KOMPASbola

KOMPASbola


Neymar Rendah Hati, Takkan Bermasalah dengan Messi

Posted: 16 Jul 2013 02:41 PM PDT

BARCELONA, KOMPAS.com — Mantan bek Barcelona, Jose Edmilson, yakin kehadiran Neymar di Barcelona tak akan menimbulkan masalah dengan sang bintang Lionel Messi. Menurutnya, para pemain Barca justru akan terkejut dengan kerendahan hati eks bintang Santos tersebut.

"Semua orang di Barcelona akan kaget dengan sikap Neymar, serta caranya mendengarkan semua yang lebih baik darinya. Ia tak akan membuat masalah," kata Edmilson.

"Neymar pemuda yang pintar. Ia tahu bahwa Messi lebih baik darinya karena sudah bermain di level tertinggi sepak bola selama lima tahun," lanjut Edmilson.

Edmilson bukan tanpa alasan berpendapat demikian. Ia adalah salah satu sosok yang turut andil memastikan transfer Neymar ke Camp Nou. Tidak mengherankan jika ia mengenal baik sosok pemuda berusia 21 tahun tersebut.

Atas dasar keyakinan itu juga, Edmilson optimistis Neymar dan Messi bisa berkolaborasi dengan kompak dan tak terlibat dalam konflik apa pun.

"Neymar dan Messi adalah dua pemain hebat dengan karakter berbeda. Banyak yang meragukan mereka bisa bekerja sama, tapi orang-orang yang berkata demikian hanya ingin membuat masalah," pungkas Edmilson.

Neymar didatangkan Barcelona dari Santos pada musim panas ini. Demi mendatangkan pemain Brasil ini, Barcelona harus merogoh kocek sebesar 57 juta euro (sekitar Rp 571 miliar).

Rooney Merasa "Dikerjai" MU?

Posted: 16 Jul 2013 02:35 PM PDT


MANCHESTER, KOMPAS.com
— Wayne Rooney merasa "dikerjai" oleh pihak Manchester United. Menurut desas-desus yang beredar, Rooney tak puas hanya diproyeksikan menjadi pemain pelapis, maka dia berniat hengkang.

Menurut Sky Sports, Rooney merasa sudah membuktikan kualitasnya selama sembilan tahun berada di Old Trafford. Namun, pemain Inggris ini merasa klub juara Premier League ini tengah memberlakukan "masa percobaan" untuk dirinya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Ed Woodward mengaku, pihak klub belum merencanakan perpanjangan untuk Rooney. Padahal, Rooney hanya memiliki sisa dua musim dalam kontraknya yang sekarang berlaku.

"Kami belum mendiskusikan perpanjangan kontrak. Saya tak memiliki jadwal berdiskusi dengan pemain mana pun mengenai hal ini," kata Woodward.

Di sisi lain, manajer David Moyes masih menganggap Rooney sosok penting klub. Red Devils akan bergantung pada sosok Rooney, terutama jika penyerang utama Robin van Persie dilanda cedera.

Bila situasi di Manchester United tak berubah, bukan tak mungkin Rooney akan "tergoda" untuk hengkang. Apalagi, beberapa klub besar sempat diberitakan tertarik mendatangkan Rooney dari MU.

Cavani Siap Berkolaborasi dengan Ibra

Posted: 16 Jul 2013 02:31 PM PDT

PARIS, KOMPAS.com — Penyerang anyar Paris Saint-Germain (PSG), Edinson Cavani (26), menyambut positif prospek berkolaborasi dengan Zlatan Ibrahimovic.

"Aku datang ke sini dengan kebahagiaan dan kepercayaan diri serta motivasi untuk memenangi banyak trofi. PSG adalah salah satu klub top dunia serta mampu bersaing di Liga Champions. Karena itu aku pindah ke sini," kata top scorer Serie-A ini dalam konferensi pers perdananya bersama klub baru.

Terkait kemungkinan berduet dengan Ibra serta bersaing dengan bomber AS Monaco Radamel Falcao, dipandang Cavani sebagai tantangan menyenangkan. Ia tak peduli ucapan Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis. Sebelumnya, De Laurentiis mengklaim Ibra tak senang dengan prospek kehadiran dirinya dalam tim.

"Aku tahu Ibra seorang juara, dan akan sangat menyenangkan bermain dengannya. Aku harap bisa bekerja sama dengannya. Perebutan gelar top scorer tak akan mudah. Aku, Ibra, dan Falcao sama-sama berambisi mencetak gol bagi tim. Namun, persaingannya akan menarik dan aku menunggu liga dimulai," pungkas Falcao seperti dilansir BBC Sport.

Cavani dikontrak PSG selama lima tahun. Ia resmi bergabung ke Parc de Princes setelah pihak PSG bersedia membayar uang sejumlah 63 juta euro (sekitar Rp 831 miliar) yang tertera dalam kontrak Cavani.

Thiago: Tak Ada Pelatih Sebaik Pep

Posted: 16 Jul 2013 11:44 AM PDT

MUENCHEN, KOMPAS.com — Rekrutan anyar Bayern Muenchen, Thiago Alcantara, tak bisa menutupi kegembiraannya bergabung dengan klub Jerman peraih gelar treble tersebut. Sebab, di Bayern ia akan bertemu kembali dengan mantan pelatihnya di Barcelona, Pep Guardiola. Menurut Thiago, ia tak pernah menemukan pelatih lain seperti Guardiola.

"Kita semua tahu ia pelatih seperti apa. Aku pernah merasakan dilatih Guardiola di tim yunior Barca dan aku tak tahu pelatih mana yang lebih baik dari dia. Dia selalu memercayaiku dan aku berterima kasih karenanya," kata eks pemain Barcelona ini dalam konferensi pers perdananya sebagai pemain Bayern.

Di sisi lain, kapten Spanyol U-21 ini mengakui bahwa kepindahannya ke Bayern merupakan sebuah tantangan besar.

"Tak mudah bagiku meninggalkan Barcelona, apalagi aku betah di sana. Tetapi, bermain untuk Bayern adalah tantangan. Muenchen kota yang indah dan memiliki antusiasme besar untuk sepak bola. Sedangkan Bayern adalah klub besar dengan sejarah panjang," ungkap Thiago.

Thiago tak akan butuh waktu lama untuk bereuni dengan Barcelona. Sebab, pekan depan Die Roten dan Blaugrana akan bersua dalam pertandingan persahabatan. Ia pun mengaku tak sabar bertemu lagi dengan mantan klubnya.

"Aku antusias bertemu kawan-kawan lamaku. Mereka sangat baik dan mendoakan keberhasilan bagiku," pungkas Thiago.

Thiago bergabung ke Bayern dengan bayaran mencapai 25 juta poundsterling. Ia mencatatkan namanya sebagai pemain ketiga yang dibeli Bayern musim ini. Sebelumnya, FC Hollywood telah mendatangkan Mario Goetze dan Jan Kirchhoff. (GL)

PSG Berterima Kasih kepada Leonardo

Posted: 16 Jul 2013 11:38 AM PDT


PARIS, KOMPAS.com
— Paris Saint-Germain mengucapkan terima kasih kepada Leonardo yang meninggalkan jabatan direktur olahraga klub itu. Kepergiannya disesali PSG, tetapi juara Ligue 1 2012-13 itu tak bisa mencegahnya.

Mundurnya eks pelatih Inter dan AC Milan tersebut tak lepas dari hukuman jangka panjang yang diterimanya akibat bertengkar dengan wasit pada pekan-pekan terakhir Ligue 1 musim lalu. Pengunduran diri Leonardo ini lebih cepat dibanding pertama kali ia mengumumkan rencananya tersebut. Awalnya, Leonardo menyebut ia akan hengkang pada akhir Agustus atau setelah jendela bursa transfer ditutup. Namun, ia hengkang tak lama setelah PSG mengumumkan pembelian bomber Edinson Cavani dari Napoli.

Pengumuman mundurnya Leonardo pun disampaikan langsung oleh presiden klub Nasser Al-Khelaifi. "Ini hari terakhir Leonardo di PSG. Saya berterima kasih untuk pekerjaannya di sini. Ia teman saya, dan saya mendoakan yang terbaik untuknya," kata Al-Khelaifi.

Meski menegaskan bahwa PSG tak akan goyah ditinggal Leonardo, Al-Khelaifi tetap menyiratkan kekecewaan akan kepergian pria berpaspor Brasil tersebut.

"Saya kecewa meski berusaha menghormati keputusannya. Tetapi, hukuman yang dikenakan untuknya memang terlalu berat," ujar Al-Khelaifi.

Sejak bergabung di Parc de Princes, Leonardo menjadi salah satu figur kunci keberhasilan klub ibu kota Perancis tersebut. Ia berkontribusi membangun kekuatan tim, di antaranya dengan mendatangkan pemain seperti Thiago Silva dan Zlatan Ibrahimovic.

Kerja keras PSG dan Leonardo pun membuahkan hasil pada akhir musim 2012-13. Mereka mengukuhkan diri sebagai juara Ligue 1. Selain itu, mereka pun sukses menembus delapan besar Liga Champions, tetapi kiprah mereka terhenti oleh Barcelona. (GL)

Roma Jadikan Strootman Termahal di PSV

Posted: 16 Jul 2013 10:55 AM PDT


ROMA, KOMPAS.com - PSV Eindohoven mengonfirmasi bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan AS Roma soal transfer gelandang Kevin Strootman ke Stadion Olimpico.

Dalam waktu dekat ini, pemain berusia 23 tahun tersebut akan pergi ke Roma dan menegosiasikan persyaratan personal, sebelum menjalani tes medis bersama Serigala Roma.

"Ini transfer yang tak bisa kami hentikan. (Nilai transfer Strootman) adalah salah satu yang terbesar dalam sejarah PSV. Namun, ini kerugian secara olahraga," jelas Direktur Teknik PSV, Marcel Brands.
 
Nilai transfer Strootman diperkirakan mencapai 17 juta euro (sekitar Rp 230 miliar) dengan durasi kontrak selama empat tahun.

Ketertarikan Roma kepada Strootman tak terlepas dari penampilan apik gelandang asal Belanda tersebut selama dua musim bersama PSV. Strootman sukses membawa PSV menjuarai KNVB Beker dan Piala Super pada 2012. (GL)

Mourinho Bakal Kecewa jika Cuma Juara Liga Europa

Posted: 16 Jul 2013 10:50 AM PDT

BANGKOK, KOMPAS.com — Pelatih Chelsea, Jose Mourinho, menyatakan, dirinya akan kecewa jika timnya bermain di Liga Europa dan memenangi gelar tersebut. Oleh karena itu, Mourinho menyatakan, The Blues takkan lagi mengulangi kesuksesan meraih trofi Liga Europa yang diraih musim 2012-13 itu.

Setelah memenangi Liga Champions pada 2011-12, Chelsea harus tersingkir dari babak penyisihan grup Liga Champions pada musim lalu. Fernando Torres dan kawan-kawan harus bermain di Liga Europa.

Saat itu, Pelatih Rafael Benitez berhasil mempersembahkan trofi Liga Europa bagi publik Stamford Bridge setelah sukses mengalahkan Benfica di babak final.

Ternyata prestasi tersebut bukanlah sebuah kebanggaan bagi Mourinho. "Saya tidak ingin memenangi Liga Europa. Itu akan menjadi kekecewaan besar bagi saya. Saya tidak ingin pemain saya berkompetisi di Liga Europa," jelas Mourinho kepada BBC.

Mourinho memang tergolong pelatih yang sukses membawa timnya menjuarai Liga Champions. Dia pernah mengantarkan FC Porto dan Inter Milan jadi jawara di kompetisi paling bergengsi Benua Biru tersebut.

"Kami hanya ingin bermain di Liga Champions dan kita harus memberikan yang terbaik di kompetisi itu," tuturnya.

Tidak hanya ingin membawa Chelsea merajai Eropa, Mourinho juga berjanji akan mempersembahkan trofi Premier League bagi publik Stamford Bridge.

"Yang paling penting di sepak bola adalah menjadi tim terbaik dalam satu musim dan mencoba meraih kemenangan di liga domestik. Dalam hal ini, Premier League adalah liga paling penting di Eropa. Jadi, kami harus berusaha dan menjadi yang terbaik, serta memenangi Premier League," tekadnya. (BBC)

Daftar Transfer Tertinggi Musim Ini

Posted: 16 Jul 2013 10:43 AM PDT

KOMPAS.com — Kedatangan Edinson Cavani ke Paris Saint-Germain (PSG) semakin mengukuhkan kedigdayaan klub dari Perancis tersebut, paling tidak pada musim panas ini. Nilai transfer Cavani dari Napoli ke PSG merupakan yang tertinggi pada musim ini sampai pertengahan Juli 2013.

Cavani pindah dengan banderol 63 juta euro atau setara Rp 823 miliar. Jumlah tersebut masih lebih banyak ketimbang transfer Radamel Falcao dari Atletico Madrid ke AS Monaco yang menyedot dana 60 juta euro atau sekitar Rp 816 miliar.

Bintang asal Brasil, Neymar da Silva, berada di urutan selanjutnya dengan transfer 57 juta euro atau sekitar Rp 769 miliar saat diboyong Barcelona dari Santos. Di bawah Neymar, lagi-lagi Monaco mengirimkan wakil atas nama James Rodriguez dengan jumlah uang yang dikeluarkan sebesar 45 juta euro atau setara Rp 608 miliar.

Berikut 20 besar transfer tertinggi musim panas ini, sampai 16 Juli 2013:

1. Edinson Cavani dari Napoli ke PSG - 63 juta euro
2. Radamel Falcao dari Atletico Madrid ke AS Monaco - 60 juta euro
3. Neymar da Silva dari Santos ke Barcelona - 57 juta euro
4. James Rodriguez dari FC Porto ke AS Monaco - 45 juta euro
5. Fernandinho dari Shakhtar Donetsk ke Manchester City - 40 juta euro
6. Mario Goetze dari Borussia Dortmund ke Bayern Muenchen - 37 juta euro
7. Isco dari Malaga ke Real Madrid - 30 juta euro
8. Asier Illarramendi dari Real Sociedad ke Real Madrid - 30 juta euro
9. Henrikh Mkhitaryan dari Shakhtar Donetsk ke Borussia Dortmund - 27,5 juta euro
10. Joao Moutinho dari FC Porto ke AS Monaco - 25 juta euro
11. Andre Schuerrle dari Bayer Leverkusen ke Chelsea - 22 juta euro
12. Jesus Navas dari Sevilla ke Manchester City - 20 juta euro
13. Thiago Alcantara dari Barcelona ke Bayern Muenchen - 20 juta euro
14. Paulinho dari Corinthians ke Tottenham Hotspur - 19,7 juta euro
15. Aleksandr Kokorin dari Dinamo Moskwa ke Anzhi Makhachkala - 19 juta euro
16. Andy Carroll dari Liverpool ke West Ham United - 17,5 juta euro
17. Mario Gomez dari Bayern Muenchen ke Fiorentina - 15,5 juta euro
18. Igor Denisov dari Zenit St Petersburg ke Anzhi Makhachkala - 15 juta euro
19. Fred dari Internacional ke Shakhtar Donetsk - 15 juta euro
20. Victor Wanyama dari Celtic FC ke Southampton - 14,5 juta euro

Sumber: Transfermrkt

No comments:

Post a Comment