KOMPAStekno

KOMPAStekno


HTC One Mini Resmi Diumumkan

Posted: 18 Jul 2013 02:59 AM PDT

KOMPAS.com - HTC, hari ini (18/7/2013), resmi memperkenalkan HTC One Mini, versi "mungil" dari smartphone flagship HTC One dari perusahaan tersebut. HTC One Mini memiliki ukuran 132 x 63 x 9.25mm dan bobot 120 gram.

Seperti dikutip dari Pocket Lintsmartphone ini sangat mirip dengan HTC One dari segala sisi. Hanya saja, ukurannya sedikit lebih kecil karena mengusung ukuran layar 4,3 inci berbanding 4,7 inci pada HTC One.

Tak hanya penampilan saja yang serupa. HTC One mini juga mewarisi beberapa fitur milik "kakaknya", termasuk kamera 4,1 megapixel dengan teknologi Ultrapixel, Zoe Camera, video highlights, serta sistem operasi Android 4.2.2 dengan antarmuka Sense 5.0.

Di dalammya, HTC One mini dilengkapi prosesor dual-core Qualcomm Snapdragon 400 1,4 GHz yang dipasangkan dengan RAM sebesar 1GB.

Adapun layarnya yang lebih kecil daripada HTC One memiliki resolusi yang lebih kecil pula, yaitu 1280x720 dengan tingkat kepadatan pixel 341 PPI.

Untuk media penyimpanan internal disediakan memori berkapasitas 16 GB (sebanyak 11GB tersedia untuk pengguna). Akan tetapi, seperti HTC One, HTC One Mini tidak memiliki slot micro-SD untuk ekspansi storage.

Melengkapi spesifikasi HTC One Mini, pembuatnya memasangkan baterai berkapasitas 1.800 mAh.

Ponsel pintar ini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Glacial White (silver) dan Stealth Black (hitam). HTC dikabarkan bakal mulai merilis HTC One pada Agustus mendatang. Informasi harganya sendiri belum diketahui.

Undang Sarapan, Bos Android Mau Umumkan Apa?

Posted: 18 Jul 2013 02:21 AM PDT

KOMPAS.com — Google mengirimkan undangan kepada media massa untuk sebuah acara pada 24 Juli 2013 mendatang di San Francisco, Amerika Serikat. Masih belum jelas apa yang akan diumumkan di acara tersebut meskipun disinyalir Google akan merilis sesuatu yang berkaitan dengan Android.

Google memang tidak menunjukkan pertanda apa pun dalam undangannya. Teks pada undangan itu berbunyi: Please join us for breakfast with Sundar Pichai (Mari bergabung bersama kami untuk makan pagi bersama Sundar Pichai).

Sebelumnya, Pichai dikenal sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap pengembangan Chrome OS. Namun, saat ini ia telah memiliki jabatan baru, yaitu kepala pengembangan sistem operasi mobile Android, menggantikan Bapak Android Andi Rubin. Berdasarkan hal tersebut, banyak yang menduga bahwa acara ini memang akan banyak diisi dengan hal yang berkaitan dengan Android.

Pada acara ini, seperti dikutip dari The Register, Kamis (18/7/2013), ada kemungkinan Pichai akan memperkenalkan versi terbaru dari Android, entah itu Android 5.0 Key Lime Pie atau Android 4.3 Jelly Bean.

Google sendiri berniat untuk memperkenalkan update software ini pada ajang Google I/O 2013. Namun, keputusan tersebut dikabarkan harus ditunda untuk beberapa saat karena banyak vendor yang belum berhasil "mengatasi" ketertinggalan mereka terhadap Android versi terbaru.  

Selain software, Google dikabarkan juga akan memperkenalkan perangkat gadget baru. Banyak yang menduga, Nexus 7 generasi kedua akan diperkenalkan di ajang kali ini.

Beberapa waktu lalu, diketahui bahwa produk ini sedang diuji oleh Kemenkominfo Indonesia. Saat ini, perangkat tersebut baru berstatus Surat Pengantar Pengujian Perangkat (SP3), atau sedang diuji oleh Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPT) tertanggal 28 Juni 2013.

Penampakan Nexus 7 generasi baru ini pun diklaim telah beredar di dunia maya. Situs web Android Central telah mem-posting foto dan video yang diduga sebagai perangkat tersebut.

Kemungkinan lainnya, Google akan memperkenalkan Moto X, ponsel pintar yang diharapkan dapat membawa Motorola kembali ke jalur persaingan.

Jadi, produk apa yang akan diperkenalkan? Kita tunggu saja.

Operator Seluler Rusia Berhenti Jual iPhone

Posted: 18 Jul 2013 01:42 AM PDT

PRIYOMBODO

Pengunjung melintas di depan gambar produk baru Apple Inc yaitu iPhone 4S pada penjualan perdana oleh Telkomsel di Jakarta, Jumat (27/1/2012). Telepon pintar tersebut dijual pada kisaran Rp 7-10 juta, tergantung kapasitas dan operatornya. KOMPAS/PRIYOMBODO

KOMPAS.com — Vimpelcom, salah satu operator seluler terbesar di Rusia, dikabarkan tidak akan lagi menjual ponsel pintar Apple iPhone, Rabu (17/7/2013). Sebelumnya, dua operator seluler di negara tersebut juga sudah berhenti menjual iPhone.

Financial Times melaporkan, Vimpelcom mengakhiri kerja sama penjualan iPhone mulai Juli 2013. Penyebabnya, Apple tidak mau mempermudah syarat kontrak, sementara Vimpelcom tidak dapat memenuhi syarat yang ditetapkan Apple.

Apple memasang syarat ketat bagi operator seluler yang ingin menjadi mitranya. Apple meminta operator memasarkan produknya dan memberi subsidi harga. Namun, tidak ada subsidi perangkat telekomunikasi di Rusia sehingga membuat harga iPhone jadi mahal.

Dua operator seluler lain di Rusia, MTS dan Megafon, sudah cukup lama tidak menjalin kerja sama dengan Apple.

Seorang wakil MTS mengatakan kepada Reuters bahwa kerja sama perusahaan untuk menjual iPhone sudah berakhir pada September 2012 sehingga MTS tidak menjual ponsel terbaru iPhone 5. Meski demikian, MTS masih menjual iPhone generasi lama selagi persediaan masih ada.

Meski tidak menjual iPhone, MTS saat ini masih menjual komputer tablet iPad karena mereka melihat potensi besar produk tersebut di Rusia.

Sementara itu, Juru Bicara Megafon mengatakan bahwa mereka tidak menjual iPhone sejak 2009 silam.

Meski operator seluler tidak mendukung penjualan iPhone, produk ini masih dijual di toko ritel. Di Rusia, Apple tidak memiliki pangsa pasar yang besar, hanya 4,5 persen dari pasar ponsel pintar setempat.

Google Maps Baru Sudah Bisa Dicoba di PC

Posted: 18 Jul 2013 12:57 AM PDT

KOMPAS.com — Melalui Twitter, Google mengumumkan dibukanya Google Maps versi desktop yang baru untuk semua orang. Kini, pengguna bisa dengan bebas menjajal layanan peta tersebut tanpa membutuhkan undangan (invitation).

Seperti dikutip dari PC World, Google Maps yang baru ini menggunakan peta berbasis grafis vektor dan gambar berkualitas tinggi serta mengusung antarmuka baru. Tetapi, penekanan utamanya terletak pada personalisasi.

Ketika pengguna meminta petunjuk arah ke tujuan, misalnya, Google Maps kini hanya menyoroti jalan-jalan dan patokan-patokan (landmark) yang perlu diketahui pengguna saja sehingga mempermudah proses navigasi.

Petunjuk jalan untuk jalur pengemudi kendaraan dan transportasi umum ditampilkan secara berdampingan sehingga pengguna bisa memilih moda perjalanan mana yang lebih cepat mengantar sampai tujuan.

Hasil pencarian kini juga dilabeli langsung di peta. Google Maps versi baru ini pun mampu mempelajari perilaku dan memberi saran lokasi-lokasi menarik yang ada di sekitar tempat pengguna berada.

Fitur lama hilang

Meski dijejali berbagai macam fitur anyar, beberapa pengguna menemukan bahwa Google Maps baru ternyata justru menghilangkan sejumlah fitur yang ada pada versi lama.

"(Google Maps baru) menghilangkan sekitar 50 persen fitur lama seperti multi-point routing," keluh seorang pengguna menanggapi pengumuman Google di Twitter.

Google Maps versi lawas memang menyediakan opsi untuk menetapkan beberapa tujuan sekaligus dalam petunjuk jalan untuk pengguna yang butuh menyambangi sejumlah tempat dalam perjalanan.

Hal lainnya yang juga hilang adalah opsi "terrain view". Sementara, sejumlah pengguna dibuat bingung dengan tidak adanya tombil "My location" yang dulu mudah ditemukan.

Untungnya, Google masih berbaik hati menyediakan opsi untuk kembali ke Google Maps versi lama untuk pengguna yang kurang sreg dengan pembaruan-pembaruan yang diterapkan pada layanan ini.

Pilihan tersebut tersedia melalui tombol "settings" di pojok kanan atas layar, dalam bentuk option bernama "Classic Maps". Bisa pula diakses dengan mengklik "Help and Feedback" dan memilih opsi "Return to classic Google Maps". Jika diinginkan, pengguna bisa beralih secara permanen ke tempilan lama.

Jadi, tak ada salahnya mencoba Google Maps versi baru. Siapa tahu cocok dengan selera. Kunjungi tautan berikut ini untuk menjajalnya.

Linksys X3500 Sediakan Dua Jalur Internet

Posted: 18 Jul 2013 12:18 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen perangkat jaringan komputer rumahan Linksys meluncurkan Wi-Fi modem router seri X3500 di Jakarta, Rabu (17/7/2013). Produk ini dibekali kemampuan dual band, di frekuensi 2,4GHz dan 5GHz, yang dapat berjalan secara bersamaan dengan kecepatan hingga 450Mbps + 300Mbps.

Sales Manager Linksys Networking Indonesia, Kevin Kurniawan mengatakan, produk X3500 menyediakan dua interface koneksi internet, yaitu ADSL dan WAN.

Port ADSL secara default telah tersedia di X3500, sehingga kabel internet ADSL dari provider, seperti Telkom Speedy, bisa langsung digunakan. Sedangkan bagi pelanggan kabel modem, misalnya First Media, atau yang sudah memiliki modem ADSL, dapat menggunakan port WAN yang ada di X3500.

Modem router ini juga menyediakan 4 port LAN dan port USB yang dapat digunakan untuk berbagi konten dengan hard disk eksternal atau terhubung ke printer. Dengan ini, X3500 bisa menghubungkan perangkat komputer dengan ponsel, tablet, televisi, dan sebagainya.

"Jika pengguna punya flash drive yang sudah terisi lagu atau video, lalu ditancapkan ke router ini, pengguna bisa melakukan streaming dari smartphone atau tablet melalui jaringan DLNA," kata Kevin.

Linksys menawarkan aplikasi mobile Cisco Connect Express untuk perangkat iOS dan Android, yang dapat digunakan untuk pengaturan jarak jauh, pemantauan, dan upgrade firmware.

Modem router X3500, yang mengincar segmen pasar menengah ke atas, sudah mulai dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp 1,7 juta.

Meskipun Linksys telah diakuisisi oleh Belkin pada Maret 2013 lalu, tapi Linksys masih mempertahankan logo Cisco di bagian atas X3500. Menurut Kevin, Linksys Networking Indonesia masih melindungi produknya dengan garansi dan layanan purna jual.

No comments:

Post a Comment