KOMPASbola

KOMPASbola


Neymar: Aku Sedang Memulai Sejarah

Posted: 05 Jun 2013 07:23 PM PDT

BARCELONA, KOMPAS.com — Penyerang baru Barcelona, Neymar, siap menghadirkan kesuksesan. Menurutnya, sejarah (dirinya di Barca) sedang dimulai dan ia ingin menjadi bagian dari pemain seperti rekan senegaranya, Ronaldinho, di klub Catalonia itu.

Selama lima tahun membela Barcelona, Ronaldinho ikut menghadirkan dua gelar Liga BBVA dan satu Liga Champions. Neymar tak mau dibandingkan dengan Ronaldinho, tetapi ia ingin masuk dalam daftar legenda Barcelona seperti Ronaldinho.

"Anda tak bisa membandingkan siapa pun dengan Ronaldinho. Dia telah membuat sejarah di Barcelona. Dia membuat sejarah di timnas Brasil dan terus membuat sejarah," kata Neymar dalam wawancara dengan Barca TV yang disiarkan Rabu (5/6/2013).

"Dalam kasusku, aku baru mulai membuat sejarah. Aku juga berharap bisa meninggalkan catatan emas di Barcelona," harapnya.

Neymar sangat mungkin akan diduetkan dengan Lionel Messi pada musim depan. Setidaknya, keduanya akan dijadikan dua andalan utama. Neymar dan Messi pernah saling bertemu di final FIFA Club World Championship. Saat itu Messi membela Barca dan Neymar membela Santos. Pada laga itu, Barca menghajar Santos 4-0 dan Neymar bisa belajar banyak dari pertandingan itu, terutama kepada Messi.

"Apa yang paling membuatku kagum adalah kesederhanaan permainan Barca. Kesederhanaan itu bisa diterapkan di setiap pertandingan dan itu sangat sensasional," ujarnya.

"Barca sering membuat orang terbengong-bengong. Bukan hanya suporter Barca atau media, melainkan juga para pemain Santos," pujinya.

Neymar kemungkinan akan menjalani debut bersama Barca pada pertandingan melawan lechia Gdansk di Polandia, 20 Juli, dalam laga persahabatan.

Mundur, Direktur AS Roma Menuju Tottenham?

Posted: 05 Jun 2013 06:49 PM PDT

ROMA, KOMPAS.com — Klub Serie-A, AS Roma, mengumumkan pengunduran diri Direktur Umum Franco Baldini. Kini, Baldini pun disebut-sebut akan hengkang ke klub Premier League, Tottenham Hotspur, berdasarkan permintaan dari pelatih Spurs, Andre Villas-Boas.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Franco Baldini untuk pelayanannya selama dua musim ini," kata Presiden AS Roma, James Pallotta, dalam pernyataan resminya.

"Ia telah memiliki peran penting dalam peluncuran proyek kami. AS Roma mengucapkan semoga berhasil untuk karier Baldini di masa mendatang," lanjutnya.

Selanjutnya, Direktur Olahraga Walter Sabatini akan bertanggung jawab dalam negosiasi transfer yang dijalani AS Roma pada musim panas ini.

Baldini sendiri belum mengonfirmasi mengenai kepindahannya ke Spurs dan memilih menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pihak klub.

"Saya berterima kasih kepada pemilik AS Roma untuk kesempatan yang diberikan kepada saya. Saya sangat bahagia di Roma dan berharap yang terbaik untuk klub, pemain, dan para penggemar," pungkasnya. (SKY)

RvP: MU Tetap Bisa Sukses Tanpa Ferguson

Posted: 05 Jun 2013 06:40 PM PDT

MANCHESTER, KOMPAS.com — Striker Manchester United (MU), Robin van Persie, menilai timnya masih bisa meraih banyak kesuksesan meski tanpa Sir Alex Ferguson sebagai pelatih.

Ferguson baru saja menyatakan pensiun setelah lebih dari 26 tahun menangani klub itu dan menghadirkan 38 gelar. Posisinya kini diisi oleh David Moyes yang sebelumnya melatih Everton.

"Aku memiliki perasaan bahwa kami bisa berbuat lebih banyak dan memenangkan banyak trofi lagi. Aku masih memiliki waktu setahun untuk bekerja dengan siapa pun dan sekarang seluruhnya staf (pelatih) telah berubah yang menghadirkan tantangan baru," kata RvP kepada situs resmi KNVB, www.onsoranje.nl, Rabu (5/6/2013).

"Aku harus memahami para pemain terus dan terus serta aku memiliki perasaan mereka punya kesuksesan lebih banyak. Musim kompetisi memberi tantangan indah, tetapi Anda tak pernah tahu bagaimana hal-hal seperti ini datang. Tetapi, sekarang aku memiliki perasaan bangga. Kemarin adalah musim yang hebat. Tahun penuh tekanan," tambahnya.

Meski begitu, RvP mengaku sebenarnya ingin bekerja sama dengan Ferguson lebih lama. Namun, ia juga harus menghormati keputusannya untuk pensiun.

"Aku lebih suka jika dia menunda pensiun beberapa tahun lagi. Tetapi, aku bisa memahami keputusannya. Aku bahkan lebih bangga aku bisa bekerja sama dengannya selama setahun. Aku bisa melihat bahwa ia memang orang yang legendaris," pujinya.

Van Persie, yang sebelumnya pemain andalan Arsenal, baru pada musim 2012-13 bergabung dengan MU. Namun, ia langsung merasakan gelar Premier League barsama MU, gelar yang tak pernah ia rasakan semasa membela Arsenal. Menurutnya, ia sangat senang dengan cara untuk meraih gelar itu.

"Jika Anda melihat bagaimana kami bekerja setiap hari, mempelajari lawan dan cara bermain mereka, bagaimana kami mempersiapkan diri, setiap hari kami melakukan pekerjaan secara ekstra dan menonton video. Setiap langkah kecil akhirnya memberi kontribusi pada kesuksesan. Menurutku, perjalanan menuju juara lebih indah daripada kemenangan itu sendiri," ujarnya.

Van Persie akan ikut membela timnas Belanda melawan Indonesia pada laga persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (7/6/2013). Ini akan menjadi laga ke-75 buatnya bersama timnas Belanda. Sepekan kemudian, Belanda akan melakukan pertandingan persahabatan melawan China.

Pele Larang Neymar ke Inggris

Posted: 05 Jun 2013 05:57 PM PDT

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com — Legenda sepak bola Brasil, Pele, mengungkapkan bahwa penyerang Barcelona, Neymar (21), nyaris hengkang ke Premier League Inggris tahun lalu. Namun, niat itu diurungkan Neymar karena Pele tak menyarankan dia bermain di sana.

"Saya beruntung bisa bertemu dengan Neymar, perusahaan yang mewakilinya, serta Presiden Santos tahun lalu. Saat itu, Neymar punya peluang bermain di Inggris dan saya merupakan salah satu orang yang mencegahnya pergi," ujar Pele seperti dikutip dari Marca. Pemain berjuluk O Rey (Sang Raja) ini pun menjelaskan alasannya mencegah Neymar pindah ke Premier League.

"Dia baru saja memulai kariernya dan Premier League sangat berbeda dan lebih menekankan kekuatan fisik. Di Barcelona, mereka lebih banyak memainkan operan. Gaya permainan tersebut lebih mementingkan teknik dan Neymar punya kesempatan untuk bermain di tim terbaik dunia, bersama pemain-pemain terbaik pula," tukas Pele.

Barcelona resmi mengumumkan transfer Neymar pekan lalu setelah sempat menjalani diskusi alot dengan Santos selaku pemilik lama pemain berusia 21 tahun tersebut. Pemain berusia 21 tahun tersebut membuat Barcelona harus merogoh kocek sebesar 57 juta euro (Rp 718,2 miliar), sementara untuk klausul pelepasan (buy-out clause) di kontrak Neymar bernilai 190 juta euro (Rp 2,3 triliun) yang akan berlaku selama lima tahun.

Arbeloa Bela Mourinho

Posted: 05 Jun 2013 05:50 PM PDT

MADRID, KOMPAS.com — Penggawa Real Madrid, Alvaro Arbeloa, buka-bukaan mengenai mantan pelatih Real Madrid, Jose Mourinho. Dalam wawancara dengan La Sexta, Arbeloa membelanya dengan menyebut bahwa pelatih asal Poetugal itu telah berusaha sebaik mungkin untuk Real Madrid.

"Ia berjuang habis-habisan untuk Madrid dan menerima banyak sekali halangan. Tak banyak pemain yang bisa mengatakan hal itu karena semua—terutama pemain—mencoba mempertahankan posisi masing-masing di klub," ujar Arbeloa.

Sementara ketika ditanya mengenai karakteristik Mourinho, Arbeloa menjawab, "Aku menyukai orang yang tidak berbasa-basi dan bisa berkata jujur padaku."

"Jika Anda bertanya kepada Mourinho, ia tahu bahwa ia kerap berbuat salah. Namun, saat menonton konferensi persnya, ia terlihat seperti seorang pembela di pengadilan. Mourinho pergi dengan perasaan kecewa, terutama kepada pemain," ungkapnya.

Meski demikian, Arbeloa mengaku tak yakin bahwa sosok berjuluk The Special One tersebut akan kembali ke Santiago Bernabeu suatu hari nanti untuk menjadi pelatih. "Aku tak melihat adanya alasan ia bisa kembali ke Madrid."

Arbeloa tak takut akan mendapat kritikan dari kubu Madrid karena telah membela Mourinho. "Aku tahu siapa saja yang akan mengkritikku, tapi aku membela Mourinho karena aku rasa tindakanku benar dan hal itu berlaku juga untuk rekan-rekan setimku," ungkapnya.

Tak hanya itu, di saat yang sama, Arbeloa mengaku bahwa ia sendiri tak tampil maksimal musim ini, terutama dalam pertandingan perempat final Liga Champions melawan Galatasaray saat ia mendapat kartu merah.

"Ini musim terburukku selama empat tahun di Real Madrid. Sikapku kepada wasit di Istanbul pun tak pantas dan merefleksikan rasa tegangku sendiri," pungkasnya.

Stekelenburg Resmi Berkostum Fulham

Posted: 05 Jun 2013 05:37 PM PDT

LONDON, KOMPAS.com — Fulham berhasil mendapatkan kiper Maarten Stekelenburg dari AS Roma. Kiper asal Belanda tersebut dikontrak selama empat tahun hingga 2017.

"Aku sangat senang bergabung dengan Fulham dan segalanya telah beres pada awal musim panas sehingga aku bisa benar-benar fokus untuk melakukan persiapan bermain di Premier League pada musim depan. Senang bisa kembali lagi bergabung dengan Martin Jol (pelatih Fulham)," jelas Stekelenburg di situs resmi Fulham.

Stekelenburg memang pernah bekerja sama dengan Jol saat sang pelatih membesut Ajax pada musim 2009-10. "Stekelenburg merupakan kiper berkualitas yang saya kenal semenjak saya berkerja sama dengan dia di Ajax. Saya yakin dia akan bekerja dengan baik di sini," tutur Jol.

Ajax tidak bisa terpisahkan dari karier Stekelenburg. Pemain berusia 30 tahun tersebut merupakan binaan Ajax dan mengawali karier profesionalnya di sana. Dia mencatat 280 penampilan selama 11 musim membela Ajax.

Dalam periode tersebut, Stekelenburg berhasil mengecap dua gelar liga, tiga Piala Belanda, dan empat gelar Piala Super Belanda. Stekelenburg kemudian hijrah ke AS Roma pada 2011. (FLHM) 
 

Arsenal Lepas Tiga Pemain

Posted: 05 Jun 2013 04:56 PM PDT

LONDON, KOMPAS.com — Arsenal dipastikan akan melepas tiga pilarnya pada bursa transfer musim panas ini. Ketiga pemain tersebut ialah Andrey Arshavin, Denilson, dan Sebastien Squillaci yang kontraknya habis pada akhir Juni ini.

"Andrey Arshavin, Denilson, dan Sebastien Squillaci akan meninggalkan klub saat kontrak mereka berakhir pada 30 Juni 2013. Pihak klub pun ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih atas kontribusi mereka dan berharap yang terbaik untuk mereka," demikian bunyi pernyataan resmi Arsenal.

Arshavin bergabung dengan Arsenal dari Zenit St Petersburg dengan banderol 15 juta poundsterling pada bursa transfer bulan Januari 2009. Selama kariernya di Arsenal, ia tampil sebanyak 144 kali dengan catatan 31 gol, termasuk saat mencetak empat gol kala Arsenal bermain seri 4-4 melawan Liverpool pada bulan April 2009.

Namun, sejak musim lalu, Arshavin mengalami kesulitan menembus tim utama dan hanya tampil 11 kali.

Denilson bergabung dari Sao Paulo pada tahun 2006 dan membela The Gunners 153 kali pada lima tahun pertamanya. Namun, selama dua musim terakhir, ia menghabiskan karier sebagai pemain pinjaman di klub lamanya. Sementara Squillaci dibeli dari Sevilla pada tahun 2010 dan menjadi starter reguler di musim pertamanya. Tetapi, selama dua musim terakhir, Squillaci hanya tujuh kali bermain untuk Arsenal. 

Arsenal Vs City di Finlandia

Posted: 05 Jun 2013 04:45 PM PDT

MANCHESTER, KOMPAS.com — Manchester City akan melakoni pertandingan persahabatan melawan Arsenal di Olympic Stadium, Helsinki, Sabtu (10/8/2013) mendatang.

Pertandingan yang bertajuk "Super Match by Carlsberg" ini merupakan pertandingan terakhir pramusim kedua tim sebelum mereka melakoni kompetisi Premier League sepekan kemudian. Kedua tim sebetulnya pernah bertemu dalam tur pramusim 2012-13 di Stadion Sarang Burung, China.  

"Ini langkah yang sempurna untuk mengakhiri persiapan kami sebelum dimulainya kompetisi 2013-14. Kami tahu Arsenal akan memberikan sebuah pertandingan yang sangat kompetitif. Kami menantikan sebuah laga yang mengesankan untuk menutup pramusim kami setelah mengunjungi Afrika Selatan, Hongkong, dan Jerman," jelas CEO City, Ferran Soriano.

Sementara Arsenal juga akan melakukan tur ke Asia dengan melawan Indonesia, Vietnam, dan Jepang pada Juli 2013. "Kami memiliki banyak pendukung di Finlandia. Laga ini menjadi kesempatan bagus untuk berhubungan dengan mereka," tutur Direktur Eksekutif Arsenal, Ivan Gazidis. (MC/DM)
 

No comments:

Post a Comment