KOMPAStekno

KOMPAStekno


BlackBerry Ungkap Penyebab BBM "Ngadat"

Posted: 20 Jul 2013 09:14 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan dasar BlackBerry, seperti BlackBerry Messenger (BBM), browsing, e-mail dan media sosial, mengalami gangguan pada 3 Juli 2013 lalu. Perusahaan akhirnya angkat bicara soal penyebab gangguan tersebut.

Director Government Relations BlackBerry Indonesia, Kusuma Lienandjaja menjelaskan, gangguan yang hanya menimpa pengguna di Indonesia saat itu terjadi saat perusahaan sedang melakukan pemeliharaan berkala untuk jaringan BlackBerry.

"Ketika sedang maintenance update, ada konfigurasi yang salah, dan ada juga komponen yang failed. Sehingga, sistem kami tidak berjalan dengan baik," ujarnya dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (19/7/2013). Sayangnya, Kusuma tak memberi rincian informasi soal konfigurasi dan komponen yang gagal tersebut.

Ia mengatakan, gangguan kali ini berdampak pada tertundanya lalu lintas pesan di BBM serta terhambatnya akses internet yang disediakan operator seluler di Indonesia. BlackBerry mengaku telah menjelaskan masalah tersebut ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Di tahun 2013, layanan BlackBerry tercatat mengalami gangguan sebanyak dua kali, pada 12 Mei dan 3 Juli 2013. Sementara di 2012, BlackBerry mengalami tiga kali gangguan, yakni di bulan Maret, Agustus dan Oktober 2012.

Ikuti perkembangan berita ini di topik:
Gangguan Layanan Internet

Baca juga:
Kabel Internet Indonesia Ternyata Sering Dicuri untuk Besi Tua
Terungkap, Pencurian Kabel Bawah Laut Indosat
Mengapa Internet di Indonesia Lambat?
Terendah Se-Asia, Seberapa Parah Koneksi Internet di Indonesia?

Mengapa Penjualan Smartphone Melambat?

Posted: 20 Jul 2013 08:19 PM PDT

KOMPAS.com - Pasar smartphone belakangan ini mulai kehilangan gairah. Pada 2012, sebagaimana dilansir The Wall Street Journal, tercatat penurunan angka upgrade smartphone sebesar 9 persen. Tahun ini, diprediksi akan kembali terjadi penurunan year-over-year sebesar 2 persen.

Wall Street Journal menyebut salah satu alasan mengapa konsumen semakin jarang mengganti smartphone adalah karena mereka tak melihat inovasi yang menarik di model-mode smartphone terbaru.

Konsumen yang telah memiliki smartphone tidak melihat kebutuhan untuk meng-upgrade perangkat mereka ke model yang lebih baru, lebih cepat, dan lebih bertenaga karena yang mereka miliki sudah cukup untuk memenuhi keperluan.

Banyak analis juga memperkirakan bahwa pasar smartphone high-end saat ini sudah terlalu jenuh untuk bisa menciptakan antusiasme seperti yang dulu biasa ditimbulkan oleh produk iPhone dari Apple. Terlebih lagi, semakin lama harga smartphone premium memperlihatkan kencenderungan kenaikan harga.

Lalu, ada pula perubahan arah tren di dunia gadget mobile.

CEO T-Mobile John Legere mengatakan bahwa era besar wearable computing akan segera dimulai dengan perangkat-perangkat seperti jam tangan pintar dan lainnya.

"Dulu, sebelum Apple meluncurkan iPhone, para produsen juga mengatakan telah mengeksporasi segala macam jenis produk," ujar Legere. "Kini, perangkat-perangkat wearable device akan memberi pengaruh terhadap industri."

iPhone Murah Akan Dirilis dalam 2 Versi?

Posted: 20 Jul 2013 07:36 PM PDT

KOMPAS.com - iPhone Light, julukan sementara untuk ponsel pintar Apple versi terjangkau, dikabarkan akan hadir dalam dua versi berbeda. Kedua versi ini, yang masing-masing memiliki nama kode Zenvo dan Zagato/Bertone, akan ditargetkan untuk pasaran yang berbeda.

Informasi tersebut didapatkan dari dokumen yang bocor di China dan fotonya diunggah ke situs Twitter-nya China, Weibo.

Dari segi fisik, seperti dikutip dari Phone Arena, Sabtu (20/7/2013), tidak ada yang berbeda di antara kedua seri tersebut. Keduanya sama-sama hadir dengan layar 4 inci, tetapi akan memiliki perbedaan dari segi prosesor dan dukungan konektivitas.

iPhone Zenvo dikatakan akan menjadi versi yang lebih terjangkau dari kedua seri tersebut. Ia akan dipersenjatai prosesor buatan Samsung, H5P dual-core, RAM 1 GB, dan mendukung FDD 4G, dan Bluetooth 4.0.

Sementara itu, Zagato/Bertone tampaknya ditujukkan untuk pasaran China. Kesimpulan tersebut diambil setelah melihat dukungan teknologi jaringan dari ponsel tersebut, yaitu TDD 4G LTE. Dari segi spesifikasi hardware, seri yang satu ini menggunakan prosesor H6P, RAM 1 GB, dan Bluetooth 4.0.

Selain informasi tersebut, terdapat juga penampakan terbaru cangkang bagian belakang dari iPhone Light. Dari gambar ini, terlihat bahwa produk tersebut akan mencul warna-warni. Hal ini senada dengan rumor yang beredar belakangan ini.

Berikut foto penampakan baru tersebut:

No comments:

Post a Comment