KOMPASbola

KOMPASbola


Schweinsteiger Hadapi Operasi Pergelangan Kaki

Posted: 03 Jun 2013 08:01 PM PDT

MUENCHEN, KOMPAS.com — Setelah menjalani semusim penuh membela Bayern Muenchen, gelandang Bastian Schweinsteiger kini tengah bersiap kembali naik ke meja perawatan untuk operasi di pergelangan kakinya. Menurut tabloid Bild, gelandang berusia 28 tahun ini akan menjalani pembedahan di Zurich, Swiss, untuk memulihkan sendi di engkelnya yang mengalami kelonggaran.

Gangguan di engkel kanan ini sudah dirasakan Schweinsteiger selama beberapa waktu sepanjang musim 2012/13 dan mengakibatkannya tak bisa memperkuat tim nasional Jerman saat beruji coba melawan Perancis pada bulan Februari lalu. Meski demikian, cedera ini tak menghalangi Schweinsteiger membawa Bayern Muenchen meraih treble dengan menyabet gelar Bundesliga, Liga Champions, dan DFB Pokal. Bahkan, ia jugalah yang memastikan Bayern meraih gelar Bundesliga lewat gol tunggalnya ke gawang Eintracht Frankfurt.

Operasi yang akan dijalani Schweinsteiger ini pun diperkirakan tak akan mengganggu prospek wakil kapten Bayern dan tim nasional Jerman ini menghadapi persiapan Bayern musim depan di bawah kepemimpinan pelatih anyar Pep Guardiola (42). Pep direncanakan akan memimpin latihan perdana Die Roten pada 26 Juni 2013 mendatang.

Del Bosque: Spanyol Ingin Juara

Posted: 03 Jun 2013 07:46 PM PDT

MADRID, Kompas.com — Pelatih tim nasional Spanyol, Vicente del Bosque, memberikan penjelasan mengapa dirinya tak menggantikan Xabi Alonso dengan seorang gelandang. Dia pun mengakui, skuad Spanyol saat ini memasang target menjadi juara Piala Konfederasi.

Untuk mengikuti turnamen musim panas yang akan berlangsung di Brasil ini, Del Bosque telah memilih 23 pemain. Dia pun menegaskan bahwa meskipun para pemain baru menjalani musim yang panjang, tetapi skuad La Furia Roja memiliki motivasi yang sangat tinggi.

"Kami akan mencoba mencapai kondisi fisik terbaik, begitu juga dengan mental," ujar Del Bosque, Senin (3/6/2013).

"Mereka pemain yang sangat kompetitif yang tidak puas dengan apa yang terjadi selama musim bergulir dan mereka tahu bahwa keikutsertaan Spanyol di Piala Konfederasi sangat penting.

"Saya yakin tim memiliki motivasi untuk menang. Saya berbicara kepada seorang pemain dan dia mengatakan, 'Tuan, kami ingin menang'.

"Kelompok ini satu dengan niat bagus pula, ingin menang di turnamen yang berlangsung sampai 30 Juni."

Del Bosque membuat sebuah keputusan yang cukup mengejutkan ketika memangkas jumlah pemain dari 26 orang menjadi 23. Tak memilih Alonso yang sedang dibekap cedera, dia justru menunjuk striker Valencia, Roberto Soldado, sebagai pengganti. Padahal, ada dua gelandang, Benat Etxebarria dan Javi Garcia, yang diharapkan bisa disertakan.

"Xabi Alonso menelepon saya dan mengatakan bahwa dia tak ingin merugikan tim atau pemain lain yang ingin termasuk di dalam tim.

"Mengenai Javi Garcia, sebagai pilihan untuk lini tengah, atau Benat, kami yakin bahwa dengan para pemain yang ada, kami sudah memiliki cukup gelandang untuk menutup semua keadaan yang mungkin muncul selama kompetisi.

"Banyak pemain yang telah melewati musim ini dan sudah berbuat cukup bersama kami, tetapi tak mungkin membawa mereka semua. Tentu saja, jika kami membawa Negredo, kemudian mereka di Valencia akan bertanya mengapa kami tidak memilih Soldado.

"Selalu sangat sulit memprediksi dan mencoba menentukan pilihan terbaik."

Rp 808 Miliar untuk Cavani

Posted: 03 Jun 2013 06:44 PM PDT

KOMPAS.com — Napoli tak ingin kehilangan striker andalannya, Edinson Cavani, yang menjadi buruan sejumlah klub elite Eropa. Untuk memagari penyerang asal Uruguay tersebut, Napoli pun mematok harga 63 juta euro (sekitar Rp 808,243 miliar/kurs 1 euro: 12.829) sebagai buy-out clause bagi klub yang ingin membelinya pada musim panas ini.

Menurut Goal, pada bulan Mei lalu, disebutkan bahwa Cavani menjadi target utama Manchester City pada bursa transfer ini, sedangkan Napoli, yang musim depan bermain di Liga Champions setelah finis di posisi kedua Serie-A musim lalu berharap Edin Dzeko termasuk bagian dari kesepakatan. Kini, raksasa Liga Spanyol, Real Madrid, juga tertarik menggaet top skor Serie-A ini (torehan 29 gol).

"Cavani masih memiliki kontrak empat tahun lagi dan buy-out clause senilai 63 juta euro," ujar Presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis, dalam Twitter Q&A. "Kami sudah mendapatkan banyak tawaran untuk Cavani, tetapi semuanya meminta harga yang lebih rendah dibandingkan buy-out clause."

Dalam kesempatan itu, De Laurentiis pun berbicara tentang pelatih baru Napoli, Rafael Benitez, yang menggantikan posisi Walter Mazzarri, yang pindah ke Inter Milan. Dia melukiskan kondisi yang dihadapi Napoli seperti "seorang istri yang ingin tidur bersama orang lain".

Namun, di bawah besutan Benitez, De Laurentiis merasa optimistis bahwa mantan pelatih Liverpool dan Chelsea tersebut lebih loyal. Dia pun yakin pelatih asal Spanyol itu bisa mempersembahkan banyak trofi.

"Banyak yang bertanya mengapa saya memilih Benitez. Itu karena dia memenangi banyak hal besar dalam kariernya dan dia tipe monogami, yang bisa dilihat ketika menangani Liverpool selama bertahun-tahun," ujar De Laurentiis.

Mourinho: Tak Sulit Memutuskan Kembali ke Chelsea

Posted: 03 Jun 2013 06:18 PM PDT

LONDON, KOMPAS.com — Jose Mourinho (50) rupanya tak perlu berpikir terlalu lama untuk memutuskan kembali melatih klub lamanya Chelsea. Bahkan, pelatih berjuluk The Special One ini mengatakan bahwa ia dan pihak Chelsea hanya butuh beberapa menit untuk mencapai kesepakatan.

"Keputusannya mudah saja," kata pria yang akrab disapa Mou ini pada Chelsea TV. "Saya bertanya pada bos (Roman Abramovich, pemilik Chelsea), 'Anda ingin saya kembali?' dan ia balik bertanya, 'Anda sendiri ingin kembali atau tidak?' Setelah beberapa menit, kami pun mencapai kesepakatan," kata Mou.

Ia pun tak segan-segan mengungkapkan kegembiraannya bisa kembali ke Stamford Bridge setelah angkat kaki enam tahun silam.

"Saya sangat gembira. Saya harus menahan diri untuk tak terlalu emosional, tetapi saya sangat bahagia," kata Mourinho yang pernah mempersembahkan dua gelar juara Liga Inggris untuk The Blues ini.

Mou pun mengisyaratkan akan meningkatkan kualitas tim, tetapi tak akan berbelanja terlalu banyak dalam bursa transfer musim panas nanti.

"Saya ingin bekerja bagi tim dengan cara meningkatkan kinerja pemain. Kalau tak begitu, saya tak akan puas. Jika kami ingin membeli pemain baru setelah meningkatkan kinerja tim yang sudah ada, itu akan sangat bagus. Tetapi, saya harus fokus ke peningkatan tim terlebih dulu," terangnya.

Mou melatih Chelsea mulai tahun 2004 selepas mengantarkan klub Portugal FC Porto menjuarai Liga Champions di tahun yang sama. Selama tiga tahun, Mou sukses mempersembahkan dua gelar Liga Premier, satu FA Cup, dua gelar Piala Liga dan satu gelar Community Shield.

Ia meninggalkan The Blues tahun 2007 menyusul awal musim yang kurang baik. Selanjutnya, Mou sempat melatih Inter Milan dan mengantarkan klub tersebut meraih treble pada tahun 2010 dan menukangi Real Madrid selama tiga musim.

Dalam kepelatihannya bersama Madrid, Mou sukses mengantarkan klub tersebut ke babak semifinal Liga Champions tiga kali berturut-turut, juga mempersembahkan Copa del Rey dan satu trofi La Liga.

Pelatih MU Bantah Dipecat

Posted: 03 Jun 2013 06:05 PM PDT

MANCHESTER, KOMPAS.com — Pelatih tim utama Manchester United, Rene Meulensteen, menepis kabar yang menyebutkan dirinya dipecat. Pria asal Belanda ini mengatakan, dia justru akan memulai tugasnya di klub pada awal Juli mendatang.

Ketika Sir Alex Ferguson menyatakan pensiun sebagai manajer MU pada akhir musim yang baru lalu ini, terjadi sedikit perubahan di dalam tubuh kepelatihan Setan Merah. Asisten bos Mike Phelan dan pelatih kiper Eric Steele juga meninggalkan peran mereka.

David Moyes, yang ditunjuk sebagai manajer baru The Red Devils, membawa timnya sendiri untuk menggantikan posisi tersebut. Meulensteen juga diduga akan hengkang dari Old Trafford.

Meulensteen mulai dihubung-hubungkan dengan Wigan Athletic untuk menggantikan Roberto Martinez dan masa depannya belum jelas. Tetapi, dia menegaskan bahwa belum ada perkembangan lebih lanjut dan dirinya masih memiliki pekerjaan bersama MU.

"Sejauh ini, saya akan memberikan laporan pada 1 Juli. Saya masih terikat kontrak di klub," ujar Meulensteen kepada majalah sepak bola Belanda, ELF Voetbal.

"Saya tidak lengser dan juga saya tidak dipecat oleh Manchester United. Saya masih bekerja di sana."

Neymar: Ini Mimpi yang Jadi Nyata!

Posted: 03 Jun 2013 05:58 PM PDT

BARCELONA, KOMPAS.com — Rekrutan terbaru Barcelona, Neymar, tak kuasa menahan kegembiraannya saat dipertemukan untuk pertama kali dengan para penggemar Barcelona di Stadion Camp Nou, Senin (3/6/2013) sore waktu setempat. Ia pun mengungkapkan kegembiraannya dengan menyebut bahwa pindah ke Barcelona tak ubahnya mimpi yang jadi nyata.

"Aku sangat gembira. Berada di Barcelona rasanya sangat emosional. Menjadi pemain Barcelona sangat menggembirakan. Terima kasih, momen ini terasa seperti mimpi yang jadi nyata," kata pemain berusia 21 tahun ini.

Dalam perkenalan tersebut, Neymar pun mengungkapkan ambisinya membantu klub barunya serta calon rekan setimnya, Lionel Messi.

"Aku ingin membantu tim ini. Barcelona lebih dari sebuah klub. Aku juga ingin membantu Messi terus menjadi pemain terbaik dunia," lanjutnya.

Neymar tiba di Barcelona hanya berselang satu hari setelah memperkuat Brasil melawan Inggris di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil. Dalam laga berkesudahan 2-2 tersebut, Neymar tampil penuh selama 90 menit, tetapi ia gagal bersinar dan mencetak gol.

Barcelona resmi mengumumkan transfer Neymar pekan lalu setelah sempat menjalani diskusi alot dengan Santos selaku pemilik lama pemain berusia 21 tahun ini. Selain Barcelona, sang pesaing Real Madrid juga turut meminati jasa Neymar. Namun, sang pemain rupanya memilih berlabuh ke Camp Nou dengan harga transfer yang disebut Transfermarkt bernilai 26,4 juta poundsterling dan berdurasi lima tahun. 

Schalke Tertarik Gaet Pizarro

Posted: 03 Jun 2013 05:29 PM PDT

AFP PHOTO / GUENTER SCHIFFMANN

Striker Bayern Muenchen dari Peru, Claudio Pizarro (kanan), dan rekan setimnya dari Belanda, gelandang Arjen Robben, merayakan gol keenam timnya ke gawang Hamburg SV dalam laga Bundesliga pekan ke-27 di Stadion Allianz Arena, Muenchen, Sabtu (30/3/2013). Bayern akhirnya menang 9-2.

KOMPAS.com — Manajer umum Schalke 04, Horst Heldt, mengakui dirinya ingin mendatangkan striker Bayern Muenchen, Claudio Pizarro. Terlebih lagi, Schalke punya kemungkinan mendapatkan mantan striker Chelsea itu secara gratis.

Pemain berusia 34 tahun ini bergabung dengan Bayern dari Werder Bremen pada musim panas tahun lalu. Selama satu musim, striker asal Peru tersebut mencetak 10 gol dalam 26 penampilannya, yang ikut membantu FC Hollywood meraih treble winners di musim yang baru lalu ini.

Akhir Juni ini, masa kontrak Pizarro berakhir dan dia masih menunggu tawaran kontrak baru di Allianz Arena. Jika tidak, sesuai aturan Bosman, status Pizarro bebas transfer.

Namun, Schalke takkan mudah mendapatkan tanda tangan Pizarro. Pasalnya, rival mereka di Bundesliga, Hamburg SV, juga berminat mendapatkannya.

"Claudio Pizarro pemain yang sangat bagus. Dia berkualitas dan memiliki mental pemenang," ujar Heldt.

"Saya berharap dia tak meninggalkan permainan dan terus bermain selama beberapa tahun lagi."

"Jika dia memutuskan tidak tetap bersama Bayern Muenchen untuk musim baru, kami akan mempertimbangkan situasinya."

Barca Perkenalkan Neymar di Hadapan 60.000 Suporter

Posted: 03 Jun 2013 05:06 PM PDT

BARCELONA, KOMPAS.com — Juara liga Spanyol, Barcelona, resmi mengenalkan pemain terbarunya Neymar ke hadapan sekitar 60.000 suporter di Stadion Camp Nou setelah striker Brasil itu resmi menandatangani kontrak berdurasi lima tahun di klub Catalan tersebut, Senin (3/6/2013) waktu setempat.

Neymar tiba di Barcelona hanya berselang satu hari setelah memperkuat Brasil melawan Inggris di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil. Dalam laga berkesudahan 2-2 tersebut Neymar tampil penuh selama 90 menit, tetapi gagal bersinar dan mencetak gol.

Barcelona resmi mengumumkan transfer Neymar pekan lalu setelah sempat menjalani diskusi alot dengan Santos selaku pemilik lama pemain berusia 21 tahun ini.

Selain Barcelona, sang pesaing Real Madrid juga turut meminati jasa Neymar. Namun, sang pemain rupanya memilih berlabuh ke Camp Nou dengan harga transfer yang disebut Transfermarkt bernilai 26,4 juta poundsterling. Sebelumnya, Neymar memperkuat Santos sejak tahun 2009 dan mencetak 138 gol dalam 229 pertandingan.

No comments:

Post a Comment