KOMPASbola

KOMPASbola


Susunan Pemain Italia Vs Jepang

Posted: 19 Jun 2013 09:09 PM PDT

RECIFE, KOMPAS.com — Berikut susunan pemain Italia dan Jepang dalam lanjutan penyisihan Grup A Piala Konfederasi di Arena Pernambuco, Recife, Rabu atau Kamis (20/6/2013) dini hari WIB.

Italia:
1- Gianluigi Buffon; 2- Christian Maggio, 15- Andrea Barzagli, 3- Giorgio Chiellini, 5- Mattia De Sciglio; 16- Daniele De Rossi, 21- Andrea Pirlo, 18- Ricardo Montolivo; 22- Emanuele Giaccherini, 70 Alberto Aquilani; 9- Mario Balotelli
Pelatih: Cesare Prandelli

Japan: 1- Eji Kawashima; 6- Atsuto Uchida, 22- Maya Yoshida, 15- Yasuyuki Konno, 5- Yuto Nagatomo; 17- Makoto Hasebe, 7- Yasuhito Endo; 9- Shinji Okazaki, 4- Keisuke Honda, 10- Shinji Kagawa; 18- Ryoichi Maeda
Pelatih: Alberto Zaccheroni

Wasit: Diego Abal

Neymar Bersinar, Brasil ke Semifinal

Posted: 19 Jun 2013 08:56 PM PDT

FORTALEZA, KOMPAS.com — Brasil memastikan diri menjadi tim pertama yang lolos ke babak semifinal Piala Konfederasi setelah membungkam Meksiko 2-0 di  Stadion Castelao, Fortaleza, Rabu atau Kamis (20/6/2013) dini hari WIB. Neymar menjadi bintang dengan mencetak satu gol dan satu assist untuk gol Jo.

Dengan hasil ini, tim Samba untuk sementara menjadi pemuncak klasemen Grup A dengan mengoleksi enam poin dari dua pertandingan yang dilakoninya. Di laga terakhir, Brasil akan melawan Italia. Sementara itu, dengan mengalami dua kekalahan, Meksiko sudah pasti tersingkir.

Tampil di depan publiknya, Brasil langsung tancap gas. Serangan tim Samba lebih banyak bertumpu kepada Neymar yang beroperasi di sisi kanan pertahanan Meksiko. Saat laga baru berjalan empat menit, tembakan keras yang dilepaskan Marcelo dari luar kotak penalti cukup membahayakan. Namun, kiper El Tri, Jose Corona, masih mampu menahan tembakan pemain Real Madrid tersebut.  

Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya terjadi. Pendukung Brasil yang memadati Stadion Castelao bersorak menyambut gol Neymar pada menit kesembilan. Gol yang dikreasi pemain Barcelona tersebut sangat sensasional.

Awalnya, Dani Alves melakukan penetrasi di sisi kiri pertahanan Meksiko dan memberikan umpan silang ke dalam kotak penalti. Salah satu pemain Meksiko berusaha menghalaunya, tetapi bola jatuh ke arah Neymar. Tanpa mengontrol bola, Neymar langsung melepaskan tendangan voli yang membuat bola bersarang ke sisi kanan gawang Meksiko, 1-0.  

Brasil terus menggempur lawannya. Alves nyaris mencetak gol saat men-chip bola ke tiang jauh Meksiko. Namun, peluang emas tersebut berhasil digagalkan oleh Corona.

Tim Samba benar-benar berusaha mendominasi sehingga Meksiko hanya bisa beberapa kali menekan. Neymar nyaris kembali mencetak gol, setelah mampu menguasai bola dari umpan Hulk pada menit ke-23. Sayang, tembakan keras kaki kirinya masih sedikit melambung di atas tiang gawang.

Memasuki menit ke-30, Javier Hernandez dan kawan-kawan mulai mampu menguasai bola. Namun, Meksiko cukup frustrasi karena serangannya selalu berhasil dipatahkan. Pada menit ke-36, misalnya, Giovani Do Santos dengan skill-nya berhasil melewati Marcelo dan masuk ke dalam kotak penalti lawan. Namun, umpan yang dilepaskan Dos Santos dengan baik dipatahkan Julio Cesar.

Tekanan dari Meksiko membuat Brasil mengandalkan serangan balik. Namun, Thiago Silva dan kawan-kawan terlalu terburu-buru melancarkan serangan balik sehingga sering mampu dipatahkan Meksiko.

Meksiko tetap menguasai pertandingan sampai menit-menit akhir. Sayang, tim besutan Jose Manuel de la Torre tersebut belum mampu mencetak gol balasan hingga wasit meniup peluit tanda istirahat.

Sama halnya dengan babak pertama, Brasil langsung tampil menekan semenjak awal babak kedua. Bahkan, tim Samba sempat mengejutkan setelah Silva berhasil mencetak gol seusai memanfaatkan umpan dari tendangan bebas Neymar. Namun, wasit Howard Webb menganulir gol tersebut karena menilai Silva sudah berada dalam posisi offside sebelumnya.

Brasil kembali mendapatkan peluang emas pada menit ke-56. Neymar dengan cerdik memberikan umpan kepada Hulk di dalam kotak penalti. Meski tak terkawal, Hulk gagal mencetak gol setelah tembakannya masih melebar.

Di balik tekanan dari kubu tuan rumah, Meksiko sempat melancarkan serangan berbahaya. Dos Santos berhasil masuk ke jantung pertahanan Brasil dan melepaskan umpan. Sebelum umpan tersebut dimanfaatkan Hernandez, Luiz berhasil memotong umpan yang dilepaskan Dos Santos. Brasil membalasnya melalui sepakan keras Neymar. Kali ini, Corona masih tangguh menghalau bola tembakan pemain bernomor punggung 10 tersebut.

Brasil kemudian terlihat kesulitan mengembangkan permainannya. Kendali permainan dikuasai oleh Meksiko. Mereka lebih banyak mengeksploitasi sisi kiri pertahanan Brasil. Sayang, usaha mereka untuk lepas dari kekalahan tak membuahkan hasil.

Ironisnya, justru Brasil yang mampu menambah gol yang diciptakan Jo pada menit ke-93. Gol ini berkat assist Neymar. Neymar "menari-nari" melewati dua pemain lawan di dalam kotak penalti. Tak egois, Neymar memberikan bola kepada Jo yang berdiri bebas. Tanpa kesulitan, Jo melepaskan tembakan dan bola bersarang ke gawang Meksiko. Gol ini sekaligus memateraikan kemenangan Brasil 2-0. 

Selanjutnya, Brasil akan melawan Italia pada laga terakhir pernyisihan Grup A, Sabtu (22/6/2013). Sedangkan Meksiko akan meladeni Jepang.

Susunan pemain
Brasil:
12-Julio Cesar; 2-Dani Alves, 3-Thiago Silva, 4-David Luiz, 6-Marcelo; 17- Luiz Gustavo, 18-Paulinho; 10-Neymar, 11-Oscar (Hernanes 62), 19-Hulk (Lucas 77); 9-Fred (Jo 82)
Pelatih: Luiz Felipe Scolari

Meksiko: 12-Jose Corona; 21- Hiram Mier, Maza, 15- Hector Moreno, 20- Jorge Torres Nilo (Barrera 68); 3- Carlos Salcido, 6- Gerard Torrado; 22- Gerardo Flores (Hector Herrera 58), 18- Andres Guardado, 10- Giovani Dos Santos; 14- Javier 'Chicharito' Hernandez
Pelatih: Jose Manuel de la Torre
Wasit: Howard Webb

Reina Masih Betah di Anfield

Posted: 19 Jun 2013 08:28 PM PDT

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com — Kiper Liverpool, Pepe Reina, menyatakan, dirinya sama sekali tidak memiliki niat pergi dari Anfield, meskipun pemain berkebangsaan Spanyol tersebut diincar oleh klub lain.

Salah satu klub yang sangat tertarik memboyong Reina adalah Barcelona. El Barca sering dispekulasikan berhasrat mendatangkan Reina ke Camp Nou, sekalipun mereka berhasil mempertahankan kiper utama Victor Valdes.

Namun, Reina berkomitmen penuh dengan Liverpool. "Sangat jelas. Aku memiliki sebuah kontrak dengan Liverpool dan tidak ada perubahan saat ini," jelas Reina kepada AS.

Reina sendiri sedang membela tim nasional Spanyol di ajang Piala Konfederasi 2013. Peluang La Furia Roja melangkah ke semifinal sangat terbuka karena melawan Tahiti yang berada di peringkat ke-138 FIFA.
 
Meski begitu, Reina belum juga bermain. Sebab, pelatih Vicente del Bosque tetap memberikan kepercayaan penuh kepada Iker Casillas sebagai kiper utama Spanyol. Dibandingkan Reina yang menjadi kiper utama Liverpool, Casillas tak bermain selama lima bulan di Real Madrid.

"Iker tidak bermain beberapa bulan, tetapi dia berlatih baik dan dia selalu fit. Vicente del Bosque telah membuat sebuah keputusan dan kami hormati, seperti yang selalu kami lakukan," beber Reina.

Tembakan Voli Neymar "Tikam" Meksiko

Posted: 19 Jun 2013 07:52 PM PDT

FORTALEZA, KOMPAS.com - Brasil masih terlihat superior untuk Meksiko. Setidaknya, hal itu terlihat dari keberhasilan Brasil mendominasi dan mengungguli El Tri 1-0 sampai akhir babak pertama laga lanjutan Grup A Piala Konfederasi di Stadion Castelao, Fortaleza, Selasa atau Rabu (20/6/2013) dini hari WIB.

Tampil di depan publiknya, Brasil langsung tancap gas. Serangan tim Samba lebih banyak bertumpu kepada Neymar yang beroperasi di sisi kanan pertahanan Meksiko.

Saat laga baru berjalan empat menit, tembakan keras yang dilepaskan Marcelo dari luar kotak penalti cukup membahayakan. Namun, kiper El Tri, Jose Corona, masih mampu menahan tembakan pemain Real Madrid tersebut.  

Gol yang ditunggu-tunggu pun akhirnya terjadi. Pendukung Brasil yang memadati  Stadion Castelao bersorak menyambut gol Neymar pada menit kesembilan. Gol yang dikreasi pemain Barcelona tersebut sangat sensasional.

Awalnya, Dani Alves melakukan penetrasi di sisi kiri pertahanan Meksiko dan memberikan umpan silang ke dalam kotak penalti. Salah satu pemain Meksiko berusaha menghalaunya, tetapi bola jatuh ke arah Neymar. Tanpa mengontrol bola, Neymar langsung melepaskan tendangan voli yang membuat bola bersarang ke sisi kanan gawang Meksiko, 1-0.  

Brasil terus menggempur lawannya. Alves nyaris mencetak gol saat men-chip bola ke tiang jauh Meksiko. Namun, peluang emas tersebut berhasil digagalkan oleh Corona. 

Tim Samba benar-benar berusaha mendominasi, hingga Meksiko hanya bisa beberapa kali menekan. Neymar nyaris kembali mencetak gol, setelah mampu menguasai bola dari umpan Hulk pada menit ke-23. Sayang, tembakan keras kaki kirinya masih sedikit melambung di atas tiang gawang.

Memasuki menit ke-30, Javier Hernandez dan kawan-kawan mulai mampu menguasai bola. Namun, Meksiko cukup frustrasi karena serangannya selalu berhasil dipatahkan. Pada menit ke-36, misalnya, Giovani Dos Santos dengan skill-nya berhasil melewati Marcelo dan masuk ke dalam kotak penalti lawan. Namun, umpan yang dilepaskan Dos Santos dengan baik dipatahkan Julio Cesar.

Tekanan dari Meksiko membuat Brasil mengandalkan serangan balik. Namun, Thiago Silva dan kawan-kawan terlalu terburu-buru melancarkan serangan balik sehingga sering mampu dipatahkan Meksiko.

Meksiko tetap menguasai pertandingan sampai menit-menit akhir. Sayang, tim besutan Jose Manuel de la Torre tersebut belum mampu mencetak gol balasan hingga wasit meniup peluit tanda istirahat.

Susunan Pemain
Brasil:
12-Julio Cesar; 2-Dani Alves, 3-Thiago Silva, 4-David Luiz, 6-Marcelo; 17- Luiz Gustavo, 18-Paulinho; 10-Neymar, 11-Oscar, 19-Hulk; 9-Fred
Pelatih: Luiz Felipe Scolari

Meksiko: 12-Jose Corona; 21- Hiram Mier, Maza, 15- Hector Moreno, 20- Jorge Torres Nilo; 3- Carlos Salcido, 6- Gerard Torrado; 22- Gerardo Flores, 18- Andres Guardado, 10- Giovani Dos Santos; 14- Javier 'Chicharito' Hernandez
Pelatih: Jose Manuel de la Torre
Wasit: Howard Webb

Balotelli Akan Reuni dengan City

Posted: 19 Jun 2013 07:37 PM PDT

MUENCHEN, KOMPAS.com — Striker AC Milan, Mario Balotelli, akan bereuni dengan mantan klubnya, Manchester City. Ini akan terjadi pada Audi Cup, Juli nanti, yang diikuti Milan dan City.

Turnamen pramusim ini sudah beberapa kali digelar di Allianz Arena, kandang Bayern Muenchen. Selain tuan rumah Bayern Muenchen, City, dan Milan, turnamen ini juga akan diikuti klub Brasil, Sao Paulo. Terakhir, Audi Cup digelar pada 2011 dengan Barcelona tampil sebagai juara.

City akan menghadapi Milan pada pertandingan pertama. Pemenang laga ini akan melawan pemenang antara Bayern melawan Sao Paulo.

Balotelli bergabung dengan City pada 2010, setelah meninggalkan Inter Milan. Ia ikut membawa City menjuarai Premier League dan Piala FA, sebelum pindah ke Milan pada Januari 2013. (DM)

Dalam Angka 100, Forlan Ingin Menangkan Uruguay

Posted: 19 Jun 2013 06:37 PM PDT

SALVADOR, KOMPAS.com — Diego Forlan akan mencatat 100 penampilan bersama timnas Uruguay saat melawan Nigeria di Grup B Piala Konfederasi, Kamis atau Jumat (21/6/2013). Ia pun berharap rekor itu ditandai dengan kemenangan Uruguay. Apalagi, kemenangan memang wajib diraih timnya jika ingin bertahan di ajang ini.

Uruguay mengalami kekalahan 1-2 pada laga pertama lawan Spanyol. Sedangkan Nigeria menghajar Tahiti 6-1. "Kami mutlak harus menang (lawan Nigeria) agar tetap memiliki peluang ke babak selanjutnya. Mereka sudah menang di laga yang memang harus dimenangkan (lawan Tahiti), dan mencetak banyak gol. Maka, hasil seri saja masih bagus buat mereka, tapi tidak buat kami," jelas Forlan.

Pemain 34 tahun yang terpilih sebagai Pemain Terbaik Piala Dunia 2010 ini menambahkan, "Nigeria memiliki pemain-pemain bagus dan sebagian besar bermain di Eropa. Secara fisik, mereka juga sangat kuat. Maka, laga ini tak akan mudah. Ini akan menjadi pertarungan yang berat."

Jika hasilnya seri, maka Uruguay berharap Nigeria kalah pada laga terakhir melawan Spanyol. Sebaliknya, Uruguay juga harus menang lebih besar dari 6-1 jika ingin ke semifinal. (RTR)

Pele: Bayern Belum Hebat

Posted: 19 Jun 2013 06:18 PM PDT

MUENCHEN, KOMPAS.com — Legenda Brasil, Pele, tak sependapat bahwa Bayern Muenchen adalah tim terbaik Eropa meskipun The Bavarian berhasil menjuarai Liga Champions pada musim 2012-13.  

"Ketika Anda menjadi pemenang Liga Champions, itu tidak berarti menjadi tim terbaik di Eropa," tegas Pele kepada SID.

Dalam perjalanan meraih trofi Liga Champions, Bayern tampil superior. Philipp Lahm dan kawan-kawan berhasil membungkam Juventus dengan agregat 4-0 pada babak perempat final, kemudian menghancurkan juara Liga BBVA, Barcelona, dengan agregat 7-0. Akhirnya, Die Roten berhasil mengangkat trofi si kuping lebar setelah sukses menundukkan Borussia Dortmund 2-1 di partai final yang digelar di Stadion Wembley, London, Inggris.

Menurut Pele, Bayern bisa dikatakan tim terbaik Eropa jika berhasil mempertahankan kesuksesan tersebut pada masa yang akan datang. Tugas itu nantinya akan diemban Josep "Pep" Guardiola, yang ditunjuk sebagai pengganti Jupp Heynckes yang memilih pensiun seusai mempersembahkan treble winner bagi publik Allianz Arena pada musim lalu.

"(Mempertahankannya) untuk empat atau lima tahun. Barcelona melakukan ini dan Santos melakukannya di era saya. Sementara Benfica, Ajax, AC Milan, dan Real Madrid masing-masing memiliki masa keemasan," tutur Pele.

"Bayern masih jauh dari keemasan. Meskipun mereka juga bisa sukses di bawah pelatih baru Pep Guardiola, yang mendominasi di Barca," sambungnya.

Susunan Pemain Brasil Vs Meksiko

Posted: 19 Jun 2013 06:14 PM PDT

AFP PHOTO / VANDERLEI ALMEIDA

Striker Brasil, Neymar da Silva, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Jepang pada laga Piala Konfederasi 2013 di Stadion Nacional Mane Garrincha, Brasilia, Sabtu atau Minggu (16/6/2013) dini hari WIB.

FORTALEZA, KOMPAS.com - Berikut susunan Brasil kontra Meskiko pada laga lanjutan Grup A Piala Konfederasi yang akan berlangsung di Stadion Castelao, Fortaleza, Selasa atau Rabu (20/6/2013) dini hari WIB.

Brasil: Julio Cesar; Dani Alves, Thiago Silva, David Luiz, Marcelo; Gustavo, Paulinho; Neymar, Oscar, Hulk; Fred

Meksiko: Corona; Mier, Maza, Moreno, Torres Nilo; Salcido, Torrado; Flores, Guardado, Giovani; Hernandez

Wasit: Howard Webb

No comments:

Post a Comment