KOMPAStekno

KOMPAStekno


iOS 7 Bawa Perubahan Total ke iPhone

Posted: 10 Jun 2013 06:51 PM PDT

KOMPAS.com — Sistem operasi mobile iOS versi 7 untuk perangkat iPad, iPhone, dan iPod Touch secara resmi diumumkan oleh Apple. Versi ini mengalami perubahan besar dalam sejarah sistem operasi mobile Apple.

"iOS 7 adalah perubahan terbesar untuk iOS sejak diperkenalkannya iPhone. Ini dikemas dengan banyak fitur baru, dan tampilan antarmuka baru yang menakjubkan," kata CEO Apple Tim Cook dalam konferensi pengembang aplikasi World Wide Developer Congress (WWDC) 2013, Senin (10/6/2013).

Tampilan baru di iOS 7 meliputi desain ikon dengan warna baru yang terkesan datar, jenis huruf ramping, tampilan slide to unlock yang baru (dari bawah), begitu juga dengan panel sistem kontrol dan pusat notifikasinya.

Dengan ini, ikon menu kalender, telepon, pesan, Game Center, dibuat lebih bersih. Bar untuk menandakan kekuatan sinyal seluler diganti dengan serangkaian titik-titik.

Apple juga memberi akses cepat ke beberapa fitur dan fungsi yang umum digunakan, seperti pengaturan Wi-Fi, Bluetooth, kecerahan, modus penerbangan, dan lain-lain.

Tampilan aplikasi kamera juga mengalami pembaruan tampilan, serta ada pilihan filter foto. Apple juga memperbarui aplikasi pemantau harga saham dan cuaca.

Selain itu, aplikasi browser Safari ditingkatkan fiturnya agar lebih nyaman dalam berselancar internet, seperti navigasi berbasis gestur. Kolom pencarian di Safari telah hilang. Kini, Anda dapat melakukan pencarian konten internet langsung dari kolom alamat web.

Di acara itu, iOS juga didemokan untuk tampil pada perangkat dashboard mobil. Beberapa merek, seperti Ferrari atau Honda dikatakan akan mendukung hal ini.

iOS 7 versi developer akan tersedia segera, sedangkan untuk pengguna akan tersedia menjelang akhir tahun (musim gugur di AS). Nantinya perangkat yang akan bisa menggunakan iOS 7 termasuk iPhone 4 ke atas, iPad 2 ke atas, iPad Mini, dan iPod Touch generasi ke-5.

Apple OS X 10.9 Bernama Mavericks

Posted: 10 Jun 2013 06:11 PM PDT

KOMPAS.com — Apple merilis sistem operasi komputer pribadi OS X versi 10.9 yang diberi nama Mavericks, dalam acara konferensi pengembang aplikasi Apple World Wide Developer Congress (WWDC) 2013, Senin (10/6/2013).

Senior Vice President Software Engineering Apple Craig Federighi menjelaskan, Mac OS X Mavericks menambahkan sejumlah fitur baru, antara lain kemampuan tab baru pada Finder untuk memudahkan pelacakan file di komputer Mac.

Nama Mavericks menandai era baru di Mac OS X setelah Apple menggunakan penamaan "kucing besar" untuk Mac OS X, seperti Tiger, Lion, atau Mountain Lion.

Federighi bahkan sempat bercanda dengan menampilkan gambar singa laut (Sea Lion) sebagai nama dari OS X 10.9. Mavericks, ujarnya, akan menjadi yang pertama dari nama-nama yang terinspirasi dari California, negara bagian AS tempat Apple bermarkas.

"Kami tidak ingin perangkat lunak kami tertunda karena pasokan nama dari kucing berkurang," ujar Federighi dengan nada bercanda.

Fitur lain yang juga ada di Mavericks adalah manajemen password pengguna dengan iCloud Keychain, yang menyimpan secara aman informasi pribadi seperti rincian log-in, nomor kartu kredit, dan data sensitif lain yang memerlukan sinkronisasi antar-perangkat.

Perangkat lunak peramban (browser) Safari juga diperbarui untuk meningkatkan perfoma. Federighi mengatakan, kinerja Safari lebih baik dari Chrome dan Firefox.

Seperti sistem operasi Mac OS X sebelumnya, Mac OS X Mavericks akan tersedia untuk diunduh dari toko aplikasi Mac App Store.

Versi developer Mac OS X Mavericks akan tersedia segera. Adapun untuk umum akan tersedia menjelang akhir tahun (musim gugur di AS). 

Demi Apple WWDC, Rela Antre Tengah Malam

Posted: 10 Jun 2013 03:51 PM PDT

(Johnsons Guo/Apps Foundry via MakeMac)

Antrean yang mulai muncul menjelang tengah malam, (9/6/2013) di Moscone West, San Francisco, AS, tempat digelarnya Apple WWDC 2013.



KOMPAS.com -
Apple Worlwide Developer Conference (WWDC) memang gelaran tahunan yang dinanti-nanti. Para peserta pun rela mengantre untuk masuk jauh sebelum pintu masuk dibuka.

Seperti dilaporkan oleh MakeMac, peserta nampak sudah mengantre di halaman Moscone West, gedung tempat gelaran itu diadakan di San Francisco, sejak tengah malam waktu setempat.

Antrean tengah malam itu tertangkap kamera Johnsons Guo, VP of Tech, Apps Foundry. Tampak beberapa peserta yang bermalam di pelataran gedung tersebut, duduk dan berjaket tebal.


Semakin pagi, antrean pun tampak semakin panjang. Hingga mengular ke gedung parkiran di belakang Moscone West. Penyelenggara pun dilaporkan tampak memberikan kopi gratis bagi pengantre.

Acaranya sendiri baru akan dimulai pada pukul 10 pagi waktu setempat. Namun para peserta rela antre demi mendapatkan tempat yang paling enak untuk menyaksikan gelaran itu.

Apa saja yang akan diumumkan Apple di acara itu? Simak terus di KompasTekno.

Lihat juga prediksinya dalam tulisan berikut ini: WWDC 2013, Apple Bakal Umumkan Apa?
Bagi yang tidak bisa hadir langsung, tautan ke live streaming acara itu bisa dilihat di artikel ini: Yuk, Nonton Langsung Apple WWDC 2013

Foto-foto eksklusif antrean WWDC 2013 bisa dilihat di blog MakeMac: Foto Eksklusif Antrian WWDC 2013 di Moscone West, San Fransisco

Disclosure: MakeMac adalah anak perusahaan Apps Foundry, Kompas Gramedia melalui anak usaha Grup Digital, PT Gramedia Digital, memiliki investasi strategis di Apps Foundry Pte, Ltd.

Yuk, Nonton Langsung Apple WWDC 2013

Posted: 10 Jun 2013 03:17 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Apple kembali mengadakan ajang kumpul para developer sedunia, Worldwide Developers Conference (WWDC). Bagi Anda yang penasaran dengan rupa dan fitur baru iOS 7 dan Mac OS X 10.9, serta beberapa produk lainnya, bisa menyaksikan acara keynote pembukaan acara secara langsung melalui link berikut ini.

Selain melalui link tersebut, para pengguna juga bisa menyaksikan acara ini melalui Apple TV, iPhone, iPod Touch, dan iPad.

Sekadar informasi, bagi pengguna sistem operasi selain Mac, diwajibkan untuk mengunduh dan meng-install terlebih dahulu QuickTime agar bisa memutar video streaming tersebut.

WWDC 2013 diadakan dari tanggal 10 hingga 14 Juni 2013 di San Francisco, Amerika Serikat. Acara keynote sendiri akan berlangsung pada 11 Maret 2013 jam 00.00 WIB.

Di ajang ini, Apple menyatakan, akan memberikan berbagai detil mengenai iOS 7 dan Mac OS X 10.9. Selain itu, kabarnya Apple akan mengumumkan kehadiran iRadio dan lini baru MacBook Pro, MacBook Air, dan Mac Pro.

7 Hal yang Tak Dimiliki iPhone 5

Posted: 10 Jun 2013 09:55 AM PDT

KOMPAS.com - Hadir sebagai sebuah smartphone tercanggih milik Apple, iPhone 5 memang tampak memiliki segalanya. Ia memiliki spesifikasi, performa, dan juga fitur terbaik.

Namun, tidak ada produk yang benar-benar sempurna di dunia ini, begitu juga iPhone 5. Masih ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan oleh perangkat yang kabarnya akan segera mendapatkan generasi penerus.

Berikut 7 fungsi penting yang tidak dimiliki oleh iPhone 5, seperti dikutip dari Business Insider.

1. Belum dilengkapi NFC

Smartphone yang banyak beredar belakangan ini, baik itu kelas menengah hingga kelas atas, kebanyakan sudah dilengkapi dengan NFC. Sayangnya, hingga generasi ke-6 ini, Apple masih belum menyematkan komponen tersebut.

NFC sebenarnya adalah pengembangan dari teknologi kartu Radio Frequency Identification (RFID). Dengan menggunakan NFC, pengguna dapat melakukan aktivitas pembayaran hanya dengan menempelkan ponsel ke sebuah alat pembaca.

Apple sendiri sebenarnya sudah "mengganti" NFC dengan sistem Passbook yang mulai tersedia di iOS 6. Melalui fitur tersebut, pengguna dapat menyimpan tiket, kartu hadiah (gift cards), boarding pass, dan masih banyak lagi.

Fitur ini pun dapat menjalankan beberapa (tidak semua) fungsi NFC. Contohnya, pengguna tidak bisa menggunakan NFC untuk mengirimkan uang secara nirkabel ke akun PayPal orang lain.

Dengan semakin menjamurnya toko-toko yang mendukung NFC, Apple sudah harus mengaplikasikan komponen tersebut ke perangkat terbarunya.

2. Mengetik yang lebih nyaman

Mengetik di layar sentuh memang tidak akan pernah senyaman mengetik di papan ketik fisik. Pengembang sudah berusaha sekuat tenaga untuk mengembangkan aplikasi mengetik yang membuat tingkat kenyamanan mengetik semakin meningkat.

Salah satu aplikasi yang sudah berhasil mengakomodasi hal tersebut adalah Swype. Sayangnya, aplikasi ini hanya terdapat di Android saja.

Daripada harus mengetik huruf demi huruf, pengguna aplikasi tersebut dapat drag (menggeser jari tanpa mengangkat jari dari layar) untuk membuat kata.

Pada kenyataannya, Apple memberikan fungsi auto-text/autocorrect yang mampu memprediksi kata apa saja yang ingin diketik oleh penggunanya. Namun, seringkali kata yang dihasilkan tidak tepat. Tentu hal tersebut membuat pengguna semakin lamban dan mengurangi tingkat kenyamanan dalam mengetik.

3. Dukungan terhadap kartu SD

Nyaris semua ponsel berbasis Android yang beredar di pasaran belakangan ini sudah didukung dengan port microSD. Dengan adanya port tersebut, pengguna dapat memperluas kapasitas penyimpanan perangkat mereka.

Rata-rata, perangkat tersebut sudah mendukung kartu microSD hingga 64GB.

4. Kapasitas yang tampaknya kurang memadai

Ngomong-ngomong masalah media penyimpanan, kapasitas yang disediakan oleh Apple untuk perangkat iPhone-nya ada di antara 8, 16, 32, dan 64GB.

Saat ini, perangkat yang paling banyak beredar ada di kapasitas 16 dan 32GB.

Pengguna sendiri banyak yang mengeluhkan minimnya kapasitas media penyimpanan tersebut.

Mungkin, untuk ke depannya, Apple bisa menghadirkan perangkat dengan kapasitas internal yang lebih besar, seperti yang pernah mereka hadirkan di iPod Classic. Saat itu, kapasitas terbesar yang dimilikinya adalah 160GB.

5. Kabel USB standar

Entah disengaja atau tidak, Apple berusaha tampil beda untuk urusan kabel USB. Apple tidak menggunakan kabel USB standar untuk masalah charging dan juga perpindahan data.

Padahal, smartphone yang beredar di pasaran saat ini rata-rata menggunakan kabel micro USB yang sama.

6. Menonton video di layar lain

Kebanyakan smartphone kelas atas saat ini sudah memiliki port micro-HDMI. Melalui port tersebut, pengguna bisa memindahkan layar ponsel ke layar lain, seperti TV.

Sayangnya, Apple tidak memberikan port tersebut ke iPhone. Pengguna harus membayar beberapa ratus ribu rupiah tambahan untuk membeli adapter khusus, jika ingin melakukan hal tersebut.

7. Baterai bisa dicopot

Daya tahan baterai iPhone 5 memang meningkat dibandingkan iPhone 4S. Pengguna bisa menelepon selama 8 jam di jaringan 3G, 8 jam berselancar di dunia maya, 10 jam menonton video, dan 40 jam mendengarkan musik.

Namun, bagaimana jika baterai tersebut rusak? Pengguna harus pergi ke layanan purna jual untuk mengganti baterai tersebut. Desain unibody yang dimiliki oleh iPhone tidak mengizinkan pengguna untuk mengganti sendiri baterai perangkat.

No comments:

Post a Comment