KOMPASbola

KOMPASbola


Rodgers: Indonesia akan Disambut Hangat di Anfield

Posted: 20 Jul 2013 12:33 PM PDT

KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZES

Manajer klub Liverpool Brendan Rodgers mengangkat bendera Indonesia seusai memberikan keterangan pers di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Kamis (18/7/2013). Liverpool akan bertanding melawan Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, pada Sabtu 20 Juli.
JAKARTA, KOMPAS.com - Kunjungan perdana Liverpool ke Indonesia sekaligus menjadikan Brendan Rodgers sebagai manajer Liverpool pertama yang menginjakkan kaki ke negeri ini bersama timnya. Fakta ini pun memberi kesan tersendiri bagi mantan manajer Swansea City ini.

"Sebuah kebanggaan bagi saya jadi manajer Liverpool perdana yang bisa ke Indonesia. Ketika saya kembali ke Inggris, saya akan bercerita ke semua orang soal pengalaman saya," kata Rodgers dalam konferensi pers pasca-pertandingan, Sabtu (20/7/2013).

Rodgers mengaku terkesan dengan sikap hangat pendukung Indonesia. Seperti konferensi pers perdananya, Rodgers pun mengucapkan terima kasih kepada para Liverpudlian.

"Sikap, kerendahan hati, dan kualitas Indonesia sangat mengesankan. Mewakili Liverpool saya ucapkan terima kasih pada kalian," katanya seraya tersenyum.

"Liverpool adalah keluarga sepak bola terbesar dunia. Kalian akan disambut dengan tangan terbuka kalau kalian ke Anfield," pungkasnya.

Rodgers bukan tanpa alasan mengatakan hal demikian. Sejak Liverpool mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Rabu (17/7/2013), mereka sudah disambut ribuan pendukung. Sebelum skuat Anfield Gang tiba, para suporter ini sudah mendendangkan chants khas Liverpool. Nyanyian tanpa henti yang terus berlanjut saat bus tim lewat, serta di lobi hotel, sesi latihan terakhir di GBK, Jumat (19/7/2013), sampai di hari pertandingan. Dari Jakarta, Liverpool akan melanjutkan tur mereka ke Melbourne dan Bangkok.

Inilah Surat Terbuka Tito Vilanova

Posted: 20 Jul 2013 12:28 PM PDT


BARCELONA, KOMPAS.com - Tito Vilanova menulis surat terbuka pascamundur dari jabatannya sebagai pelatih kepala Barcelona, Jumat (19/7/2013), dengan alasan kesehatan. Keputusan Vilanova tersebut mengundang simpati dari berbagai kalangan. Melalui surat terbuka ini, ia mengucapkan terimakasih atas dukungan yang telah diberikan kepadanya.

Berikut surat terbuka yang ditulis Vilanova sebagaimana dilansir dari situs resmi Barca:

"Setelah lima tahun yang indah menjadi bagian dari sebuah tim yang telah membuat mimpi menjadi kenyataan bagi seorang pelatih, ini saatnya untuk menghadapi perubahan dalam kehidupan profesional saya dan mencurahkan energi untuk melanjutkan usaha memerangi penyakit saya yang diagdonosis selama satu setengah tahun ini.

Mulai sekarang saya direkomendasikan untuk menjalani perawatan, menurut pendapat dokter, saya sebenarnya bisa mendedikasikan seratus persen untuk tugas pertama sebagai pelatih tim seperti yang diysaratkan Barcelona. Namun, konsekuensinya saya harus tetap dekat dan terus bekerja untuk klub yang sangat saya cintai ini.

Tidak mudah untuk meninggalkan tim dengan pemain, staff, rekan-rekan yang sangat spesial ini, dan dengan siapa pun yang telah berbagi pengalaman luar biasa dengan saya. Saya berterima kasih atas segala yang Anda berikan dan itu sudah saya tunjukkan. Kualitas individu dan tim ini mampu menguji setiap hambatan dan saya puas dengan keterampilan ini mampu menghadapi banyak tantangan dan ini harusnya menyenangkan buat siapa saja.

Saya juga ingin berterima kasih secara khusus kepada chairman, dewan, dan semua Direktur Olahraga Andoni Zubizaretta yang memberikan kepercayaan kepada saya, di atas segalanya,  juga dukungan mutlak, baik dari segi olahraga maupun personal. Sama pentingnya bagi saya adalah dukungan yang saya terima secara medis maupun kemanusiaan dari Dr Ramon Canal serta tim dokternya yang berada di sisi saya. Saya tidak memainkan pertandingan ini sendirian. Ada dukungan klub yang membantu saya melewati proses panjang ini hingga sekarang.

Untuk Anda semua, anggota dan fans klub ini, saya juga ingin berterima kasih kepada Anda dengan sepenuh hati atas dukungan dan kasih sayang yang Anda berikan, bukan hanya sekarang tapu dalam seluruh bulan-bulan terakhir lalu. Doakan saya tenang, kuat, dan menghadapi babak baru dalam proses sakit saya dengan penuh keyakinan dan semuanya akan baik-baik saja.

Terima kasih kepada semua fans sepak bola, rekan seprofesi, klub, atlet, dan kenalan atas pesan-pesan mendukung yang membuat saya dan keluarga merasa nyaman.

Ini adalah masa sulit bagi saya dan saya meminta media menghormati dan mengerti. Begitu berhenti menjadi pelatih, saya berharap memiliki ketenangan dan privasi yang saya dan keluarga butuhkan. Saya tidak bisa menyimpulkan surat ini tanpa banyak keberuntungan dan berharap pelatih baru tim terbaik dunia ini akan sukses.

Terimakasih semua

Tito."

Iniesta: Tito akan Memenangkan Pertarungan

Posted: 20 Jul 2013 11:19 AM PDT

BARCELONA, KOMPAS.com - Gelandang Barcelona, Andres Iniesta, berharap Tito Vilanova bisa mengalahkan penyakit kangker yang dialaminya. Pernyataan itu disampaikan Iniesta seusai Vilanova pada Jumat (19/7/2013) menyatakan mundur jabatannya sebagai pelatih kepala El Barca.

"Tito akan memenangkan pertarungan mengerikan ini," jelas Iniesta.

Kesehatan Vilanova memang sempat memburuk pada musim lalu. Pelatih asal Spanyol itu harus beristirahat selama dua bulan setelah menjalani operasi kanker di New York City, Amerika Serikat, pada pengujung 2012. Saat itu, posisi Vilanova digantikan asistennya, Jordi Roura.

Dengan demikian, karier Vilanova sebagai pelatih Barcelona hanya bertahan semusim. Namun, ia sudah mampu membawa Barcelona memenangi Liga BBVA pada musim perdananya.

Bek Jordi Alba berharap, Vilanova bisa segera pulih dari penyakitnya. "Dia telah melakukan pekerjaan luar biasa (membawa Barca menjurai Liga BBVA musim lalu). Kami berharap, dia segera sembuh dan kembali," doa Alba. (GL)

Alasan Rodgers Ganti 10 Pemainnya

Posted: 20 Jul 2013 11:18 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam babak kedua pertandingan melawan Indonesia XI, Manajer Liverpool Brendan Rodgers mengganti 10 pemainnya. Hanya kiper Simon Mignolet yang diberi kesempatan bermain penuh. Apa alasannya melakukan pergantian drastis itu?

"Ini pertandingan pramusim, saya rasa akan baik untuk tiap pemain merasakan waktu bermain sampai 60 hingga 75 menit," jelas Rodgers dalam konferensi pers pasca-pertandingan, Sabtu (20/7/2013).

Liverpool mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 2-0 atas skuad Garuda. Kedua gol The Reds dipersembahkan Philippe Coutinho dan Raheem Sterling, masing-masing di menit awal babak pertama dan menit akhir babak kedua.

Ketika disinggung mengenai permainan skuadnya, Rodgers pun mengaku puas. "Saya puas dengan penampilan Liverpool. Meski permainan ini tak mudah, tapi para pemain bisa mencapai target membuktikan yang terbaik," kata Rodgers.

Dari Jakarta, Liverpool akan bertolak ke Melbourne dan Bangkok untuk melanjutkan tur pra-musim mereka.

Mourinho Tahu Cara "Menghidupkan" Torres

Posted: 20 Jul 2013 10:45 AM PDT

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Pelatih Chelsea, Jose Mourinho, berjanji akan membantu Fernando Torres untuk kembali ke performa terbaiknya. Mourinho mengaku tahu bagaimana cara mengembalikan ketajaman El Nino. 

Bomber asal Spanyol tersebut hanya mengemas 15 gol dari 82 penampilan di Premier League sejak didatangkan Chelsea dari Liverpool pada Januari 2011. Penampilan El Nino ini kontras dibandingkan saat ia membela Liverpool yang berhasil mencetak 65 gol dari 102 laga.

Torres sempat dispekulasikan akan dijual oleh Mourinho pada bursa transfer musim panas ini. Namun, Torres bisa bernapas lega. Mourinho menilai menurunnya performa Torres akibat pelatih sebelumnya yang tidak bisa memaksimalkan potensi pemain asal Spanyol tersebut.

"Saya tahu kualitas terbaiknya dan dengan permainan terbaik dari tim bisa mendapatkan kemampuan terbaik dari dia," jelas Mourinho.

"Dia seorang penyerang. Dia lebih nyaman ketika dia memiliki ruang untuk berlari ke belakang bek lawan. Dia akan mengalami kesulitan ketika lawan bermain rapat, serta ketika lawan ketat dan dia memiliki ruang yang sempit," lanjutnya.

"Ketika Chelsea bermain dengan filisofi tersebut, dia bisa kembali ke performa terbaiknya. Ketika kami bermain melawan tim yang bemain rapat dan Anda membuat dia bermain dengan ruang yang sempit, maka dia akan lebih kesulitan," ulas pelatih asal Portugal tersebut.

Mourinho tak memungkiri, Torres lebih berkembang ketika The Blues ditangani oleh Rafael Benitez. Torres memang ikut dibesarkan oleh Benitez saat membawa dia ke Liverpool dari Atletico Madrid pada 2007.

"Saya akan membantu dia, seperti saya membantu pemain lain," ujar Mourinho. (GL)  

Bikin Sulit Liverpool, Indonesia XI Belajar dari Arsenal

Posted: 20 Jul 2013 10:38 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelatih Indonesia XI, Jacksen F Tiago, membeberkan alasan melakukan banyak perubahan saat melawan Liverpool bila dibanding kontra Arsenal. Meski pada akhirnya kalah 0-2 dari Liverpool, Indonesia XI dianggap Jacksen tampil lebih baik.

Masing-masing gol dari Philippe Coutinho dan Raheem Sterling menjadi pembeda laga yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Sabtu (20/7/2013).

"Formasi empat gelandang merupakan hasil evaluasi kami melawan Arsenal. Lalu, saya putuskan memainkan duet gelandang Taufik dan Ahmad Bustomi. Hasilnya cukup memuaskan," jelas Jacksen.

"Saya sangat bersyukur ada perubahan dari segi psikologis pemain. Hasil yang kami dapat tidak penting, asalkan pemain terus berjuang dan punya kemauan. Kami mendapat wajah baru," lanjutnya.

Selanjutnya, Jacksen akan fokus untuk laga melawan Chelsea pada 25 Juli mendatang. Selain itu, Indonesia direncanakan bakal menghadapi Filipina pada pertengahan Agustus 2013, dan melawan China pada kualifikasi Piala Asia 2015.

"Sebanyak 80 persen pemain untuk kualifikasi Piala Asia 2015 sudah ada. Masih terbuka untuk mengamati perkembangan pemain. Banyak pemain yang merasa ada tantangan. Kami akan bertanding pada 14 Agustus 2013 untuk uji coba melawan Filipina. Lalu, 10 Agustus pemain akan kumpul lagi," ungkapnya.

"Untuk uji coba terakhir melawan Chelsea lebih dari cukup. Pertandingan berlangsung kompetitif dan akan lebih hati-hati dalam persiapan nanti," pungkasnya.

Lihat foto-foto pertandingan Liverpool versus Indonesia di sini.

Rodgers: Suporter Indonesia Layaknya Scouser

Posted: 20 Jul 2013 10:32 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajer Liverpool, Brendan Rodgers, kembali mengungkapkan kekagumannya atas sambutan para suporter Liverpool di Indonesia. Di mata Rodgers, suporter di Indonesia luar biasa bahkan mirip Scouser.

"Kami menikmati berada di Indonesia. Negara ini indah, dan para fans di sini tak ubahnya para Scouser," kata Rodgers dalam konferensi pers pasca-pertandingan.

Scouser adalah sebutan untuk para penduduk asli kota Liverpool. Ucapan Rodgers ini tentu didasarkan pada suasana di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Selama pertandingan, para suporter tak henti mengumandangkan chants dan sorak sorai.

Selain di SUGBK, Rodgers dan Liverpool pun sudah merasakan hangatnya sambutan suporter The Reds Indonesia sejak mendarat di Jakarta, Rabu (17/7/2013). Sorakan tanpa henti penggemar The Reds seolah tak ingin disia-siakan Rodgers. Dalam pertandingan tersebut, Liverpool berhasil mengatasi perlawanan Indonesia XI dengan skor 2-0. Gol Liverpool dicetak Philippe Coutinho (10) dan Raheem Sterling (87).

Lihat foto-foto pertandingan Liverpool versus Indonesia di sini.

M Roby Bangga Jadi Kapten Indonesia XI

Posted: 20 Jul 2013 10:21 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Bek Indonesia XI, M Roby, merasa bangga mengemban tugas sebagai kapten melawan Liverpool di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Sabtu (20/7/2013). Meski bukan merupakan laga resmi, namun ini untuk pertama kalinya M Roby menjadi kapten di bawah asuhan Jacksen F Tiago.

Sayangnya, debut M Roby berakhir dengan kekalahan. Indonesia XI menyerah 0-2 dari Liverpool melalui gol Philippe Coutinho dan Raheem Sterling.

"Aku bangga menjadi kapten. Ini berbeda dari jabatan di klub. Kalau di klub hanya mewakili masyarakat Samarinda. Tapi, kapten sekarang mewakili Indonesia," jelas M Roby.

"Saat diganti pada babak kedua, aku memberikan ban kapten kepada Kurnia Meiga. Itu instruksi dari pelatih. Boaz baru masuk. Jadi, aku disuruh berikan ban kapten kepada Kurnia Meiga," lanjutnya.

Pada laga itu, M Roby merasa penampilan tim membaik, usai kekalahan telak 0-7 dari Arsenal, 14 Juli silam. M Roby berharap, penampilan tim asuhan Jacksen F Tiago akan terus membaik jelang kualifikasi Piala Asia 2015.

"Kami mungkin belajar dari kesalahan. Walaupun kami masih belum sempurna. Setidaknya, kami sudah mencapai permainan cukup baik, jadi pemain tidak merasa grogi. Hal ini baik untuk laga kualifikasi Piala Asia 2015 mendatang," pungkasnya.

Lihat foto-foto pertandingan Liverpool versus Indonesia di sini.

No comments:

Post a Comment