KOMPASbola

KOMPASbola


Leverkusen Gaet Bek Muda Italia

Posted: 21 Jun 2013 09:57 PM PDT

LEVERKUSEN, KOMPAS.com - Bayer Leverkusen resmi mendapatkan bek muda Giulio Donati dari Inter Milan. Werkself mengontrak bek muda asal Italia itu hingga 30 Juni 2017.

Donati cukup bersinar di Piala Eropa U-21 yang digelar di Israel. Pemain berusia 23 tahun tersebut menjadi andalan di lini belakang Italia dan sukses mengantarkan negaranya melaju ke babak final. Sayang, Italia gagal menjadi juara setelah ditekuk 2-4 oleh Spanyol pada partai puncak yang digelar di Stadion Teddy, Jerusalem, Selasa (18/6/2013).

Donati mengaku senang bisa bergabung dengan Leverkusen. Menurutnya, Leverkusen adalah sebuah tim besar di Jerman dan juga memiliki reputasi besar di Italia.

"Aku benar-benar ingin bermain di Bundesliga dan itu akan menjadi tantangan besar bermain di Liga Champions bersama Leverkusen. Aku akan memberikan segalanya untuk membantu Bayer meraih tujuannya," beber Donati.

Sementara Manajer Umum Bayer Leverkusen, Wolfgang Holzhauser, menilai Donati merupakan pemain muda yang cocok dengan timnya. "Dia andalan tim Italia di Piala Eropa U-21 di Israel. Kami yakin dia akan bermain dengan baik sebagai bek kanan," ujar Holzhauser. (BL)

Podolski Ingin Lewandowski Berseragam Arsenal

Posted: 21 Jun 2013 09:52 PM PDT

LONDON, KOMPAS.com - Penyerang Arsenal, Lukas Podolski, meminta klubnya bekerja keras untuk mendatangkan bomber Borussia Dortmund, Robert Lewandowski, pada bursa transfer musim panas ini. Podolski menilai Lewandowski merupakan penyerang yang cocok untuk Arsenal.

Lewandowski mempertimbangkan meninggalkan Borussia Dortmund, meskipun masih terikat kontrak hingga Juni 2014. Striker berkebangsaan Polandia tersebut diminati pula oleh Bayern Muenchen dan Manchester United.

Oleh karena itu, The Gunners harus bekerja keras jika ingin mendapatkan jasa Lewandowski pada musim ini. Terlebih, Direktur Borussia Dortmund, Hans-Joachim Watzke, telah menegaskan tidak akan menjual Lewandowski pada bursa transfer musim panas ini.

"Dia telah mencetak 24 gol pada musim lalu. Dia bisa membuatnya (torehan gol tersebut) di mana pun dan dia cocok di Arsenal. Namun pada akhirnya, dia yang memutuskan. Bukan media atau manajer," beber Podolski kepada salah satu surat kabar Polandia, Polska The Times.

Sepertinya, Arsenal tak tertarik mendatangkan Lewandowski. Pasalnya, Meriam London sebagaimana diberitakan Goal.com sudah mencapai kesepakatan personal dengan penyerang Real Madrid, Gonzalo Higuain.

Higuain, bomber asal Argentina tersebut menyetujui proposal kontrak dengan nilai sekitar 23 juta euro (sekitar Rp 300 miliar) yang diajukan Arsenal. Higuain juga akan mendapat gaji 116.000 poundsterling (sekitar Rp 1,5 miliar) per pekan. Jumlah tersebut membuat Higuain masuk ke dalam jajaran pemain yang memiliki gaji besar selain Theo Walcott dan Thomas Vermaelen. 

Abidal Semakin Dekat ke Monaco

Posted: 21 Jun 2013 08:20 PM PDT

MONACO, KOMPAS.com — Mantan bek Barcelona, Eric Abidal, hanya tinggal selangkah lagi bergabung dengan salah satu klub raksasa Ligue 1, AS Monaco, pada musim panas ini.

Abidal meninggalkan Barcelona pada akhir musim 2012-13 setelah berada di Camp Nou selama lima tahun. Pemain asal Perancis tersebut sempat dikabarkan akan bergabung dengan mantan pelatihnya, Jose Guardiola, di Bayern Muenchen.

Dalam perkembangannya, Abidal lebih memilih AS Monaco sebagai pelabuhan untuk melanjutkan kariernya. "Kami berharap (dapat) menyelesaikan kesepakatan selama pekan depan," kata David Venditelli, agen Abidal.

Monaco tak asing bagi Abidal karena dia pernah membela klub tersebut selama dua tahun. Namun, Abidal berpendapat, puncak kariernya adalah ketika bersama Barca. Selama enam musim bersama Barca, Abidal mengecap gelar-gelar bergengsi, di antaranya juara La Liga, Liga Champions, Piala Super UEFA, dan Piala Dunia Antarklub. (FE)

FIFA: Piala Konfederasi Jalan Terus

Posted: 21 Jun 2013 07:59 PM PDT

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com — Badan Sepak Bola Dunia (FIFA) menyatakan takkan menghentikan penyelenggaraan Piala Konfederasi 2013 meskipun terjadi unjuk rasa besar-besaran di Brasil. Lokasi penyelenggaraan turnamen empat tahunan ini tak luput menjadi sasaran unjuk rasa warga.

Aksi unjuk rasa yang dilakukan rakyat Brasil sudah memasuki hari keempat. Mereka menentang kebijakan pemerintah yang mengeluarkan banyak dana untuk menggelar Piala Konfederasi dan Piala Dunia 2014. Para pengunjuk rasa menilai Pemerintah Brasil seharusnya tak terlalu royal mengeluarkan dana untuk merenovasi beberapa stadion dan menggelar dua turnamen akbar itu. Sebab, saat ini banyak rakyat Brasil kesulitan secara ekonomi.

Brasil diperkirakan menghabiskan 10 miliar euro untuk memperbaiki stadion, bandara, dan proyek lainnya demi penyelenggaraan Piala Dunia 2014. Sekitar 90 persen dana tersebut berasal dari dana publik.

Unjuk rasa ini bukan tidak mungkin mengancam keselamatan peserta Piala Konfederasi. Teranyar, pemrotes berkumpul di sekitar Stadion Maracana, Kamis (20/6/2013) waktu setempat. Padahal, saat aksi berlangsung, stadion tersebut menggelar pertandingan Spanyol melawan Tahiti.

Meski begitu, FIFA menyatakan, tidak ada satu pun peserta meminta Piala Konfederasi dihentikan. Oleh karena itu, tak ada alasan bagi FIFA tak melanjutkan turnamen empat tahunan ini.

"Kami mendukung dan mengakui hak kebebasan berbicara dan unjuk rasa damai. Kami mengutuk segala bentuk kekerasan. Namun, sampai saat ini, tidak satu pun dari FIFA atau panitia lokal yang berkeinginan menghentikan turnamen ini. Kami tidak menerima laporan tim mana pun akan meninggalkan Brasil," jelas juru bicara FIFA.

Benitez: Jangan Pergi Cavani

Posted: 21 Jun 2013 07:18 PM PDT

NAPLES, KOMPAS.com — Pelatih anyar Napoli, Rafael Benitez, menyatakan, dia akan berusaha keras meyakinkan Edinson Cavani agar mau bertahan di Naples pada musim depan.

Cavani sebetulnya masih terikat kontrak dengan Napoli hingga 30 Juni 2017. Namun, ada beberapa klub kaya raya, di antaranya Paris Saint-Germain, Real Madrid, Chelsea, dan Manchester City, yang siap menggelontorkan dana besar untuk merekrut Cavani.

Sementara Cavani belum memberikan keputusan apa pun mengenai ketertarikan beberapa klub tersebut. Pemain berusia 26 tahun tersebut ingin fokus di Piala Konfederasi 2013 bersama tim nasional Uruguay.

Benitez mengaku optimistis Cavani akan bertahan. "Setiap orang membicarakan dia karena dia pemain yang sangat kuat dan dia pemain penting. Kami bahagia bisa memiliki dia dan saya berharap bisa bertahan di sini. Saya telah berbicara dengan dia dan kami berbicara melalui pesan singkat," tutur Benitez.

Senada dengan Benitez, Presiden Napoli Aurelio de Laurentiis juga mengaku yakin Cavani bertahan. Sebab, Napoli-lah yang telah membesarkan nama Cavani. 

"Dia tidak pernah menyangkal pentingnya (bermain) di klub seperti Real Madrid. Tetapi, jangan lupa bahwa dia membesarkan namanya di Napoli. Jika klub seperti Anzhi (Makhachkala) menanyakannya, mungkin dia mengatakan tidak. Tetapi, jika klub lain seperti Bayern Muenchen, Barcelona, atau Real Madrid (mungkin) bisa membujuknya untuk pergi."

"Dia tahu masih mempunyai kontrak dan kewajiban untuk kami, dan di sana juga ada klausul pembebasan kontrak. Cavani tahu di Napoli dia adalah pemain penting. Saya tidak tahu apakah baik itu di Real Madrid atau tim lain, dia akan menjadi sama pentingnya," beber Laurentiis.

City Menyerah Kejar Cavani

Posted: 21 Jun 2013 05:06 PM PDT

NAPLES, KOMPAS.com — Presiden Napoli, Aurelio de Laurentiis, mengklaim, Manchester City telah mundur dari usahanya merekrut bomber andalan klubnya, Edinson Cavani. Ia menilai, City tidak mempunyai uang untuk membayar klausul pembebasan kontrak Cavani senilai 54 juta pounds (sekitar Rp 705 miliar).

Bukan rahasia lagi bila Cavani menjadi incaran sejumlah klub raksasa di Eropa. Selain Real Madrid, dua klub raksasa Inggris, yakni Chelsea dan City, dikabarkan tertarik untuk memboyong striker yang musim lalu mengemas 36 gol bagi Napoli di semua kompetisi.

"Manchester City tidak memiliki uang untuk membayar Cavani karena mereka mengatakan, 'Kami tidak akan membayarnya'," ungkap Laurentiis seperti dilansir Skysports.

"Abu Dhabi (pemilik City, Sheikh Mansour bin Zayed al Nahyan) mengatakan, mereka tidak akan membayar 63 juta euro (54 juta pounds) untuk Cavani," tuturnya lagi.

Terkait dengan ketertarikan klub lain, seperti Real Madrid, Chelsea, dan Paris Saint-Germain, Laurentiis menegaskan, klubnya akan berusaha keras menahan Cavani tetap di Naples musim depan. Ia menilai sejumlah kabar yang beredar di surat kabar merupakan rumor semata.

"Dengan Edinson tidak ada yang berubah. Judul halaman depan sejumlah surat kabar yang sudah saya baca tidak ada yang mengutip kata-katanya secara persis," kata Laurentiis.

"Dia tidak pernah menyangkal pentingnya (bermain) di klub seperti Real Madrid. Tetapi, jangan lupa bahwa dia membesarkan namanya di Napoli. Jika klub seperti Anzhi (Makhachkala) menanyakannya, mungkin dia mengatakan tidak. Tetapi, jika klub lain seperti Bayern Muenchen, Barcelona, atau Real Madrid bisa membujuknya untuk pergi."

"Dia tahu masih mempunyai kontrak dan kewajiban untuk kami, dan di sana juga ada klausul pembebasan kontrak. Cavani tahu di Napoli dirinya adalah pemain penting. Saya tidak tahu apakah baik itu di Real Madrid atau tim lain, dia akan menjadi sama pentingnya," tukas Laurentiis.

Adidas-Chelsea 10 Tahun Lagi

Posted: 21 Jun 2013 05:02 PM PDT

LONDON, KOMPAS.com — Perusahaan pakaian olahraga asal Jerman, Adidas, memperbarui kontrak kerja sama dengan Chelsea untuk satu dekade lagi. Itu artinya, Adidas akan tetap menjadi pemasok kostum The Blues hingga 10 tahun ke depan.

Hal tersebut diumumkan oleh klub Premier League itu, Jumat (21/6/2013). Akan tetapi, tak disebutkan secara detail nilai kerja sama tersebut, meskipun Chelsea mengatakan bahwa ini merupakan harga kesepakatan terbesar yang pernah dilakukan klub dengan sebuah mitra komersial.

Adidas menjadi pemasok kostum Chelsea pada tahun 2006. Klub London itu, yang dimiliki miliarder Rusia, Roman Abramovich, menjuarai Liga Europa pada musim lalu dan musim depan akan kembali ditangani manajer kharismatik, Jose Mourinho, yang memutuskan hengkang dari Real Madrid.

Memang, sejumlah klub elite di Eropa menjadi incaran perusahaan-perusahaan olahraga. Selain Adidas, Nike dan Puma pun melakukan hal serupa untuk meningkatkan penjualan serta memperluas mereknya.

Puma dilaporkan telah sepakat untuk membayar 30 juta poundsterling (sekitar Rp 459,085 miliar/kurs 1 poundsterling: Rp 15.302) per tahun untuk menggantikan Nike sebagai pemasok kostum klub Premier League Arsenal, mulai tahun 2014.

PT Liga Jadi Mediator Tunggakan Gaji 11 Pemain PSMS

Posted: 21 Jun 2013 04:39 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Liga Indonesia (PT LI) berjanji akan membantu 11 pemain PSMS Medan yang gajinya tertunggak selama berbulan-bulan. PT LI melalui CEO-nya, Djoko Driyono, menawarkan cara pelunasan gaji 11 pemain PSMS melalui dana subsidi.

"Saya sebenarnya sudah bertemu dengan Ketua Umum PSMS, Indra Sakti, pada kongres di Surabaya, beberapa waktu lalu. Di sana, saya meminta kepada ia untuk mengajukan proposal penyelesaian soal kasus penunggakan gaji ini," ujar Djoko yang juga menjabat sebagai Sekjen PSSI di kantornya, Jumat (21/6/2013).

Namun, PT LI dalam hal ini hanya bertindak sebagai mediator. PT LI pun akan berbicara juga kepada pihak PSMS mengenai cara pelunasan gaji 11 pemain PSMS itu.

"Posisi liga hanya memediasi. Ini akan menjadi urusan rumah tangga PSMS. Soal protes, kami sangat apresiasi. Tapi, jangan sampai menyandera permasalahan itu," kata Djoko.

"Maka dari itu, kami meminta proposal penyelesaian. Kalau proposal itu tidak favorit untuk pemain atau PT LI, maka saya akan mengucurkan dana Rp 200 juta langsung ke pemain. Langkah ini adalah langkah potong jalur dari prosedur yang semestinya. Tapi, ini adalah uang PSMS. Saya tetap harus meminta persetujuan dari PSMS apakah bersedia memberikan uang subsidi Rp 200 juta ini langsung diberikan ke pemain tanpa lewat mereka," tambahnya.

Sudah seminggu lebih, 11 pemain PSMS yang gajinya tertunggak berada di Jakarta. Mereka terlunta-lunta mengadukan nasibnya untuk menuntut gaji yang sudah 10 bulan belum dibayar oleh pihak manajemen klub.

No comments:

Post a Comment