KOMPASbola

KOMPASbola


Inggris Tersingkir, Pearce Kecewa

Posted: 08 Jun 2013 09:07 PM PDT

PETACH-TIKVA, KOMPAS.com - Pelatih Inggris U-21 Stuart Pearce tak mampu menyembunyikan kekecewaan setelah anak asuhnya ditundukkan Norwegia 1-3 dalam pertandingan Grup A. Kekalahan ini merupakan kekalahan kedua Inggris setelah takluk dari Italia di pertandingan pertama, yang berarti pertandingan terakhir melawan Israel tak akan membantu Craig Dawson dan kawan-kawan untuk lolos ke babak selanjutnya.

"Kami kecewa karena tersingkir. Sejujurnya para pemain tak memberi penampilan maksimal, baik secara tim maupun individu," kata Pearce pada Sky Sports.

Penggawa-penggawa belia The Three Lions ketinggalan 0-3 lewat gol-gol Fredrik Semb Bergi (menit ke-15), Jo Inge Berget (menit 34) dan Magnus Eikrem (menit ke-52) sebelum penalti Craig Dawson menit ke-57 memperkecil ketinggalan. Di pertandingan terakhir nanti, Pearce pun hanya menargetkan bermain maksimal demi menyelamatkan muka Inggris.

"Dalam sepak bola Anda mendapat apa yang pantas buat Anda, begitu juga dengan yang terjadi pada turnamen ini. Kami kini harus berkonsentrasi melakukan yang terbaik melawan Israel demi turnamen ini," kata Pearce.

"Kami memulai pertandingan dengan cukup baik, tapi merasa bahwa mengoper bola dan tidak memperhatikan pertahanan sudah cukup, sehingga akhirnya kebobolan tiga gol," lanjutnya.

Dalam pertandingan ini, Inggris diperkuat dua pilarnya Tom Ince dan Danny Rose yang sebelumnya absen karena skorsing. Kembalinya Ince dan Rose tadinya diharapkan mampu memperkuat tim, namun menurut Pearce penampilan buruk Inggris tersebut dipengaruhi banyak faktor.

"Ada banyak alasan soal mengapa kami kalah. Pergantian pemain dan cedera yang dialami di pertandingan pertama tak membantu, dan kami tak pernah menemukan ritme sejak pertandingan melawan Italia," kata Pearce.

"Kami hanya mengoper tanpa membahayakan lawan, serta tak punya tusukan di depan ataupun operan yang bisa membuka permainan tim. Saya harus menerima kekalahan ini," pungkasnya.

Selepas turnamen ini kontrak Pearce akan habis, dan ia masih menolak membeberkan apakah ia akan tetap melatih. 

Reina: Wajar Suarez Ingin Pergi

Posted: 08 Jun 2013 09:02 PM PDT

LIVERPOOL, KOMPAS.com - Kiper Liverpool Jose Reina menganggap permintaan rekan setimnya Luis Suarez untuk hengkang dari Anfield sebagai sesuatu yang wajar. Menurut kiper berpaspor Spanyol ini, sebagai seorang pemain tentu menginginkan adanya tantangan yang lebih besar.

"Aku ingin Luis tak pergi, tapi aku paham jika ia ingin pergi ke klub yang lebih besar. Besar di sini bukan berarti secara kualitas, tapi lebih ke tantangan untuk meraih gelar, seperti bermain di Liga Champions dan bersaing dengan pemain-pemain terbaik," kata Reina pada Sky Sports.

"Dilihat dari situasi yang dialaminya dan cara media memperlakukannya, semua pemain, bukan hanya Luis, akan kesulitan untuk tetap merasa kuat dan bahagia," lanjut kiper yang sempat diisukan akan hengkang ke Barcelona ini.

Meski begitu, Reina tetap menyimpan harapan agar penyerang asal Uruguay tersebut mengurungkan niatnya dan tetap bertahan bersama The Reds.

"Aku harap dia akan bertahan di Liverpool selama bertahun-tahun. Tapi aku akan mengerti jika ia merasa pergi adalah jalan yang terbaik untuk dirinya dan klub," pungkas Reina.

Suarez memang sempat mengisyaratkan hengkang dengan alasan tak tahan terhadap tekanan media. Real Madrid disebut-sebut meminati tanda tangannya.

Gilas Israel 4-0, Italia ke Semifinal

Posted: 08 Jun 2013 08:59 PM PDT

KOMPAS.com - Italia melaju ke semifinal Piala Eropa U-21 setelah menggilas tuan rumah Israel dengan skor 4-0, Sabtu (8/6/2013). Manolo Gabbiadini jadi bintang Azzurrini karena menyumbang dua gol kemenangan, di samping gol Riccardo Saponara dan Alessandro Florenzi.

Dengan hasil ini tak cuma menempatkan Italia di puncak klasemen Grup A, tetapi mereka pun mempertahankan rekor 100 persen setelah pada pertandingan perdana menang 1-0 atas Inggris. Sementara itu Norwegia, yang pada laga perdana bermain imbang 2-2 dengan Israel, menempati posisi ketiga usai menang 3-1 atas Inggris, yang terpuruk di dasar klasemen.

Italia membuka kemenangan pada menit ke-18 lewat gol Saponara. Perjuangan pasukan muda Italia ini semakin mudah, ketika Israel harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-37, menyusul kartu merah yang diterima Eyal Golasa, karena melakukan tekel dua kaki terhadap Saponara.

Situasi ini membuat Azzurrini kian tak terbendung. Tiga menit menjelang turun minum, Gabbiadini menggandakan keunggulan Italia.

Memasuki babak kedua, Italia terus bermain agresif untuk menambah gol. Usaha tim besutan DEvis Mangia ini membuahkan hasil pada menit ke-53, ketika Gabbiadini kembali membobol gawang tuan rumah untuk mengubah skor menjadi 3-0. Pada menit ke-71, giliran Florenzi mencatatkan namanya di papan skor, yang memastikan Italia menang 4-0.

Donasi tiga angka ini memastikan Italia meraih tiket semifinal, dan akan menjadi juara grup jika pada pertandingan terakhir tidak kalah dari Norwegia. Di babak empat besar, Italia akan bertemu Spanyol, Jerman, Belanda atau Rusia.

Madrid Tawarkan Higuain untuk Dapatkan Cavani

Posted: 08 Jun 2013 08:29 PM PDT

KOMPAS.com - Real Madrid berusaha merayu Napoli agar mau melepas striker andalannya, Edinsin Cavani. Untuk mendapatkan top skor Serie-A musim 2013 tersebut, El Real siap menggelontorkan dana cash plus striker Gonzalo Higuain.

Sebelumnya, Chelsea telah menawar striker asal Uruguay itu, tetapi ditolak Napoli, yang mau melepas Cavani dengan harga tak kurang dari 63 juta euro (sekitar Rp 816,694 miliar) sebagai klausul untuk melepaskannya. Karenanya, El Real mencoba memberikan penawaran yang nilainya mendekati harga tersebut.

Pada Sabtu (8/6/2013) pagi, Sky Sport Italia dan Tuttosport mengklaim bahwa Chelsea sudah menaikkan proposal mereka menjadi 55 juta euro (sekitar Rp 712,987 miliar/kurs 1 euro: Rp 12.963), tetapi Napoli menolaknya, termasuk penawaran lain senilai 30 juta euro plus Fernando Torres. Madrid pun membuat penawaran baru yang diharapkan bisa melunakkan pendirian Napoli.

Menurut Sport Mediaset dan stasiun radio Spanyol Cadena Ser, Madrid menyertakan Higuain, yang tengah bernegosiasi dengan Juventus dan Arsenal, dalam pembelian Cavani. Proposal itu termasuk pertandingan persahabatan antara Napoli dan Madrid, plus rangkaian bonus terkait penampilan.

Papiss Cisse Tolak Pakai Seragam Baru Newcastle

Posted: 08 Jun 2013 08:11 PM PDT

NEWCASTLE, KOMPAS.com - Penyerang Newcastle United asal Senegal Papiss Cisse dikabarkan situs Daily Mail menolak mengenakan seragam Newcastle musim depan. Pasalnya seragam Toon Army nantinya akan memajang logo perusahaan kredit Wonga.com yang menjadi sponsor mereka musim depan.

Cisse menolak karena bidang usaha Wonga.com yang bertentangan dengan salah satu hukum dalam agama yang dianut Cisse, yang tidak mengizinkan meminjamkan uang dengan bunga. Penolakan Cisse ini bisa saja diikuti dua pemain Newcastle lain yang memeluk agama yang sama dengannya, yaitu Cheick Tiote dan Hatem Ben Arfa. Newcastle pun dikabarkan tengah berusaha mencari kompromi dengan Cisse.

Penolakan pemain terkait sponsor ini bukan yang pertama kali terjadi. Penyerang asal Mali Freddie Kanoute pernah menolak mengenakan seragam Sevilla saat memperkuat klub asal Spanyol tersebut. Pasalnya seragam Sevilla memajang logo situs judi 888.com sebagai sponsor. Alasan Kanoute pun serupa dengan Cisse, dan ia memilih mengenakan kaos tanpa logo sponsor saat bermain.

Namun saat itu Sevilla dan Kanoute berhasil mencapai kesepakatan yang membuat Kanoute mau mengenakan logo tersebut, namun ia tak bersedia mengikuti kegiatan yang berkaitan dengan promosi situs tersebut.

Eks Striker Juve: Higuain Penyerang yang Tepat

Posted: 08 Jun 2013 08:05 PM PDT

PARIS, KOMPAS.com - Mantan penyerang Juventus Fabrizio Ravanelli berpendapat bahwa penyerang Real Madrid, Gonzalo Higuain (25), merupakan sosok yang tepat untuk klub peraih scudetto Serie-A tersebut. Menurut Ravanelli yang baru saja ditunjuk sebagai pelatih klub Ligue 1 Perancis Ajaccio ini, Higuain mampu memimpin perubahan di lini depan La Vecchia Signora.

"Saya sangat menyukai Higuain. Ia tahu cara mencetak gol, dan mungkin ia adalah jenis penyerang yang tak dimiliki Juventus musim ini," kata Ravanelli pada Calcio Estero.

"Ia bisa menjadi faktor penting bagi Juventus untuk mencapai level tertinggi sesuai yang diinginkan oleh tim dan fans," pungkas Ravanelli.

Higuain memang santer disebut akan hengkang dari Real Madrid pada bursa transfer musim ini, dan Juventus sangat tertarik mendapatkannya. Namun hingga saat ini belum ada kesepakatan yang tercapai antara Juventus dan Madrid, sementara Higuain sudah mengisyaratkan bahwa ia tak ingin berada lebih lama di Santiago Bernabeu. 

Musim Panas, Dortmund Wajib Belanja

Posted: 08 Jun 2013 08:02 PM PDT

DORTMUND, KOMPAS.com - Bundesliga musim 2013/14 belum lagi dimulai, namun presiden klub Borussia Dortmund Dr Reinhard Rauball sudah mengeluarkan 'titah' untuk mengarungi persaingan musim depan. Rauball meminta agar klub asal lembah Ruhr ini menguatkan skuad dengan melakukan pembelian pemain.

"Persaingan Bundesliga akan menuntut kesiapan klub untuk berinvestasi," kata Rauball dalam wawancara dengan Ruhrnachrichten.de. "Kami juga harus menjaga agar persaingan dua teratas di liga (Dortmund dan Bayern) tetap menarik," tambahnya.

Runner-up Liga Champions ini dipastikan harus memutar otak dalam bursa transfer musim ini. Pasalnya, mereka sudah kehilangan gelandang andalan mereka Mario Goetze (20) yang akan bermain untuk Bayern Muenchen musim depan.

Goetze hengkang ke Allianz Arena setelah Die Roten membayar buy-out clause yang tertera di kontraknya seharga 37 juta euro. Selain Goetze, Dortmund pun nyaris dipastikan tak akan diperkuat penyerang Robert Lewandowski (24) yang mengatakan akan hengkang ke klub impiannya. Meski belum jelas klub mana yang dimaksud, Lewandowski disinyalir kuat akan menyusul Goetze ke Bayern.

Di sisi lain, Dortmund sudah resmi mendapatkan tanda tangan pemain belakang Werder Bremen Sokratis Papastathopoulos (24) yang diplot menggantikan Lukasz Piszczek yang harus absen lima bulan pasca-operasi pinggul. Selain itu, Die Schwarzegelbe juga tengah gencar dikabarkan akan mengontrak pilar Ajax Amsterdam Christian Eriksen atau pemain Chelsea yang tengah dipinjamkan ke Bremen, Kevin de Bruyne.

Ronaldo Belum Bicarakan Kontrak Sejak Mourinho Pergi

Posted: 08 Jun 2013 05:36 PM PDT

MADRID, Kompas.com - Cristiano Ronaldo mengklaim dirinya belum pernah membicarakan tentang masa depannya di Real Madrid sejak pelatih Jose Mourinho angkat kaki dari Santiago Bernabeu. Meskipun demikian, pemain dengan sebutan CR7 ini mengaku tak khawatir.

Beberapa pekan terakhir, beredar kabar yang menyebutkan bahwa Ronaldo akan kembali memperkuat raksasa Premier League, Manchester United. Pemain termahal dunia ini pun baru saja mendapat kritikan dari Mourinho, yang mengatakan bahwa dia "berpikir dirinya tahu segalanya."

Ketika rumor terus bergulir dan kubu Madrid optimitis sang pemain tetap bertahan di Bernabeu, Ronaldo justru mengatakan kalau dia belum berdiskuasi dengan El Real tentang perpanjangan kontrak.

"Saya belum berbicara dengan siapapun tetapi hal yang terpen ting adalah tim," ujar winger berusia 28 tahun ini kepada para wartawan, Jumat (7/6/2013), saat pertandingan kualifikasi Piala Dunia antara Portugal dan Rusia.

Dalam laga tersebut, Ronaldo memang tak mencetak gol, tetapi ikut membawa negaranya meraih kemenangan 1-0 lewat gol Helder Postiga. Tiga poin tersebut sangat krusial, karena mengantarkan Portugal memuncaki klasemen sementara Grup F.

Mengenai komentar Mourinho, Ronaldo dengan tenang menanggapinya. "Anda pikir saya khawatir mengenai hal itu? Saya konsentrasi dengan tim nasional, karena itulah yang paling penting bagiku, bukan pendapat orang lain."

No comments:

Post a Comment