KOMPAStekno

KOMPAStekno


Lumia 920 Edisi Khusus Alex Ferguson

Posted: 13 May 2013 09:54 AM PDT

KOMPAS.com — Nokia telah membuat sebuah sayembara dengan hadiah yang unik untuk menghormati mundurnya manajer klub sepak bola Manchester United, Alex Ferguson.

Dalam sayembara tersebut, Nokia Inggris mengajak para penggemar The Red Devils, julukan tim Manchester United, untuk melakukan tweet ulang (retweet) status yang telah dibuat oleh tim Nokia.

Peserta yang beruntung nantinya akan mendapatkan hadiah spesial dari Nokia, berupa smartphone berbasis Windows Phone 8, Lumia 920 edisi khusus.

Casing perangkat Lumia 920 edisi khusus ini hadir dengan balutan warna merah khas Manchester United. Adapun di bagian belakangnya terdapat tulisan "38 trophies, 06/11/86 - 19/05/13". Tulisan tersebut bermakna jumlah trofi yang dimenangkan oleh Fergie sepanjang kariernya bersama United dan juga periode "berkuasanya" ia di sana.
BJwf7QZCYAAEr9R
Sayangnya, kompetisi ini tampaknya hanya berlaku di Inggris.

Sir Alex Ferguson akhirnya pensiun setelah 26 tahun menjabat posisi manajer Manchester United. Di tangan dinginnya, tim Manchester United berhasil memenangkan 13 titel Liga Inggris, 5 piala FA, dan 2 piala Liga Champions.

Meski memutuskan pensiun dari posisi manajer, Ferguson akan tetap berada di lingkungan Manchester United. Ke depannya, ia akan memangku jabatan sebagai salah satu direktur dan juga ambasador tim.

Samsung Kembangkan Internet 5G

Posted: 13 May 2013 09:09 AM PDT

KOMPAS.com — Samsung sedang mengembangkan koneksi data (internet) nirkabel generasi kelima (5G) yang akan dibawa kepada konsumen pada tahun 2020. Samsung telah melakukan uji coba teknologi 5G dan berhasil mencapai kecepatan 1 gigabit per detik (Gbps) untuk mengunduh.

Koneksi internet 5G yang dikembangkan Samsung diklaim dapat melakukan transmisi data "ratusan kali lebih cepat" dari koneksi 4G LTE saat ini. Jika nanti 5G dikomersialkan, maka pengguna dapat menggunakannya untuk mengirim file dengan konsumsi data yang besar, termasuk film ultra high definitions (UHD). "Ini praktis tanpa batasan," tulis pihak Samsung.

Dalam teknologi ini, Samsung mengklaim telah menemukan cara untuk membuat penggunaan gelombang milimeter (millimetre-wave) pada spektrum frekuensi radio. Selama ini, penggunaan band gelombang milimeter untuk internet nirkabel terbilang minim karena rentang pita yang terbatas.

Secara khusus, perusahaan Korea Selatan ini memadukan berbagai teknologi transceiver yang menggunakan 64 antena radio untuk menguatkan sinyal dan meningkatkan jangkauan. Dengan demikian, kecepatan koneksi yang diraih bisa mencapai 1.056 Gbps dalam jarak hingga 2 km.

"Band gelombang milimeter adalah solusi paling efektif untuk lonjakan terbaru dalam penggunaan internet nirkabel," kata Chang Yeong Kim, Vice President and Head of Digital Medial and Communication Research and Development Samsung, seperti dikutip dari TechCrunch, Senin (13/5/2013).

Samsung bukanlah satu-satunya perusahaan yang mengembangkan teknologi 5G. Februari 2013 lalu, operator seluler NTT DoCoMo asal Jepang berhasil melakukan uji coba koneksi internet nirkabel dengan kecepatan mencapai 10 Gbps. 

iPhone Berikutnya Tidak Pakai "S"

Posted: 13 May 2013 08:27 AM PDT

KOMPAS.com — Rumor iPhone generasi berikutnya sudah banyak beredar. Dari sekian banyak rumor tersebut, iPhone baru tersebut diyakini akan diberi nama iPhone 5S.

Namun, kabar terbaru yang dilansir situs Stuff menyebutkan penerus iPhone 5 adalah iPhone 6, bukan iPhone 5S. Informasi ini terungkap dari dokumen daftar produk, yang difoto secara sembunyi-sembunyi, milik sebuah operator seluler Inggris.

Ini berarti Apple akan memutus tradisi menambah huruf "S" seperti yang dilakukan pada iPhone seri sebelumnya. Contohnya, iPhone 4S yang merupakan upgrade "kecil" dari iPhone 4 dan iPhone 3GS sebagai lanjutan dari iPhone 3G.

Jika kabar ini benar, maka iPhone 6 kemungkinan besar bakal mengusung desain yang benar-benar berbeda dari iPhone 4, 4S, bahkan iPhone 5. Ditambah lagi, iPhone 6 juga bakal menggunakan sistem operasi iOS yang dirombak ulang, iOS 7.

Selain soal penamaannya, jadwal peluncuran dari iPhone 6 juga telah beredar. Disebutkan, iPhone 6 bakal meluncur pada Juli tahun ini dan mulai dipasarkan sebulan kemudian. Sebulan sebelumnya, tepatnya 10 Juni, Apple menggelar perhelatan tahunan World Wide Developer Conference yang disebut-sebut sebagai ajang perkenalan iPhone versi murah.

Samsung Ledek iPhone Ponsel Orang Tua

Posted: 13 May 2013 07:41 AM PDT

KOMPAS.com — Iklan video produk ponsel pintar unggulan Samsung tidak lengkap jika tidak meledek Apple iPhone. Setelah merilis iklan video yang menunjukkan keunggulan dan fitur baru Galaxy S4, kali ini Samsung merilis iklan yang secara terang menyindir iPhone 5.

Iklan video ini berjudul "Graduation Pool Party" yang diunggah ke situs berbagi video YouTube pada awal Mei 2013. Iklan bercerita tentang pesta kelulusan siswa yang berlokasi di sebuah kolam renang. Ditunjukkan bahwa para siswa menggunakan Galaxy S4, sedangkan orang tua dan guru menggunakan iPhone.

Pesannya terlihat jelas, generasi muda lebih memilih Galaxy S4, dan iPhone adalah ponsel pilihan orang tua.

Samsung menyerang kelemahan iPhone dengan menunjukkan beberapa kecerdasan Galaxy S4. Ponsel ini memiliki fitur Air Gesture yang memungkinkan pengguna menavigasi ponsel dengan sapuan jari tanpa harus menyentuh layar.

Kemudian ada S Bean, yang membuat pengguna Galaxy S4 bisa dengan cepat mentransfer data hanya dengan mendekatkan ponsel Samsung Galaxy. Selain itu, perusahaan Korea Selatan ini juga menunjukkan Galaxy S4 bisa mengontrol sebuah televisi dan merekomendasikan program televisi kepada pengguna. Semua fitur tersebut tidak bisa dilakukan oleh iPhone 5.

Namun, dari pantauan KompasTekno, Samsung telah menarik iklan video tersebut dari YouTube. Video yang ada di atas merupakan file yang diunggah kembali oleh salah satu pengguna YouTube sehingga kualitas videonya tidak maksimal.

Mengejek kompetitor dalam persaingan bisnis ponsel pintar bukanlah hal baru. Samsung telah lama mengolok-olok iPhone sejak ponsel Galaxy S generasi pertama. Bahkan, aksi saling ejek juga dilakukan di ruang media sosial internet.

14 Mei, Nokia Buka Tabir "Catwalk Aluminium"?

Posted: 13 May 2013 06:56 AM PDT

KOMPAS.com - Awalnya, banyak media dan pengamat yang memprediksi, Nokia akan merilis smartphone seri Lumia 928 pada sebuah acara konferensi pers di London, Inggris, 14 Mei 2013 mendatang.

Namun, prediksi tersebut ternyata sedikit meleset. Nokia sudah secara resmi meluncurkan Lumia 928 pada Sabtu, (11/5/2013) yang lalu.

Lantas, produk apa yang akan diumumkan Nokia di ajang tersebut? Pada hari Minggu (12/5/2013), Nokia sudah memberikan sedikit bocoran melalui sebuah iklan televisi di Inggris.

Dikutip dari The Verge, Senin (13/5/2013), iklan tersebut menunjukkan bagian belakang perangkat dengan sebuah lensa kamera berukuran besar dan lampu flash di dekatnya.

"Lebih dari yang dapat dilihat mata Anda," tulis Nokia dalam iklan tersebut.

Situs The Verge menduga, produk yang ditampilkan dalam iklan ini adalah perangkat dengan nama kode "Catwalk" yang sempat menjadi rumor beberapa waktu lalu. Perangkat ini akan dikatakan menggunakan bahan casing "bukan plastik", yaitu aluminium. Berbeda dengan seri-seri Lumia terdahulu yang menggunakan bahan polikarbonat.

Selain itu, Nokia juga diduga sedang menyiapkan Lumia dengan kamera PureView 41 megapiksel. Diprediksi, Lumia yang akan dipersenjatai dengan kamera tersebut adalah Catwalk.

Rumor terbaru yang beredar belakangan ini, Catwalk akan disebut sebagai Lumia 925 yang hadir dengan spesifikasi sama persis dengan Lumia 920.

Benarkah Nokia akan meluncurkan Catwalk alias Lumia 925 pada acara mendatang? Kita tunggu saja.

No comments:

Post a Comment