KOMPASbola

KOMPASbola


PSG Rekrut Bek Muda Lille

Posted: 17 Jul 2013 03:04 PM PDT

PARIS, KOMPAS.com - Paris Saint-Germain (PSG) kembali mengumumkan perekrutan pemain terbaru. Setelah memastikan menggaet Edinson Cavani, PSG resmi mendapatkan bek Lille, Lucas Digne (19). Harga transfer Digne diyakini mencapai 15 juta euro (sekitar Rp 198 miliar) dengan durasi kontrak 5 tahun.

Kepada situs resmi PSG, Digne mengekspresikan kegembiraannya bergabung dengan klub peraih titel Ligue 1 2012-13 tersebut.

"Bermain untuk PSG bersama pemain-pemain hebat adalah kesenangan besar, sekaligus mimpi masa kecilku. Aku menjalani musim panas yang fantastis setelah menjadi juara dunia. Terima kasih untuk PSG atas kepercayaannya," kata Digne. Ia merupakan bagian skuat Perancis U-20 yang baru saja merebut gelar Piala Dunia U-20 pekan lalu.

Digne sebenarnya sudah digadang-gadang akan hengkang dari Les Dogues. Apalagi, selain PSG, AS Monaco pun juga tertarik mendapatkan tanda tangannya. Karena itulah presiden PSG, Nasser Al-Khelaifi, tak segan menunjukkan kegembiraannya atas pilihan Digne.

"Calon bintang seperti Digne menjadi incaran sejumlah klub memilih PSG untuk meneruskan karier. Tentu kami senang menyambut pemain muda berbakat seperti dirinya ke dalam skuat," jelas Al-Khelaifi.

Di Lille musim lalu, Digne menempati posisi sebagai starter reguler. Namun di PSG ia diperkirakan harus bersaing dengan Maxwell untuk menjadi pilihan utama pelatih Laurent Blanc.

Soal Piala Dunia 2022, Blatter Ikut Bersalah

Posted: 17 Jul 2013 03:01 PM PDT

NYON, KOMPAS.com - Presiden FIFA, Sepp Blatter, mengakui ikut andil bersalah dalam menentukan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, karena tak mempertimbangkan cuaca. Ia mengusulkan agar jadwal Piala Dunia 2022 diubah agar bisa digelar pada musim dingin.

Qatar terpilih sebagai tuan rumah iala Dunia 2022 pada pemilihan tahun 2010. Saat itu, panelis tak terlalu memperhitungkan cuaca pada musim panas. Apalagi, tuan rumah meyakinkan akan memasang pendingin di setiap stadion. Namun, itu ternyata tak cukup, karena Piala Dunia merupakan festival yang juga terjadi di luar stadion.

"Piala Dunia harusnya sebuah festival buat rakyat. Karena itu, Anda tak bisa bermain sepak bola di musim panas (di Qatar)," kata Blatter dalam konferensi di Kitzbuehel, Austria, Rabu (17/7/2013).

Soal janji panitia memasang pendingin di stadion, Blatter mengatakan, "Anda bisa mendinginkan stadion, tapi tak bisa mendinginkan sluruh negeri. Anda juga tak bisa dengan mudah mendinginkan suasana Piala Dunia. Para pemain harus bisa bermain dalam kondisi terbaik agar Piala Dunia berlangsung bagus."

Maret lalu, Blatter mengatakan, Piala Dunia harus digelar pada bulan Juni dan Juli. Namun, khusus Qatar, ia membuka kemungkinan untuk diubah waktunya demi menghindari temperatur yang sangat tinggi. Perubahan waktu harus didiskusikan secara detail dan mempertimbangkan banyak hal.

"Kami harus melindungi partner, sponsor kami, dan partner televisi. Kami harus sangat kuat tentang hal ini. Kita masih memiliki cukup waktu. Saya akan membuka diskusi di tingkat Komite Eksekutif (FIFA) pada Oktober nanti," jelasnya.

"Komite Eksekutif akan mengikuti proposal saya. Kemudian, kami sudah harus membahas topik ini," tambahnya.

Mengubah waktu penyelenggaraan Piala Dunia dari musim panas ke musim dingin bukan perkara mudah. Sebab, sebagian besar kompetisi antarklub di hampir semua negara peserta masih berlangsung. Maka, jika diubah dan disetujui, kompetisi lokal terpaksa harus berhenti setidaknya dalam enam pekan untuk memberi kesempatan timnas melakukan persiapan dan bermain di Piala Dunia.

"Kami harus mendapat dukungan untuk memainkan Piala Dunia di musim dingin dan memulai bekerja sekarang untuk mengetahui apa dampaknya pada kalender internasional. Ini hanya terjadi dalam satu tahun. Setelah itu, semua berjalan normal lagi. Saya mendungkung ide ini," tegasnya. (RTR)

Loew: Dortmund Bisa Buat Bayern Kesal

Posted: 17 Jul 2013 01:25 PM PDT

BERLIN, KOMPAS.com — Pelatih tim nasional Jerman, Joachim Loew, yakin Bayern Muenchen akan menjadi favorit juara Bundesliga musim ini. Namun, ia juga tak ragu Borussia Dortmund akan tetap mampu mengganggu sang rival tersebut.

"Saya selalu yakin Dortmund bisa membuat Bayern kesal, meski jelas Bayern akan menjalani musim depan sebagai favorit," jelas Loew.

Persaingan Dortmund dan Bayern selama tiga tahun terakhir ini memang terbilang sengit. Selama dua musim berturut-turut, Die Schwarzegelben mampu mengangkangi Die Roten dalam perebutan Deutschemeister.

Namun, musim lalu gantian Bayern yang tampil digdaya atas sang rival. Mereka menjuarai Bundesliga dengan selisih 25 poin dari Dortmund di posisi kedua. Bayern juga mengalahkan klub Lembah Ruhr tersebut di babak perempat final DFB Pokal serta di final Liga Champions.

Selain itu, musim depan Bayern akan diperkuat mantan bintang belia Dortmund, Mario Goetze. Namun, Dortmund sendiri tak tinggal diam. Selama musim panas ini mereka sudah mendatangkan tiga pemain baru, yaitu Sokratis Papastathopoulos, Pierre-Emerick Aubameyang, dan Henrikh Mkhitaryan.

Selain bicara soal persaingan Bayern-Dortmund, Loew juga mempunyai pendapat mengenai sepak bola Jerman secara umum. Terkait menanjaknya status Bundesliga sebagai salah satu kompetisi domestik Eropa terbaik, Loew memberikan sedikit peringatan.

"Dilihat dari perubahan kekuatan, saya bisa mengatakan Bundesliga sudah memperkuat posisinya pada 3-4 tahun terakhir. Tetapi, perubahan total hanya bisa terjadi jika Bundesliga menjadi nomor satu untuk waktu lama," tutur pria yang menjabat pelatih Der Panzer pasca-Piala Dunia 2006 ini.

Ia pun menyadari betul tuntutan yang dihadapi skuad Die Mannschaft jelang Piala Dunia 2014. Karena itu, Loew menolak memprediksi kans timnya untuk jadi juara.

"Saya tak ingin sesumbar. Yang penting bagi kami adalah gelar. Lihat saja yang terjadi pada Spanyol. Mereka memenangi tiga kompetisi besar berturut-turut, dan mereka tak pernah menyombongkan diri," pungkasnya. (GL)

Wenger Senang Panen 14 Gol dari Indonesia dan Vietnam

Posted: 17 Jul 2013 12:47 PM PDT


HANOI, KOMPAS.com
— Manajer Arsenal, Arsene Wenger, mengaku senang dan puas karena timnya tampil bagus dalam dua laga persahabatan terakhir. Apalagi, mereka menunjukkan produktivitas tinggi. Setelah menggulung Indonesia 7-0, Rabu (17/7/2013) di Stadion My Dinh, Hanoi, mereka menghajar Vietnam 7-1. Artinya, dalam dua laga The Gunners panen 14 gol.

"Ini pertandingan yang dimainkan dengan langkah dan semangat yang bagus. Tentu, bagi kami, ini menjadi persiapan yang baik menuju musim kompetisi baru," kata Wenger di situs resmi Arsenal.

"Vietnam memulai pertandingan dengan sangat cepat, sangat kuat, dan menit pertama menjadi milik mereka. Setelah itu, kami mencetak gol di peluang pertama dan kami terus mencetak gol-gol hebat lainnya," lanjutnya.

Pada laga itu, Olivier Giroud mencetak hat-trick pertamanya. Empat gol Arsenal lainnya disumbangkan Alex Oxlade-Chamberlain, Chuba Akpom, dan Ignasi Miquel.

Striker Sevilla Resmi Pindah ke City

Posted: 17 Jul 2013 12:29 PM PDT

SEVILLA, KOMPAS.com — Sevilla telah resmi menjual striker Alvaro Negredo ke Manchester City. Sevilla memang belum menyebutkan harga yang harus dibayar City. Namun, menurut media Spanyol, Negredo dijual seharga 28 juta euro (sekitar Rp 369 milar).

"Sekarang sudah resmi. Alvaro Negredi adalah pemain baru Manchester City, tinggal menunggu tes medis," demikian pernyataan Sevilla di situs resminya (www.sevillafc.es).

Negredo sendiri sudah menyatakan siap bertualang di Premier League, meski sedih meninggalkan Sevilla. "Aku sudah sangat bahagia di sini selama empat tahun, tetapi aku rasa waktuku (di Sevilla) sudah berakhir," kata Negredo sambil menangis saat acara perpisahan di Stadion Sanchez Pizjuan.

"Aku beruntung mendapat tawaran dari klub hebat seperti City dan aku sangat senang bergabung dengan tim sepenting itu," lanjutnya. (RTR)

Ban Kapten Bikin Messi Dewasa

Posted: 17 Jul 2013 12:12 PM PDT

BUENOS AIRES, KOMPAS.com — Pelatih tim nasional Argentina, Alejandro Sabella, menilai bahwa jabatan kapten Albiceleste yang diberikan kepada Lionel Messi membuatnya semakin dewasa. Ia pun berharap Messi bisa selalu membela Argentina.

Bintang Barcelona itu pernah mendapat banyak kritik menyangkut penampilannya bersama timnas. Dia merajalela bersama Barca, tetapi sering kurang berpengaruh bersama timnas.

Namun, sejak menjadi kapten Argentina di bawah pelatih Sabella, Messi menemukan permainan terbaiknya. Ia sudah mencetak 18 gol dari 21 penampilan bersama Argentina.

"Messi genius yang hebat. Dia selalu siap, selalu ingin bermain. Dia sangat pandai. Ban kapten dan kedewasaan membuat Messi lebih baik," kata Sabella kepada Sport.

"Dia merupakan sumber kebanggaan bagi tim nasional," tambahnya.

Hanya Rooney Satu-satunya Target Chelsea

Posted: 17 Jul 2013 11:53 AM PDT


MANCHESTER, KOMPAS.com — Chelsea seolah tak peduli pada sikap Manchester United (MU) yang tak mau menjual striker Wayne Rooney. The Blues kembali menegaskan, satu-satunya target mereka pada bursa transfer kali ini adalah Rooney.

Manajer Chelsea, Jose Mourinho, yakin peluang untuk mendapatkan Rooney tetap terbuka. Sebab, Rooney sendiri merasa tak bahagia di Old Trafford.

"Saya kira situasinya sudah jelas, tak ada rahasia lagi. Tawaran resmi hanya tinggal menunggu jumlah uang dan tak melibatkan pemain. Kami menginginkan pemain itu (Rooney). Kami telah membuat penawaran dan sekarang tak ada yang bisa dikatakan lagi," kata Mourinho setelah timnya mengalahkan Thailand All Stars, Rabu (17/7/2013).

"Sekarang terserah Manchester United," tambahnya. (GL)

Tiga Raksasa Ini Bersaing Buru "Serigala Muda" Roma

Posted: 17 Jul 2013 11:50 AM PDT

ROMA, KOMPAS.com — Barcelona, Paris Saint-Germain, dan Manchester United telah mengajukan tawaran kepada bek AS Roma, Marquinhos. Demikian disampaikan agen sang pemain, Roberto Calenda.

Ketiga klub raksasa Eropa tersebut berlomba-lomba memburu tanda tangan Marquinhos setelah pemain berusia 19 tahun ini tampil impresif pada musim lalu. Pemain asal Brasil tersebut mencatatkan 26 penampilan bersama Serigala Roma pada musim pertamanya seusai didatangkan dari Corinthians pada 2012.

"Ada penawaran dari PSG, Manchester United, dan Barcelona," jelas Calenda kepada Mundo Deportivo.

Peluang Marquinhos meninggalkan Stadion Olimpico terbuka lebar. "Roma mengatakan kepada saya bahwa ada kemungkinan menjual pemain dengan harga yang tepat dan kami akan menghormati keputusan yang mereka buat. Saya bisa mengonfirmasikan bahwa saya pernah di Barcelona, tetapi itu sudah lama. Marquinhos bukan hanya klien saya," tuturnya. (MP)

No comments:

Post a Comment