KOMPAStekno

KOMPAStekno


Xperia Z Ultra Masuk Indonesia Agustus, Harganya?

Posted: 24 Jul 2013 03:20 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Sony Mobile Communications siap memasarkan Xperia Z Ultra di Indonesia. Ponsel ukuran "bongsor" ini mulai tersedia di pasar pada awal Agustus 2013 dengan harga Rp 7,5 juta.

"Produk kami Xperia Z Ultra jadi pelopor ponsel ukuran besar di atas 6 inci. Yang langsung diikuti oleh para kompetitor," klaim Country Head Sony Mobile Comunications Indonesia Kazuo Sawachi, di acara peluncuran Xperia Z Ultra, Rabu (24/7/2013).

Xperia Z Ultra merupakan produk ponsel Sony dengan layar terbesar. Ia memiliki bentang layar 6,4 inci dengan resolusi 1.920 x 1.080 pixel dan ketajaman layar 344 pixel per inci. Layar ini mampu menampilkan kualitas layar Full-HD.

"Layar Xperia Z Ultra memakai teknologi Bravia terbaru, yakni Triluminos, yang mereproduksi warna lebih baik," ujar Kazuo. Teknologi Triluminos memungkinkan pengguna bisa menikmati kejernihan layar yang sangat tajam karena ditenagai oleh engine gambar "X-Reality for mobile" terbaru.

Meski berukuran besar, Xperia Z Ultra punya desain yang langsing. Ketebalannya hanya 6,5 mm. Ketebalan ini lebih tipis dibandingkan ponsel andalan Sony terdahulu, Xperia Z.

Xperia Z Ultra juga dibekali komponen yang kencang. Prosesornya memakai Qualcomm Snapdragon 800 jenis dual-core 2,2 GHz Krait 400, unit pemroses grafis Adreno 330, dan RAM 2GB. Ia berjalan dengan sistem operasi Android 4.2 (Jelly Bean).

Untuk urusan memotret, Xperia Z Ultra dibekali sensor kamera belakang 8MP dan 2MP untuk kamera depan.

Xperia Z Ultra menyandang sertifikat standar ketahanan internasional IP55/58 yang berarti ponsel ini bisa dibawa menyelam selama 30 menit di kedalaman 1,5 meter.

Spesifikasi lengkap Xperia Z Ultra:
- Ukuran: 179,4 x 92,2 x 6,5 mm
- Berat: 212 gram
- OS: Android 4.2 Jelly Bean
- Prosesor: Qualcomm Snapdragon 800 2,2 GHz quad-core
- Baterai: 3000 mAh
- Memori: microSD dapat diekspansi hingga 64 GB
- Warna: Hitam dan putih
- Kamera: 8 MP, 16 x digital zoom, kamera depan 2 MP (1080p) HD video recording
- Fitur lain:
IPX5/8 (anti air) & IP5X (bisa digunakan di bawah air sedalam 1,5 meter selama 30 menit), On-screen QWERTY keyboard, Input dengan pensil apa pun atau stylus tertentu.

Desain BlackBerry A10 Mirip Galaxy S4?

Posted: 24 Jul 2013 02:49 AM PDT

KOMPAS.com - BlackBerry A10, perangkat yang diduga akan mengisi strata teratas produk berbasis BlackBerry 10, kembali "menampakkan" diri di internet. Kali ini, pengguna Twitter bernama Vu Thanh, yang dikutip situs teknologi The Verge, Rabu (24/7/2013), mengunggah tiga foto yang disinyalir sebagai perangkat tersebut.

Berbeda dari penampakan sebelumnya, ketiga foto ini terlihat sangat jelas. Ketiganya terdiri dari foto A10 yang menampilkan layar boot, layar home, dan juga bagian cangkang belakang.

Dari rumor-rumor sebelumnya, diketahui bahwa BB A10 akan memiliki bentuk yang mirip dengan Samsung Galaxy S4. Berdasarkan foto-foto baru ini, tampaknya rumor tersebut benar adanya. Perangkat ini juga terlihat sedikit mengadopsi desain BB Z10 dan HTC One, ada ruang di bagian depan atas dan bawah yang mengapit layar. Tak ada tombol sama sekali di bagian depannya.

Sementara itu, BB A10 juga terlihat menggunakan desain dua warna (two-tone color). Bagian belakang dari perangkat yang dikabarkan memiliki kode nama "Aristo" ini tampak menggunakan bahan yang sama dengan BB Q10. Ia terbuat dari material karet yang lembut, yang memiliki tekstur seperti serat karbon.

BlackBerry A10 kabarnya akan mengusung layar AMOLED selebar 5 inci atau lebih besar 0,8 inci dari display milik BlackBerry Z10. Perangkat ini juga diprediksi bakal dilengkapi prosesor dual-core, RAM 2 GB, dan kamera 8 megapixel. Sementara itu, terdapat juga chip pemroses grafis terpisah.

Hingga pertengahan tahun 2013 ini, BlackBerry telah memperkenalkan tiga model smartphone berbasis BlackBerry 10, yaitu Z10, Q10, dan model mainstream bernama Q5.

Selain A10, BlackBerry juga diketahui berencana merilis BlackBerry 9720 yang merupakan penerus BlackBerry 9320. Berbeda dari A10, ponsel pintar yang mengusung keyboard QWERTY ini bukan perangkat BlackBerry 10, melainkan datang dengan OS lawas BB 7.

Dua perangkat di atas disinyalir merupakan model-model berikutnya yang akan dirilis BlackBerry pada 2013. Belum diketahui apakah produsen tersebut berencana merilis perangkat lain pada tahun ini.

Kisah Peretas "Baik Hati" Pembobol Situs Apple

Posted: 24 Jul 2013 01:34 AM PDT

KOMPAS.com — Situs web pengembang aplikasi Apple mengalami gangguan selama tiga hari sejak Kamis, 17 Juli 2013, karena berhasil dibobol oleh seseorang. Peretas itu ternyata adalah seorang peneliti keamanan cyber, bernama Ibrahim Balic.

Balic mengaku sebagai orang yang bertanggung jawab atas aksi peretasan ke situs web, yang sejatinya menyediakan informasi cara mengembangkan aplikasi dan forum seputar platform iOS dan Mac OS X.

Mulanya, Apple memberi keterangan bahwa situs tersebut sedang dalam pemeliharaan. Namun, akhirnya, Apple mengakui situs telah disusupi oleh peretas. "Kamis lalu, seorang penyusup berusaha mengambil informasi pribadi pengembang aplikasi kami yang terdaftar di situs web," tulis Apple dalam e-mail kepada para pengembang.

"Informasi sensitif yang dienkripsi tidak dapat diakses. Namun, kami belum bisa mengesampingkan beberapa kemungkinan bahwa nama pengembang, alamat, atau e-mail, mungkin telah diakses."

Setelah kejadian itu, Apple mengatakan ingin merombak total sistem situs itu, termasuk memperbarui perangkat lunak server dan membangun lagi database pengembang aplikasi. Apple sejauh ini tidak mengambil tindakan hukum terhadap si pelaku.

Balic ternyata menemukan 13 celah keamanan pada situs web pengembang aplikasi Apple. Salah satu celah itu cukup berbahaya, di mana Balic bisa masuk dan mengakses informasi sensitif tentang nama lengkap pengembang, alamat e-mail, dan user ID.

Hari Minggu, 21 Juli 2013, Apple mengakui bahwa si peretas telah memperoleh akses ke informasi sensitif.

Pada hari yang sama, Balic membuat video pembelaan diri yang diunggah ke YouTube. Pria asal Turki tersebut menyatakan tak memiliki niat jahat dan menegaskan dirinya bukan peretas jahat.

"Saya ingin membantu mereka menemukan beberapa bug penting yang harus dipertimbangkan," ujar Balic seperti dikutip dari Wired. Dia tak akan merilis informasi sensitif sehingga pengembang aplikasi Apple tak perlu khawatir datanya akan dicuri.

Sebenarnya, Apple bisa saja menggugat Balic karena telah menyusup ke sebuah sistem komputer tanpa izin.

Pada 2012, seorang pemuda 26 tahun bernama Andrew Auernheimer dinyatakan bersalah atas penipuan identitas dan konspirasi mengakses sistem komputer tanpa izin. Dua tahun sebelumnya, Auernheimer menemukan celah keamanan pada situs web operator telekomunikasi AT&T. Ia akhirnya dijatuhi hukuman tiga setengah tahun penjara dan dianggap melanggar Undang-undang Penyalahgunaan dan Penipuan Komputer Amerika Serikat.

Kendati demikian, Balic mengaku tidak khawatir dengan tindakan hukum apa pun yang akan diambil Apple. "Saya pikir saya tidak harus khawatir karena saya tidak melakukan sesuatu yang buruk terhadap Apple dan wibawa perusahaan mereka," tuturnya.

Ia bakal menghubungi Apple untuk memberi informasi rinci atas temuannya. Di balik semua itu, Balic mengaku hanya ingin mengingatkan Apple bahwa ada celah yang belum terkunci aman di situs yang menampung data pengembang aplikasi. Balic meyakini ini merupakan bagian dari pekerjaannya sebagai peneliti keamanan cyber.

Nyamannya Beraktivitas Bersama Samsung ATIV Book 2

Posted: 24 Jul 2013 01:23 AM PDT

Laptops are everyone's best friends. Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi telah menjadi bagian yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Sementara itu, bagi individu yang bermobilitas tinggi seperti Anda, tentu laptop merupakan pilihan yang tepat untuk segala aktivitas Anda. Bagaimana tidak? Selain memiliki bentuk yang ringkas dan dapat dibawa ke mana saja, laptop juga dilengkapi dengan beragam fungsi dan kegunaan yang memungkinkan Anda untuk melakukan banyak hal.

Samsung memahami bahwa setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Dan kali ini, Samsung menghadirkan Samsung ATIV Book 2, yang didesain untuk melengkapi kehidupan sehari-hari Anda, baik itu saat bekerja di kantor maupun bersantai di rumah bersama keluarga.

Apa yang membedakan Samsung ATIV Book 2 dari laptop lainnya? Laptop ini diciptakan bagi Anda yang menginginkan teknologi yang mudah digunakan. Dengan harga yang terjangkau, Anda dapat melakukan berbagai hal dengan performa mesinnya yang mengagumkan, mulai dari mengerjakan dokumen, berinternet, hingga menikmati hiburan multimedia.

Tak ada yang lebih menyenangkan dari  bekerja dengan menggunakan Samsung ATIV Book 2 yang telah dilengkapi dengan Island-Style Keyboard dan Anti-Reflective Display. Kegiatan mengetik akan terasa begitu mudah serta nyaman dan mata Anda pun akan terhindar dari rasa lelah yang seringkali datang saat Anda berlama-lama di depan layar.

Saat bersama keluarga, ceriakan suasana dengan hiburan nonstop yang disajikan oleh platform AMD bertenaga tinggi, sehingga mampu memberikan tampilan visual yang jernih, tajam, dan kaya akan warna. Foto, video, maupun website akan tampak begitu memukau di mata Anda dan keluarga.

Jadi, Anda tak perlu ragu lagi untuk mendapatkan laptop ini. Rasakan sendiri nyamannya beraktivitas bersama Samsung ATIV Book 2. (adv)

Pendonor Linux Paling Dermawan, Google atau Samsung?

Posted: 24 Jul 2013 12:28 AM PDT

KOMPAS.com - Hampir tiga tahun kernel Linux 2.6.36 dirilis ke publik pada Oktober 2010. Sejak saat itu, aktivitas sponsor untuk Linux banyak berubah. Linux Foundation merilis statistik terbaru 20 perusahaan dengan kontribusi terbesar ke organisasi tersebut.

Menurut Linux Foundation, perusahaan-perusahaan ini tidak hanya menambah dukungan perangkat keras untuk kernel, tetapi juga mengembangkan area kernel inti, seperti scheduler dan manajemen memori.

Seperti dikutip dari Tizen Indonesia, Samsung kini tercatat sebagai kontributor paling aktif dan telah meningkatkan persentase komitmen sponsor mereka menjadi 1,83 kali.

Peringkat kedua ditempati oleh Texas Instruments, lalu diikuti Broadcom dan Wolfson Microelectronics. Sementara di peringkat 5 dan 6 ditempati oleh Nokia dan Google.


Samsung mulai mengadopsi teknologi open source sekitar 10 tahun lalu dalam beberapa perangkat pra-rupa PDA dan alat rumah tangga. Lalu perusahaan memakai Linux ke televisi layar datar, dan diperluas lagi ke ponsel pintar, tablet, dan kamera digital.

Samsung mencoba berkontribusi lebih untuk proyek dan inovasi teknologi open source dengan membentuk Samsung Open Source Group (OSG) di San Jose, Amerika Serikat, pada Maret 2013. Samsung OSG juga memiliki kantor di Korea Selatan, Inggris, dan Finlandia.

Perusahaan asal Korea Selatan ini memperkerjakan 20.000 pengembang perangkat lunak yang dapat bekerja untuk teknologi open source. Samsung juga akan menambah jumlah tenaga kerja untuk mendukung open source.

No comments:

Post a Comment