" ini tidak akan menjadi penyelamat dunia PC tradisional dari "kiamat PC".

Istilah "kiamat PC" dipakai untuk menggambarkan menurunnya pangsa pasar PC yang tergerus keberadaan smartphone dan perangkat tablet.

Menurut Pygott, Windows 8 tidak mampu meningkatkan penjualan PC di kuartal 4 tahun 2012 dan kuartal pertama 2013. Windows 8.1 yang diharapkan dapat menggairahkan pasaran PC diprediksi juga tidak akan dapat berbicara banyak.

"Kita sudah tidak melihat efek yang diinginkan dari Windows 8 dan Windows 8.1 mungkin akan sedikit meningkatkan (penjualan PC) tetapi itu bukan "obat ajaib" untuk keseluruhan masalah karena menurunnya penjualan karena masalah ekonomi," kata Pygott, seperti dikutip dari The Register.

Rencananya, Windows 8.1 akan tersedia mulai 26 Juni 2013 dalam konferensi pengembang aplikasi Microsoft. Ia tersedia secara gratis untuk pengguna komputer Windows 8 yang prosesornya berarsitektur x86 ataupun komputer Windows RT dengan prosesor berasitektur ARM.

Sementara itu, versi penuh Windows 8.1 akan dirilis pada akhir tahun.

Dalam update untuk Windows 8 tersebut kabarnya Microsoft akan mengembalikan "tombol Start". Tombol ini akan berbentuk logo kecil Windows yang terletak di pojok kiri bawah layar desktop.

Ingin Daur Ulang E-Mail, Yahoo Dikecam

Posted: 21 Jun 2013 08:58 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Yahoo berencana mengambil kembali akun e-mail Yahoo yang sudah setahun terakhir tidak diakses pemiliknya. Beberapa pihak mengkritik rencana ini, terutama dari sisi keamanan.

Penulis Mat Honan dari majalah teknologi Wired memperingatkan, daur ulang e-mail dapat dimanfaatkan oleh penjahat cyber. Mereka bisa mengklaim akun yang tidak aktif untuk mencuri data.

Misalnya, jika e-mail Yahoo dihubungkan dengan akun GMail, seorang penjahat cyber yang mencuri akun e-mail Yahoo bisa melakukan reset password akun GMail.

Honan, yang sempat menjadi korban serangan penjahat cyber, mengecam rencana Yahoo dan menyebutnya sebagai "ide buruk yang spektakuler".

Yahoo ternyata mendengar kritik yang dilontarkan kepadanya. Perusahaan mengaku telah berkoordinasi dengan perusahaan penyedia layanan e-mail lain seperti Google maupun Amazon untuk meminimalkan risiko pencurian identitas.

"Kami menyadari dan kami sudah melakukan banyak langkah untuk mengurangi risiko itu," ujar Direktur Seniot Platform Konsumen Yahoo, Dylan Casey, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (19/6/2013). "Kami menaruh banyak pemikiran, banyak sumber daya yang didedikasikan untuk proyek ini."

Rencana daur ulang ini diumumkan pada 12 Juni 2013 dan hanya ditujukan kepada akun e-mail yang sudah setahun tak pernah diakses oleh pemilik. Tujuannya ialah memberi kesempatan pengguna setia atau pengguna baru untuk memakai alamat e-mail yang sudah terpakai, tetapi tidak pernah dibuka oleh pemiliknya.

"Bisa saya katakan dan pastikan 100 persen bahwa benar-benar mustahil untuk terjadi sesuatu. Tetapi, kita akan memastikan tidak akan kejadian buruk pada pengguna kami," ujar Casey.

Jika pemilik melakukan login kembali sebelum 15 Juli 2013, Yahoo akan mempertahankan akun tersebut. Tetapi, jika lewat dari tanggal tersebut, akun akan mati dan bisa dipakai oleh orang lain. 

Ini Dia Tampilan Antarmuka PlayStation 4

Posted: 21 Jun 2013 08:18 AM PDT


KOMPAS.com - Sony telah mengumumkan bentuk, harga, dan judul-judl game yang tersedia untuk PlayStation 4 (PS4). Yang belum diketahui adalah tampilan interface dari konsol game next-gen milik perusahaan Jepang tersebut, hingga baru-baru ini video mengenai antarmuka PS4 dirilis oleh Sony.

Seperti dikutip dari Ars Technica, dalam video terlihat bahwa PS4 menitikberatkan pada aspek sosial, di mana perangkat ini menyajikan berbagai macam update dari media-media sosial langsung ke tampilan homescreen.

Integrasi PS4 dengan smartphone juga divisualisasikan melalui wanita yang mengirim pesan pada dua orang gamer temannya selagi menunggu pesanan makanan. Si wanita juga bisa memerintahkan download game Killzone ke PS4 miliknya setelah melihat video rekaman sesi multiplayer dari game tersebut.

Yang paling menarik mungkin adalah opsi untuk mengunduh mode "multiplayer" atau "single player" lebih dulu saat membeli game secara online. Hal ini boleh jadi adalah implementasi PlayGo, yaitu fitur PS4 yang memungkinkan gamer bermain sebauah game, bahkan sebelum game yang bersangkutan selesai di-download atau di-install dari disc Blu-ray.

Simak videonya di bawah ini: 

Samsung Rilis Galaxy S4 "Aneka Warna"

Posted: 21 Jun 2013 07:40 AM PDT

KOMPAS.com - Samsung Galaxy S4 diketahui sangat laku di pasaran smartphone global. Oleh karena itulah, perusahaan asal Korea Selatan ini memutuskan untuk menambah varian baru atau versi berbeda dari smartphone ini.

Bukan penambahan fitur atau peningkatan isi hardware, tetapi Samsung akan menghadirkan Galaxy S4 dengan lima pilihan warna baru.

Dalam ajang Samsung Premiere di London, Inggris, Kamis (20/6/2013), Samsung memperkenalkan Galaxy S4 dalam balutan warna biru terang (tua), ungu, merah, coklat, dan merah muda (pink). Sebelumnya hanya ada warna putih dan biru gelap (muda),

Selain itu, Samsung mengumumkan bahwa Galaxy S4, varian baru yang dilengkapi dengan kemampuan tahan air dan debu, juga akan hadir dalam versi warna-warni. Dikutip dari Cnet, Jumat (21/6/2013), terdapat tiga pilihan warna untuk produk ini, yaitu abu-abu, oranye, dan biru.

Samsung tidak menyebutkan kapan akan meluncurkan Galaxy S4 aneka warna tersebut dan tampaknya tidak semua warna akan hadir di semua pasar smartphone global.

Keputusan Samsung menghadirkan Galaxy S4 versi "aneka warna" ini boleh jadi mendahului strategi Apple. Dalam beberapa waktu belakangan ini, Apple memang dikabarkan sedang menyiapkan generasi iPhone terbaru yang akan diluncurkan di luar kebiasaan selama ini.

Apabila biasanya hanya hadir dalam pilihan warna hitam dan putih, iPhone baru nantinya akan diluncurkan dalam versi berbagai warna baru.

No comments:

Post a Comment