KOMPAStekno

KOMPAStekno


iPad 5 Bakal Lebih Tipis?

Posted: 21 May 2013 09:48 AM PDT


KOMPAS.com — Komponen layar Retina Display pada iPad generasi ketiga dan keempat membuat dua perangkat itu lebih tebal dan berat dibandingkan pendahulunya.

Namun, untuk iPad 5, Apple dikabarkan akan memperbaiki keadaan itu. Laporan DigiTimes yang dikutip oleh Cnet menyebutkan bahwa perangkat tablet masa depan tersebut bakal lebih ringan antara 25 dan 33 persen dibandingkan iPad 4.

Hal ini antara lain dimungkinkan berkat pemakaian sensor sentuh jenis baru sehingga kaca yang melapisi layar Retina Display dengan resolusi 2048x1536 pada iPad 5—sama dengan resolusi layar iPad 4—bisa dibuat lebih tipis. Bobot perangkat pun bisa ditekan.

Peningkatan lainnya termasuk ukuran backlight LED yang lebih ringkas dan efisien.

iPad 5 juga disebut bisa mengusung kaca pelapis Lotus XT Glass dari Corning (produsen Gorilla Glass) dengan teknologi Indium Gallium Zinc Oxide (IGZO) dari Sharp yang kuat sekaligus bisa menghemat daya backlight layar.

Seperti biasa, komponen layar iPad 5 akan diproduksi oleh beberapa produsen, seperti Samsung, LC, dan Sharp.

iPad 5 dilaporkan bakal mulai diproduksi pada Juli mendatang. Apple diperkirakan sudah bisa memproduksi 2 juta hingga 3 juta unit mulai September. 

Samsung Mau Bikin Tablet ala "Surface"?

Posted: 21 May 2013 08:28 AM PDT


KOMPAS.com — Tablet Surface besutan Microsoft mungkin bukanlah perangkat terpopuler dari jenisnya. Tapi tak bisa dimungkiri bahwa produk ini memiliki keunikan tersendiri dalam bentuk keyboard cover dan kickstand terintegrasi yang membuat Surface sanggup "berdiri" di atas meja.

Nah, Samsung selaku produsen perangkat serupa di bawah merek Galaxy Tab rupanya juga melirik ide kickstand terintegrasi pada tablet.

Seperti dilaporkan DigitalTrends, perusahaan asal Negeri Ginseng tersebut baru-baru ini mematenkan dua desain tablet.

Salah satu di antaranya yang dinamai "Tablet Computer" memiliki built-in stand berbentuk mirip pegangan koper. Rancangan tablet ini juga dilengkapi dengan cover pelindung terintegrasi.

Rancangan kedua yang dinamai "Tablet PC" dibekali dengan teknologi layar fleksibel. Di permukaannya ada garis melintang yang membagi 1/4 bagian layar dan bisa dibengkokkan.

Alhasil, tablet tersebut bukan hanya bisa berdiri dengan menekuk layarnya. Namun, bagian layar yang tertekuk itu pun bisa difungsikan sebagai virtual keyboard.

Sejauh ini kedua rancangan tablet masih berupa konsep dalam paten. Belum jelas apabila Samsung benar-benar berniat mewujudkannya dalam bentuk perangkat sungguhan. Akan tetapi, setidaknya mereka bisa memberi sedikit gambaran mengenai seperti apa perangkat tablet di masa depan.

Yahoo Jepang Sempat "Diintip" Peretas

Posted: 21 May 2013 06:52 AM PDT

KOMPAS.com — Yahoo Jepang mengakui bahwa server mereka baru "dikunjungi" oleh peretas. Dalam penyelidikannya, pihak Yahoo Jepang menemukan adanya akses ilegal di server ID yang menyimpan data pengguna.

Dalam penyelidikan lebih lanjut, pihak Yahoo Jepang berhasil menemukan sebuah file dengan data 22 juta pengguna di dalamnya.

Pihak Yahoo sendiri belum yakin, apakah file tersebut sudah berhasil diambil oleh peretas. Namun, Yahoo pun tidak menutup kemungkinan, file penting ini sudah berhasil dikopi keluar dari server.

Untungnya, dalam file tersebut tidak terdapat data kata sandi (password) dan juga informasi penting lainnya. Hanya ada data ID/username yang itu pun merupakan informasi publik yang digunakan saat pengguna meninggalkan komentar, berbelanja, atau layanan lelang.

Jika berhasil dicuri, maka kasus ini dinilai cukup besar bagi Yahoo Jepang. Pada tahun 2012 lalu saja, pengguna Yahoo Negeri Sakura ini dikabarkan menyentuh angka 24 juta. Artinya, nyaris sebagian besar data username pengguna berhasil diambil.

Dikutip dari Computer World, Selasa (21/5/2013), situs terbesar di Jepang ini telah memberikan peringatan mengenai kemungkinan diambilnya data dari server. Yahoo pun menyediakan sebuah layanan yang mengizinkan para penggunanya melakukan pengecekan, apakah ID mereka terambil datanya atau tidak.

Yahoo Jepang merupakan situs yang paling banyak dikunjungi di Jepang, menurut Alexa. Yahoo versi Jepang juga situs di peringkat ke-15 secara global. Saham mayoritas dari situs versi ini dimiliki Softbank yang merupakan operator mobile dan internet terbesar di Jepang, sedangkan Yahoo hanya memiliki 35 persen saham.

Samsung Gelar Kompetisi Rp 7,8 Miliar

Posted: 21 May 2013 05:50 AM PDT

KOMPAS.com - Samsung menggelar kompetisi bagi developer yang hendak mengembangkan aplikasi untuk smartphone seri Galaxy S4. Total hadiah yang disediakan senilai 800.000 dollar AS (kurang lebih Rp 7,8 miliar).

Dikutip dari PC World, Selasa (21/5/2013), kompetisi yang bertajuk "Smart App Challenge 2013" ini menantang para developer untuk membuat aplikasi dengan menggunakan software pengembang Samsung Chord SDK.

Chord adalah software yang mengizinkan si pengguna untuk membuat aplikasi yang menghubungkan smartphone Samsung via nirkabel (peer-to-peer), tanpa menggunakan server atau jaringan telepon. Peer-to-peer ini mampu membuat smartphone saling berhubungan dengan koneksi Bluetooth. Dengan koneksi ini, pengguna bisa bermain game dan berbagi foto maupun video antar perangkat Samsung yang berbeda.

Selain menggunakan Chord, aplikasi yang dilombakan harus dijual melalui toko digital "Samsung Apps" dan menggunakan API aplikasi Samsung untuk pembelian dalam aplikasi (in-app purchases) dan iklan.

Kompetisi tersebut dimulai dari 20 Juni hingga 31 Agustus 2013. Penjuriannya sendiri akan berlangsung pada bulan November mendatang.

Para juri sendiri akan menilai berdasarkan segi keunikan, desain, dan potensi komersil dari aplikasi.

Total akan ada 10 pemenang untuk kompetisi ini. Juara pertama akan mendapatkan 200.000 dollar AS, juara kedua ada tiga pemenang yang masing-masing akan dihadiahi 100.000 dollar AS, dan juara ketiga yang terdiri dari 6 pemenang dengan hadiah 50.000 dollar AS.

Pemenang utama juga akan mendapatkan kesempatan untuk dimodali dan dipromosikan Samsung.

Ini merupakan tahun kedua bagi Samsung mengadakan kompetisi Smart App Challenge. Tahun lalu, pemenang dari kompetisi ini adalah sebuah aplikasi bernama "Gun & Blood", sebuah game menembak buatan developer bernama Feelingtouch.

Berikut salah satu contoh aplikasi yang memanfaatkan fitur peer-to-peer Samsung Galaxy S4.

Dibeli Yahoo, Tumblr Janji Tak Berubah

Posted: 21 May 2013 03:19 AM PDT


KOMPAS.com — Yahoo resmi mengumumkan akuisisi atas Tumblr senilai 1,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 10,7 triliun dalam bentuk cash. Meski mendapat guyuran uang dalam jumlah luar biasa, pendiri sekaligus CEO Tumblr, David Karp, menyatakan bahwa perusahaan dan situsnya tak bakal berubah.

"Izinkan saya memupus segala kekhawatiran: kami tidak akan berubah menjadi ungu (warna khas Yahoo). Kantor, tim, dan roadmap kami tetap sama. Begitu pun misi kami membantu para kreator menciptakan karya terbaik dan menampilkannya di depan audiens yang layak," tulis Karp dalam blog perusahaannya. "Namun, kini kami punya sumber daya lebih banyak."

Dari sisi Yahoo, CEO Marissa Mayer yang memasang pengumuman di blog Tumblr perusahaan itu juga berjanji tidak akan "mengacau" di Tumblr. Dia mengatakan, Tumblr akan beroperasi secara independen, sementara Karp bakal dipertahankan sebagai CEO.

Dalam sebuah keterangan pers yang dikutip PCWorld, Yahoo menjelaskan bahwa Tumblr dikunjungi lebih dari 300 juta unique visitor tiap bulannya dengan angka sign-up mencapai 120.000 per hari. Sebanyak 900 posting dilakukan penggunanya dalam tiap detik.

Tumblr diharapkan bisa menambah audiens Yahoo sebesar 50 persen menjadi lebih dari 1 miliar pengunjung per bulan. Traffic Yahoo juga diharapkan tumbuh 20 persen.

Khawatir iklan

Melalui pembelianTumblr, Yahoo disinyalir bermaksud menarik pengguna dari demografi 18-24 tahun dan memperluas medium sosial yang dimiliki perusahaan itu. Namun, akuisisi ini membuat pengguna Tumblr khawatir, terutama soal iklan.

"Mereka takut kehilangan kontrol atas interface, privasi, dan kebebasan berekspresi secara umum," ujar analis Gartner Andrew Frank.

Akuisisi ini telah memicu sebagian pengguna Tumblr untuk "membelot" ke platform blogging lain. Pendiri WordPress Matt Mullenweg, misalnya, menjelaskan bahwa angka pengguna yang mengimpor blog dari Tumblr ke WordPress meningkat dari 400-600 per jam menjadi 72.000 per jam setelah berita akuisisi Tumblr mulai beredar. Angka tersebut masih kecil mengingat Tumblr memublikasikan 75 juta posting blog setiap hari.

Yahoo melalui CEO Marissa Mayer telah menyatakan bakal memasukkan lebih banyak iklan ke Tumblr.

"Di Tumblr, ada beberapa tempat yang bisa dijadikan sarana monetisasi. Kami ingin mempelajari bagaimana menaruh iklan di dashboard secara efektif, tetapi tidak mengganggu bentuk dan fungsi dashboard bagi pengguna," ujar Mayer.

Tumblr sendiri baru membuka program untuk iklan mulai bulan Mei tahun lalu. Agar tak mengganggu user experience, iklan hanya ditempatkan di dashboard (news feed), bukan di dalam blog.

Hal itu berpengaruh negatif terhadap pemasukan Tumblr yang hanya mencapai 13 juta dollar AS tahun 2012. Angka itu relatif kecil untuk ukuran jumlah pageviews Tumblr yang diklaim mencapai 18 miliar tiap bulan. Sebagai perbandingan, Facebook menghasilkan pendapatan 5 miliar dollar AS pada tahun yang sama.

Yahoo tak berharap Tumblr bakal serta-merta menghasilkan pemasukan besar dari iklan. Namun, situs ini diharapkan sudah memberi pemasukan signifikan mulai tahun depan melalui bertambahnya iklan, termasuk—seperti yang dikatakan Mayer—di dalam blog dengan seizin pengguna.

No comments:

Post a Comment