KOMPASbola

KOMPASbola


David Luiz Siap Sambut Rooney di Stamford Bridge

Posted: 13 May 2013 09:47 AM PDT

LONDON, KOMPAS.com — Bek Chelsea, David Luiz, mengaku gembira jika penyerang Manchester United, Wayne Rooney, bergabung dengan timnya. Menurutnya, Rooney adalah pemain yang akan meningkatkan daya saing The Blues secara signifikan.

Rooney sudah membela Manchester United (MU) sejak Agustus 2004 dan masih terikat kontrak hingga Juni 2015. Namun, setelah pertandingan antara MU dan Swansea, Minggu (12/5/2013), Manajer Alex Ferguson mengungkapkan, Rooney mengajukan permintaan dijual pada akhir musim, tetapi MU akan mempertahankannya.

Menurut pemberitaan di Inggris, Rooney mempertimbangkan pindah ke Chelsea.

"Setiap orang tahu kualitasnya, jadi jika ia ingin bergabung dengan Chelsea, kenapa tidak? Aku akan gembira dengan (kedatangannya)," ujar Luiz.

Sebelumnya mantan pemain MU, Gary Neville, mengakui, bertahan lama di MU bukan perkara mudah. Namun, ia mengingatkan Rooney soal pemain-pemain MU yang pindah ke klub lain.

"Tak ada tempat lain setelah dari sini. Saya telah melihat pemain-pemain bergabung dengan Real Madrid dan klub besar lain di Eropa, tetapi mereka selalu ingin kembali. Jika Anda bermain untuk klub ini selama 20 tahun, itu bukanlah kenyamanan. Anda berkali-kali berjuang secara mental," ujar Neville.

"Ia akan melewati periode sulit, tetapi dalam beberapa pekan mendatang akan bergabung dengan tim nasional Inggris. Kemudian, ia perlu berlibur dan semoga ia bisa memulihkan keyakinannya untuk menjadi seorang pemain Manchester United," tuturnya.

Soal Anak Bebeto, Juventus Diberi Batas Waktu

Posted: 13 May 2013 08:42 AM PDT

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com - Juventus harus mengajukan penawaran transfer secara formal kepada Flamengo untuk gelandang Mattheus (18 tahun) pada Senin (13/5/2013). Jika tidak, Flamengo akan menawarkan kontrak baru kepada Mattheus.

"Juventus punya waktu hingga Senin untuk memformalkan penawaran mereka. Kami berharap dokumen bisa tiba sehingga kami bisa menyimpulkan transfer. Jika tidak, pekan depan kami akan bertemu Mattheus untuk menegosiasikan kontrak baru," ujar Presiden Flamengo, Wallim Vasconcellos.

Mattheus merupakan anak legenda sepak bola Brasil, Bebeto. Ia sudah berada di Flamengo sejak 2006. Ia mendapatkan kontrak tim utama pada Mei 2012. Kontrak itu berlaku hingga Desember 2013.

"Juventus sangat tertarik kepada Mattheus dan saya tahu, pada dasarnya, kontrak lima tahun telah disepakati. Namun, Juventus perlu membayar uang muka sebesar satu juta euro karena kontraknya dengan Flamengo akan habis pada akhir Desember. Segera setelah pembayaran selesai, Mattheus akan berangkat ke Turin," ujar Bebeto belum lama ini.

"Masalahnya, Flamengo tak mengizinkannya bermain lagi karena mereka tahu bahwa Mattheus akan pergi dan ia tak boleh tidak bermain selama sisa tahun ini. Ia mendapatkan banyak tawaran dan jika Juventus tak menyelesaikan segala urusan pada 10 Mei, kami akan menganggap kami bebas untuk bernegosiasi dengan Real Madrid, yang telah mengajukan penawaran bagus untuk kami," tambah Bebeto.

Sanksi Seumur Hidup Masih Bayangi Rumaropen

Posted: 13 May 2013 08:19 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komisi Banding PSSI, Muhammad Muhdar, menyatakan akan serius mempertimbangkan putusan terkait hukuman kepada gelandang Persiwa Wamena, Edison Pieter Rumaropen. Menurut Muhdar, meski mengajukan banding, Rumaropen belum tentu bebas dari putusan awal yakni larangan bermain seumur hidup.

Rumaropen diskors seumur hidup oleh Komisi Disiplin PSSI setelah terbukti bersalah memukul wasit Muhaimin yang memimpin laga antara Persiwa dan Pelita Bandung Raya (PBR) pada lanjutan Indonesia Super League (ISL), Minggu (21/4/2013). Kasus  pemulukan terhadap wasit yang dilakukan Rumaropen juga diberitakan media-media asing, antara lain Guardian dan The Sun. Kedua media itu juga menampilkan video pemukulan Rumaropen terhadap Muhaimin.

Muhdar mengatakan, pengajuan banding kepada PSSI adalah kesempatan akhir Rumaropen untuk memberikan penjelasan atas kasus pemukulan itu. Menurutnya, putusan yang akan dikeluarkan Komisi Banding PSSI pada Jumat (17/5/2013) mendatang adalah keputusan terakhir yang tidak dapat diganggu gugat.

"Acuannya jelas dari Komdis. Kita tidak akan segan-segan untuk memberikan putusan. Anggota-anggota juga akan berhati-hati untuk mengambil keputusan karena ini kasus berat dan mereka harus beracuan pada statuta serta aturan yang ada," ujar Muhdar saat dihubungi wartawan di Jakarta, Senin (13/5/2013).

Muhdar menuturkan, Komisi Banding PSSI hanya cukup mempertimbangkan putusan nanti dari asas hukum yang berlaku. Karena itu, pria yang menjabar sebagai anggota Divisi Legal Persisam Samarinda ini menegaskan, Rumaropen harus menerima apa pun keputusan yang dikeluarkan pihaknya Jumat mendatang.

"Kami tidak mau menggantung nasib orang lama-lama. Maka dari itu saya berharap Jumat (17/5/2013) sudah ada keputusan yang mengikat," tandas Muhdar.

Jumat, PSSI Putuskan Nasib Rumaropen

Posted: 13 May 2013 08:07 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Banding Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyatakan akan menggelar sidang banding untuk kasus pemukulan terhadap wasit Muhaimin yang dilakukan gelandang Persiwa Wamena, Edison Pieter Rumaropen, Jumat (17/5/2013). Ketua Komding PSSI, Muhammad Muhdar, mengaku saat ini tengah mendalami kasus tersebut.

Rumaropen dijatuhi hukuman skorsing seumur hidup setelah terbukti bersalah memukul wasit Muhaimin yang memimpin laga antara Persiwa dan Pelita Bandung Raya (PBR) pada lanjutan Indonesia Super League (ISL), Minggu (21/4/2013). Rumaropen kemudian mengajukan banding atas hukuman itu karena dinilai terlalu berat.

"Sidang (banding) akan kita gelar Jumat (17/5/2013). Berkas banding sudah kita distribusikan kepada anggota Komisi Banding lainnya. Mereka sudah mempelajari kasus dan berkas banding Rumaropen," ujar Muhdar saat dihubungi di Jakarta, Senin (13/5/2013).

Muhdar mengatakan, Komding saat ini telah mengumpulkan bukti-bukti berupa laporan perangkat pertandingan, kesaksian korban dan video rekaman pertandingan.

"Kita sudah dapat bukti-bukti dan faktanya akan ditelusur lewat hasil investigasi dari Komdis. Ini kasus berat dan sangat mencederai sepak bola. Saya minta kepada anggota Komding untuk bisa mengambil keputusan dengan hati-hati," tukasnya.

Messi: Selamat, Teman-teman

Posted: 13 May 2013 07:43 AM PDT

BARCELONA, KOMPAS.com - Melalui akun Weibo, penyerang Barcelona Lionel Messi mengucapkan selamat kepada rekan-rekan timnya atas keberhasilan timnya menjuarai Liga BBVA 2012-2013.

"Setelah kerja luar biasa selama satu musim, aku gembira merayakan gelar juara ini. Selamat kepada rekan-rekanku," ujar Messi.

Barcelona menjuarai Liga BBVA 2012-2013 setelah menang 2-1 atas Atletico Madrid, Minggu (12/5/2013). Sementara gol Atletico diciptakan Falcao pada menit ke-51, gol Barcelona merupakan hasil tembakan Alexis Sanchez pada menit ke-72 dan "bunuh diri" Gabi pada menit ke-80.

Dengan kemenangan itu, Barcelona menguasai klasemen dengan nilai 91 dari 35 pertandingan. Barcelona unggul sepuluh poin, dari pesaing terdekat, Real Madrid, yang menyisakan tiga pertandingan.

Messi tampil pada laga itu sebagai starter, tetapi terpaksa ditarik karena mengalami cedera otot paha kiri pada menit ke-70. Sepeninggal Messi, Barca bermain dengan sepuluh orang, karena telah menghabiskan jatah pergantian pemain.

Cedera otot paha kiri itu sebetulnya dialami Messi saat tampil pada leg pertama perempat final Liga Champions melawan Paris Saint Germain, 2 April 2013. Sejak itu, Messi tak rutin masuk daftar starter.

Dalam tiga pertandingan terakhir Barcelona sebelum melawan Atletico, Messi tak pernah masuk daftar starter, dengan satu di antaranya sama sekali tak dimainkan, yaitu pada leg kedua semifinal Liga Champions melawan Bayern Muenchen, 1 Mei 2013.

Xavi Paling Sering Juara

Posted: 13 May 2013 07:12 AM PDT

BARCELONA, KOMPAS.com - Barcelona menjuarai Liga BBVA 2012-2013 setelah mengalahkan Atletico Madrid 2-1, di Vicente Calderon, Minggu (12/5/2013).

Bagi gelandang Xavi, itu adalah gelar juara liga ketujuh dalam kariernya dan dengan begitu, Xavi menjadi pemain Barcelona yang paling sering menjuarai liga.

Sebelumnya, rekor pemain yang paling sering menjuarai liga dipegang oleh Josep "Pep" Guardiola dengan enam gelar, Bakero (2 bersama Sociedad, 4 bersama Barcelona), Julio Salinas (2 dengan Bilbao, 4 bersama Barcelona).

Jika ditambah dengan karier di level internasional, Xavi telah mengoleksi 24 trofi, terhitung sejak debutnya pada laga Piala Super Spanyol melawan Mallorca, pada Agustus 1998. Dengan 24 trofi itu, Xavi menjadi pemain Spanyol paling.

Sementara itu, gelar juara liga yang diraih Barcelona kali ini juga merupakan gelar liga ketujuh bagi bek Eric Abidal. Sebanyak empat gelar diraih Abidal bersama Barcelona dan tiga gelar bersama klub sebelumnya, Olympique de Lyon.

Jacksen: Jalan Menuju Juara Masih Panjang

Posted: 13 May 2013 06:42 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago, mengaku puas dengan penampilan anak asuhnya saat mengalahkan Arema Indonesia 2-1 pada lanjutan Indonesia Super League di Stadion Kanjuruhan, Minggu (12/5/2013). Menurutnya, skuad Persipura telah belajar dari kesalahan ketika bermain imbang 1-1 pada pertemuan pertama di Jayapura.

Pada pertandingan di Kanjuruhan sepasang gol Persipura dicetak Zah Rahan Kranggar pada menit ke-25 dan Boaz Solossa (70). Sementara, Arema Indonesia memangkas skor melalui kreasi Theiry Gathussi (77).

Jacksen mengatakan, anak-anak didiknya mampu meraih poin penuh pada laga tersebut karena bermain sangat fokus dan efektif dalam memanfaatkan peluang. Selain itu, lanjut Jackson, Boaz Salossa dan kawan-kawan juga cukup baik dalam menerapkan instruksi pelatih.

"Kita selama ini selalu mempelajari lawan di tiap pertandingan. Salah satu kunci sukses, kita di Jayapura lakukan evaluasi, juga mampu imbangi kinerja lini tengah Arema ada beberapa momen lepas, tapi sangat puas dengan kinerja gelandang," ujar Jacksen.

Jacksen juga mengaku mengapresiasi Arema pada pertandingan tersebut. Ia mengatakan, meski mampu meraih poin penuh atas salah satu tim kuat di ISL, Persipura tidak akan puas dan harus tetap fokus hingga kompetisi musim ini selesai.

"Jalan menuju juara masih panjang, lawan bukan hanya Arema, ada sekitar 7 tim yang kuat yang bisa saja halangi tim Persipura untuk menjadi juara ISL," tukas Jacksen.

Dengan kemenangan atas Arema, Persipura kian kokoh di puncak klasemen dengan mengantongi 43 poin. Sementara Arema  ada di tempat keempat dengan nilai 34.

Tinggalkan MU, Rooney Akan Menyesal

Posted: 13 May 2013 12:26 AM PDT

MANCHESTER, KOMPAS.com — Mantan bek Manchester United, Gary Neville, menyatakan bahwa Wayne Rooney akan menyesal bila memutuskan hengkang dari Old Trafford.

Sebelumnya manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson, menyebut bahwa Rooney meminta untuk dijual di akhir musim dengan alasan kurangnya waktu bermain. Hal itu dikatakan Ferguson seusai mengucapkan pidato perpisahan dengan MU di Old Trafford, Minggu (12/5/2013). Namun demikian, menurut Neville, Rooney hanya butuh liburan di musim panas setelah menjalani musim yang berat.

"Percayalah, saya sudah melihat pemain yang pindah ke Real Madrid dan klub-klub besar lain di Eropa, dan mereka selalu ingin kembali ke klub ini," kata Neville.

"Saya harap Rooney sudah memantapkan dirinya kembali pada liburan musim panas dan siap kembali pada musim depan. Sir Alex Ferguson sendiri sudah mengatakan bahwa ia tak akan dijual," ujarnya.

"Rooney hanya perlu bergabung bersama tim nasional Inggris, lalu pergi berlibur dan kembali sebagai pemain Manchester United karena ia tak punya tempat untuk pergi," jelas Neville. Neville pun meminta Rooney untuk mempertimbangkan kembali keinginannya tersebut dengan lebih jernih.

"Saya pernah bermain dengannya. Saya kenal dia dan melatih dia. Dia harus mempertimbangkannya. Ia sedang dalam keadaan emosional. Anda bisa lihat beberapa bulan terakhir ia tak menjadi dirinya sendiri. Saat Anda melihat Wayne Rooney di lapangan, meladeni tiap tantangan, melawan tiap keputusan wasit, Anda bisa lihat hal itu. Jika melihat kejadian hari ini, saat ia duduk di tribun dan tak bermain, ia sedang emosional. Tapi ia tak punya tempat lain untuk dituju,"  tandasnya. (GL)

No comments:

Post a Comment