KOMPAStekno

KOMPAStekno


Nokia Ledek Pengguna iPhone Seperti Zombie

Posted: 24 Jun 2013 11:58 AM PDT

KOMPAS.com - Tengah malam, seorang pejalan kaki menyusuri trotoar sendirian. Tiba-tiba, setelah melalui sebuah tikungan, dia menjumpai segerombolan zombie dengan kulit pucat dan mata menyala, mirip dengan keadaan subyek foto setelah "ditembak" oleh cahaya lampu flash.

Sesosok zombie bermata merah dan berambut gondrong terlihat memegang smartphone yang terlihat mirip iPhone 5. Rupanya dialah yang membuat orang-orang di sekitar menjadi "zombie" dengan memotret mereka menggunakan flash pada ponsel.

Itulah gambaran adegan dalam salah satu iklan terbaru Nokia yang diunggah ke YouTube pada hari Jumat (21/6/2013) lalu. Di akhir iklan terdapat pesan berbunyi "Nokia 925, foto terbaik dalam kondisi cahaya apapun, bahkan tanpa flash sekalipun."

Inti pesan dalam iklan, smartphone lain hanya bisa mengambil foto di keadaan minim cahaya dengan flash, sementara hal tersebut membuat tampilan subyek menjadi seperti zombie. Kemampuan foto Nokia 925 disebut membuatnya bisa memotret dalam kondisi low-light dengan bagus, walau tanpa flash.

Nokia 925 sendiri hanya ditampilkan sekilas di awal iklan, saat si pejalan kaku melihat jam di ponsel tersebut. Perangkat Windows Phone 8 ini baru dirilis bulan lalu. Adapun kameranya menggunakan unit sensor PureView 8,7 megapixel yang sama dengan milik pendahulunya, Lumia 920.

Telkomsel Lepas 1.500 Unit BlackBerry Q10

Posted: 24 Jun 2013 11:32 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Empat operator seluler di Indonesia, termasuk Telkomsel, mulai membuka pemesanan awal (pre-order) ponsel pintar BlackBerry Q10 sejak 5 sampai 20 Juni 2013. Telkomsel mengklaim berhasil menjual 1.500 unit BlackBerry Q10 sepanjang masa pre-order.

"Kami menyediakan 5.000 unit BlackBerry Q10, dan sekarang sudah terjual 1.500 unit," kata Arief Pradetya, Division Head, Device Bundling and Customization Strategy Telkomsel, di Jakarta, Senin (24/6/2013). Ia percaya permintaan BlackBerry Q10 akan meningkat saat momentum Lebaran.

Dalam menyediakan pasokan BlackBerry Q10, Telkomsel bekerjasama dengan distributor Teletama Artha Mandiri (TAM) dan Surya Citra Multimedia (SCM), serta bermitra dengan tiga toko online, yakni Erafone.com, Blibli.com, dan Tokone.com.

Mulai 25 Juni 2013, Telkomsel bakal mengirim BlackBerry Q10 kepada pelanggan lama KartuHalo dan Simpati yang telah memesan.

Arief mengatakan, keberadaan perangkat BlackBerry 10 meningkatkan volume pemakaian data (internet). Karena, ponsel BlackBerry 10 tak lagi menggunakan metode BlackBerry Internet Service (BIS) yang mengkompresi akses internet.

Sekarang ini, lanjut Arief, sudah ada 4.000 pelanggan Telkomsel yang menggunakan perangkat BlackBerry Q10 dan 56.000 pelanggan yang memakai BlackBerry Z10. 

Ini Dia 4 Pengguna Pertama BlackBerry Q10 Telkomsel

Posted: 24 Jun 2013 09:23 AM PDT

Dokumentasi Telkomsel

Dari kiri ke kanan: Head of Strategic Marketing Group Telkomsel Ririn Widaryani, Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan, Anggota DPR Meutya Hafiedz, Direktur Digital Kompas Gramedia Grup Edi Taslim, Miss Indonesia Tahun 2007 Kamidia Radisti

JAKARTA, KOMPAS.com — Telkomsel menyerahkan ponsel pintar BlackBerry Q10 kepada empat pelanggan terpilih, di Jakarta, Senin (24/6/2013). Mereka menjadi empat orang pertama pemakai BlackBerry Q10 resmi di Indonesia.

Keempatnya adalah Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan, Direktur Digital Kompas Gramedia Group Edi Taslim, anggota DPR Meutya Hafiedz, dan Miss Indonesia 2007 Kamidia Radisti.

Head of Strategic Marketing Group Telkomsel Ririn Widaryani mengatakan, ponsel BlackBerry Q10 ditujukan untuk kalangan profesional yang membutuhkan kenyamanan memakai ponsel dengan papan ketik fisik format QWERTY.

Ponsel BlackBerry Q10 baru dipasarkan secara resmi di Indonesia pada 25 Juni 2013. Pada tanggal tersebut, Telkomsel memulai pengiriman BlackBerry Q10 ke tempat tinggal pelanggan lama KartuHalo dan Simpati yang telah memesan.

"Jadi, pelanggan setia Telkomsel, baik KartuHalo dan Simpati, tidak perlu antre untuk mengambil BlackBerry Q10. Kami akan mengirim produk ini ke rumah masing-masing," ujar Arief Pradetya, Division Head, Device Bundling and Customization Strategy Telkomsel.

BlackBerry Q10 merupakan produk kedua yang berjalan dengan sistem operasi BlackBerry 10. Arief mengatakan, pengguna ponsel BlackBerry 10 tak perlu lagi berlangganan paket BlackBerry Internet Service (BIS) seperti ponsel BlackBerry lama. "Pengguna cukup berlangganan paket data seperti smartphone pada umumnya. Koneksi internetnya sudah lebih kencang karena tidak dikompresi oleh BIS," tambah Arief.

Telkomsel kini memiliki 56.000 pelanggan yang memakai perangkat BlackBerry Z10 dan 4.000 pelanggan yang memakai BlackBerry Q10.

Data 6 Juta Pengguna Facebook Bocor

Posted: 24 Jun 2013 08:43 AM PDT

KOMPAS.com — Facebook mengakui, ada celah keamanan di sistem jejaring sosial mereka yang menyebabkan data dari enam juta penggunanya bisa diakses oleh pihak yang tidak berwenang.

Seperti dikutip dari BBC, Senin (24/6/2013), Facebook menyatakan "kecewa dan malu" atas kejadian ini.

Meski demikian, Facebook mengklaim tidak ada informasi keuangan pengguna yang bocor, seperti data kartu kredit. Selain itu, tidak ada bukti bahwa informasi pengguna yang bocor telah digunakan untuk tujuan kejahatan.

Masalah ini terjadi di fitur "Download Your Information" yang tak bekerja sebagaimana mestinya. Sebenarnya celah ini telah "terbuka" sejak pertengahan 2012 lalu. Gara-garanya, pengguna Facebook bisa mengintip data pengguna Facebook lainnya.

Facebook mengatakan telah memperbaiki gangguan tersebut dan telah menginformasikan 6 juta pengguna melalui e-mail.

"Kami sangat memperhatikan privasi orang dan karena itu kami berupaya keras untuk melindungi informasi orang sebaik mungkin," kata juru bicara Facebook. "Walaupun kami memiliki tim kuat, tidak ada perusahaan yang dapat menjamin 100 persen gangguan ini."

Inikah Nama Resmi iPhone Versi Murah?

Posted: 24 Jun 2013 07:18 AM PDT

KOMPAS.com — Bocoran iPhone versi murah kembali beredar di internet, kali ini berupa gambar sketsa smartphone tersebut dan sebuah ponsel lain yang diduga adalah "iPhone 5S".

Dalam gambar, tampak iPhone versi murah disebut sebagai "iPhone Light". Ukurannya lebih kurang sebanding dengan sketsa smartphone lain di sampingnya yang tertulis sebagai "iPhone 5S".

Apabila sketsa ini benar-benar berasal dari Apple, boleh jadi iPhone Light nantinya bakal mengusung ukuran layar 4 inci seperti iPhone 5 saat ini. Desain fisiknya pun terlihat mirip dengan tombol Home bulat di bagian muka dan kamera depan.

Beberapa perbedaan terletak pada ukuran iPhone Light yang dalam sketsa digambarkan lebih tebal dibanding iPhone 5S.

Selain itu, desain bagian belakang kedua perangkat juga berbeda. iPhone Light tampak memiliki pinggiran membulat, mirip iPod Classic.

Seperti dikutip dari Phone Arena, informasi ini konon sudah dipandang cukup oleh para produsen aksesori untuk mulai membuat casing iPhone Light, seperti bisa dilihat pada gambar di atas.

Informasi lain yang bisa didapat dari sketsa adalah kamera belakang iPhone 5S yang agaknya memang mengusung flash LED ganda.

Baik iPhone 5S maupun iPhone Light terlihat mengusung desain layout penempatan tombol, speaker, dan konektor yang serupa dengan iPhone 5 saat ini.

Belum ada informasi lain soal spesifikasi iPhone 5S dan iPhone Light di luar sketsa ini. Kedua perangkat diprediksi akan diperkenalkan oleh Apple sekitar kuartal ketiga tahun ini, bersama dengan rilis iOS 7.

No comments:

Post a Comment