KOMPASbola

KOMPASbola


Abramovich Akan Bekali Mourinho Rp 1,4 Triliun

Posted: 23 May 2013 10:07 PM PDT

LONDON, KOMPAS.com - Pelatih Chelsea, Rafael Benitez, menilai pemilik klub, Roman Abramovich, akan menggelontorkan dana sebesar 100 juta pounds (sekitar Rp 1,4 triliun) jika Jose Mourinho kembali ke Stamford Bridge musim depan.

Mourinho disebut-sebut merupakan calon kuat pengganti Benitez di Chelsea musim depan. Mantan pelatih Real Madrid itu dikabarkan baru akan diumumkan secara resmi oleh kubu Chelsea pada 1 Juli mendatang.

Benitez menilai, dengan datangnya Mourinho, penampilan Chelsea musim depan akan lebih baik. Apalagi, ia mengaku, Abramovich saat ini telah menyiapkan dana besar untuk memboyong sejumlah pemain baru.

"Apa yang saya yakin tentang hal ini adalah bahwa musim depan Chelsea akan jauh lebih baik karena mereka akan menghabiskan 100 juta pounds dan mereka juga bakal merekrut tiga atau empat pemain," ujar Benitez seperti dilansir The Sun.

"Fondasi klub sudah ada saat ini. Mereka memiliki masa depan cerah. Saya tidak tahu siapa pelatih berikutnya. Saya bukan orang yang harus mengatakannya, meskipun semua orang kini berspekulasi sama," tambahnya.

Presiden UEFA Ingatkan Juve soal Scudetto

Posted: 23 May 2013 09:32 PM PDT

TURIN, KOMPAS.com - Presiden UEFA, Michel Platini, menganggap Juventus dan sejumlah tifosinya salah hitung perihal jumlah scudetto milik La Vecchia Signora. Platini kembali menegaskan bahwa dirinya masih menganggap mantan klubnya tersebut baru meraih scudetto 29 kali, bukan 31.

Juventus musim ini sukses kembali mempertahankan gelar Serie-A kedua secara berturut-turut di bawah asuhan pelatih Antonio Conte. Meski begitu, banyak kontroversi terkait jumlah scudetto yang diraih kubu Juventus.

Para pemain dan tifosi Juventus menganggap "Si Nyonya Besar" telah meraih 31 scudetto. Sementara itu Federasi Sepakbola Italia (FIGC) hanya menganggap 29 gelar karena gelar Juventus pada musim 2005 dan 2006 dicabut akibat kasus Calciopoli.

"Saya memahami bahwa suporter mencintai Juventus dan tidak ingin berisiko kehilangan dua scudetto. Itu adalah cara suporter, tetapi kemudian ada sistem keadilan dan aturan tertentu yang mengambil gelar-gelar tersebut," ujar Platini seperti dilansir Football Italia.

"Kami harus selalu memilih kepada aturan. Juventus telah menanggung akibatnya, tetapi secepat mungkin mereka akan mendapatkan gelar ke-30 atau 31. Saya pikir pada level nasional, FIGC dan Lega Serie-A mengetahui jumlah yang tepat. Andrea Agnelli (Presiden Juventus) telah salah hitung," tambahnya.

Torres: Datanglah Mourinho...

Posted: 23 May 2013 09:30 PM PDT

LONDON, KOMPAS.com - Bomber Chelsea, Fernando Torres, berharap agar Jose Mourinho benar-benar berlabuh ke Chelsea musim depan. The Blues, kata dia, membutuhkan arsitek berkarakter seperti pelatih asal Portugal tersebut.

Setelah mengakhiri kerja sama dengan Real Madrid, Mourinho hingga saat ini belum menentukan ke mana dirinya akan berlabuh musim depan. Namun, pelatih berusia 50 tahun itu kuat dirumorkan akan membesut Torres dan kawan-kawan.

Torres mengatakan, secara pribadi dirinya menilai Mourinho bisa menjadi motivasi agar penampilannya lebih baik di musim depan. Selain itu, Mourinho juga bisa mengangkat kepercayaan diri rekan-rekannya untuk kembali berjuang meraih gelar Premier League.

"Jelas pelatih terbaik di dunia akan berkaitan juga dengan klub top di dunia. Sekarang situasinya seperti ini. Chelsea sedang mencari pelatih baru, jadi semua orang menghubungkannya dengan Chelsea karena dia terkenal dan juga dengan apa yang dia katakan beberapa bulan lalu," ujar Torres.

"Kami mempunyai pemain-pemain yang telah bekerja dengannya. Jadi, mereka mempunyai banyak memori bagus dengan Mourinho di Chelsea. Aku berharap bisa mendapat kesempatan berada di bawah manajemen Mourinho. Ini adalah tantangan, motivasi besar, jadi, aku harap itu bisa terjadi," tukasnya.

Serba-terbanyak dari Pemain Bayern dan Dortmund

Posted: 23 May 2013 09:28 PM PDT

KOMPAS.com - Laga final Liga Champions antara Bayern Muenchen kontra Borussia Dortmund di Stadion Wembley, 25 Mei 2013, akan menyajikan pertarungan para pemain terbaik dunia. Nama-nama besar seperti Arjen Robben, Thomas Mueller, Robert Lewandowski, sampai Marco Reus kerap mengisi pemberitaan di dunia.

Kompas.com mencoba menunjukkan statistik dari para pemain kedua klub. Kompas.com menyajikan statistik-statistik serba-terbanyak dari para pemain Bayern dan Dortmund sepanjang musim ini di Liga Champions.

Menit bermain:
1. Marcel Schmelzer (Dortmund) - 1.080 menit
2. Robert Lewandowski (Dortmund) - 1.000 menit
3. Marco Reus (Dortmund) - 988 menit
4. Lukasz Piszczek (Dortmund) - 983 menit
5. Philipp Lahm (Bayern) - 977 menit

Jumlah gol
1. Robert Lewandowski (Dortmund) - 10 gol
2. Thomas Mueller (Bayern) - 8 gol
3. Marco Reus (Dortmund) - 4 gol
4. Claudio Pizarro (Bayern) - 4 gol
5. Arjen Robben (Bayern) - 3 gol

Tendangan tepat sasaran
1. Robert Lewandowski (Dortmund) - 24 tendangan
2. Mario Goetze (Dortmund) - 20 tendangan
3. Marco Reus (Dortmund) - 20 tendangan
4. Arjen Robben (Bayern) - 19 tendangan
5. Thomas Mueller (Bayern) - 18 tendangan

Tendangan melenceng
1. Robert Lewandowski (Dortmund) - 18 tendangan
2. Arjen Robben (Bayern) - 14 tendangan
3. Thomas Mueller (Bayern) - 12 tendangan
4. Toni Kroos (Bayern) - 9 tendangan
5. David Alaba (Bayern) - 8 tendangan

Assist
1. Mario Goetze (Dortmund) - 5 assist
2. Bastian Schweinsteiger (Bayern) - 4 assist
3. Franck Ribery (Bayern) - 4 assist
4. Philipp Lahm (Bayern) - 4 assist
5. Robert Lewandowski (Dortmund) - 2 assist

Offside
1. Robert Lewandowski (Dortmund) - 8 offside
2. Thomas Mueller (Bayern) - 6 offside
3. Marco Reus (Dortmund) - 5 offside
4. Arjen Robben (Bayern) - 5 offside
5. Mario Mandzukic (Bayern) - 4 offside

Jumlah umpan
1. Philipp Lahm (Bayern) - 744 umpan
2. Bastian Schweinsteiger (Bayern) - 636 umpan
3. Marcel Schmelzer (Dortmund) - 636 umpan
4. Dante (Bayern) - 605 umpan
5. Ilkay Guendogan (Dortmund) - 575 umpan

Umpan sukses
1. Philipp Lahm (Bayern) - 571 umpan
2. Bastian Schweinsteiger (Bayern) - 503 umpan
3. Dante (Bayern) - 503 umpan
4. Ilkay Guendogan (Dortmund) - 439 umpan
5. Marcel Schmelzer (Dortmund) - 413 umpan

Persentase umpan sukses
1. Daniel van Buyten (Bayern) - 86 persen
2. Diego Contento (Bayern) - 86 persen
3. Holger Badstuber (Bayern) - 84 persen
4. Dante (Bayern) - 83 persen
5. Anatoliy Tymoshchuk (Bayern) - 83 persen

Umpan silang
1. Marco Reus (Dortmund) - 25 umpan
2. Mario Goetze (Dortmund) - 18 umpan
3. Marcel Schmelzer (Dortmund) - 13 umpan
4. Lukasz Piszczek (Dortmund) - 12 umpan
5. Franck Ribery (Bayern) - 11 umpan

Umpan silang sukses
1. Mario Goetze (Dortmund) - 6 umpan
2. Marcel Schmelzer (Dortmund) - 6 umpan
3. Marco Reus (Dortmund) - 5 umpan
4. Lukasz Piszczek (Dortmund) - 4 umpan
5. Arjen Robben (Bayern) - 4 umpan

Pelanggaran
1. Robert Lewandowski (Dortmund) - 24 pelanggaran
2. Mario Mandzukic (Bayern) - 24 pelanggaran
3. Javi Martinez (Bayern) - 24 pelanggaran
4. Marco Reus (Dortmund) - 18 pelanggaran
5. Thomas Mueller (Bayern) - 16 pelanggaran

Dilanggar
1. Robert Lewandowski (Dortmund) - 25 dilanggar
2. Bastian Schweinsteiger (Bayern) - 23 dilanggar
3. Franck Ribery (Bayern) - 22 dilanggar
4. Thomas Mueller (Bayern) - 21 dilanggar
5. Toni Kroos (Bayern) - 20 dilanggar

Kartu kuning
1. Bastian Schweinsteiger (Bayern) - 4 kartu kuning
2. Javi Martinez (Bayern) - 4 kartu kuning
3. Mario Mandzukic (Bayern) - 3 kartu kuning
4. Ilkay Guendogan (Dortmund) - 2 kartu kuning
5. Sven Bender (Dortmund) - 2 kartu kuning

Kartu merah
1. Jerome Boateng (Bayern) - 1 kartu merah
2. -
3. -
4. -
5. -

Jarak tempuh
1. Marcel Schmelzer (Dortmund) - 134.334 meter
2. Marco Reus (Dortmund) - 131.578 meter
3. Thomas Mueller (Bayern) - 126.983 meter
4. Lukasz Piszczek (Dortmund) - 125.782 meter
5. Robert Lewandowski (Dortmund) - 123.097 meter

Patung Christopher Columbus "Dukung" Barcelona

Posted: 23 May 2013 09:22 PM PDT

BARCELONA, KOMPAS.com - Banyak cara bagi sejumlah klub sepak bola untuk mempromosikan seragam baru miliknya. Salah satunya seperti yang dilakukan Barcelona yang mendandani patung penjelajah Christopher Columbus di tengah kota Barcelona dengan seragam baru musim 2013-14.

Barcelona resmi merilis seragam baru, Selasa (21/5/2013). Secara keseluruhan perbedaan mencolok hanya terdapat pada seragam tandang, karena mengadopsi warna dan desain Senyera (bendera yang mewakili empat daerah otonomi di Spanyol, yakni Catalan, Aragon, Valencia dan Balearic Island).

Seperti dilansir Goal.com, Nike, selaku pemegang sponsorship utama seragam Barcelona dikabarkan harus mengeluarkan dana sebesar 94.000 euro (sekitar Rp 1,1 miliar) untuk mendandani patung Columbus berukuran raksasa itu. Patung itu pun secara resmi menjadi tontonan masyarakat yang melewati jalan di Las Ramblas Strip sejak Rabu (22/5/2013) pagi waktu setempat.

Meskipun bertujuan untuk mempromosikan seragam baru dan menghibur masyarakat sekitar, namun proyek ini bisa jadi akan dapat membuat jengkel para pendukung Espanyol. Maklum, sejumlah suporter klub yang juga berbasis di kota Barcelona itu telah lama merasa disingkirkan oleh ketenaran Lionel Messi dan kawan-kawan.

Seragam kandang Barcelona itu sendiri awalnya diproyeksi agar bisa tetap berada di tubuh Columbus hingga tujuh tahun ke depan. Namun, pihak sponsor dikabarkan baru membayar biaya pemakaian seragam tersebut hingga 9 Juni 2013.

Sering Keliru, Jokowi "Emoh" Prediksi Skor Final Champions

Posted: 23 May 2013 09:13 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Klub asal Jerman, Bayern Munchen akan berhadapan dengan klub satu negara mereka, Borussia Dortmund di Stadion Wembley, London, dalam laga final Liga Champions, Minggu (26/5/2013). Merasa sering keliru membuat tebakan skor, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memilih tak menjagokan tim mana pun dalam laga itu.

"Ah, enggak dukung-dukung ah. Keleru terus. Hehehe," kata Jokowi, di Balaikota Jakarta, Kamis (23/5/2013). Sebelumnya Jokowi pernah memprediksi klub asal Spanyol, Barcelona akan mengungguli Bayern dengan skor 2-1 di laga semifinal leg kedua Liga Champions. Dia menjagokan Lionel Messi untuk menjebol gawang Manuel Neuer.

Namun, sayang, Barca harus menelan kekalahan telak dengan agregat 0-7. Bayern dan Dortmund bakal berlaga di partai final Liga Champions 2013 di Stadion Wembley, setelah keduanya menghempaskan tim unggulan dari Spanyol, Barcelona dan Real Madrid.

Memori Inter-Chelsea Beri Bayern Tekanan Besar

Posted: 23 May 2013 07:46 PM PDT

DORTMUND, KOMPAS.com — Asisten pelatih Tottenham Hotspur, Steffen Freund, menilai Bayern Muenchen tengah berada dalam tekanan besar menjelang final Liga Champions melawan Borussia Dortmund, Sabtu (25/5/2013). Salah satu faktornya adalah memori kegagalan Bayern saat berhadapan dengan Chelsea musim lalu.

Meski bermain di kandang sendiri, Allianz-Arena, Bayern merelakan trofi Liga Champions 2012 diangkat Chelsea setelah kalah lewat babak adu penalti di partai final. Sebelumnya, Bayern juga sempat merasakan kegagalan sama ketika dikalahkan Inter Milan di final Liga Champions 2010.

Freund mengakui, Bayern memang lebih difavoritkan ketimbang Dortmund. Namun, ia menilai dua kegagalan tersebut bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi Dortmund karena akan dapat memengaruhi mental Franck Ribery dan kawan-kawan.

"Saya punya perasaan pertandingan itu akan banyak terjadi kontak fisik dan berjalan panas. Bayern mungkin favorit, tetapi dalam beberapa hal Borussia cukup bagus ketika melawan mereka belakangan ini. Itu pasti akan dipikirkan oleh kedua tim," ujar Freund.

"Tekanan pada Bayern sangat besar. Dortmund jelas tidak ingin berjalan ke luar lapangan sebagai pecundang sehingga mereka juga akan berada di bawah tekanan. Tetapi, melihat situasi secara keseluruhan, Bayern akan membawa beban lebih berat dari harapannya (menjadi juara Liga Champions)."

"Ini adalah final ketiga Bayern dalam empat tahun terakhir. Musim lalu mereka sangat tidak beruntung ketika kalah di kandang dari Chelsea. Pada 2010, mereka juga lebih baik, tetapi kalah dari Inter," tuturnya lagi.

Freund merupakan salah satu pemain Dortmund ketika mengangkat Piala Liga Champions 1997. Saat itu, Dortmund sukses menjadi kampiun setelah mengalahkan Juventus 3-1 di Olympia Stadion, Muenchen.

Dari Bayern "Untuk Holger"

Posted: 23 May 2013 07:45 PM PDT

LONDON, KOMPAS.com — Para pemain Bayern Muenchen mengirim sebuah kaus khusus bertuliskan "For Holger" untuk bek dan juga rekan mereka, Holger Badstuber. Hal itu adalah bentuk dukungan kepada Badstuber yang sedang menjalani proses penyembuhan cedera lutut di Amerika Serikat.

Badstuber mengalami saat-saat buruk dalam karier sepak bolanya pada musim ini. Badstuber harus beristirahat selama 10 bulan ke depan setelah menjalani operasi lutut untuk memulihkan cedera yang dideritanya enam bulan silam. Badstuber yang sudah absen bermain sejak Desember tahun lalu dipastikan kembali urung tampil sepanjang 2013.

Ketidakhadiran Badstuber di lapangan membuat seluruh skuad Die Roten merasa kehilangan. Apalagi, Bayern akan menghadapi partai spesial final Liga Champions melawan Borussia Dortmund pada 25 Mei 2013 di Stadion Wembley.

Untuk itu, para pemain Bayern memiliki ide cemerlang yang bakal menguatkan mental Badstuber. Bastian Schweinsteiger mengirim sebuah kaus dengan tulisan khusus kepada Badstuber. Nantinya, Badstuber diharuskan memakai kaus tersebut ketika menonton pertandingan final lewat layar kaca.

"Ini akan menjadi kaus untuk Badstuber," jelas Schweinsteiger sambil menunjuk kaus yang akan diberikan. "Apa yang dialami Badstuber sungguh berat. Kami berharap dan yakin ia akan kembali bermain. Ia pemain hebat dan pribadi yang baik. Kami akan membantunya meraih gelar Liga Champions."

Ini akan menjadi final kedua beruntun Bayern di Liga Champions tanpa Badstuber. Pada musim lalu, saat ditaklukkan Chelsea, Bayern juga tampil tanpa Badstuber yang menjalani akumulasi kartu kuning.

Dukungan kepada Badstuber juga diberikan Franck Ribery pada Rabu (22/5/2013) lalu saat sesi wawancara. Pemain asal Perancis itu mengenakan baju hangat berwarna oranye dengan dihiasi nomor 28, yang merupakan nomor punggung Badstuber di Bayern.

"Badstuber memang tak ada di sini (tempat sesi wawancara). Jadi, hanya baju hangat miliknya yang 'datang'," dukung Ribery, yang terkenal merupakan sosok paling usil di Bayern.

No comments:

Post a Comment