KOMPASbola

KOMPASbola


Hasil-hasil Kualifikasi Ketiga Liga Champions

Posted: 30 Jul 2013 03:05 PM PDT


KOMPAS.com — Kualifikasi babak ketiga Liga Champions leg pertama telah digelar, Selasa atau Rabu (30/7/2013) dini hari WIB. Klub-klub besar Eropa seperti Olympique Lyon, PSV Eindhoven, dan Zenit St Petersburg mengawali fase ini dengan kemenangan atas lawannya masing-masing.

Lyon yang menjamu Grasshoper Zurich di Stade de Gerland meraih kemenangan tipis 1-0. Bek asal Serbia, Milan Bisevac, menjadi pahlawan kemenangan dengan mencetak gol tunggal pada menit ke-64 berkat umpan Clement Grenier.

Pindah ke kota Eindhoven, tuan rumah PSV juga sukses mengamankan kemenangan pada leg pertama usai menundukkan Zulte-Waregem, 2-0. Dua gol PSV masing-masing dilesakkan Memphis Depay pada menit ke-61 dan Jurgen Locadia pada menit ke-75.

Sementara Zenit yang bertandang ke Farum Park, markas Nordsjaelland, juga meraih hasil positif. Gol tunggal Alexander Kerzhakov pada menit ke-49 menjadi pembeda laga tersebut.

Babak kualifikasi ketiga Liga Champions leg pertama akan berlanjut pada Rabu atau Kamis (1/8/2013) dini hari WIB. Ada beberapa klub besar yang bertanding, seperti Celtic kontra Elfsborg, dan Salzburg bertemu Fenerbahce.

Hasil-hasil kualifikasi ketiga Liga Champions leg pertama, Selasa atau Rabu (31/7/2013).
Shakhtar Karagandy 3-0 Skenderbeu Korce
Dinamo Tbilisi 0-2 Steaua Bucuresti
Austria Wina 1-0 FH
Kalju 0-4 Viktoria Plzen
FC Basel 1-0 Maccabi Tel Aviv
Nordsjaelland 0-1 Zenit St Petersburg
PAOK 0-2 Metalist
Dinamo Zagreb 1-0 Sheriff
PSV 2-0 Zulte-Waregem
Lyon 1-0 Grasshoper

Messi Selamatkan Barca, Neymar Lakoni Debut

Posted: 30 Jul 2013 03:05 PM PDT

GDANKS, KOMPAS.com — Bintang Barcelona, Lionel Messi, menyelamatkan timnya dari kekalahan saat melawan Lechia Gdanks di PGE Arena, Selasa (30/7/2013). Berkat gol pemain asal Argentina tersebut, Barca berhasil bermain imbang 2-2 dengan Lechia.

El Barca harus dua kali tertinggal pada pertandingan ini. Laga baru berjalan 14 menit, Los Cules harus kebobolan setelah kiper Jose Pinto gagal menghalau bola tandukan Jaroslaw Bieniuk.  

Barca baru bisa mencetak gol balasan pada menit ke-25. Gol berawal dari tusukan Martin Montoya di sisi kiri pertahanan Lechia. Umpan silang dari Montoya langsung disontek Sergi dan gol. Gol tersebut membuat Barca bermain imbang 1-1 pada babak pertama.

Selepas turun minum, Barca kembali mendominasi. Namun, Lionel Messi dan kawan-kawan kembali kebobolan saat laga baru berjalan empat menit. Piotr Grzelczak berhasil mencuri bola dari kaki Montoya. Ia kemudian masuk ke dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan yang sulit dijangkau kiper Oier. 

Barca langsung meningkatkan intensitas serangannya.  Alhasil, dalam tujuh menit, Barca mampu menyamakan kedudukan berkat gol yang diciptakan Messi. 

Gol berawal dari kerja sama Jonathan Dos Santos dan Alexis Sanchez. Usai menerima umpan terobosan dari Sanchez, Messi mencongkel bola dan gol.

Setelah itu, asisten pelatih Barca, Jordi Roura, melakukan beberapa pergantian, termasuk memainkan Neymar pada menit ke-78.  Sayang, masuknya Neymar tak mampu memberikan kemenangan bagi Barca setelah skor imbang 2-2 bertahan hingga laga usai.

Maxwell Akhirnya Dipanggil Timnas Brasil

Posted: 30 Jul 2013 02:51 PM PDT

PARIS, KOMPAS.com — Bek Paris Saint-Germain, Maxwell, untuk pertama kalinya mendapatkan kesempatan membela tim nasional Brasil. Pemain berusia 31 tahun itu akan memperkuat Tim Samba dalam laga persahabatan melawan Swiss di Basel pada 14 Agustus.

Maxwell tak pernah membela Brasil di level senior. Praktis, ia hanya pernah mengenakan seragam Brasil di level U-23 dan itu pun hanya bermain sebanyak enam laga.

Maxwell merupakan satu-satunya pemain baru dari 20 pemain yang diboyong Pelatih Luis Felipe Scolari pada laga nanti. Sisanya, Scolari masih mengandalkan pemain-pemain yang tampil di Piala Konfederasi 2013 beberapa waktu lalu, di antaranya Neymar, Julio Cesar, dan Dani Alves.

Berikut skuad Brasil
Kiper: Julio Cesar (QPR), Jefferson (Botafogo)

Bek: Thiago Silva (PSG), Maxwell (PSG), Dante (Bayern Muenchen), David Luiz (Chelsea), Dani Alves (Barcelona), Jean (Fluminense), Marcelo (Real Madrid)

Gelandang: Fernando (Shakhtar Donetsk), Hernanes (Lazio), Luiz Gustavo (Bayern Muenchen), Bernard (Atletico Mineiro), Oscar (Chelsea), Paulinho (Tottenham Hotspur)

Penyerang: Jo (Atletico Mineiro), Neymar (Barcelona), Fred (Fluminense), Hulk (Zenit), Lucas (PSG)

Gio: 8 Tim Berpeluang Juara Piala Dunia

Posted: 30 Jul 2013 02:06 PM PDT

AMSTERDAM, KOMPAS.com — Mantan bek Belanda, Giovanni van Bronckhorst, memperkirakan ada delapan negara yang berpeluang besar menjuarai Piala Dunia 2014 Brasil. Gio, panggilan Van Bronckhorst, tak merinci delapan tim itu, tetapi salah satunya adalah Belanda. 

Der Oranje merupakan finalis Piala Dunia 2010. Sayang, Arjen Robben dan kawan-kawan akhirnya gagal setelah ditaklukkan 0-1 oleh Spanyol lewat gol tunggal Andres Iniesta pada babak tambahan.

Kali ini, Belanda berpeluang lolos ke Brasil. Mereka untuk sementara memuncaki Grup D setelah meraih kemenangan dalam enam laga.

"Jalan mereka menuju Brasil bagus. Itu baik bagi tim untuk kembali mengikuti Piala Dunia," jelas Gio kepada FIFA.

Terlepas dari itu, Gio menilai, Belanda takkan mudah meraih juara. Setidaknya, Brasil dan Spanyol bagi Gio merupakan tim yang cukup berat.

"Khususnya, Brasil memiliki keuntungan kandang. Namun, Belanda merupakan salah satu tim yang bisa memenangkannya. Namun, saya pikir ada delapan tim yang bisa memenangkan Piala Dunia," tutur Gio.

"Masalahnya apakah memiliki keberuntungan pada saat itu. Belanda selalu memiliki peluang, tetapi kita harus melihat bagaimana permainan mereka," lanjutnya. (FIFA)

Talenta Muda Brasil Bingung Pilih Klub

Posted: 30 Jul 2013 01:02 PM PDT


BELO HORIZONTE, KOMPAS.com — Presiden Atletico Mineiro, Alexandre Kalil, mengakui ada tawaran dari Shakhtar Donetsk untuk meminang gelandang Bernard. Kalil kini menyerahkan keputusan kepada Bernard mengenai masa depannya sendiri.

Shakhtar menjadi klub kedua yang kepincut kepada aksi Bernard. Sebelumnya, FC Porto juga telah mengajukan penawaran kepada pemain berusia 19 tahun itu. Rekannya di tim nasional Brasil, Hulk, menyarankan Bernard memilih Porto.

"Ada kemajuan. Rabu besok mungkin akan menjadi pertandingan terakhir Bernard bersama kami. Shakhtar mengajukan tawaran. Mereka menawar seperti harga yang kami inginkan. Jika Bernard mau, ia akan pergi," jelas Kalil.

"Akan tetapi, jika ia tidak ingin pergi ke Ukraina, itu juga tak menjadi masalah. Keputusan ada di tangan Bernard. Saya telah berbicara kepadanya soal masalah pribadi," lanjutnya.

Bernard pribadi belum menentukan keputusan. Tetapi, ia mengakui peluangnya pindah ke Eropa hanya bergabung ke Porto atau Shakhtar.

"Aku tidak tahu apa pilihan terbaik untukku. Aku akan berbicara dengan keluarga terlebih dahulu. Belum ada yang pasti. Aku sudah berkomunikasi dengan Presiden Kalil dan ia mengatakan ada tawaran dari Shakhtar. Ini antara Porto dan Shakhtar," jelas sang pemain.

Pengatur permainan bernama lengkap Bernard Anicio Caldeira Duarte ini adalah salah satu bintang baru sepak bola Samba yang dapat beroperasi di posisi sentral ataupun sayap lapangan tengah. Di usia yang sangat muda, ia sudah lima kali bermain untuk timnas Brasil dan mengincar posisi pemain inti di Piala Dunia tahun depan. Karier mengilap juga ia ukir selama bermain untuk klubnya, Atletico Mineiro, dengan torehan 21 gol dalam 97 penampilan.

Soal Spurs, Soldado Bungkam

Posted: 30 Jul 2013 12:52 PM PDT

VALENCIA, KOMPAS.com — Bomber Valencia, Roberto Soldado, tak mau berkomentar soal spekulasi ketertarikan Tottenham Hotspur kepada dirinya.

"Aku tidak mengatakan apa pun (soal spekulasi). Ketika waktunya tiba, aku akan menjelaskannya," jelas Soldado.

Soldado membela Valencia sejak 2010. Pemain asli Spanyol yang diboyong dari Getafe tersebut telah mencetak 59 gol dari 101 laga selama mengenakan seragam Kelelawar Mestalla. Namun, dia disebut-sebut akan segera bergabung dengan Tottenham. Spekulasi yang berkembang, harga Soldado mencapai 30 juta euro (sekitar Rp 409 miliar). (FE)

Allegri Puji Pemain Pinjaman dari Inter

Posted: 30 Jul 2013 12:48 PM PDT

MILAN, KOMPAS.com — Pelatih AC Milan, Massimiliano Allegri, memuji tinggi rekrutan anyar klubnya, yakni Matias Silvestre. Allegri menyebut, Silvestre merupakan pemain berbakat.

I Rossoneri mendapatkan Silvestre dari klub sekota mereka, Inter Milan, dengan status pemain pinjaman selama semusim. Milan harus menyertakan uang tunai satu juta euro demi membayar proses peminjaman itu.

"Kami tidak terburu-buru untuk mendatangkan pemain baru. Tetapi, menurut saya, Silvestre adalah pemain yang hebat," jelas Allergi.

Milan memiliki opsi pembelian permanen Silvestre pada akhir musim dengan nilai 4 juta euro. Silvestre kemungkinan besar akan pemain inti di Milan dan berduet bersama Philippe Mexes atau Cristian Zapata.

Musim lalu, Silvestre gagal menampilkan permainan terbaik di Inter. Baru dibeli Inter dari Palermo pada 2012, Silvestre hanya tampil sebanyak sembilan kali di Serie-A.

Lepas Higuain Merupakan Blunder Madrid

Posted: 30 Jul 2013 12:31 PM PDT


MADRID, KOMPAS.com — Legenda sepak bola Serbia, Pedrag Mijatovic, menilai Real Madrid telah melakukan kesalahan dengan melepas Gonzalo Higuain ke Napoli. Menurut Mijatovic, Higuain merupakan sosok penyerang yang sulit dicari.

Higuain ditransfer Napoli dari Madrid sebesar 40 juta euro, termasuk berbagai bonus. Di Napoli, Higuain diplot sebagai pengganti Edinson Cavani yang pindah ke Paris Saint-Germain.

"Saat Real Madrid membeli Higuain, ia terlihat masih kecil dengan talenta hebat. Sekarang, ia telah nyaman di Spanyol dan bermain baik di sepak bola Spanyol," ucap Mijatovic kepada Cadena COPE.

"Higuain merupakan pemain kunci saat merebut gelar di bawah asuhan Fabio Capello. Ia tumbuh berkembang di Madrid. Tidak mudah mencari pemain yang mampu mencetak 25-30 gol per musim," lanjut mantan pemain Madrid itu.

Higuain menghabiskan tujuh musim berseragam Madrid dengan mempersembahkan tiga trofi Liga BBVA, dua Piala Super Spanyol, dan satu trofi Copa del Rey. Dari 264 penampilan di berbagai ajang, Higuain sukses menceploskan 122 gol untuk Madrid.

No comments:

Post a Comment