KOMPAStekno

KOMPAStekno


Remaja 18 Tahun Ciptakan Baterai "30 Detik"

Posted: 25 May 2013 10:26 AM PDT

KOMPAS.com - Butuh waktu setidaknya satu jam untuk mengisi daya baterai ponsel modern sekarang ini. Seorang remaja putri 18 tahun berhasil menciptakan teknologi yang kelak bisa membuat daya baterai ponsel terisi penuh hanya dalam setengah menit atau 30 detik.

Remaja itu adalah Eesha Khare, seorang keturunan India-Amerika. Ia membuat sebuah alat super-kapasitor yang menggunakan struktur nano khusus. Khare menjelaskan, alat tersebut berfungsi penyimpan energi dalam jumlah besar meskipun ruangnya kecil.

Nah, jika alat ini dijadikan sebagai salah satu komponen baterai ponsel, maka ia dapat mengisi penuh daya baterai ponsel tersebut dalam waktu 20 atau 30 detik. "Hal ini dapat mengisi daya sangat cepat, dan dapat bertahan selama 10.000 siklus. Jauh dibandingkan dengan 1.000 siklus baterai biasa," terang Khare, seperti dikutip dari Mashable, Kamis (23/5/2013).

Selain baterai ponsel, alat yang dikembangkan Khare juga bisa dipakai dalam perangkat elektronik lain seperti komputer jinjing atau kendaraan listrik.

Atas temuannya ini, Khare menjadi pemenang Intel International Science and Engineering Fair 2013 pada 17 Mei 2013 lalu, di Phoenix, Arizona, AS, dan memenangkan uang tunai 50.000 dollar AS. Ia berhasil menyingkirkan 1.600 finalis dari 70 negara.

Siswa dari Lynbrook High School, San Jose, California, ini mengaku ini terus melakukan penelitian ilmiah.

Google Restui YouTube Sambangi WP8

Posted: 25 May 2013 09:38 AM PDT

KOMPAS.com - Microsoft dan Google sempat berseteru soal karena aplikasi YouTube di Windows Phone. Bahkan, Google sudah meminta YouTube ditarik dari toko aplikasi Windows Phone.

Google menuduh Microsoft  telah melanggar ketentuan Application Programming Interface (API) YouTube dengan tidak menayangkan iklan melalui aplikasi bikinannya.

Nah, setelah melewati beberapa negosiasi, Google berubah pikiran dan bersama Microsoft sepakat bekerjasama membuat aplikasi YouTube yang baru untuk Windows Phone.

Seperti dikutip dari The Verge, Jumat (24/5/2013), aplikasi YouTube untuk Windows Phone 8 sekarang telah memenuhi syarat pemakaian Application Programming Interface (API) resmi.

Selain itu, Microsoft juga mengizinkan adanya iklan dalam aplikasi YouTube di Windows Phone. Ini berarti, pengguna Windows Phone akan melihat iklan di aplikasi YouTube terbaru. Pencantuman iklan ini sepertinya menjadi syarat utama yang harus dipenuhi Microsoft agar YouTube tampil di Windows Phone.

Menurut juru bicara Google, aplikasi YouTube yang sekarang ada di Windows Phone Store akan diganti dengan aplikasi baru buatan kedua perusahaan. Ia akan hadir dalam beberapa pekan mendatang.

Sebelumnya, aplikasi YouTube dikembangkan sendiri oleh Microsoft karena ia termasuk dalam salah satu aplikasi bawaan dan utama. Selama ini, Microsoft menuding Google tidak memberi fitur penuh pada API YouTube untuk pihak ketiga, yang berguna dalam hal pemutaran video dan akses ke metadata YouTube.

HTC One "Polos" Sedang Disiapkan

Posted: 25 May 2013 08:04 AM PDT

KOMPAS.com - HTC One mendapatkan banyak pujian dari sisi tampilan antarmuka Sense 5. Melalui UI tersebut, HTC berhasil merombak total tampilan Android yang digunakannya menjadi lebih sederhana tapi tetap elegan dan sedap dipandang.

Namun, bagi yang tidak menyukai tampilan ini, HTC dikabarkan sedang menyiapkan One versi "polos", mirip dengan apa yang dilakukan Google dengan Galaxy S4.

Nantinya, HTC One ini tak menjalankan sistem operasi di bawah Sense 5, melainkan Android 4.2.2 Jelly Bean "polos" tanpa penambahan apa pun.

Informasi ini diungkapkan langsung oleh sebuah sumber kepada Russel Holly, penulis situs Geek. Sebelumnya, Holly berhasil menebak dengan benar, kehadiran Galaxy S4 Google Edition sebelum pengumumannya pada ajang Google I/O.

Holly mengungkapkan, untuk awalnya, produk ini akan dijual di AS, sama seperti Galaxy S4 Google Edition. Berdasarkan informasi ini, diprediksi HTC One tersebut akan dipasarkan melalui Google Play Store.

Perangkat tersebut pun dikatakan akan hadir tidak lama lagi di pasaran. Kabarnya, satu hingga dua minggu mendatang, perangkat ini sudah mulai dijual. Belum diketahui harganya.

Jika kabar ini benar, perlakuan yang diterima HTC One tidak akan berbeda jauh dari Galaxy S4. Pada ajang Google I/O, Googgle meluncurkan Galaxy S4 yang tak dilengkapi tampilan antarmuka TouchWiz ala Samsung.

Fitur lain yang dimilikinya adalah on-board storage 16GB dan bootloader yang tidak dikunci, yang memudahkan pengembangan aplikasi Android. Sekadar informasi, Google merilis Galaxy S4 "polos" ini memang untuk kalangan developer.

Perangkat tersebut dibanderol dengan harga 649 dollar AS atau sekitar Rp 6,4 juta. Untuk sementara, produk ini hanya dijual di AS.

Internet 4G "700 MHz" di Indonesia Paling Cepat 2018

Posted: 25 May 2013 04:39 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Indonesia diminta memanfaatkan frekuensi 700 MHz untuk layanan seluler sebelum 2015. Demikian disampaikan perwakilan International Telecommunication Union (ITU) untuk Pengembangan Digital, Suvi Linden.

"Kami ingin menyampaikan proses harmonisasi frekuensi 700 MHz akan membuka akses untuk warga miskin di daerah pedesaan yang belum terjangkau perangkat seluler," kata Linden dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (23/5/2013), seperti dikutip dari Antara.

Linden bersama Asosiasi GSM (GSMA) mengatakan, Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika, memang berkomitmen untuk menggunakan frekuensi 700 MHz untuk teknologi seluler setelah 2018.

"Tapi, ada kendala, yaitu penyelenggara siaran televisi analog tidak ingin pindah sesegera mungkin. Selain kementerian lain dan pemerintah secara luas perlu dijelaskan arti penting harmonisasi frekuensi itu untuk ekonomi Indonesia," kata Direktur Senior GSMA, Chris Perera.

Di Indonesia, frekuensi 700MHz kini digunakan untuk siaran televisi analog. Pemerintah sedang melakukan program digitalisasi televisi, yang nantinya akan menghapus televisi analog. Program ini akan selesai paling cepat di akhir 2017.

Jadi, jika ingin menggelar LTE di 700MHz, pemerintah dan operator seluler harus menunggu hingga 2017.

Perera mengatakan, frekuensi 700 MHz di Indonesia belum diharmonisasikan untuk teknologi digital dan masih dipakai penyelenggara penyiaran televisi analog.

Harmonisasi frekuensi itu, sebut Perera, yaitu pemanfaatan frekuensi dari 698 MHz hingga 806 MHz di wilayah Asia Pasifik.

"(Padahal) frekuensi itu sudah diharmonisasikan setelah proses digital dividend, yaitu perpindahan televisi analog ke televisi digital yang membutuhkan kanal lebih kecil," kata Perera.

Keuntungan yang diperoleh jika memanfaatkan frekuensi itu ialah mengurangi gangguan sinyal di daerah-daerah yang berbatasan dengan negara lain, menghemat biaya peralatan karena spesifikasi teknis peralatan yang dipakai sama dengan negara lain di kawasan, serta membuka potensi bisnis baru dan lapangan pekerjaan baru.

Perera menambahkan, frekuensi yang rendah seperti 700 MHz juga mampu menjangkau area lebih luas karena membutuhkan lebih sedikit menara pemancar dan menembus gedung-gedung di daerah perkotaan.

"Anda bisa membuka teknologi long term evolution (LTE) atau 4G di frekuensi 2,5 atau 2,6 GHz. Tetapi, itu akan lebih mahal dibanding dilakukan di frekuensi 700 MHz selain kemampuan frekuensi itu untuk menjangkau ke wilayah perbatasan," kata Linden.

Facebook dan Google Bicara di Indonesia Digital Byte

Posted: 25 May 2013 04:05 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com -  Ajang konferensi digital IDByte 2013 (Indonesia Digital Byte 2013) kembali digelar. Tema yang diusung tahun ini adalah "Membangun Perusahaan Kelas Dunia".

Acara digital terbesar di Indonesia yang terdiri dari IDByte Workshop (11-12 Juni 2013) dan IDByte Conference (13 Juni 2013) ini, menghadirkan para pembicara dari perusahaan-perusahaan digital terkemuka di dunia yang akan berbagi kiat-kiat dan wawasan yang penting untuk membangun bisnis startup terutama di industri teknologi digital.

Selain itu, IDByte Conference 2013 juga dapat menjadi ajang untuk memperluas jaringan, menunjukkan teknologi dan inovasi terkini dan mengetahui siapa potensi startup terbaik di Indonesia.
 
IDByte Conference 2013 yang akan diselenggarakan di Hotel Ritz Carlton Jakarta akan dibuka oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia Gita Wirjawan.

Beberapa pembicara terkemuka dalam acara IDByte 2013 antara lain adalah Dave McClure dari 500 Startups, Dan Neary dari Facebook, Troy Malone dari Evernote, Aliza Knox dari Twitter, Nitin Mathur dari Yahoo, Gautam Anand dari Google, John Kerr dari Zeno Group, Sandiaga Uno dari Indonesia Setara, dan Mark Kirschner dari Rakuten Worldwide.
 
Selain itu, beberapa tokoh terkemuka yang juga akan bergabung secara virtual dalam IDByte Conference 2013 adalah Sheryl Sandberg dari Facebook, Martin Sorell dari WPP Group, Werner Vogels dari Amazon, dan Hiroshi Mikitani dari Rakuten dan Tony Fernandes dari Air Asia.
 
Untuk mengikuti IDByte Workshop (gratis) pada tanggal 11-12 Juni, silakan mendaftarkan diri ke www.id-byte.com/workshop.
 
Untuk menghadiri IDByte Conference 2013 pada tanggal 13 Juni, 2013, tiket dapat dibeli di www.id-byte.com, www.rajakarcis.com, www.tiketindonesia.com, dan www.tiket.com.

No comments:

Post a Comment