KOMPASbola

KOMPASbola


Legenda Manchester United Meninggal Dunia

Posted: 22 May 2013 09:49 PM PDT

MANCHESTER, KOMPAS.com - Manchester United (MU) berduka. Salah satu legenda mereka, Brian Greenhoff, meninggal dunia pada Rabu (22/5/2013) pagi dalam usia 60 tahun.

Greenhoff merupakan salah satu pahlawan MU saat menjuarai Divisi II Liga Inggris 1975 dan menjuarai Piala FA 1977. Bersama saudara kandungnya, Jimmy Greenhoff, ia tampil gemilang di final Piala FA 1977 di Stadion Wembley untuk mengalahkan Liverpool 2-1.

Dalam pernyataanya, keluarga Greenhoff mengatakan, "Dengan sedih kami harus mengimformasikan bahwa Brian telah meninggal dunia pagi ini. Brian seorang yang yang penuh cinta dan membanggakan. Ia suami Maureen yang mengagumkan, ayah Paul, Brian, dan Peter yang penuh cinta, dan kakek Jack, James, dan Harry."

"Dia benar-benar akan dirindukan keluarga yang telah bangga atas kariernya," lanjut pernyataan itu.

Brian Greenhoff dibeli MU pada 1968. Dia membela klub itu dalam 271 pertandingan. Pada 1979, dia bergabung dengan Leeds United dan mengakhiri karier di Rochdale pada musim 1983-84. (SUN)

Vidic Puas "Curi" Titel dari City

Posted: 22 May 2013 09:24 PM PDT

MANCHESTER, KOMPAS.com - Bek Manchester United, Nemanja Vidic, mengaku puas bisa kembali meraih gelar Premier League dari tangan Manchester City. Menurutnya, MU lebih pantas menjadi juara musim ini ketimbang rivalnya tersebut.

Musim 2011-12, City keluar sebagai juara Premier League untuk kali pertama sejak 44 tahun silam. Perebutan gelar juara dengan MU, yang ketika itu berada di peringkat dua, berjalan dramatis karena harus ditentukan hingga pertandingan terakhir Premier League.

Pada musim ini, giliran MU yang keluar sebagai juara. Setan Merah meraih 89 poin dari total 38 pertandingan, unggul 11 poin dari The Citizens yang harus puas bertatus sebagai runner-up.

"Aku sangat bangga bermain untuk klub ini dengan para pemain seperti ini dan juga bermain dengan pelatih yang sama baiknya. Aku mempunyai tujuh tahun hebat di klub yang telah banyak meraih kesuksesan dan kami berhasil melakukannya lagi musim ini. Jadi, aku sangat bangga," ujar Vidic.

"Aku pikir kami mempunyai 20 pemain yang bisa mencetak gol musim ini. Itu menunjukkan betapa bagus semangat tim dan bagaimana kerja keras kami memenangkan titel ini."

"Anda bisa melihat pemain dalam parade meloncat, bernyanyi dan kami mempunyai waktu yang hebat untuk membagi trofi ini bersama para suporter. Mereka pantas mendapatkannya karena telah mendukung kami sepanjang musim ini. Ini merupakan comeback yang hebat setelah musim lalu dan kami pantas memenangkan gelar ini," tutur Vidic.

Terkait dengan keputusan Sir Alex Ferguson untuk pensiun, Vidic mengaku bangga bisa menghabiskan waktunya bersama pelatih asal Skotlandia tersebut. Menurutnya, Ferguson adalah salah satu kunci kesuksesan MU selama ini.

"Itu merupakan sebuah kenikmatan yang nyata bisa bermain untuk pelatih (Ferguson). Selalu sulit berbicara tentang dia, saat dia masih menjadi pelatihku!" aku Vidic.

"Tapi, sekarang aku bisa mengekspresikan diri dan harus mengatakan dia adalah orang hebat yang selalu peduli tentang pemain dan dia selalu mendorong mereka untuk terus maju. Dia percaya kepada mereka dan itulah mengapa pemain selalu ingin bermain untuknya," tukasnya.

Barcelona "Pagari" Adriano Hingga 2017

Posted: 22 May 2013 09:22 PM PDT

BARCELONA, KOMPAS.com - Bek kiri asal Brasil, Adriano, sepakat untuk memperpanjang masa kontraknya dengan Barcelona hingga 30 Juni 2017 dengan buy-out clause sebesar 90 juta euro (sekitar Rp 1,1 triliun).

Kontrak Adriano di Camp Nou sebelumnya berlaku hingga 2014. Namun, Barcelona sepakat untuk menutup pintu keluar pemain yang dikabarkan menjadi incaran Paris Saint-Germain (PSG) tersebut.

"Barcelona telah sepakat dengan Adriano untuk memperbaharui kontraknya dengan tambahan empat musim hingga 30 Juni 2017," demikian pernyataan Barcelona dalam situs resmi klub.

"Kesepakatan itu dicapai sore ini di Barcelona setelah ofisial klub membahas berbagai hal untuk perpanjangan kontrak dengan agen sang pemain, Paulo Affonso Neves," lanjut pertnyataan tersebut.

Adriano berlabuh ke Barcelona dari Sevilla pada 2010. Tiga musim bersama skuad Blaugrana, pemain berusia 28 tahun telah mengemas 10 gol dari total 105 pertandingan di semua kompetisi.

Negosiasi Neymar ke Camp Nou Kembali Buntu

Posted: 22 May 2013 09:20 PM PDT

SAO PAOLO, KOMPAS.com - Santos untuk kedua kalinya secara resmi kembali menolak tawaran Barcelona yang ingin memboyong Neymar da Silva. Wakil Presiden Santos, Odilio Rodrigues, mengatakan, Neymar akan tetap bertahan di klubnya kecuali jika Barcelona menaikkan tawarannya.

Rumor kepindahan Neymar ke Barcelona berembus kencang dalam beberapa pekan terakhir. Bahkan, pemain berusia 21 tahun itu disebut-sebut sudah sepakat menandatangani dokumen kontrak dengan Barcelona.

Namun, setelah mengadakan pertemuan, Rabu (22/5/2013), beberapa petinggi Santos sepakat untuk menolak tawaran Barcelona. Kubu Blaugrana sendiri dikabarkan menawar sebesar 20 juta euro (sekitar Rp 251 miliar) sekaligus untuk juga mengamankan 55 persen dari hak Neymar di luar lapangan.

"Santos menganalisis tawaran Barcelona yang kami terima dan itu tidak memenuhi estimasi kami. Tawaran itu tidak diterima," tegas Rodrigues.

"Kami sebelumnya hanya memiliki satu tawaran di atas meja dan komite klub mengerti bahwa itu bukan yang kami inginkan. Jadi, Neymar tetap menjadi bagian dari klub ini. Ia memiliki kontrak yang masih berjalan hingga 2014," katanya lagi.

Bagaimana dengan tawaran Real Madrid? "Real Madrid memang tertarik (memboyong Neymar). Tetapi, kami hanya berbicara mengenai fakta," ungkap Rodrigues.

Dengan kontrak Neymar yang akan berakhir pada 2014, Santos ditengarai ingin menjual pemain bintangnya tersebut dengan nilai klausul kontrak berkisar 65 juta euro (sekitar Rp 816 miliar). Namun, keinginan itu sedikit berisiko karena jika gagal, Santos bisa saja kehilangan Neymar dengan status bebas transfer musim depan.

Apalagi, Neymar melalui Direktur Teknik tim nasional Brasil, Carlos Alberto Parreira, sempat mengaku bahwa dirinya lelah dan ingin pergi dari Brasil. Beberapa rekan Neymar pun sudah menyarankan agar Neymar hijrah ke Eropa agar lebih berkembang.

Mueller Ogah Jadi Pecundang di Wembley

Posted: 22 May 2013 09:09 PM PDT

MUENCHEN, KOMPAS.com - Bomber Bayern Muenchen, Thomar Mueller, berharap skuadnya bisa menang atas Borussia Dortmund pada final Liga Champions, Sabtu (25/5/2013). Ia mengaku tidak ingin kembali gagal untuk ketiga kalinya meski sudah mencapai final.

Mueller sempat merasakan dua kali menjadi runner-up ketika Bayern diempaskan Inter Milan pada 2010 dan Chelsea musim lalu di partai final Liga Champions. Kali ini, Muller berharap Bayern benar-benar bisa mengangkat trofi tersebut di Wembley.

"Bagi aku pribadi, sudah waktunya aku menang. Jika Anda kalah tiga kali, Anda akan dicap sebagai pecundang," ujar Mueller.

Musim ini, penampilan Mueller di Liga Champions cukup baik. Penyerang berusia 23 tahun tersebut sukses mengemas total delapan gol dan dua assist hingga babak final.

"Aku tidak bisa mengeluh musim ini dan aku berharap untuk tetap menjalankan tugasku. Fakta bahwa aku mempunyai tujuan (di Liga Champions) adalah bukan sesuatu yang baru," kata Mueller.

Ibra Rindu Italia

Posted: 22 May 2013 09:07 PM PDT

PARIS, KOMPAS.com - Meski senang bermain bersama Paris Saint-Germain (PSG), bomber Zlatan Ibrahimovic mengaku rindu akan kehidupannya di Italia. Bahkan, ia merasa Italia sebagai rumah keduanya.

Sepanjang kariernya, Ibra pernah memperkuat Inter Milan, Juventus, dan AC Milan sebelum hengkang ke Parc des Princess di awal musim ini. Semusim bersama PSG, ia sukses membawa klub itu juara Ligue 1.

"Aku rindu Italia. Italia adalah rumah keduaku. Inter Milan, Juventus, dan AC Milan adalah klub besar. Aku memenangkan gelar bersama mereka dan aku tahu arti menjadi seorang pesepak bola di Italia," kata Ibrahimovic dalam wawancara dengan La Gazzetta dello Sport.

Penyerang andalan tim nasional Swedia ini pun menyoroti perbedaan mencolok yang dimiliki sepak bola di Italia dengan di Spanyol, tempat Ibra pernah menghabiskan karier bersama Barcelona.

"Orang-orang Italia sangat fanatik mengenai sepak bola. Mereka terbiasa dengan pemain bintang, dan saat bertemu pemain-pemain tersebut mereka memperlakukannya dengan khusus. Contohnya jika seorang pesepak bola bermain di klub besar, lalu pergi untuk makan di restoran. Pemiliknya akan berkata, 'Restoran ini milik Anda'. Di Spanyol tak begitu. Ada perbedaan budaya di mana-mana, dan aku sangat suka budaya Italia," kata Ibra.

Ibra kini tengah digosipkan akan kembali ke Juventus musim panas ini. Meski manajemen PSG sudah menegaskan tak akan melepas penyerang andalannya tersebut, namun Ibra sendiri masih enggan menjawab berbagai spekulasi soal kariernya.

"Apa aku akan tetap di PSG? Entahlah, banyak hal bisa terjadi," kata Ibra.

"Dulu-dulu aku pernah mengatakan tak akan pindah, lalu berubah pikiran. Karena itu aku tak ingin mengatakan apa-apa kali ini. Aku masih punya sisa dua tahun di kontrakku dengan PSG, namun segalanya bisa terjadi," pungkas Ibra.

Sammer: Mana Tulang Belakang Klopp?

Posted: 22 May 2013 09:03 PM PDT

MUENCHEN, KOMPAS.com - Direktur Olahraga Bayern Muenchen, Matthias Sammer, menyatakan pihaknya tak terpengaruh oleh pernyataan Pelatih Borussia Dortmund, Juergen Klop, yang mengibaratkan Bayern tak ubahnya penjahat. Klopp sempat mempertaruhkan tulang belakangnya dalam kritik lain kepada Bayern.

Klopp memang sempat mengkritik Bayern dengan keras mengenai kebijakan transfer mereka, terkait kepindahan Mario Goetze ke Allianz Arena musim depan. Dalam wawancara dengan surat kabar Inggris, Guardian, Klopp bahkan mengibaratkan Bayern layaknya penjahat di film agen rahasia Inggris James Bond.

"Semua orang di Jerman punya kebebasan berbicara di Jerman," kata Sammer kepada situs tz.de.

"Saat Juergen Klopp ingin membagi isi pikirannya ke seluruh dunia, ia harus bertanggung jawab akan kata-katanya. Tapi, kami tak akan terpengaruh karena bagi kami hal itu tak penting," lanjut Sammer.

Ia pun mengomentari omongan Klopp yang sempat menuduh Bayern akan meminta nasihat pelatih mereka musim depan, Pep Guardiola, saat akan melawan Barcelona di babak semifinal. Secara bergurau, Klopp bahkan sampai mempertaruhkan tulang belakangnya bahwa Bayern akan menempuh langkah tersebut.

"Klopp mempertaruhkan tulang belakangnya, sekarang mana buktinya? Kami toh tak pernah membahas semifinal dengan Pep," kata Sammer.

Hubungan Sammer dan Klopp memang sudah memanas sejak lanjutan pertandingan Bundesliga dua pekan silam. Saat itu keduanya terlibat perselisihan di pinggir lapangan menyusul kartu merah yang diterima bek Bayern, Rafinha, saat melanggar Jakub Blaszczykowski. Pertandingan "pemanasan" final Liga Champions itu sendiri berakhir imbang 1-1.

Sammer sebenarnya memiliki kenangan manis bersama Borussia Dortmund. Saat masih menjabat sebagai pelatih, ia membawa Die Borussen merengkuh gelar Deutschermeister di musim 2001-02, serta menjadi finalis Piala UEFA di tahun yang sama. Pun begitu Sammer tak meragukan bahwa Bayern-lah yang akan lebih unggul dalam all German final, Sabtu (25/5/2013).

"Saat kami sudah mencapai level tertinggi, maka tak ada lagi pemenang selain kami. Kualitas, substansi, dan semangat yang dimiliki tim ini akan membawa kami memenangkan gelar Liga Champions. Saya yakin," pungkas Sammer.

"CR7 Bisa Ikut Mourinho ke Chelsea"

Posted: 22 May 2013 08:52 PM PDT

MADRID, KOMPAS.com - Mantan Presiden Real Madrid, Ramon Calderon, menilai Cristiano Ronaldo, bisa saja diboyong oleh Jose Mourinho ke Chelsea musim depan. Menurutnya, salah satu penyebab hal itu bisa terjadi karena Ronaldo tidak memiliki hubungan baik dengan Presiden Florentino Perez.

Kabar keinginan Mourinho memboyong Ronaldo jika Mourinho kembali ke Chelsea sudah berkembang sejak beberapa pekan lalu. The Blues diprediksi bakal menggelontorkan 60 juta poundsterling (sekitar Rp 881,5 miliar) untuk mendapatkan tanda tangan pemain asal Portugal tersebut.

Menurut Calderon, salah satu indikasi bahwa Ronaldo bisa saja hengkang dari Madrid musim depan adalah sikap Ronaldo yang sempat menyatakan tidak bahagia di Madrid beberapa waktu lalu. Ia menilai, Perez tidak suka dengan sikap Ronaldo dalam tim.

"Apa yang dia (Ronaldo) lakukan akan sama dengan Arjen Robben dan Wesley Sneijder. Sulit dipercaya bahwa ketika mereka (Mourinho dan Ronaldo) datang, mereka (Madrid) memutuskan untuk membiarkan mereka pergi. Kemudian, pada musim berikutnya, melawan Real Madrid dengan masing-masing klub barunya," kata Calderon.

"Ronaldo ingin melanggar kontraknya. Tapi, yang sebenarnya terjadi adalah dia tidak ingin memperpanjang kontraknya dan kontraknya itu hanya tersisa dua tahun lagi. Dalam beberapa tahun terakhir, ada aturan bahwa Anda harus memperpanjang kontrak pemain atau menjualnya. Jika tidak, maka pemain akan tidak berharga," tambahnya.

Celderon mengatakan, saat ini tidak banyak klub yang mampu memboyong Ronaldo karena harganya cukup tinggi. Menurutnya, hanya tiga klub, yakni Manchester City, Paris Saint-Germain, dan Chelsea yang bisa mendapatkan jasa mantan pemain Manchester United tersebut.

"Mereka akan menegosiasikan kontrak sekarang dan akan segera membuat keputusan. Ini sesuatu yang akan kita tahu dalam beberapa minggu ke depan. Dalam dunia yang berbeda, dia (Perez) akan menyetujui kesepakatan (secara pribadi) untuk membiarkan dia (Ronaldo) pergi pada musim panas mendatang, lalu berkata kepada fans bahwa dia akan memperpanjang kontraknya. Kemudian mereka akan melakukan kesepakatan lagi ketika seseorang memiliki uang (untuk memboyong Ronaldo)," tuturnya.

No comments:

Post a Comment