KOMPASbola

KOMPASbola


10 Trofi Madrid Seharga Rp 10 Triliun

Posted: 21 May 2013 09:58 PM PDT

MADRID, KOMPAS.com - Lebih dari satu dasawarsa berstatus sebagai Presiden Real Madrid, Florentino Perez, dikabarkan telah mengeluarkan dana hingga mencapai 860 juta euro (sekitar Rp 10,8 triliun). Namun, gelontoran dana sebesar tersebut hanya menghasilkan 10 trofi bagi Los Galacticos.

Perez menjabat sebagai Presiden Madrid pada 2000. Selama masa kepemimpinannya itu, Madrid meraih 10 trofi di antaranya, 1 Liga Champions, 3 Liga BBVA, 3 Piala Super Spanyol, 1 Copa del Rey, 1 Piala Super Eropa dan 1 Piala Interkontinental.

Seperti dilansir Marca, pada tahun pertama menjabat sebagai Presiden, Florentino diberitakan langsung mengeluarkan 120 juta euro (sekitar Rp 1,5 triliun) untuk memboyong sejumlah pemain baru, termasuk membeli Luis Figo dari rival utama, Barcelona. Posisi pelatih kepala Madrid ketika itu masih dipegang oleh Vicente Del Bosque.

Dalam periode tiga musim setelahnya, Perez kembali menggelontorkan dana besar untuk merekrut sejumlah pemain bintang seperti Zinedine Zidane, Ronaldo Luis Nazario de Lima, dan David Beckham. Selain itu, dia juga mengeluarkan biaya untuk merekrut sejumlah pelatih baru yang selama kepimpinannya sudah berganti sebanyak delapan kali.

Sedangkan, periode 2009, Perez ditengarai telah mengeluarkan dana sebesar 400 juta euro (sekitar Rp 5 triliun) untuk menyukseskan kampanyenya dalam pemilihan Presiden Madrid. Pada era tersebut, Perez kembali mendatangkan beberapa pemain bintang ke Santiago Bernabeu, di antaranya adalah Kaka, Karim Benzema, Xabi Alonso, Sami Khedira, Mezut Oezil, dan Cristiano Ronaldo.

Reina Tersanjung Diminati Barcelona

Posted: 21 May 2013 09:54 PM PDT

LIVERPOOL, KOMPAS.com - Kiper Liverpool, Pepe Reina, tersanjung diminati klub sebesar Barcelona. Namun, penjaga gawang berusia 30 tahun itu merasa betah dengan kehidupannya di Liverpool.

Reina menjadi salah satu calon pengganti Victor Valdes yang bakal hengkang dari Barcelona. Reina masuk daftar buruan Barcelona, karena sesuai dengan kriteria kiper yang dicari, yakni mampu mendistribusikan bola kepada pemain lain dengan baik.

Namun, kontrak Reina bersama Liverpool masih bertahan hingga 2016. Kemungkinan Reina hijrah ke Camp Nou ditampik dengan halus.

"Aku masih memiliki kontrak tiga tahun di Liverpool. Aku puas, nyaman, dan keluargaku sangat bahagia (di Liverpool)," jelas Reina kepada Cadena SER.

"Rumor kepindahanku ke Barcelona sulit dikontrol. Namun, aku tersanjung saat klub seperti Barcelona tertarik kepadaku," lanjutnya.

"Aku tak tahu jika ada kontak antara kedua klub atau dengan agenku. Sampai saat ini, aku tak ada sesuatu yang serius."

Reina merupakan pemain asli didikan Barcelona. Namun, Barcelona melepasnya ke Villarreal pada 2002. Meski begitu, Reina tak pernah sakit hati kepada klub yang telah membesarkannya itu.

"Tahun-tahun aku di Barcelona sangat bagus. Aku tak memiliki pikiran buruk mengenai tak sukses bermain di sana. Aku bermain lebih dari 50 pertandingan saat aku masih berusia di bawah 20 tahun. Itu membantu perkembanganku," kenang Reina.

"Aku ingin bermain lebih banyak lagi. Tentu saja. Namun, semua pengalaman itu tak perlu didramatisasi secara berlebihan," tutupnya.

"Mazzarri Akan Latih Inter"

Posted: 21 May 2013 08:11 PM PDT

NAPLES, KOMPAS.com — Mantan agen pelatih Napoli Walter Mazzarri buka suara mengenai masa depan sang pelatih. Adalah Furio Valcareggi yang mengatakan bahwa Mazzarri kemungkinan besar akan melatih Inter Milan musim depan.

Mazzarri telah membuat keputusan meninggalkan Napoli pada akhir musim ini setelah membawa I Partenopei lolos ke Liga Champions musim depan. Mazzarri masih tutup mulut mengenai calon klub yang akan dilatihnya musim depan.

Akan tetapi, Valcareggi yang pernah bekerja sama dengan Mazzarri tahu isi hati mantan kliennya tersebut. Bahkan, Valcareggi menganggap Mazzarri sudah berniat pergi sejak enam bulan lalu.

"Saya sudah mengatakan enam bulan lalu bahwa ia akan meninggalkan Napoli. Setelah tiga tahun (di Napoli), ia selalu merasa ingin perubahan. Jadi, ia melatih lebih lama dari biasanya," ucap Valcareggi kepada Radio Kiss Kiss.

"Saya pikir, ia sudah membuat keputusan di awal musim. Motivasinya jelas. Saya tidak percaya itu berlebihan untuk membandingkan dia sebagai pelatih hebat. Mazzarri adalah seorang master."

"Ia sering berbicara dan mengubah nada bicara untuk melihat reaksi saat ia meninggalkan klub. Karena itu, saya tidak berpikir ia akan pergi ke luar negeri sehingga pilihan yang tersisa hanya Inter," tandas sang agen.

Karanka Tolak Jadi "Tangan Kanan" Mourinho

Posted: 21 May 2013 08:10 PM PDT

MADRID, KOMPAS.com - Asisten pelatih Real Madrid, Aitor Karanka, dikabarkan ingin seperti Jose Mourinho, yakni menjadi pelatih kepala sebuah klub. Karanka berniat memulai peran tersebut musim depan di luar Spanyol.

Bersama dengan konfirmasi keluarnya Mourinho dari Santiago Bernabeu pada akhir musim, spekulasi mengenai masa depan Karanka ikut terkuak. Football Espana melaporkan, Karanka tak ingin kembali menjadi asisten pelatih.

Karanka sudah merasa cukup menguasai berbagai taktik dan strategi selama tiga tahun menjadi "tangan kanan" Mourinho di Madrid. Karanka dikabarkan siap menerima tantangan baru mulai musim depan.

Hal itu berbanding terbalik dengan rumor yang merebak pada awal pekan lalu. Saat itu, Karanka diurus oleh agen Jorge Mendes, seperti halnya Mourinho, dikatakan ingin mengikuti ke mana pun Mourinho melatih.

Kemungkinan besar, Mourinho akan kembali melatih Chelsea. Namun, sampai saat ini, Karanka belum mengumumkan secara resmi mengenai masa depannya.

Iniesta dan Pato Tukar Pujian

Posted: 21 May 2013 07:55 PM PDT

BARCELONA, KOMPAS.com — Gelandang Barcelona, Andres Iniesta, dan striker Corinthians, Alexandre Pato, saling memuji satu sama lain. Mereka juga berharap negaranya masing-masing bisa berjumpa di final Piala Konfederasi 2013.

Kedua pemain itu bertemu dalam sebuah acara yang digagas Google+ pada pekan ini. Iniesta dan Pato sama-sama masih ingat pertemuan terakhir keduanya di lapangan.

"Pato merupakan pemain yang sangat bagus. Aku ingat dengan jelas saat ia mencetak gol indah ke gawang kami (Barcelona) saat ia masih bermain untuk Milan," cerita Iniesta.

Pato membalas juga dengan pujian. "Bermain melawan Iniesta adalah sebuah kebanggaan. Iniesta pemain luar biasa dan seorang juara. Barcelona selalu kuat dan aku berharap mereka selalu mendapat banyak gelar."

Saat ditanya mengenai peluang Spanyol dan Brasil bertemu di final Piala Konfederasi 2013, keduanya memiliki pendapat yang hampir sama.

"Bagi setiap pemain, bertemu Brasil di Stadion Maracana adalah unik dan pengalaman ajaib. Pertandingan itu akan hebat dan sangat spesial melawan Pato, Neymar, dan beberapa pemain Brasil lain," kata Iniesta.

"Itu akan menjadi pertandingan yang menarik. Semua orang pasti ingin menyaksikannya," balas Pato.

Juli, Neymar Gabung dengan Messi dkk

Posted: 21 May 2013 07:50 PM PDT

SAO PAOLO, KOMPAS.com - Bomber muda Santos, Neymar da Silva, dikabarkan telah menyepakati kontrak dengan Barcelona. Pemain berusia 21 tahun ini akan bergabung dengan Lionel Messi dan kawan-kawan setelah membela Brasil di Piala Konfederasi, Juli mendatang.

Rumor kepindahan Neymar ke Barcelona berembus kencang dalam beberapa pekan terakhir. Kabar itu diperkuat oleh pernyataan Wakil Presiden Santos, Odilio Rodrigues, yang membenarkan Barcelona telah membuat penawaran untuk Neymar.

Seperti dilansir surat kabar Brasil, O Globo, Neymar pekan lalu telah sepakat menandatangani dokumen kontraknya dengan Barcelona. Namun, kesepakatan itu baru akan dapat dikonfirmasi pada Rabu (22/5/2013), setelah beberapa petinggi Santos melakukan pertemuan untuk membuat keputusan terkait tawaran Barcelona.

"Kami ingin dia (Neymar) bertahan di klub hingga Piala Dunia 2014. Tetapi, itu akan menjadi sulit. Sepak bola adalah bisnis di mana hukum pasar akan berlaku," ujar Wakil Presiden Santos, Odilio Rodrigues.

Jika kesepakatan itu teralisasi, maka laga antara Santos dengan Flamengo pekan depan akan menjadi pertandingan terakhir Neymar di klubnya. Namun, O Globo, melaporkan, saat ini Santos juga dikabarkan tengah berunding dengan Barcelona untuk memberi kesempatan Neymar melakukan perpisahan dengan fansnya dalam Piala Konfederasi.

Valdes Minta Dilepas Gratis

Posted: 21 May 2013 07:39 PM PDT

BARCELONA, KOMPAS.com - Kiper Barcelona, Victor Valdes, dikabarkan meminta pihak klub untuk melepaskannya secara gratis pada akhir musim ini. Media Spanyol, Sport, membuat kabar mengejutkan tersebut pada Selasa (21/5/2013).

Valdes sebenarnya masih terikat kontrak di Barcelona hingga Juni 2014. Valdes telah memutuskan takkan memperpanjang kontrak bersama Barcelona.

Jika ingin pergi secara gratis, maka Valdes bisa merealisasikannya pada akhir musim depan. Namun, Valdes diberitakan ingin segera dilepas secara cuma-cuma saat ini juga.

Valdes beralasan, hal itu bisa memudahkan klub yang berminat kepadanya untuk menawari gaji besar tanpa harus merogoh kocek untuk merekrutnya dari Barcelona. Valdes takut bila ada klub yang bersedia menyertakan uang transfer kepada Barcelona, namun tak kuat menggajinya dengan tinggi karena sudah mengeluarkan banyak uang untuk biaya transfer.

Pihak Barcelona tampaknya masih bersikukuh melepas Valdes musim ini dengan membanderoli harganya. Jika tak ada klub yang meminangkan, maka Barcelona rela kehilangan Valdes secara gratis pada musim panas 2014.

"Ganti Pelatih, Layar City Harus Tetap Berkibar"

Posted: 21 May 2013 07:33 PM PDT

MANCHESTER, KOMPAS.com — Gelandang Manchester City, Jack Rodwell, berharap rekan-rekannya bisa kembali ke permainan terbaiknya musim depan dengan pelatih baru. Ia menilai, siapa pun pelatih baru City nanti, para pemain The Citizens harus tetap fokus meraih trofi Premier League.

City memecat Roberto Mancini setelah dianggap gagal meningkatkan performa tim yang pada musim ini tanpa gelar satu pun. Salah satu calon kuat pengganti Mancini adalah pelatih Malaga, Manuel Pellegrini.

"Sekarang hanya soal masa depan. Pelatih baru akan datang dan semua akan tertarik untuk melihat apa yang terjadi nanti. Ini adalah awal baru bagi semua orang dan kami semua siap mengahadapinya," ujar Rodwell.

"Pada pertandingan pertama musim depan, semua tim akan mencoba untuk melejit dan kami akan melakukan yang terbaik untuk membuktikan diri kepada pelatih. Kami hanya harus fokus melanjutkan pekerjaan kami."

Kami sedang menjalani perjalanan ke New York (pramusim). Kami memiliki beberapa pertandingan di sana, salah satunya melawan Chelsea. Oleh karena itu, kami memiliki liburan yang baik dan juga beberapa pertandingan internasional."

"Dalam banyak cara, musim baru telah dimulai bagi diriku. aku telah kembali bermain dalam beberapa minggu terakhir dan aku ingin lebih banyak bermain. Pekerjaan kami terakhir adalah di New York. Oleh karena itu, ini adalah waktu yang baik untuk bersantai," tuturnya.

Rodwell sendiri dipanggil masuk ke dalam skuad tim nasional Inggris setelah penampilannya membaik seusai pulih dari cedera. Pada pertandingan terakhir Premier League, ia mencetak sepasang gol saat City dikalahkan Norwich City 2-3 di Etihad Stadium.

"Ini adalah musim yang buruk. Tetapi, untuk catatan pribadi, itu (melawan Norwich) adalah pertandingan yang bagus. Kami bisa menyelesaikannya dengan hasil berbeda, tetapi aku sangat senang (bisa mencetak dua gol)," kata Rodwell.

No comments:

Post a Comment