KOMPASbola

KOMPASbola


Bayern Ditaklukan Dortmund di Piala Super Jerman

Posted: 27 Jul 2013 01:34 PM PDT

DORTMUND, KOMPAS.com - Borussia Dortmund sukses mengangkat trofi perdana musim ini. Die Borussen menjuarai Piala Super Jerman setelah menaklukkan Bayern Muenchen di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Sabtu atau Minggu (28/7/2013) dini hari WIB.

Ini menjadi pembalasan bagi Dortmund atas kekalahan mereka di Bundesliga dan Liga Champions musim lalu.

Laga ini berlangsung menarik pada babak kedua. Tercipta lima gol pada babak ini, setelah sebelumnya hanya satu gol dari Marco Reus pada babak pertama.

Gol pertama Dortmund melalui Reus pun tercipta diawali oleh kesalahan kiper Bayern, Tom Starke. Starke gagal menendang bola dengan sempurna sehingga para pemain Dortmund sukses melancarkan serangan balik yang dieksekusi dengan baik oleh Reus pada menit ke-6.

Seusai unggul 1-0, Dortmund sempat tertekan pada babak kedua. Hal ini dimanfaatkan FC Bavarian dengan baik pada menit ke-54. Umpan silang Philipp Lahm disambar Arjen Robben untuk membuat skor menjadi 1-1.

Namun, skor imbang 1-1 tak bertahan lama. Dua menit berselang, Dortmund kembali unggul setelah bek veteran Bayern, Daniel van Buyten, melakukan gol bunuh diri. Tiga menit kemudian, Dortmund memperlebar skor menjadi 3-1. Kali ini, giliran Ilkay Guendogan yang merobek jala Bayern.

Kolaborasi Lahm dengan Robben sempat membuat Bayern kembali bersemangat. Pada menit ke-64, umpan Lahm lagi-lagi sukses dikonversi Robben menjadi gol kedua Bayern. Pertandingan menjadi menarik dengan skor 3-2 masih untuk keunggulan Dortmund.

Pada saat Bayern gencar mengejar gol ketiga demi skor imbang, Dortmund memukul sang tamu empat menit jelang laga usai. Reus mampu memperdayai Starke untuk kedua kalinya setelah menerima umpan Pierre-Emerick Aubameyang.

Dortmund pun sukses menjuarai Piala Super Jerman 2013 atau yang kelima kalinya. Jumlah tersebut sama dengan perolehan gelar Bayern, sekaligus menjadikan kedua klub sebagai perengkuh terbanyak trofi Piala Super Jerman.

Susunan pemain
Dortmund (4-3-2-1): 1-Roman Weidenfeller; 19-Kevin Grosskreutz, 4-Neven Subotic, 15-Mats Hummels, 29-Marcel Schmelzer; 6-Sven Bender (5-Sebastian Kehl 46), 8-Ilkay Guendogan (25-Sokratis Papastathopoulos 88), 18-Nuri Sahin; 16-Jakub Blaszczykowski (17-Pierre-Emerick Aubameyang 72), 11-Marco Reus; 9-Robert Lewandowski
Pelatih: Juergen Klopp

Bayern (4-2-3-1): 22-Tom Starke; 21-Philipp Lahm, 17-Jerome Boateng, 5-Daniel van Buyten, 27-David Alaba; 6-Thiago Alcantara, 39-Toni Kroos (4-Dante 86); 10-Arjen Robben, 25-Thomas Mueller, 11-Xherdan Shaqiri (31-Bastian Schweinsteiger 67); 9-Mario Mandzukic (14-Claudio Pizarro 75)
Pelatih: Josep Guardiola

Wasit: Jochen Drees

Milan Lumpuhkan "Kelelawar Mestalla"

Posted: 27 Jul 2013 01:16 PM PDT


VALENCIA, KOMPAS.com - AC Milan lolos ke babak empat besar International Champions Cup setelah menang 2-1 atas Valencia di Stadion Mestalla, Valencia, Sabtu atau Minggu (28/7/2013). Dua gol Milan tercipta pada babak pertama melalui Robinho dan Nigel de Jong.

Valencia bermain menekan sejak awal pertandingan. Pada menit ke-8, Ever Banega nyaris membuat gawang Milan kebobolan, andai sepakannya tidak bisa diselamatkan Christian Abbiati.

Menit ke-16, Valencia kembali memiliki peluang. Kali ini, umpan silang Jeremy Mathieu mengarah ke Sofiane Feghouli. Akan tetapi, sepakan Feghouli masih melenceng dari sasaran.

Milan mendapat keuntungan pada menit ke-20 setelah wasit menunjuk titik penalti. Akan tetapi, tendangan penalti Robinho bisa dihentikan Vicente Guaita.

Tiga menit berselang, Robinho membayar kegagalannya mengeksekusi penalti. Tembakan mendatar pemain asal Brasil itu, sukses membobol gawang El Che untuk membuka skor pertandingan.

Memasuki menit ke-38, Milan menggandakan skor. Sebuah tembakan jarak jauh De Jong menghunjam deras jala Valencia tanpa bisa dihentikan Guaita. Milan unggul 2-0 pada babak pertama.

Pada babak kedua, Valencia sempat memperkecil skor melalui Daniel Parejo pada menit ke-54. Mantan pemain Getafe itu memanfaatkan umpan Paco Alcacer.

Valencia gagal mencari gol penyeimbang. Pun dengan Milan yang tetap bertahan dengan keunggulan 2-1. Hasil tersebut membuat Milan lolos ke babak empat besar International Champions Cup dan menunggu pemenang antara Chelsea dan Inter Milan yang baru akan bertanding pada 1 Agustus 2013 di Indianapolis, Amerika Serikat.

Susunan pemain
Valencia: 13-Vicente Guaita; 47-Joao Pereira, 4-Adil Rami, 20-Ricardo Costa, 22-Jeremy Mathieu; Javi Fuego, 21-Daniel Perejo; 8-Sofiane Feghouli, 10-Ever Banega, 7-Jonas; 27-Paco Alcacer

Milan: 32-Christian Abbiati; 77-Luca Antonini, 25-Daniele Bonera, 5-Philippe Mexes, 21-Kevin Constant; 8-Antonio Nocerino, 34-Nigel de Jong; Andrea Poli, 10-Kevin-Prince Boateng, 7-Robinho; Andrea Petagna

Gol Benzema Bawa Madrid Tundukkan PSG 1-0

Posted: 27 Jul 2013 01:00 PM PDT

GOTHENBURG, KOMPAS.com - Gol Karim Benzema membawa Real Madrid menang 1-0 atas Paris Saint-Germain (PSG) pada pertandingan persahabatan di Stadion Ullevi, Gothenburg, Swedia, Sabtu atau Minggu (28/7/2013) dini hari WIB.

PSG mencoba menyerang lebih dulu dan membuat Madrid sempat kewalahan. Namun, Madrid segera menguasai diri dan mencoba merebut penguasaan bola. Sehingga, Cristiano Ronaldo dkk pun lebih sering mengancam gawang lawan.

Meski mendapat perlawanan ketat, namun Madrid akhirnya meraih hasil dari serangan mereka. pada menit ke-23, Karim Benzema membobol gawang PSG dengan baik. Gol ini tak lepas dari kreasi Mesut Oezil. Setelah melewati beberapa bek lawan, Oezil mengirim umpan kepada Benzema yang langsung memotong bola ke pojok gawang PSG.

Tak terima, PSG langsung meningkatkan intensitas serangannya. Sehingga, mereka mulai lebih banyak menguasai bola dan mencetak beberapa peluang. Namun, hingga akhir babak pertama, mereka gagal mencetak gol balasan.

Di babak kedua, pertarungan semakin sengit. Kedua tim berusaha memburu gol. Sehingga, jual beli serangan sering terjadi.

Hanya saja, permainan kedua tim masih sebatas menghasilkan peluang demi peluang. Tak ada gol tambahan, sehingga Madrid mengakhiri pertandingan ini dengan kemenangan 1-0.

Susunan Pemain
PSG: 30-Salvatore Sirigu, 26-Christophe Jallet, 33-Alex, 3-Mamadou Sakho, 17-Maxwell, 27-Javier Pastore, 8-Thiago Motta, 14-Blaise Matuidi, Lucas, 3-Lucas Digne, 9-Ezequiel Lavezzi, 10-Zlatan Ibrahimovic

Madrid: 13-Diego Lopez, 3-Pepe, 15-Fabio Coentrao, 6-Sami Khedira, 7-Ronaldo, 9-Karim Benzema, 10-Mesut Oezil, 32-Daniel Carvajal, 35-Nacho, 16-Luka Modric, 22-Isco

PBR Sangat Kehilangan Camara

Posted: 27 Jul 2013 12:53 PM PDT


BANDUNG, KOMPAS.com - Pihak Pelita Bandung Raya (PBR) merasa sangat kehilangan striker Sekou Camara yang meninggal dunia karena serangan jantung pada sesi latihan Sabtu (27/7/2013). Pemain berusia 27 tahun itu sempat kolaps dan nyawanya tak tertolong dalam perjalanan ke rumah sakit.

Camara baru bergabung dengan PBR pada Mei 2013. Sebelumnya, Camara pernah bermain untuk PSAP Sigli pada 2011-2012, dan Persiwa Wamena pada awal 2013.

Berikut ungkapan belasungkawa kubu PBR atas meninggal dunianya Sekou Camara:

"Kami keluarga besar PBR telah kehilangan salah seorang saudara kami, Camara Sekou. Camara meninggal setelah mengalami serangan jantung dalam sesi latihan kami, Sabtu 28 Juli 2013. Setelah diberi pertolongan pertama, dan dibawa ke rumah sakit siaga, Camara dinyatakan meninggal pada pukul 23.48 WIB.

Perasaan duka yang mendalam kami rasakan dan sampaikan kepada keluarga besar Camara di Mali. Camara telah menjadi bagian keluarga yang tak terpisahkan dan kontribusinya nyata bagi PBR. Camara telah menjadi pemain, sahabat, dan kakak bagi kami semua.

Seluruh proses untuk penyelesaian dokumen serta rencana kepulangan sedang kami koordinasikan dengan seluruh pihak terkait. Komunikasi dengan pihak keluarga via agen yang mewakili Camara juga sedang kami lakukan.

Sungguh sebuah kehilangan yang dalam bagi kami. Selamat jalan 'Big Brother'. Kamu selalu ada dalam hati dan jiwa kami."

Barcelona Cukur Valerenga 7-0

Posted: 27 Jul 2013 12:53 PM PDT


OSLO, KOMPAS.com - Barcelona berhasil merengkuh kemenangan telak 7-0 atas Valerenga, di Stadion Ullevaal, Oslo, Sabtu atau Minggu (28/7/2013) dini hari WIB. Lionel Messi turut menyumbangkan satu gol, sementara bintang muda Jean Marie Dongou melesakkan dua gol.

Pada 15 menit pertama pertandingan berlangsung, Barcelona langsung menekan pertahanan Valerenga. Hasilnya langsung terbukti. Alexis Sanchez dan Cristian Tello mencetak gol cepat masing-masing pada menit ke-3 dan ke-5.

Memasuki menit ke-12, Messi menambah keunggulan Barcelona setelah melewati tiga pemain belakang Valerenga sebelum menceploskan bola. Empat menit sebelum babak pertama usai, Jonathan dos Santos menutup paruh awal dengan keunggulan Barcelona 4-0.

Barcelona yang belum ditangani Gerardo Martino, tetap memegang penuh kendali permainan pada babak kedua. Jordi Roura yang ditugaskan menangani Messi dkk melakukan beberapa perubahan pada paruh kedua pertandingan.

Keputusan Roura terbukti tepat. Penyerang muda Dongou mencetak dua gol dalam waktu empat menit, yakni pada menit ke-49 dan ke-53. Pemain muda Barcelona lain, Joan Roman, menutup pesta tim dengan membobol gawang Valerenga dan membuat skor menjadi 7-0.

Fabregas Terus Diburu Setan Merah

Posted: 27 Jul 2013 11:53 AM PDT

OSAKA, KOMPAS.com - Manchester United (MU) rupanya tak menyerah mengejar tanda tangan gelandang Barcelona, Cecs Fabregas. Manajer MU, David Moyes, tetap bersikukuh ingin merekrut mantan pemain Arsenal itu.

MU sudah melayangkan dua tawaran resmi kepada Barcelona agar mau melepas Fabregas ke Old Trafford. Namun, dua kucuran dana itu ditolak mentah-mentah kubu Blaugrana.

Menanggapi penolakan dari pihak Catalan, Setan Merah tak patah arang. Moyes tetap mempertimbangkan Fabregas sebagai rekrutan anyar pada musim panas ini.

"Kami akan berjuang demi Fabregas. Kami akan melihat apa yang telah dikatakan (Barcelona) dan berpikir tentang apa yang akan kami lakukan. Kami tetap mempertimbangkan pilihan kami," jelas Moyes.

Moyes sepertinya butuh menambah kekuatan jelang bergulir musim kompetisi 2013-14. Performa MU selama tur pramusim tidak cukup baik. Dari empat laga, MU menelan dua kali kekalahan dari Singha All Star XI (Thailand) dan Yokohama Marinos (Jepang).

Susunan Pemain Dortmund Vs Bayern

Posted: 27 Jul 2013 11:46 AM PDT

AFP PHOTO / ADRIAN DENNIS

Gelandang Borussia Dortmund, Ilkay Guendogan (tengah), mencoba menahan laju pemain sayap Bayern Muenchen, Franck Ribery (kanan), dalam laga final Liga Champions di Stadion Wembley, London, Sabtu atau Minggu (26/5/2013) dini hari WIB.

DORTMUND, KOMPAS.com - Inilah skuat Borussia Dortmund kontra Bayern Muenchen pada laga Piala Super Jerman di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Sabtu atau Minggu (28/7/2013) dini hari WIB.

Susunan pemain
Dortmund (4-3-2-1): 1-Roman Weidenfeller; 19-Kevin Grosskreutz, 4-Neven Subotic, 15-Mats Hummels, 29-Marcel Schmelzer; 6-Sven Bender, 8-Ilkay Guendogan, 18-Nuri Sahin; 16-Jakub Blaszczykowski, 11-Marco Reus; 9-Robert Lewandowski
Pelatih: Juergen Klopp

Bayern (4-2-3-1): 22-Tom Starke; 21-Philipp Lahm, 17-Jerome Boateng, 5-Daniel van Buyten, 27-David Alaba; 6-Thiago Alcantara, 39-Toni Kroos; 10-Arjen Robben, 25-Thomas Mueller, 11-Xherdan Shaqiri; 9-Mario Mandzukic
Pelatih: Josep Guardiola

Wasit: Jochen Drees

Penyerang PBR Meninggal Dunia Saat Latihan

Posted: 27 Jul 2013 11:11 AM PDT


BANDUNG, KOMPAS.com - Kabar duka menyelimuti sepak bola Indonesia. Penyerang asal Mali yang bermain di Pelita Bandung Raya (PBR), Sekou Camara, meninggal dunia saat sesi latihan karena serangan jantung, Sabtu (27/7/2013). Pemain berusia 27 tahun itu sempat kolaps dan nyawanya tak tertolong dalam perjalanan ke rumah sakit.

"Kabar Sekou Camara meninggal dunia adalah benar. Camara meninggal dunia pada pukul 23.48 WIB, karena serangan jantung," jelas Chairman PBR, Marco Gracia Paulo, kepada wartawan Minggu (28/7/2013) dini hari WIB.

"Kejadiannya begitu cepat. Para pemain sedang menjalani sesi latihan. Camara terlihat tertunduk lesu dan kemudian langsung kolaps. Ia sempat mendapat pertolongan pertama dan lalu dibawa ke rumah sakit. Namun, sampai di rumah sakit, nyawanya sudah tak tertolong," lanjut Marco.

Camara baru bergabung dengan PBR pada Mei 2013. Sebelumnya, Camara pernah bermain untuk PSAP Sigli pada 2011-2012, dan Persiwa Wamena pada awal 2013.

No comments:

Post a Comment