KOMPAStekno

KOMPAStekno


Sebulan, Pengiriman Galaxy S4 Capai 10 Juta Unit

Posted: 23 May 2013 10:45 AM PDT

KOMPAS.com - Ponsel pintar Android andalan Samsung, yakni Galaxy S4, mencatat angka penjualan yang mengejutkan. Dalam siaran pers, Kamis (23/5/2013), Samsung mengumumkan telah mengirimkan lebih dari 10 juta unit Galaxy S4 dalam waktu sebulan setelah ponsel tersebut dipasarkan pada 27 April 2013.

Atas tingginya permintaan tersebut, perusahaan Korea Selatan ini memperkirakan setiap detiknya ada 4 unit Galaxy S4 yang terjual.

Penjualan Galaxy S4 berhasil mengalahkan ponsel pendahulunya. Sebelumnya, Galaxy S III bisa terjual 10 juta unit setelah dijual selama 50 hari, sementara Galaxy S II butuh waktu lima bulan, dan Galaxy S generasi pertama butuh tujuh bulan untuk mencapai prestasi yang sama.

Untuk produk Galaxy S4, Samsung berencana merilis varian warna baru. Selain putih dan hitam yang saat ini sudah dipasarkan, akan ada warna baru yaitu biru, merah, ungu dan cokelat.

Galaxy S4 mulai dijual di Indonesia pada 4 Mei 2013. Ponsel ini dibanderol dengan harga Rp 7.499.000. 

PlayStation 4 Lebih Unggul dari Xbox One

Posted: 23 May 2013 10:12 AM PDT

KOMPAS.com - Microsoft telah merilis konsol gaming terbaru, Xbox One, pada Selasa siang waktu Redmond, AS, atau Rabu dini hari (22/5/2013) waktu Indonesia. Tentu saja, Microsoft berharap Xbox One bisa sesukses, atau bahkan melebihi, Xbox 360.

Di pasaran konsol game sendiri, Microsoft memiliki sebuah pesaing utama, Sony. Uniknya, perusahaan asal Jepang tersebut juga baru meluncurkan sebuah konsol gaming baru, yaitu PlayStation 4.

Performa dari keduanya memang belum akan ketahuan hingga waktu peluncurannya nanti di pasaran. Namun, dari perbandingan spesifikasi, PlayStation 4 terlihat lebih unggul.

Dikutip dari BGR, Kamis (23/5/2013), keduanya memang sama-sama menggunakan prosesor AMD Jaguar yang memiliki 8 inti dengan kecepatan 1,6GHz.

Sisi keunggulan PlayStation 4 terlihat dari besarnya inti GPU (GPU core). Konsol tersebut memiliki 1.152 GPU core, berbanding 768 yang dimiliki Xbox One.

Daya komputasi konsol terbaru Sony mencapai 1,84 TFLOPS. Sedangkan, buatan Microsoft hanya mencapai 1,23 TFLOPS.

PlayStation 4 juga unggul dari segi memori system. Meski sama-sama menggunakan RAM 8GB, jenis komponen yang digunakan Sony masih lebih baik. Xbox One hadir dengan RAM DDR3, sedangkan PlayStation 4 dengan GDDR5.

Dari semua keunggulan tersebut, PlayStation 4 terlihat mampu memberikan tenaga gaming yang lebih kuat.

Berikut perbandingan spesifikasi antara Xbox 360, Xbox One, dan PlayStation 4.

xbox-one-playstation-4-specs

Helikopter Rekayasa Digital Bikin Heboh di China

Posted: 23 May 2013 08:06 AM PDT


KOMPAS.com — Kadangkala gambar hasil rekayasa digital bisa tampil begitu meyakinkan sehingga mampu mengecoh orang yang melihatnya.

Salah satu contoh terbaru terjadi di Negeri Tirai Bambu, tempat situs online milik surat kabar Global Times keliru memuat gambar helikopter tempur palsu.

Seperti dikutip dari Kotaku, gambar hasil rendering 3D tersebut muncul di laman Huanqiu.com milik Global Times, lengkap dengan teks yang menyebutkan bahwa helikopter itu kemungkinan merupakan konsep mesin perang buatan Pasukan Beladiri Jepang.

Ditambahkan pula bahwa helikopter yang bersangkutan "terlihat seperti model dari film fiksi ilmiah karena teknologi untuk membuatnya belum tersedia". Galeri gambar-gambar helikopter ditampilkan di rubrik "militer".

Berita tentang hal ini bahkan muncul juga lewat kantor berita Xinhua yang mengutip Global Times dan mengatakan bahwa helikopter futuristik itu merupakan konsep yang didesain oleh kalangan "profesional Jepang".

Padahal, gambar helikopter ini bukan dibuat oleh Negeri Sakura, melainkan seseorang warga Indonesia bernama Ridwan Chandra Choa yang pernah bekerja sebagai seniman digital Lucasfilm Animation di Singapura. Ridwan mengunggahnya ke situs DeviantArt.

Beberapa pengguna di situs jejaring sosial Weibo meragukan keaslian helikopter dalam gambar. "Tanpa baling-baling ekor, bagaimana caranya dia bermanuver?" tanya seorang pengguna.

Beberapa pengguna lain berkomentar bahwa desain helikopter lebih mirip benda di buku komik ketimbang mesin perang sungguhan.

Sebenarnya gambar tersebut sudah dibubuhi alamat URL DeviantArt—berikut nama dan tanda tangan sang kreator—dalam alfabet latin yang menunjukkan bahwa helikopter 3D di dalamnya hanya dimaksudkan sebagai sebuah karya seni. Namun, agaknya mereka tidak menyadari hal ini. 

Baca juga:
Pesawat Siluman Iran Hasil Rekayasa Photoshop?

AMD Jadi Korban "Kiamat PC"?

Posted: 23 May 2013 06:08 AM PDT

KOMPAS.com — AMD menjadi korban dari lesunya industri PC belakangan ini. Produsen prosesor tersebut tak lagi menjadi produsen prosesor terbesar kedua di dunia, menurut data IC Insights  yang dilansir oleh Guru 3D.

Posisi AMD diambil alih Qualcomm dan Samsung yang masing-masing menempati urutan kedua dan ketiga dalam hal nilai bisnis prosesor sepanjang tahun 2012. Keduanya adalah produsen prosesor mobile.

Qualcomm mengalami pertumbuhan bisnis prosesor (MPU, microprocessor) sebesar 28 persen dibanding 2011, sementara Samsung yang juga membuat prosesor untuk Apple mencatat angka positif 78 persen.

Di sisi lain, nilai bisnis AMD turun 21 persen sehingga melengserkan produsen tersebut ke posisi ke-4.

Adapun Intel tetap menjadi produsen terbesar di dunia dengan pangsa pasar 65,3 persen.

Industri PC selama beberapa kuartal terakhir terus-menerus mengalami penurunan. IDC melaporkan, angka pengkapalan PC pada kuartal pertama 2013 turun 14 persen dibanding kuartal sebelumnya.

Sementara itu, penjualan peringkat mobile meningkat pesat. Samsung yang membuat sendiri prosesor untuk ponsel pintar miliknya mencatat angka pengkapalan smartphone mencapai 69,4 juta unit pada kuartal pertama 2013, menurut Strategy Analytics. Angka ini naik dari 44,4 juta unit pada kuartal yang sama tahun lalu.

Qualcomm juga berhasil memasarkan seri prosesor Snapdragon yang dipakai di sejumlah perangkat mobile.

Tren industri tersebut turut berimbas pada AMD yang salah satu jenis produk andalannya adalah prosesor untuk PC.

Kenaikan industri perangkat mobile juga tecermin dari tabel 10 besar produsen prosesor dari IC Insights di atas. Dari kesepuluh perusahaan dalam daftar, hanya dua (Intel dan AMD) yang memproduksi prosesor dengan arsitektur x86 yang merupakan standar PC desktop dan notebook.  

Sisanya, termasuk Qualcomm, AMD, Nvidia, dan Mediatek, memproduksi chip dengan arsitektur ARM yang dipakai di perangkat mobile.

Berita "Kompas.com" Diblokir Facebook?

Posted: 23 May 2013 05:28 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah pemberitaan terkait di portal berita Kompas.com tak bisa disebarluaskan melalui situs jejaring sosial Facebook.

Ketika pembaca hendak melakukan sharing berita via Facebook melalui tombol "Like" dan "Share" yang terdapat di dalam artikel, sebuah pesan "error" akan muncul.

Pesan "error" tersebut menyatakan bahwa tautan berita yang bersangkutan telah diblokir lantaran dianggap tidak aman atau mengandung spam.

Pemblokiran yang sama juga terjadi di browser dan aplikasi Facebook versi mobile, serta apabila pembaca hendak melakukan sharing manual via Facebook dengan melakukan "copy-paste" alamat URL berita ke kolom status dalam situs jejaring sosial tersebut. 

Hal yang sama terjadi bila pengguna Facebook ingin mengirimkan tautan berita tertentu ke teman melalui fitur "Private Message".

Lebih spesifiknya, pemblokiran Facebook menimpa sejumlah berita yang dipublikasikan pada hari Rabu, 22 Mei 2013 kemarin, tepatnya di rubrik Nasional. Sementara itu, berita yang dipublikasikan pada hari lain ataupun di rubrik lain tidak mengalami masalah yang sama.

Informasi sebelumnya menyatakan bahwa masalah hanya terjadi pada artikel terkait kasus impor daging sapi. Penelusuran lebih lanjut menunjukkan bahwa masalah terjadi tidak secara spesifik ke pemberitaan tersebut. Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan dari pemberitaan sebelumnya.

No comments:

Post a Comment