KOMPAStekno

KOMPAStekno


Divonis 4 Tahun Bui, Mantan Dirut IM2 Banding

Posted: 12 Jul 2013 05:08 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Direktur Utama IM2 Indar Atmanto, Jumat (12/7/2013), mengajukan banding atas putusan majelis hakim Pengadilan Tipikor yang menyatakan Indar bersalah dalam perkara penyalahgunaan frekuensi radio 3G.

Banding ini merupakan salah satu upaya hukum Indar dan Indosat atas keputusan hakim yang dinilai tidak mempertimbangkan fakta dalam persidangan. Menurut pihak Indosat, tidak ada satu saksi pun yang memberatkan terdakwa. Namun, hakim tetap memutus Indar bersalah.

President Director & CEO Indosat Alexander Rusli menegaskan, perjanjian kerja sama IM2 dan Indosat telah sesuai dengan regulasi di bidang telekomunikasi.

Seperti diberitakan, Indar divonis 4 tahun penjara ditambah denda Rp 200 juta subsider 3 bulan karena menandatangani perjanjian kerja sama jaringan 3G agar IM2 dapat menggunakan frekuensi radio 2,1 GHz milik Indosat.

Dalam laporan hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, kerja sama Indosat dan IM2 dianggap merugikan negara sebesar Rp 1,358 triliun.

Namun, Indar tidak terbukti memperkaya diri sendiri. Ia tidak dijatuhi hukuman tambahan berupa pembayaran uang pengganti. Sebagai gantinya, hakim menghukum IM2 untuk membayarkan uang pengganti sebesar Rp 1,358 triliun.

Path, Flipboard, dan Vine Sambangi Windows Phone

Posted: 12 Jul 2013 02:27 AM PDT

KOMPAS.com — Sistem operasi ponsel pintar Windows Phone buatan Microsoft semakin mendapat dukungan dari pengembang aplikasi populer. Kini, giliran Path, Flipboard, dan Vine yang akan menyambangi Windows Phone.

Jejaring sosial Path menyatakan komitmennya untuk membuat aplikasi di Windows Phone, dan bekerja sama dengan Nokia. Hal ini dikarenakan Path mendapat banyak permintaan dari pengguna.

"Kami gembira membangun aplikasi di platform ini karena ini menjadi salah satu platform paling dicari oleh pengguna kami dari seluruh dunia," tulis Path dalam publikasi di blog resmi.

Twitter selaku pemilik aplikasi berbagi video singkat Vine mengonfirmasi kepada The Verge bahwa mereka akan membuat aplikasi untuk Windows Phone.

Namun, baik Path, Vine, maupun Flipboard tidak menginformasikan secara pasti tanggal kedatangan mereka di toko aplikasi Windpws Phone Store.

Kedatangan tiga aplikasi populer ini memberi nilai tambah pada ekosistem Windows Phone, mengingat masih banyak aplikasi populer lain yang belum masuk ke Windows Phone. Salah satunya adalah Instagram yang kini dimiliki Facebook.

Akan Seperti Inikah Bentuk iPhone Murah?

Posted: 12 Jul 2013 01:33 AM PDT

KOMPAS.com — Rumor tentang rencana kehadiran iPhone versi murah memang sudah banyak beredar. Akan tetapi, belum sekali pun perangkat tersebut menampakkan diri.

Namun, baru-baru ini pengguna forum asal China, WeiPhone, mengedarkan sebuah gambar yang diduga sebagai bagian belakang dari cangkang milik iPhone murah.

Sekilas terlihat dari kilaunya bahwa casing ini terbuat dari plastik dan juga memiliki berbagai versi warna. Kedua hal tersebut senada dengan rumor yang banyak beredar belakangan ini.

Nah, berdasarkan gambar tersebut, situs MacRumors meminta situs desain Ciccarese Design untuk membuat beberapa mockup prediksi bentuk dari iPhone versi murah ini.

Bentuk iPhone dalam mockup ini sangat mirip dengan iPhone 5, meskipun tombol volume-nya sedikit berbeda. Ia terlihat memiliki bentuk memanjang, agak mirip kapsul. Sementara itu, bagian speaker dan mikrofon di bagian bawah memiliki desain yang lebih sederhana.

Hasil rendering tersebut pun terlihat lebih lebar dibandingkan iPhone 5. iPhone murah diprediksi akan memiliki ketebalan 8,5 mm berbanding 7,5 mm milik iPhone 5. Produk ini pun terlihat lebih panjang dan lebar. Hal ini bisa terjadi karena bahan plastik yang lebih tebal dibandingkan aluminium.

Soal spesifikasinya, sejauh ini yang diketahui baru sekadar tebakan saja. Namun, Apple disinyalir bakal membekali iPhone murah dengan chip A5, kamera 5 megapiksel, dan layar 4 inci.

"Broadband Penuh Makna" Dilaporkan ke SBY

Posted: 12 Jul 2013 12:48 AM PDT

(Dok. Tim MBWG)

Suasana perumusan model Meaningful Broadband di Kantor Sekretariat Negara, Istana Negara, Jakarta, Kamis (11/7/2013).

Suasana perumusan model Meaningful Broadband di Kantor Sekretariat Negara, Istana Negara, Jakarta, Kamis (11/7/2013).

KOMPAS.com - Sebuah inisiatif penerapan akses internet pita lebar (broadband) bernama Meaningful Broadband telah dilaporkan ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Nama Meaningful Broadband itu memang berarti "broadband penuh makna", maksudnya bagaimana agar akses broadband di Indonesia bisa bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat, bukan hanya mereka yang ada di kota besar.

Model Meaningful Broadband telah disusun dalam dokumen bertajuk "Rencana Aksi Indonesia, Model Bagi Negara APEC". Ini merupakan hasil riset dari Meaningful Broadband Working Group (MBWG), sebuah institusi yang diketuai oleh Ilham A. Habibie.

Dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, disebutkan bahwa model Meaningful Broadband tersebut telah dilaporkan oleh Sekretaris Kabinet Dipo Alam dan Ilham A. Habibie kepada Presiden Yudhoyono, Kamis malam (11/7/2013), di Istana Negara.

"Model ini menggunakan broadband sebagai cara untuk mencapai masyarakat berbasis pengetahuan yang lebih adil," kata Ilham.

Langkah pertama, ujarnya, adalah mencapai peningkatan kualitas jaringan pemerintah daerah dan sekolah di lokasi-lokasi penting di luar kota-kota besar. Langkah kedua, lanjutnya, adalah untuk mengaktifkan jaringan ini melalui program yang mengoptimalkan pemanfaatannya.

Salah satu yang akan dilakukan adalah kampanye aplikasi yang bisa digunakan untuk memanfaatkan broadband. Aplikasi yang akan dikampanyekan merupakan sinergi antara aplikasi lokal dan internasional.

Selain itu, aspek lain dari Meaningful broadband adalah menghadirkan listrik di wilayah yang belum terjangkau. Hal ini dimaksudkan agar wilayah yang tercakup broadband tidak terbatas pada wilayah yang saat ini sudah terpasok listrik.

Soal ini, Meaningful Broadband akan dikombinasikan dengan pemanfaatan energi surya dan biomassa, agar bisa lebih ramah lingkungan dalam menghadirkan pasokan listrik.

Ilham mengatakan model Meaningful Broadband ini bisa menjadi model implementasi bagi Indonesia Broadband Plan yang telah disusun Pemerintah melalui Bappenas.

Game Hamster Indonesia Juara 2 di Rusia

Posted: 11 Jul 2013 11:46 PM PDT

KOMPAS.com - Final kompetisi Microsoft Imagine Cup ke-11 telah selesai digelar di Rusia. Sebagaimana dikutip dari blog MSDN Indonesia, tim asal Indonesia, Solite Studio, berhasil menjadi salah satu juara yang namanya disebut dalam pengumuman pemenang Kamis (11/07/2013) kemarin.

Solite Studio meraih peringkat kedua dalam kategori game melalui permainan "Save the Hamster" yang memadukan aspek edukasi matematika dengan hiburan. Tim dari Universitas Trunojoyo Madura ini pun diganjar hadiah sebesar 10.000 dollar AS.

Sebelumnya, Solite Studio lebih dulu menjadi juara nasional setelah menyisihkan 8 kandidat lain dalam acara penjurian final Imagine Cup 2013 tingkat Indonesia di Jakarta, 12 April lalu.

Imagine Cup sendiri adalah kompetisi tahunan dari Microsoft yang mengajak para mahasiswa dan pelajar menciptakan sebuah karya teknologi yang dapat mengatasi suatu permasalahan tertentu dan bisa diaplikasikan di kehidupan sehari-hari.

Tahun ini, Imagine Cup mempertandingkan karya-karya dalam tiga kategori utama, yaitu Inovasi, Game, dan Kewarganegaraan Dunia. Sebanyak 87 pelajar dan mahasiswa dari 71 negara ikut serta dalam babak penjurian final yang diadakan di St. Petersburg, Rusia.

Salah satu juri yang dilibatkan dalam pemilihan pemenang dalam final Imagine Cup 2013 adalah Alexey Pajitnov, sang pencipta game Tetris.

No comments:

Post a Comment