KOMPASbola

KOMPASbola


Ferguson Putuskan Pensiun Sejak Natal

Posted: 12 May 2013 10:25 PM PDT

MANCHESTER, KOMPAS.com - Keputusan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson, ternyata sudah memutuskan pensiun sejak Natal tahun 2012. Duka cita sang istri akibat ditinggal saudara perempuannya menjadi salah satu alasan Fergie membuat keputusan tersebut.

Keputusan pelatih yang akrab disapa Fergie itu memang sangat mengejutkan banyak pihak. Namun, itu sudah ia pikirkan secara matang, cuma ia menyembunyikan rencananya tersebut dengan rapat.

"Saya sudah memutuskan pensiun sejak Natal. Semua hal berubah saat saudara perempuan Cathy, istri saya, meninggal. Cathy kehilangan sahabatnya dan saya ingin memberi waktu lebih banyak untuknya. Saya juga ingin berhenti dengan menjadi pemenang liga," jelas Ferguson pada BBC Sport.

Fergie pun mengungkapkan sulitnya menyimpan hal ini dari semua pihak, bahkan kepada anak-anaknya yang baru diberi tahu tiga bulan setelah ia membuat keputusan tersebut. "Sulit untuk tak memberi tahu orang lain soal ini. Kadang saya nyaris keceplosan ke keluarga. Saya dan istri baru memberi tahu putra kami pada bulan Maret (2013). Saudara laki-laki saya bahkan baru tahu pada hari Selasa (7/5/2013)," kata pria asal Govan, Skotlandia ini.

Meski sudah pensiun sebagai manajer, Fergie akan tetap berada di Manchester United dengan menduduki jabatan sebagai direktur klub, sementara David Moyes akan meneruskan tugasnya sebagai manajer untuk Patrice Evra dkk. Fergie pun mengisyaratkan tak akan berleha-leha.

"Saya punya banyak tugas. Putra saya Jason telah menyusun segalanya. Saya tak akan duduk diam," pungkas Fergie.

Cedera Messi Kambuh

Posted: 12 May 2013 10:15 PM PDT

MILAN, KOMPAS.com - Lionel Messi harus kembali bergulat dengan cedera. Masalah otot di kaki kirinya kambuh lagi saat ia membela Barcelona pada lanjutan Liga BBVA lawan Atletico Madrid, Minggu atau Senin (13/5/2013) dini hari WIB. Bahkan, ia harus meninggalkan lapangan tanpa diganti.

Pertandingan itu akhirnya dimenangkan Barcelona dengan skor 2-1. Pada menit ke-70, Messi meninggalkan lapangan karena merasa kesakitan di kaki kirinya. Barca pun terpaksa bermain 10 orang, karena Pelatih Tito Vilanova sudah melakukan tiga kali pergantian pemain.

"Dia meninggalkan lapangan karena terganggu di area yang sama (di kaki kirinya) yang memengaruhi permainannya akhir-akhir ini. Dia merasa ada keanehan," jelas Vilanova.

Belum diketahui seberapa parah cedera pemain asal Argentina tersebut. "Kami akan mengetahui besok apakah dia harus absen dalam beberapa hari atau beberapa pekan," tegas Vilanova.

Messi mulai mengalami cedera saat melawan Paris Saint-Germain pada leg pertama babak perempat final Liga Champions. Ia menjalani perawatan dan beberapa kali dimainkan.

"Rasanya sulit untuk mengetahui bagaimana menangani cedera Lionel. Dia belum pernah merasa benar-benar sembuh. Dia merasa baik sebelum pertandingan dan menjalani latihan normal dalam sepekan ini. Dia tak merasakan ada keanehan sampai akhirnya ini terjadi lagi," jelas Vilanova. (RTR)

Klopp Tanya De Boer Soal Christian Eriksen

Posted: 12 May 2013 09:56 PM PDT

AMSTERDAM, KOMPAS.com - Pelatih Borussia Dortmund, Juergen Klopp, tertarik kepada pemain Ajax Amsterdam asal Denmark, Christian Eriksen. Bahkan, Klopp sudah bertanya kepada Pelatih Ajax Amsterdam, Frank de Boer, mengenai pemain tersebut.

Eriksen disebut-sebut masuk dalam daftar incaran Die Schwarzegelben untuk menggantikan Mario Goetze yang hengkang ke Bayern Muenchen mulai musim depan.

De Boer pun menyebutkan kemungkinan Ajax akan kehilangan setidaknya satu pemain bintangnya musim ini, dan sudah memprediksi tiga nama yang menurutnya akan hengkang. "Saya rasa tiga pemain akan pergi," kata De Boer seperti dikutip Voetbal International.

"Sepertinya sulit untuk mengharapkan Toby Alderweireld, Eriksen, dan Siem de Jong untuk tinggal musim depan," lanjut De Boer.

Mantan pemain nasional Belanda yang pernah memperkuat Barcelona ini pun mengungkapkan, Klopp telah menghubunginya setelah Ajax memastikan diri menjuarai Eredivisie musim ini.

"Juergen Klopp menghubungi saya untuk mengucapkan selamat. Ia juga menanyakan soal Christian Eriksen. Klopp menggemari Eriksen," kata De Boer.

Sebelumnya, Eriksen sendiri telah menegaskan bahwa kalau ia tidak pindah musim ini, ia tak akan menandatangi kontrak baru yang memungkinkannya untuk pergi sebelum kontraknya kadaluarsa musim depan.

Sementara itu, Siem de Jong menegaskan bahwa hingga saat ini dirinya belum menerima penawaran dari klub besar. Namun demikian, ia mengisyaratkan ketertarikannya untuk bermain di klub Inggris atau Jerman.

"Kompetisi di Inggris dan Jerman sepertinya akan cocok buatku. Aku telah mengalami peningkatan sejak musim lalu, tapi sejauh ini belum ada ketertarikan dari klub mana pun," kata De Jong yang sudah memperkuat Ajax sejak tahun 2007 ini. (GL)

Ibrahimovic Takkan Tinggalkan PSG

Posted: 12 May 2013 09:49 PM PDT

PARIS, KOMPAS.com - Agen Zlatan Ibrahimovic, Mino Raiola, menegaskan bahwa Paris Saint-Germain tidak akan melepas kliennya tersebut ke klub lain. Sebab, Ibra merupakan bagian penting dari kesuksesan PSG.

Sebelumnya Ibra memang sempat dikabarkan akan kembali ke klub lamanya, Juventus.

"Ibra akan bertahan di PSG. Ia masih punya dua tahun kontrak dan klub sangat bergantung padanya," kata Raiola.

"Desain komersial klub didasarkan pada pembelian Ibra dan mereka tak punya keinginan untuk menjualnya. Ia akan bertahan untuk sekarang," lanjut Raiola.

Sejak didatangkan dari AC Milan, Ibrahimovic memang telah menjadi pemain andalan Les Parisiens. Ia pun sudah tampil 31 kali bersama PSG dan mencetak 27 gol. Peran Ibra terlihat dengan dominannya PSG di Ligue 1 musim 2012-13 dengan berada di puncak klasemen mengantongi 74 poin, unggul empat poin dari Olympique Marseille.

Gol Tunggal Menez Bawa PSG Juarai Ligue 1

Posted: 12 May 2013 09:18 PM PDT

LYON, KOMPAS.com — Paris Saint-Germain memastikan gelar juara setelah mengalahkan tuan rumah Olympique Lyon 1-0 pada pertandingan Ligue 1, Minggu atau Senin (13/5/2013) dini hari WIB di Stadt de Gerland Lyon. Kemenangan PSG berkat gol Jeremy Menez.

Di puncak klasemen, PSG kini mengantongi nilai 77, unggul 7 poin dari Marseille yang berada di peringkat kedua. Dengan hanya tersisa dua laga, maka posisi PSG sudah tak mungkin terkejar oleh Marseille. Adapun Lyon masih harus berjuang di dua sisa pertandingan untuk mengamankan tiket ke Liga Champions.

Tampil di kandang, Lyon sebenarnya bermain menekan lebih dulu dan mendominasi 15 menit pertama. Namun, upaya tim asuhan Remi Garde ini masih gagal menembus gawang Nicolas Douchez. PSG kemudian mencoba melepaskan tekanan dan menciptakan peluang melalui Menez, tetapi peluangnya masih tak membuahkan hasil dan babak pertama berakhir tanpa gol.

Di babak kedua, usaha PSG lebih efektif. Mereka mampu mencetak gol di menit ke-53 melalui aksi Jeremy Menez yang bermula dari passing Thiago Motta ke Zlatan Ibrahimovic. Ibra kemudian mengoper bola ke Menez yang melepaskan tendangan ke gawang Lyon tanpa bisa ditahan kiper Anthony Lopes.

Dalam pertandingan ini juga sempat terjadi kontroversi saat Thiago Motta terlihat handsball di area penalti PSG, tetapi wasit Stephane Lannoy tak menghiraukan protes Lyon yang menuntut hadiah tendangan penalti. Menez nyaris menambah gol di masa injury time, tetapi bola hasil tendangan rendahnya masih bisa diselamatkan oleh Antony Lopez. Hingga pertandingan berakhir, kedudukan tetap bertahan 1-0.

Susunan Pemain
Lyon: 16. Anthony Lopes - 14 Mohammadou Dabo, 4 Bakary Koné, U23 Samuel Umtiti, 6 Gueida Fofana - 21 Maxime Gonalons, 28 Arnold Mvuemba (9 Lisandro Lopes, 64') - 8 Yoann Gourcuff, 7 Clement Grenier, 25 Yassine Benzia (26 Anthony Martial '76) - 18 Bafetimbi Gomis (33 Fares Bahlouli '82)

PSG: 1 Nicolas Douchez - 26 Christophe Jallet, 13 Alex, 3 Mamadou Sakho, 17 Maxwell - 28 Thiago Motta, 14 Blaise Matuidi, 7 Jeremy Ménez (32 David Beckham, 90+3), 27 Javier Pastore (20 Clement Chantome, 89') - 10 Zlatan Ibrahimovic, 11 Ezequiel Lavezzi

Ditahan Roma, Langkah Milan ke Liga Champions Tertunda

Posted: 12 May 2013 08:46 PM PDT

MILAN, KOMPAS.com — AC Milan belum bisa mengamankan tiket ke Liga Champions, setelah ditahan AS Roma 0-0 pada lanjutan Liga Serie-A, Minggu atau Senin (13/5/2013) dini hari WIB.

Dengan hasil itu, nilai Milan kini baru 69 di peringkat ke-3 atau posisi terakhir jatah Liga Champions. Mereka masih bisa dikejar oleh Fiorentina yang berada di urutan ke-4 dengan nilai 64 dan masih menyisakan 2 pertandingan. Untuk bisa memastikan ke Liga Champions, setidaknya Milan harus menang di laga terakhir lawan Siena, Minggu (19/5/2013).

Tampil di depan publiknya sendiri, Milan sebenarnya mengawali pertandingan dengan baik. Mereka mencoba menekan Roma sejak awal.

Namun, pada menit ke-41 mereka harus bermain dengan 10 orang, setelah Sulley Muntari terkena kartu merah. Milan pun semakin kesulitan, meski mencoba tetap mendominasi dan menekan.

Apalagi setelah Roma juga bermain 10 orang pada menit ke-90, setelah kapten Francesco Totti terkena kartu merah. Sampai laga berakhir, kedua tim hanya bisa membuat peluang demi peluang tanpa melahirkan satu gol pun.

Menurut catatan soccernet, Milan menguasai 54 persen bola sepanjang laga. Mereka mampu melakukan 14 kali percobaan mencetak gol, tapi hanya empat yang mengarah ke sasaran. Adapun Roma melakukan 15 kali percobaan dan 7 di antaranya mengarah ke sasaran.

Susunan Pemain
AC Milan:
32-Christian Abbiati, 2-Mattia De Sciglio, 5-Philippe Mexes, 17-Christian Zapata, 21-Kevin Constant, 4-Sulley Muntari, 16-Mathieu Flamini (11-Giampaolo Pazzini 80), 23-Massimo Ambrosini, 10-Kevin-Prince Boateng (8-Antonio Nocerino 78), 45-Mario Balotelli, 92-Stephan El Shaarawy (7-Robinho 71)

Roma: 1-Bogdan Lobont, 3-Marquinhos, 5-Leandro Castan, 29-Nicolas Burdisso, 4-Michael Bradley, 7-Marco Antonio de Mattos Filho (48-Alessandro Florenzi 73), 20-Simone Perrotta (15-Miralem Pjanic 70), 27-Dodo, 8-Erik Lamela, 9-Pablo Daniel Osvaldo (22-Mattia Destro 81), 10-Francesco Totti

Scholes: Ini Perpisahan yang Hebat

Posted: 12 May 2013 08:34 PM PDT

MANCHESTER, KOMPAS.com — Gelandang Manchester United, Paul Scholes (38), menyatakan tak bisa menunda lagi masa pensiunnya. Namun, ia merasakan perpisahan dari sepak bola ini sangat hebat karena ia bersama MU bisa memenangkan Premier League 2012-13.

Setelah sempat pensiun dan kembali bermain lagi, Scholes memastikan akan pensiun sepenuhnya dari sepak bola akhir musim ini. Dalam pertandingan melawan Swansea, Scholes bermain selama 66 menit sebelum digantikan oleh Anderson.

"Aku sedikit khawatir bermain hari ini karena aku belum bermain lagi selama empat atau lima bulan ini, dan aku cukup senang bisa menjalani pertandingan tadi," kata Scholes seperti dilansir Sky Sports. Ia pun menegaskan harapannya untuk lebih banyak gelar bagi United di masa mendatang.

"Aku tahu ini waktu yang tepat untuk berhenti. Penampilanku musim ini mungkin tak sebaik yang kuharapkan, tapi kami toh memenangkan gelar juara dan ini hari yang hebat untuk Ferguson. Kami memenangkan liga dan itu merupakan perpisahan yang hebat untuknya," jelas Scholes.

"Hari ini hari yang hebat. Kami menang, dan hanya itu yang penting saat ini. Selalu menyenangkan untung mengangkat piala. Kami akan merayakan gelar ini dan berharap akan ada lebih banyak lagi gelar juara untuk para pemain."

Ketika disinggung mengenai sambutan Ferguson seusai pertandingan, Scholes mengatakan, "Ia melakukannya dengan baik. Anda mungkin berpikir bahwa ia akan sedikit emosional, tapi  ia mengucapkan pidatonya dengan sangat baik. Fergie telah melakukan pekerjaan yang fantastis. Ia bahagia dan tengah menantikan kesempatan selanjutnya," kata Scholes.

RvP: Gelar Juara Ini seperti Mimpi

Posted: 12 May 2013 07:41 PM PDT

MANCHESTER, KOMPAS.com — Salah satu pemain Manchester United yang baru pertama kali merasakan gelar Premier League adalah penyerang Robin van Persie. Mantan penggawa Arsenal ini pun tak kuasa menyembunyikan kegirangannya seusai pertandingan kandang melawan Swansea yang dimenangkan Red Devils dengan skor 2-1. Baginya, sukses itu bagai mimpi.

"Luar biasa. Aku dulu hanya bisa membayangkan hal seperti ini di mimpiku yang terliar," jelas Van Persie saat diwawancara Sky Sports.

"Rasanya seperti mimpi yang jadi nyata. Kami punya pemain-pemain hebat di sini, dan semoga kami bisa memenangkan lebih banyak gelar," lanjut pemain asal Belanda ini.

Adapun mengenai keputusan Sir Alex Ferguson untuk pensiun sebagai manajer Manchester United, Van Persie mengatakan, ia merasa terhormat bisa bekerja sama dengan pelatih seperti Ferguson.

"Sedih rasanya saat ia mengungkapkan keputusan pensiun. Namun, kami semua mengerti dan berterima kasih kepadanya. Bagiku, sebuah kehormatan besar bisa bekerja dengannya selama satu musim," kata Van Persie.

Van Persie memutuskan hengkang ke Manchester United awal musim 2012-13 setelah delapan tahun memperkuat Arsenal.

"Walau aku baru berada di sini setahun dan belum banyak bekerja dengannya, tahun ini sangat luar biasa dan dia telah menghasilkan efek tersebut. Ferguson adalah manajer hebat dan individu yang lebih hebat lagi. Melihat dari caranya bekerja dengan pemain, ia layak mendapatkan semua kredit karena ia sangat hebat," pungkas Van Persie.

No comments:

Post a Comment