KOMPASbola

KOMPASbola


Podolski Buka Pintu untuk Juve

Posted: 20 May 2013 09:45 PM PDT

LONDON, KOMPAS.com - Striker Arsenal asal Jerman, Lukas Podolski, membuka pintu untuk Juventus. Menurutnya, ia akan merasa terhormat karena juara Liga Serie-A 2012-13 itu tertarik kepadanya.

Podolski memang sempat dihubungkan dengan Juventus. Ia juga merasa masih tertantang berpetualang di liga-liga besar, salah satunya memperkuat I Bianconeri di Serie-A. Namun, ia masih terikat kontrak dengan The Gunners.

"Ada beberapa tawaran. Aku terpengaruh sedikit pun oleh hal itu. Tentu, aku merasa terhormat," kata Podolski kepada media Jerman, Bild.

"Tapi, faktanya adalah, aku masih terikat kontrak dengan Arsenal. Tak ada alasan meninggalkan klub ini (dalam waktu dekat). Hanya saja, dalam bisnis sepak bola, banyak hal terjadi begitu saja," tambahnya.

Fergie: Jangan Lagi Panggil Saya Bos

Posted: 20 May 2013 09:18 PM PDT

MANCHESTER, KOMPAS.com - Setelah pensiun dari posisi manajer Manchester United, SIr Alex Ferguson ingin hubungannya dengan semua orang di klub itu lebih cair dan setara. Sebab itu, ia tak ingin dipanggil "bos" oleh siapa pun.

laga perpisahan Ferguson dengan MU ditandang laga dramatis saat timnya ditahan 5-5 oleh West Bromwich Albion, Minggu (19/5/2013). Namun, ia sudah mengumumkan akan pensiun pada 8 Mei lalu dan sempat membuat semua orang kaget.

Menurut sumber di MU, kepada para staf dan pemainnya, saat berpamitan ia mengatakan, "Kalian semua asisten yang fantastis bagi saya. Kita sudah meraih banyak hal hebat. Jika semua yang telah kita lakukan berarti bagi Anda, maka ada satu hal yang saya minta kepada Anda semua. Setelah saya pergi dan kita berpisah, saya tak ingin dengan Anda memanggilku 'bos' lagi. Panggil saya apa saja. Panggil saya apa saja yang bisa kalian panggil di belakang punggung saya selama beberapa tahun, tapi jangan panggil bos."

"Kalian akan memiliki bos baru dan dia satu-satunya orang yang harus kalian panggil bos," tambah Ferguson seperti dilansir media Inggris, The Sun.

"Beberapa staf yang mendengar langsung menangus. Para pemain kaget dan terdiam. Mereka semua sebelumnya memang sudah mendengar rumor. Tapi, tak seorang pun yang percaya bahwa rumor itu ternyata benar adanya," kata sumber tersebut.

Penggawa MU Siap Berpetualang Bersama Moyes

Posted: 20 May 2013 09:10 PM PDT

MANCHESTER, KOMPAS.com - Gelandang Manchester United, Michael Carrick, mengungkapkan rekan-rekannya tidak sabar untuk melakoni pertandingan bersama pelatih baru, David Moyes. Para pemain MU, kata Carrick, siap untuk menjalani setiap laganya dengan pelatih asal Skotlandia tersebut.

Moyes dikabarkan sudah bertandang ke pusat pelatihan MU di Carrington, Senin (20/5/2013). Pelatih yang akan efektif meneruskan pekerjaan Sir Alex Ferguson pada 1 Juli mendatang itu ditengarai sedang membicarakan target potensial untuk direkrut manajemen MU pada bursa transfer musim panas nanti.

"Sebagai pemain kami akan menerima tantangan (dengan pelatih baru). Selama ini kami memiliki stabilitas untuk mengetahui apa yang terjadi. Kami akan bermain pada pramusim dan itu bisa dilakukan untuk mempersiapkan segalanya," ujar Carrick seperti dilansir Skysports.

"Akan ada beberapa hal baru. Tetapi, sebagian besar akan tetap sama karena tim ini memiliki struktur dan tidak banyak yang salah dengan struktur tersebut. Kami semua berharap kepada pelatih baru (Moyes) yang akan datang, bekerja dengannya, dan meningkatkan tim ini ke depannya nanti," tambahnya.

Carrick juga mengaku Sir Alex Ferguson memang telah lama mengisyaratkan akan meninggalkan posnya sebagai pelatih kepala beberapa minggu sebelum pengumuman secara resmi. "Emosi dia (Ferguson) memang campur aduk karena saat ini merupakan waktu yang aneh baginya. Sama juga seperti yang terjadi dengan semua orang di klub ini," kata Carrick.

Fakta Perjalanan Karier Jose Mourinho

Posted: 20 May 2013 08:48 PM PDT

MADRID, KOMPAS.com - Real Madrid resmi mengakhiri kerja sama dengan Jose Mourinho, Senin (20/5/2013). Setelah tiga musim berada di Madrid, pelatih asal Portugal itu akan meninggalkan Santiago Bernabeu musim depan.

Mourinho mengakhiri tugasnya di Madrid dengan kesepakatan bersama dengan kubu Los Galacticos. Pelatih berusia 50 tahun itu juga masih akan tetap melakoni dua laga terakhir Madrid di Liga BBVA kontra Real Sociedad pada Minggu (26/5/2013) dan Osasuna, Sabtu (1/6/2013).

Chelsea kini menjadi calon kuat klub tempat Mourinho berlabuh. Maklum, sejak beberapa bulan lalu, Mourinho memang santer diberitakan akan kembali ke mantan klubnya tersebut karena sudah merasa tidak nyaman berada di Spanyol.

Berikut adalah perjalanan karier Mourinho seperti yang dilansir Skysports.

1963: 26 Januari Mourinho lahir. Ayahnya, Felix Mourinho, merupakan mantan kiper tim nasional Portugal.

1992: Mourinho bekerja sebagai penerjemah bagi pelatih Bobby Robson di Sporting Lisbon. Pada tahun ini ditengarai merupakan awal kariernya terjun ke dunia kepelatihan sepak bola.

1993: Hijrah ke Porto bersama Robson.

1996: Bergabung ke Barcelona sebagai asisten pelatih. Pelatih kepala saat itu dipegang oleh Robson.

1997: Masih bertahan di Barcelona meski pada tahun ini Louis van Gaal mengambil alih posisi Robson.

2000: Menjadi pelatih kepala Benfica. Bersama klubnya tersebut Mourinho hanya melakoni sembilan pertandingan terakhir sebelum pada akhirnya memutuskan hijrah karena masalah internal klub.

2001: Ditunjuk sebagai pelatih salah satu klub Portugal, Uniao de Leiria.

2002: Bergabung bersama Porto.

2003: Mourinho pertama kali meraih kesuksesan bersama Porto setelah berhasil membawa klubnya tersebut meraih treble winner (Liga Portugal, Piala Portugal, dan Piala UEFA).

2004: Mourinho kembali membuat kejutan setelah berhasil membawa Porto menjadi kampiun Liga Champions seusai mengalahkan AS Monaco 3-0. Pada musim ini, Porto juga sukses menjuarai liga domestik.

2 Juni - Ditunjuk sebagai pelatih Chelsea.

2005: 27 Februari - Memenangkan Piala Carling usai mengalahkan Liverpool 3-2 pada partai final yang dihelat di Cardiff.

April: Chelsea berhasil meraih gelar Premier League. Mourinho juga sukses menjadikan Chelsea sebagai klub yang paling banyak mengumpulkan poin (95) sepanjang sejarah Premier League.

2006: April - Chelsea meraih gelar kedua Premier League secara berturut-turut. Trofi ini merupakan gelar domestik keempat Mourinho dalam empat tahun terakhirnya.

2007: Februari - Chelsea memenangkan Piala Carling dengan mengalahkan Arsenal 2-1.

Mei - Chelsea tersingkir dari Liga Champions setelah dikalahkan Liverpool. Namun, The Blues berhasil meraih Piala FA seusai mengalahkan Manchester United 1-0.

Agustus - Chelsea mencetak rekor baru di Premier League setelah menjadi klub yang tidak terkalahkan dalam 64 pertandingan di kandang.

September - Meninggalkan Chelsea dengan status "kesepakatan bersama".

2008: Juni - Menjadi pelatih Inter Milan dengan durasi kontrak selama tiga tahun.

Agustus - Memenangkan Piala Super Italia setelah mengalahkan AS Roma.

2009: Mei - Membawa Inter meraih scudetto.

25 Mei - Mourinho memperpanjang kontraknya dengan Inter hingga 2012.

2010: Maret - Berhasil mengalakan mantan klubnya, Chelsea pada perempat final Liga Champions.

5 Mei - Inter meraih Coppa Italia setelah mengalahkan Fiorentina di final.

16 Mei - Mourinho memastikan gelar kedua Serie-A miliknya bersama Inter.

22 Mei - Sukses membawa Inter menjadi kampiun Liga Champions setelah mengalahkan Bayern Muenchen 2-0 di final.

26 Mei - Madrid memecat pelatih Menuel Pellegrini dan tertarik memboyong Mourinho sebagai arsitek baru Los Galacticos.

31 Mei - Resmi ditunjuk sebagai pelatih Madrid.

2011: 3 Mei - Gagal di semifinal Liga Champions setelah dikalahkan Barcelona.

18 Agustus: Terlibat insiden dengan asisten Barcelona, Tito Vilanova. Mourinho tertangkap kamera mencolok mata Vilanova di tengah pertandingan leg kedua Piala Super Spanyol antara Barcelona dan Madrid.

2012: 2 Mei - Memimpin Madrid menjuarai Super Copa setelah menang atas Barcelona.

22 Mei: Mourinho memperpanjang kontrak hingga Juni 2016.

2013: April - Setelah sukses mengalahkan Manchester United, Madrid harus rela tersingkir seusai ditekuk Borussia Dortmund di semifinal Liga Champions.

17 Mei: Madrid gagal meraih Copa del Rey karena dikalahkan Atletico Madrid 1-2. Kegagalan tersebut menjadikan Madrid tidak meraih satu gelar pun musim ini.

20 Mei - Madrid mengonfirmasi bahwa Mourinho tidak akan berada di Santiago Bernabeu musim depan. Pertandingan Liga BBVA kontra Osasuna pada 1 Juni mendatang merupakan laga terakhir Mourinho.

Soal Ancelotti, Madrid Belum Buat Keputusan

Posted: 20 May 2013 07:30 PM PDT

MADRID, KOMPAS.com — Presiden Real Madrid, Florentino Perez, mengaku belum menentukan siapa pengganti Pelatih Jose Mourinho. Menurutnya, hal tersebut akan segera dibicarakan dengan jajaran petinggi Madrid dalam beberapa hari ke depan.

Madrid secara resmi mengumumkan bahwa Mourinho akan hijrah dari Santiago Bernabeu musim depan, Senin (20/5/2013). Meski begitu, Mourinho akan tetap melanjutkan tugasnya hingga laga terakhir Madrid di Liga BBVA kontra Osasuna, 1 Juni mendatang.

Belakangan ini dikabarkan salah satu calon kuat pengganti Mourinho adalah Pelatih Paris Saint-Germain (PSG), Carlo Ancelotti. Beberapa hari lalu, bahkan Ancelotti mengatakan kepada pihak Les Parisiens bahwa ia tidak akan bertahan musim depan.

Presiden Paris Saint-Germain (PSG), Nasser Al-Khelaifi, mengakui bahwa Ancelotti memang kemungkinan besar telah menyepakati pra-kontrak dengan Madrid. Namun, ia menegaskan, pihaknya hanya ingin Madrid bertindak sesuai dengan aturan yang ada karena Ancelotti masih terikat kontrak hingga 30 Juni 2014.

Ketika ditanya mengenai perihal rumor Ancelotti tersebut, Perez mengatakan, "Kami belum memiliki kesepakatan pra-kontrak dengan pelatih mana pun. Hal ini adalah sesuatu yang harus kita lihat secara bersama-sama dalam beberapa hari mendatang."

Mourinho sendiri setelah kepastian ini santer dikabarkan akan kembali ke mantan klubnya, Chelsea. Pelatih asal Portugal itu juga diberitakan telah sepakat secara lisan dengan pemilik Chelsea, Roman Abramovich. Kesepakatan itu dikabarkan baru akan diumumkan secara resmi pada 1 Juli mendatang.

Ini Alasan Madrid Putus Kontrak Mourinho

Posted: 20 May 2013 07:03 PM PDT

MADRID, KOMPAS.com — Presiden Real Madrid, Florentino Perez, mengungkapkan, salah satu alasan utama pihaknya mengakhiri kerja sama dengan Jose Mourinho tidak lepas dari kegagalan Los Galacticos meraih satu gelar pun di musim ini. Selain itu, ia juga tidak menampik bahwa Mourinho memang sering kali melakukan kesalahan saat melatih Madrid.

Madrid dipastikan gagal meraih gelar musim ini setelah dikalahkan Atletico Madrid di final Copa del Rey, Jumat (17/5/2013). Bagi Mourinho sendiri, musim ini adalah kali pertama dirinya mengakhiri musim tanpa gelar.

"Prestasi musim ini belum cukup untuk tuntutan klub seperti Real Madrid atau pelatih seperti Mourinho," ujar Perez saat jumpa pers, Senin (20/5/2013).

"Setiap pelatih memiliki kepribadiannya. Apakah dia terkadang membuat kesalahan? Tentu. Dia sendiri telah mengakui hal itu. Tetapi, tingkat tekanan kepada dirinya tidak normal. Memang ada juga di mana saat-saat ketika dia melewati batas dari apa yang dikatakan normal."

"Sekarang waktu yang tepat untuk pergi secara terpisah (dengan Mourinho). Sekali lagi, saya ingin berterima kasih kepada Jose Mourinho untuk semua kerja kerasnya selama ini," jelas Perez.

Meskipun dipastikan hengkang dari Santiago Bernabeu, Mourinho akan tetap memimpin Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan hingga laga terakhirnya di Liga BBVA kontra Osasuna, 1 Juni 2013. Setelah itu, Mourinho kemungkinan besar akan kembali ke mantan klubnya, Chelsea.

Mourinho sempat melatih Chelsea pada musim 2004-2007. Pada 2008, ia melanjutkan kariernya di Inter Milan, kemudian direkrut Madrid pada 2010. Sebelum mengakhiri kesepakatan dengan Madrid, Mourinho sebenarnya masih terikat kontrak dengan Madrid hingga 2016.

Cech Desak Chelsea Segera Umumkan Pelatih Baru

Posted: 20 May 2013 07:00 PM PDT

LONDON, KOMPAS.com — Kiper Chelsea, Petr Cech, mendesak klubnya agar segera mengumumkan siapa pelatih baru setelah Rafael Benitez pergi nanti. Dengan demikian, tim bisa segera berkonsentrasi menghadapi tantangan Premier League musim depan.

The Blues mengakhiri musim ini dengan menempati urutan ketiga klasemen akhir. Artinya, mereka akan langsung tampil di fase grup Liga Champions musim depan. Selain itu, Chelsea juga sukses menjuarai Liga Europa.

Benitez diangkat Chelsea sebagai pelatih sementara, menggantikan Roberto Di Matteo. Klub sudah menyatakan tak akan memperpanjang kontraknya. Isu yang kuat menyebutkan, Chelsea musim depan akan kembali dilatih Jose Mourinho yang baru saja diumumkan resmi akan meninggalkan Real Madrid.

"Semakin cepat pelatih (baru) datang ke sini, ia akan bisa lebih cepat memulai kerja dan tidak meninggalkannya meski sementara. Sehingga, pelatih memiliki waktu untuk mempersiapkan segala sesuatunya," kata Cech kepada Evening Standard.

"Setiap musim panas selalu penting. Jika Anda memiliki musim panas yang buruk, ini bisa berakibat pada keseluruhan musim. Jika Anda tak bisa memberi kesempatan pemain istirahat dan tak memiliki pramusim yang baik, maka Anda akan mengawali musim kompetisi dengan tergopoh-gopoh," lanjutnya.

Cech juga mengatakan, "Ini bukan situasi yang ideal. Setiap musim panas di sebuah klub penting karena Anda memiliki banyak perubahan di skuad. Kami akan memiliki manajer baru dan harus mempersiapkan diri menghadapi musim depan."

Musim 2012-13, Chelsea tampil di 69 pertandingan. Menurut Cech, prestasi Chelsea cukup memuaskan dan bisa menjadi daya tarik pemain-pemain top untuk datang.

"Musim lalu setiap orang menginginkan Eden Hazard. Karena kami memenangkan Liga Champions, dia akhirnya memilih klub kami daripada klub lain. Tahun ini kami menjuarai Liga Europa dan kami melakukan pekerjaan dengan baik di kompetisi. Mari kita lihat, seberapa cepat kami akan mendapatkan manajer baru sehingga kami bisa segera memulai mencari pemain baru," katanya.

"Manajer tahu apa yang diinginkan untuk menghadapi musim baru dan akan bekerja untuk itu. Segera setelah Anda bisa melakukan transfer, pasar akan bergerak ke seluruh tempat dan setiap orang akan mencoba siap menghadapi musim baru," tandasnya.

Perez: Mou Tinggalkan Madrid Bukan karena Dipecat

Posted: 20 May 2013 06:42 PM PDT

MADRID, KOMPAS.com — Presiden Real Madrid, Florentino Perez, mengonfirmasi bahwa Pelatih Jose Mourinho akan meninggalkan Santiago Bernabeu musim depan. Menurutnya, keputusan itu diambil setelah manajemen Madrid melakukan kesepakatan bersama dengan Mourinho.

"Tidak ada pemecatan dan ini adalah kesepakatan bersama antara Mourinho dengan klub. Kami memutuskan untuk mengakhiri hubungan kami dengannya pada akhir musim ini," ujar Perez saat melakukan jumpa pers.

"Klub dan pelatih (Mourinho) sepakat bahwa ini saat yang tepat untuk mengakhiri hubungan kerja sama. Atas nama dewan direksi, kami mengucapkan terima kasih kepada Jose Mourinho untuk kerja kerasnya selama ini. Tim ini telah berkembang dalam tiga tahun terakhir dan kami berharap selalu yang terbaik baginya," tambah Perez.

Meskipun dipastikan hengkang, Mourinho akan tetap memimpin Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan hingga laga terakhirnya di Liga BBVA kontra Osasuna, 1 Juni mendatang. Setelah itu, Mourinho kemungkinan besar akan kembali ke mantan klubnya, Chelsea.

Mourinho sempat melatih Chelsea pada musim 2004-2007. Pada 2008, ia melanjutkan kariernya di Inter Milan, kemudian direkrut Madrid pada 2010. Sebelum mengakhiri kesepakatan dengan Madrid, Mourinho sebenarnya masih terikat kontrak dengan Madrid hingga 2016.

No comments:

Post a Comment