KOMPASbola

KOMPASbola


Jacksen Puji Debutan Timnas

Posted: 12 Jul 2013 01:00 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Pelatih tim nasional Indonesia, Jacksen F Tiago, mengaku terkesan dengan performa sejumlah pemain debutan yang menghiasi skuad Garuda menjelang laga persahabatan melawan Arsenal di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (14/7/2013).

Melawan Arsenal, Jacksen memanggil 25 pemain yang lima di antaranya merupakan debutan timnas Indonesia. Kelima pemain itu adalah Rizky Ripora (Pelita Bandung Raya), Rizki Pellu (Barito Putera), AA Ngurah Wahyu (Persija Jakarta), Firdaus Ramadhan (Persita Tangerang), dan Rivki Modokompit (Sriwijaya FC).

"Mereka (pemain baru) sudah cukup bagus. Komunikasi juga sudah terjalin dengan baik dan mereka cukup nyaman di lingkungan timnas. Mudah-mudahan dengan begitu pemain bisa tampil maksimal pada laga nanti," ungkap Jacksen sesuai memimpin latihan timnas di SUBGK, Jakarta, Kamis (11/7/2013) malam.

Jacksen mengatakan, tim pelatih mempunyai alasan tersendiri ketika memanggil lima pemain debutan tersebut. Menurut pelatih yang juga menangani Persipura Jayapura itu, Indonesia saat ini mempunyai talenta-talenta muda yang harus dikembangkan dengan baik.

Firdaus, misalnya, menurut Jacksen, punya permainan impresif dan bertanggung jawab sejak di Pelita, meskipun sekarang dia bermain di tim yang tidak begitu bagus. "Namun, dia memang sedikit emosional. Kini di Persita dia juga tampil bagus," ujar Jacksen.

Lalu, lanjut Jacksen, Ripora juga sangat menonjol pada musim lalu. "Tidak heran Barito mendatangkannya," kata Jacksen.

"Jadi, pelatih akan menilai beberapa hal ketika memanggil mereka," tegas Jacksen. Dia pun mengatakan ada beberapa pemain lain yang dipantau tim pelatih untuk memperkuat timnas pada pertandingan kualifikasi Piala Asia 2015. Pada Oktober 2013, timnas Indonesia dijadwalkan berhadapan dengan China dalam laga kualifikasi tersebut.

Jamu Arsenal, Timnas Simulasi untuk Hadapi Kualifikasi Piala Asia

Posted: 12 Jul 2013 12:52 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Pelatih tim nasional Indonesia, Jacksen F Tiago, mengatakan pertandingan timnas melawan Arsenal, Minggu (14/7/2013), akan menjadi laga simulasi untuk menghadapi babak kualifikasi Piala Asia 2015. Pada Oktober mendatang, timnas akan berhadapan dengan China untuk babak kualifikasi tersebut.

"Melawan Arsenal juga akan saya manfaatkan untuk mengevaluasi pemain baru," ujar Jacksen sesuai memimpin latihan timnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (11/7/2013) malam. Dia berharap strategi yang disiapkan pelatih bisa berjalan dengan baik saat berhadapan dengan The Gunners.

Jacksen mengaku telah mempelajari dan menyiapkan tim untuk berhadapan dengan China. Strategi yang akan dipakai timnas saat menjamu The Gunners, sebut dia, merupakan strategi yang akan dipakai untuk menghadapi China.

Sejauh ini, kata Jacksen, tim pelatih sudah melakukan evaluasi pertandingan timnas melawan Belanda pada 7 Juni lalu. Ia menilai, melihat kondisi dan persiapan selama berada di pemusatan latihan, anak asuhnya sudah menunjukkan perkembangan positif.

"Intinya, kami akan membangun sebuah konsep matang yang dimiliki Indonesia. Saya harap para pemain menjaga pola makanan dan istirahat agar bisa tampil maksimal," kata Jacksen.

Setelah menjamu Arsenal, Indonesia akan menghadapi dua klub raksasa Eropa, yaitu Liverpool dan Chelsea. Sebelumnya, ketika menghadapi Belanda di GBK, Indonesia dipaksa menyerah tiga gol tanpa balas setelah dibobol kreasi sepasang gol Siem de Jong dan satu gol Arjen Robben.

Laga melawan China pada 15 Oktober mendatang cukup penting bagi Indonesia untuk memberikan harapan berkiprah di Piala Asia 2015 mendatang. Saat ini, Indonesia duduk di posisi buncit karena kalah di dua laga. China berada di urutan kedua dengan tiga poin dari dua pertandingan.

Internacional: Mau Damiao? Siapkan Rp 325,82 Miliar!

Posted: 12 Jul 2013 09:01 AM PDT

PORTO ALEGRE, KOMPAS.com - Presiden Internacional Porto Alegre, Giovanni Luigi, membuka peluang untuk melepas striker andalan mereka, Leandro Damiao. Internacional mematok harga 25 juta euro (Rp 325,82 miliar) bagi klub peminat Damiao.

Dalam beberapa pekan terakhir, Damiao dikabarkan media-media Italia sedang menjadi incaran Napoli. I Partenopei menjadikan Damiao sebagai calon pengganti Edinson Cavani yang kemungkinan besar bakal hijrah pada musim panas ini.

Internacional pun tak memungkiri ada tawaran dari kubu Napoli. Namun, Internacional menolak proposal penawaran tersebut karena dianggap terlalu rendah.

"Leandro Damiao masuk daftar jual? Baiklah, segala dalam hidup ini memiliki harga. Kami mendapatkan tawaran dari Napoli itu benar. Tetapi, tidak secara langsung. Agen Damiao Vinicius Prates mengatakan menerima tawaran sebesar 18 juta euro," jelas Luigi kepada Corriere dello Sport.

"Namun, nilai transfer tersebut tidak cukup dan kami takkan memberikan harga diskon. Pemain kami (Damiao) bernilai 25 juta euro, tidak kurang. Jika Napoli ingin Damiao, maka siapkan 25 juta euro," sambung sang presiden.

Modric ke Manchester United?

Posted: 12 Jul 2013 08:12 AM PDT

KOMPAS.com — Media Inggris melaporkan, Manchester United membidik gelandang Real Madrid, Luka Modric, pada bursa transfer musim panas ini. Setan Merah mengambil langkah tersebut setelah mereka hampir pasti gagal menggaet Thiago Alcantara.

Daily Star mengatakan bahwa tim besutan David Moyes ini tertarik dengan gaya bermain gelandang asal Kroasia tersebut. Mantan pemain Tottenham Hotspur ini bisa menjadi pengobat kekecewaan MU yang sebelumnya sangat menginginkan Thiago.

Ya, Thiago sebelumnya telah dihubung-hubungkan dengan MU yang ingin memboyongnya ke Old Trafford. Namun, kabar terakhir menyebutkan bahwa pemain muda Barcelona itu pindah haluan ke markas juara Liga Jerman, Bayern Muenchen, dan hampir pasti menandatangani kontrak dengan tim besutan Pep Guardiola.

Kini, MU mengalihkan incarannya kepada Modric. Bahkan, juara Premier League ini telah mengajukan penawaran senilai 35 juta euro (sekitar Rp 456,767 miliar) kepada Los Blancos.

Sebenarnya, gelandang berusia 27 tahun ini masuk ke dalam rencana pelatih baru Carlo Ancelotti untuk musim mendatang. Akan tetapi, kedatangan Isco dan Asier Illaramendi membuat peluangnya untuk menjadi pilihan utama agak tipis.

"Tanpa Cavani, Napoli Akan Lebih Kuat"

Posted: 12 Jul 2013 07:16 AM PDT

KOMPAS.com — Pelatih Juventus, Antonio Conte, merasa yakin Napoli akan menjadi tim yang lebih kuat tanpa Edinson Cavani, yang hampir pasti hengkang ke klub juara Ligue 1, Paris Saint-Germain.

Striker berusia 26 tahun asal Uruguay itu menjadi pencetak gol terbayak di Serie-A musim lalu dengan torehan 29 gol dari 34 pertandingan liga. Dia membantu Napoli menjadi runner-up, di belakang Juventus.

Namun pada bursa transfer musim panas ini, Cavani ramai dibicarakan akan meninggalkan Partenopei. Menurut laporan, PSG menjadi tim yang paling berpeluang mendapatkan tanda tangannya karena bersedia membayar 63 juta euro (sekitar Rp 820,43 miliar), yang merupakan buyout clause-nya.

"Saya pikir, PSG membayar 63 juta euro untuk Cavani merupakan hadiah bagi Napoli," ujar Conte dalam sebuah jumpa pers, seperti dikutip dari Goal, Jumat (12/7/2013).

"Saya lebih suka 'Matador' bertahan di Napoli. Dengan dia, kami secara normal selalu mengalahkan mereka. Napoli akan menginvestasikan kembali 63 juta euro itu."

"Terlebih lagi, sekarang mereka memiliki Rafael Benitez. Dia telah memenangi segalanya sebagai seorang pelatih."

Berbicara tentang musim baru, Conte mengakui jika Juventus akan mendapatkan banyak pesaing untuk memperebutkan scudetto. Menurutnya, Inter Milan, AC Milan, dan Fiorentina bakal jadi sandungan.

"Inter memiliki pelatih hebat dan Milan hanya kalah satu kali pada putaran kedua musim lalu," lanjut Conte.

"Fiorentina juga menjadi tim yang kuat dengan kedatangan Mario Gomez. Kedatangan Rudi Garcia akan membantu Roma. Dia telah melakukan pekerjaannya dengan sangat bagus di Perancis."

Dalam dua musim terakhir, Juventus merajai Liga Italia. Conte memikul beban untuk mempertahankan gelar sekaligus mencetak hattrick di musim mendatang.

Walcott: Akan Ada Banyak Gol di GBK

Posted: 12 Jul 2013 06:17 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Bomber Arsenal, Theo Walcott, mengaku senang bisa berkunjung ke Indonesia untuk melakoni tur pramusim Asia 2013. Ia berharap The Gunners bisa menampilkan permainan terbaik saat melawan Indonesia Dream Team di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (14/7/2013), agar para penggemar terhibur.

Kunjungan Meriam London ke Indonesia merupakan bagian tur pramusim Mikel Arteta dan kawan-kawan di Asia. Di Tanah Air, mereka akan menjalani sejumlah rangkaian acara, di antaranya coaching clinic dan meet and greet sebelum melakoni pertandingan kontra Indonesia Dream Team.

Kompas.com bersama beberapa media lainnya berkesempatan melakukan wawancara dengan Walcott. Berikut petikan wawancara perihal kedatangan Arsenal ke Indonesia dan peluang Arsenal pada musim depan.

Beberapa tahun lalu Anda tur pramusim di Austria. Apa perbedaan tur di sana dengan Asia?

Aku pikir sangat berbeda. Di Austria, kami melakukan pemusatan latihan. Di sini, kami ingin menyapa para fans. Mereka tentunya akan mendukung kami saat latihan maupun ketika pertandingan berlangsung. Anda tahu berapa banyak fans kami di dunia. Jadi, aku pikir menggelar tur pramusim di sana sangat berbeda dengan di Asia.

Prediksi melawan Indonesia Dream Team?

Aku pikir mungkin akan ada banyak gol. Tetapi, itu baru kemungkinan karena aku juga tidak terlalu yakin karena aku pikir semua pertandingan akan menjadi laga yang sulit. Kami mempunyai tiga pertandingan pramusim. Kami ingin menjalaninya dengan sebaik mungkin.

Soal peluang Arsenal musim depan?

Tentu aku percaya Arsenal akan lebih baik lagi dari apa yang sudah kami lakukan tahun lalu. Kami harus tetap percaya dengan peluang kami. Kami sangat bersemangat sekarang. Sekarang skuad kami bukan sekumpulan pemain muda lagi dan kami juga sudah lama tidak merasakan gelar. Aku percaya karena skuad ini sangat spesial dan berpengalaman. Menurutku Arsenal akan kembali ke permainan terbaiknya musim depan.

Arsene Wenger hingga saat ini belum berkomitmen untuk memperpanjang kontraknya. Bagaimana jika dia akan pergi klub lain musim depan?

Aku tidak tahu. Anda harus tanya kepada yang bersangkutan.

Beberapa pekan terakhir, Arsenal dikaitkan dengan Wayne Rooney, Gonzalo Higuain, dan Luis Suarez. Pendapat Anda?

Itu semua bergantung kepada manajer. Aku tidak terlalu tahu dibanding mereka. Tetapi, seperti yang Anda tahu, akan selalu menjadi hal baik jika ada pemain-pemain baru yang datang ke klub ini.

Peluang di Liga Champions?

Kami tentunya pertama kali harus lolos terlebih dahulu dari babak kualifikasi. Kami sadar itu akan selalu menjadi kompetisi yang ketat. Tetapi, Anda tahu kami selalu mengikuti turnamen itu dalam beberapa tahun terakhir. Kami juga tentunya akan menghadapi sejumlah tim terbaik di dunia. Kami berharap bisa mengalahkan mereka dan menujukkan betapa bagusnya tim ini.

Anda mampu mengalahkan Bayern Muenchen (2-0 di Allianz Arena) pada musim lalu. Apakah Anda yakin bisa mengalahkan mereka lagi musim depan?

Aku pikir kami harus percaya bisa mengalahkan tim mana pun. Kami mempunyai skuad yang kuat dan baik untuk bisa melakukan hal tersebut.

Anda ingin mencetak berapa gol musim depan?

Musim lalu aku mencetak 21 gol. Aku ingin mencoba lebih baik lagi musim depan. Mungkin sekitar 25 gol. Aku percaya bisa melakukan hal tersebut.

Posisi yang ideal bagi Anda?

Musim lalu, aku mencetak banyak gol ketika ditempatkan sebagai winger. Tetapi, aku ingin bermain sebagai striker. Selalu menyenangkan bisa bermain di lini depan. Tetapi, semuanya tergantung kepada manajer. Dia yang paling tahu soal kondisi tim. Jika dia menempatkan sebagai winger, aku akan bermain semaksimal mungkin.

Apakah Anda akan mengakhiri karier di Arsenal?

Di masa depan, Anda tidak tahu apa yang akan terjadi. Aku sudah berada di klub ini sejak beberapa tahun dan aku akan berusaha tampil sebaik mungkin dan selama mungkin yang aku bisa.

Illarramendi Curhat soal Keputusan Pilih Madrid

Posted: 12 Jul 2013 05:21 AM PDT

SOCIEDAD, KOMPAS.com - Asier Illarramendi resmi menjadi pemain Real Madrid. Pemain berusia 23 tahun itu akan diperkenalkan kepada publik pada Sabtu (13/7/2013) di Stadion Santiago Bernabeu.

Madrid membutuhkan dana besar, yakni sekitar 36-39 juta euro demi menebus buyout clause Illarramendi di Real Sociedad. Illarramendi menerima kontrak yang diajukan Madrid dan siap menghibur publik Santiago Bernabeu dengan seragam Los Blancos.

Berikut wawancara Illarramendi seperti dilansir Football Espana:

Bisa Anda cerita awal ketertarikan Real Madrid kepada Anda?

"Aku menyadari ada ketertarikan Madrid pada masa liburan musim panas. Ada kontak, satu-satunya aku berbicara dengan agenku. Aku berbicara dengan orang-orang terdekat, kami mempertimbangkannya. Aku rasa ini adalah tawaran yang unik dan menarik."

Bagaimana perasaan Anda terhadap Real Sociedad, setelah kini resmi bergabung ke Real Madrid?

"Aku merasa tetap sebagai penggemar Real Sociedad. Aku berjuang untuk membuat keputusan ini, tapi itu adalah keputusan yang baik. Aku telah di sini selama 12 tahun dan keputusan itu tidak mudah, aku memiliki waktu sulit untuk memutuskan."

"Real Sociedad telah memberiku segalanya dan aku sekarang seperti ini karena Real Sociedad. Aku tiba di sini sebagai seorang anak kecil dan telah matang menjadi seorang pemain."

Siapa yang paling berjasa selama Anda di Real Sociedad?

"Aku ingin berterima kasih kepada dewan direksi, staf pelatih di tim muda, dan rekan setim. Aku berharap mereka semua baik. Mereka telah membantuku. Aku berharap bahwa mereka akan mencapai sukses besar. Aku juga berdoa semoga keberuntungan menyertai pelatih baru Jagoba Arrasate."

Apakah ada kemungkinan Anda kembali lagi ke Real Sociedad suatu hari nanti?

"Aku lebih suka mengatakan, 'sampai ketemu lagi'. Klub ini akan selalu menjadi klub aku."

Apa yang akan Anda berikan untuk klub baru Anda, Real Madrid?

"Aku sudah jenuh dalam beberapa hari terakhir ini dengan banyak ketegangan, dan sekarang aku melakukan tahap baru dan akan memberikan segalanya. Berada di Madrid jelas akan berbeda, akan ada lebih banyak perhatian media, tapi aku akan memberikan segalanya dalam setiap sesi latihan."

Walcott Ingin Arsenal Lebih Kompetitif

Posted: 12 Jul 2013 04:58 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Gelandang Arsenal, Theo Walcott, berjanji mengulangi penampilan impresifnya pada musim ini. Ia juga berharap, The Gunners lebih kompetitif dalam perebutan juara.

Walcott merupakan mesin gol Meriam London pada musim lalu. Total, gelandang asal Inggris itu menorehkan 14 gol dari 33 laga.

"Aku memang top scorer pada musim lalu. Namun, tanpa bantuan rekan-rekan, aku tak bisa seperti itu. Aku ingin tampil lebih baik lagi pada musim ini," ungkap Walcott.

Walcott juga mengungkapkan keinginannya untuk meraih gelar pada musim ini. Arsenal sudah delapan tahun berpuasa gelar, sejak meraih trofi Piala FA 2005. Musim lalu, Meriam London gagal dalam perebutan gelar juara Premier League, setelah hanya mampu finis di peringkat keempat.

"Target kami ingin menjadi pesaing juara liga," tutur Walcott.

Kunjungan Meriam London ke Indonesia merupakan bagian tur pramusim Mikel Arteta dan kawan-kawan di Asia. Di Tanah Air, The Gunners akan menjalani rangkaian kegiatan, antara lain coaching clinic dan meet and greet.

Puncaknya, tim besutan Arsene Wenger tersebut akan melakoni pertandingan melawan Indonesia Dream Team di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (14/7/2013) malam.

Manajer Arsene Wenger menilai, tur semacam ini adalah pengalaman yang bagus untuk pemain. "Anda tahu, kami sepanjang musim bermain terus. Oleh karena itu, hal ini bagus bagi pemain. Kami juga ingin membahagiakan mereka (fans) pada pertandingan nanti," tuturnya.

No comments:

Post a Comment