KOMPASbola

KOMPASbola


Sheva Dukung Seedorf Latih Milan

Posted: 01 Jun 2013 08:54 PM PDT

KYEV, KOMPAS.com - Mantan striker AC Milan, Andriy Shevchenko, mendukung rekannya, Clarence Seedorf, untuk menjadi pelatih I Rossoneri menggantikan Massimiliano Allegri. Menurutnya, Seedorf memiliki bakat menjadi pelatih yang baik.

Sheva, panggilan Shevchenko, pernah sama-sama membela Milan. Ia kini sudah pensiun. Sedangkan Seedorf masih bermain di Brasil, membela klub Botafogo.

"Bagi saya, sangat sulit berbicara tentang dia (Seedorf) sebagai pelatih. Sebab, ia tak pernah memiliki pengalaman di situ. Jika ia yang dipilih (sebagai pelatih Milan), maka saya akan mengharapkan yang terbaik buatnya. Saya akan bahagia melihat dia di bangku pelatih," kata Sheva kepada Sky Sport.

Masa depan Allegri belum jelas. Ia kuat dikaitkan akan menangani AS Roma. Bahkan, rumor yang berkembang menyebutkan bahwa Allegri sudah melakukan kesepakatan verbal dengan Roma untuk kontrak selama tiga tahun.

Sebab itu, isu pelatih Milan terus berkembang. Terakhir, muncul spekulasi bahwa Seedorf menjadi salah satu kandidat pelatih I Rossoneri. Namun, Pelatih Botafogo, Osvaldo de Oliveira menegaskan, Seedorf akan tetap di Brasil sebagai pemain timnya.

Pemain Madrid "Usir" Mourinho

Posted: 01 Jun 2013 08:42 PM PDT

MADRID, KOMPAS.com -  Bek Alvaro Arbeloa blak-blakan soal situasi yang terjadi di Real Madrid. Menurutnya, para pemain memiliki andil besar yang membuat Jose Mourinho memutuskan hengkang dari Santiago Bernabeu pada akhir musim ini.

Mourinho dan Madrid memang sudah sepakat untuk berpisah, setelah pelatih asal Portugal itu gagal memberikan gelar bagi publik Santiago Bernabeu pada musim ini. Selain itu, Mourinho juga memilih pergi karena hubungan yang tak harmonis dengan pemain. Kabar yang beredar, Mourinho bakal kembali melatih Chelsea.

"Setiap orang bertanggung jawab. Kami tidak memiliki kedewasaan dalam situasi sulit. Mourinho selalu mengedepankan Madrid. Dia sering mengorbankan citranya untuk klub ini, tetapi pemain tidak bisa melakukan hal yang sama," ungkap Arbeloa.

"Sayangnya, kami tidak bisa memenangkan lebih banyak gelar. Mourinho selalu memenangkan gelar di mana dia bekerja dan skuad terbaik yang dipimpinnya. Kami gagal mengejar Barcelona setelah kami mengalami kemunduran pada bulan pertama. Pada September, kami tidak pernah percaya bahwa kami menang dengan unggul banyak poin. Sayang, kami tidak berjuang sampai akhir. Aku pikir, ini musim yang bergejolak, terutama pada akhir musim ini. Banyak yang tidak sepaham dengan pelatih, " bebernya. (GL) 

De Laurentiis akan Beli Klub Inggris

Posted: 01 Jun 2013 08:40 PM PDT

NAPLES, KOMPAS.com - Pemilik dan Presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis, mengumumkan bahwa dirinya akan membeli salah satu klub Inggris. Ia juga akan memilih Edoardo (Edi) Reja untuk menjadi pelatihnya.

"Saya sudah mengontak Reja dalam beberapa hari ini dan mengatakan kepadanya bahwa saya ingin melakukan ekspansi dalam bisnis sepak bola. Saya ingin membeli tiga klub, salah satunya klub di Inggris. Maka, saya meminta Reja apakah ia siap menjadi pelatihnya. Dia menyatakan bersedia. Jika klub sudah terbeli dan dia berkomitmen dengan klub lain, maka saya akan mencari pelatih lain," jelas De Laurentiis kepada Football Italia.

"Dalam hidup saya, saya selalu mencintai kota Naples dan kebudayaannya. Saya ingin membawa kota ini dihormati di seluruh dunia. Beberapa rekan saya mengatakan, mereka tak pernah melihat kota ini dan saya penasaran bagaimana itu terjadi," tambahnya.

De Laurentiis yang juga pengusaha film iniakan melakukan konferensi pers lewat Twitter, Minggu (2/6/2013). Ia akan menjawab suporter tentang pelatih baru Napoli, Rafael Benitez, dan juga strategi transfernya. Ia juga mengatakan, Fabio Pecchia akan menjadi salah satu asisten Benitez.

"Pecchia adalah seorang pribadi yang saya suka dan kami sedang mengevaluasi perannya di klub ini. Dia sangat terpelajar, cerdas, dan tahu beberapa bahasas. Saya ingin membuat Napoli go international," tandasnya.

Bayern Ikuti Jejak Inter, Barca, MU

Posted: 01 Jun 2013 08:15 PM PDT

BERLIN, KOMPAS.com - Bayern Muenchen berhasil mencetak sejarah pada musim ini. Die Roten menjadi satu-satunya tim Jerman yang berhasil meraih tiga gelar dalam satu musim.

Dengan demikian, Bayern menjadi tim kedelapan yang meraih treble winner. Sebelumnya, prestasi yang sama pernah ditorehkan Celtic (1967), Ajax (1972), PSV (1988), Man United (1999), FC Barcelona (2009), dan Inter Milan (2010).

Sukses Bayern itu didapatkan Arjen Robben dan kawan-kawan seusai menekuk VfB Stuttgart 3-2 pada babak final DFB Pokal yang digelar di Olympia Stadion, Berlin, Sabtu atau Minggu (2/6/2013) dini hari WIB. Gelar ini melengkapi kesuksesan yang diraih sebelumnya oleh Bayern saat menjuarai Bundesliga 1 dan Liga Champions.

Pencapaian Bayern meraih treble winner sekaligus menjadi kado perpisahan terindah bagi Jupp Heynckes. Pelatih berusia 68 tahun tersebut telah memutuskan pergi pada akhir musim ini. Posisinya akan digantikan oleh mantan pelatih Barcelona, Josep "Pep" Guardiola.

Juara DFB Pokal, Bayern Raih Treble Winner

Posted: 01 Jun 2013 07:59 PM PDT

BERLIN, KOMPAS.com -  Bayern Muenchen berhasil menjuarai DFB Pokal seusai membungkan VfB Stuttgart 3-2 pada babak final yang digelar di Olympia Stadion, Berlin, Sabtu atau Minggu (2/6/2013) dini hari WIB. Die Roten pun sukses memenuhi ambisinya menjadi satu-satunya tim Jerman yang meraih treble winner. Sebelumnya, Arjen Robben dan kawan-kawan sukses menjuarai Bundesliga 1 dan Liga Champions. 

Kedua tim sebetulnya bermain dalam tempo cepat sejak awal laga.  Gawang Bayern nyaris kebobolan pada menit ke-23. Beruntung kiper Bayern, Manuel Neuer, berhasil melakukan penyelamatan gemilang saat gawangnya diteror Georg Niedermeier.

Berselang beberapa menit kemudian, giliran Die Roten yang mengancam melalui aksi David Alaba. Pemain bernomor punggung 27 tersebut berhasil menembus kotak penalti lawan dan kemudian melepaskan tembakan keras. Sayang, bola tembakan Alaba masih bisa dimentahkan oleh kiper Sven Ulreich.  

Bayern berusaha memegang kendali permainan. Arjen Robben dan kawan-kawan memeragakan umpan-umpan pendek yang cepat. Akhirnya, usaha mereka membuahkan hasil berkat gol yang diciptakan Thomas Mueller dari titik putih pada menit ke-37. Wasit Manuel Grafe langsung memberikan hadiah penalti kepada Bayern, setelah Philipp Lahm dilanggar oleh Traore saat melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti. Mueller yang maju sebagai algojo sukses menyarangkan bola ke sisi kanan gawang Stuttgart.

Meski unggul, Bayern tak mengendurkan serangannya. Mario Gomez memiliki peluang emas mencetak gol saat menguasai umpan dari Robben. Namun, bola tembakan Gomez masih bisa diblok oleh pemain lawan. Itu menjadi peluang terakhir bagi Bayern pada babak ini. Skor 1-0 untuk keunggulan Bayern bertahan hingga laga usai.

Gomez menjadi bintang lapangan pada babak kedua. Pemain gaek asal Jerman itu berhasil mencetak dua gol dalam tempo 15 menit. Gol pertama Gomez tercipta pada menit ke-48. Gol berawal dari penetrasi yang dilakukan Robben di sisi kiri pertahanan Stuttgart. Dengan cermat, pemain asal Belanda tersebut memberikan umpan kepada Lahm. Tanpa kesulitan, Lahm melepaskan umpan ke dalam kotak penalti yang kemudian langsung disambut Gomez dengan sepakan keras.

Gomez kembali mencetak gol pada menit ke-61. Prosesnya mirip dengan gol pertamanya. Dari sisi kiri pertahanan lawan, Mueller melepaskan umpan ke dalam kotak penalti. Gomez yang berada dalam kawalan ketat lawan, berhasil memotong bola dan gol.  Di pinggir lapangan, Pelatih Jupp Heynckes terlihat sangat gembira karena impiannya meraih treble winner hampir terwujud.

Heynckes pun terlihat begitu puas dengan penampilan Gomez. Namun, ia kemudian memasukkan Mario Mandzukic untuk menggantikan Gomez pada menit ke-62.  

Pelatih Stuttgart, Bruno Labbadia, juga melakukan perubahan. Dia memasukkan Gotoku Sakai dan Shinji Okazaki. Labbadia melakukan keputusan yang tepat. Martin Harnik mencetak gol balasan seusai memanfaatkan umpan silang yang dilepaskan Sakai pada menit ke-71.  
    
Gol ini memulihkan semangat juang pemain Stuttgart. Apalagi, Harnik kembali berhasil membobol gawang  Neuer hanya dalam tempo sembilan menit. Gol berawal dari tembakan keras yang dilepaskan Okazaki yang membentur tiang. Harnik kemudian menguasai bola dan melepaskan tembakan lagi. Namun, bola tembakannya sempat ditepis Neuer. Keberuntungan masih berpihak kepada Harnik. Pemain berusia 25 tahun tersebut kembali mendapatkan bola. Kali ini, tembakan yang dilepaskan Harnik bersarang ke pojok kanan bawah gawang Neuer.

Setelah itu, Bayern lebih banyak tertekan. Bahkan, beberapa kali gawang mereka terancam.

Heynckes langsung bertindak cepat. Dia memperkuat lini pertahanan timnya dengan memasukkan Anatoliy Tymoshchuk, untuk menggantikan Robben pada menit ke-83. Taktik Heynckes berhasil karena Bayern mampu menjaga keunggulannya hingga laga usai.

Susunan Pemain
Bayern Muenchen:
1-Manuel Neuer; 5-Daniel van Buyten, 17-Jerome Boateng, 21-Philipp Lahm, 27-David Alaba; 7-Franck Ribéry, 8-Javi Martínez, 10-Arjen Robben (Anatoliy Tymoshchuk 83), 25-Thomas Muller, 31-Bastian Schweinsteiger;  33-Mario Gomez (Mario Mandzukic 62)
Pelatih: Jupp Heynckes

VfB Stuttgart: 1-Sven Ulreich; 5-Serdar Tasci, 6-Georg Niedermeier, 21-Christian Molinaro (Gotoku Sakai 67), 24-Antonio Rüdiger; 7-Martin Harnik, 15-Arthur Boka, 16-Ibrahima Traore (Cacau 75), 20-Christian Gentner, 44-Alexandru Maxim (Shinji Okazaki 62); 9-Vedad Ibisevic
Pelatih: Bruno Labbadia

Higuain: Aku Sudah Putuskan Tinggalkan Madrid

Posted: 01 Jun 2013 07:53 PM PDT

MADRID, KOMPAS.com - Striker Real Madrid, Gonzalo Higuain, menegaskan bahwa ia akan meninggalkan klub tersebut. Itu sudah menjadi keputusan yang tak bisa ditawar lagi.

Higuain mencetak satu gol pada laga terakhir Liga BBVA musim 2012-13 di Stadion Santiago Bernabeu, Sabtu (1/6/2013). Ini akan menjadi laga terakhirnya bersama Los Blancos. Ia menyatakan tertarik bergabung dengan Juventus.

"Aku merasa waktuku di sini sudah mencapai akhir. Juventus dan tim lain tertarik kepadaku. Juventus merupakan klub bersejarah dan banyak pemain hebat bermain di sana," kata Higuain usai pertandingan yang dimenangkan Madrid dengan skor 4-2 itu.

"Aku ingin pergi ke klub di mana aku bisa membuktikan kemampuanku. Aku mendapat beberapa tawaran dan menginginkan perubahan pemandangan. Aku berharap bahwa Madrid melakukan yang terbauk untukku dan untuk mereka," tambahnya.

Higuain kembali mengisyaratkan memilih Juventus daripada klub lainnya. Ia merasa harus meninggalkan Madrid, setelah mulai kehilangan tempat utama.

"Aku selalu berusaha sampai mati. Aku datang ke sini (Madrid) dengan transfer 12 juta euro (sekitar Rp 152,6 miliar). Namun, kukira aku akan dijual lebih mahal," tandasnya. (RTR)

"Saya Memilih Falcao daripada Ibrahimovic"

Posted: 01 Jun 2013 07:41 PM PDT

MONACO, KOMPAS.com - Penyerang AS Monaco, Valere Germain, menyatakan sudah tak sabar berlatih dan bermain bersama Radamel Falcao. Menurutnya, ia lebih baik daripada striker Paris Saint-Germain (PSG), Zlatan Ibrahimovic.

Ibrahimovic mencetak 30 gol buat PSG dan membawa timnya juara Ligue 1 untuk pertama kalinya sejak 19 tahun. Namun, musim depan Monaco yang kembali promosi ke Ligue 1 bakal menjadi pesaing berat PSG. Selain membeli Falcao dari Atletico Madrid, Monaco juga membeli dua bintang FC Porto, Joao Moutinho dan James Rodriguez.

"Kalau aku lebih memilih Falcao (daripada Ibrahimovic), meski kedua striker ini memiliki tipe permainan yang berbeda," kata Germain kepada Le Parisien.

"Radamel seorang pencetak gol dan terutama juga petarung sejati. Dia salah satu striker terbaik di dunia. Kami sangat senang untuk menyambut kehadirannya," kanjutnya.

Germain juga menambahkan, "AKu sering melihatnya bermain lewat televisi dan sekarang aku akan berlatih dan bermain bersamanya. Ini sangat mengagumkan. Selain itu, bersama Moutinho, Falcao, dan Rodriguez, kami akan mampu menantang semua tim di Ligue 1, bahkan di Eropa. Kami akan mencoba bersaing dengan PSG pada musim depan."

Barca Tutup Musim dengan Raih 100 Poin

Posted: 01 Jun 2013 07:22 PM PDT

BARCELONA, KOMPAS.com - Barcelona berhasil meraih kemenangan pada laga pamungkas Liga BBVA musim ini. Tim berjuluk El Barca tersebut berhasil mengalahkan Malaga 4-1 di Camp Nou, Sabtu atau Minggu (2/6/2013), sekaligus melengkapi perolehan 100 poin.

Di depan pedukungnya sendiri, Barca hanya membutuhkan empat menit untuk membobol gawang tim tamu. David Villa berhasil menaklukkan kiper Wilfredo Cabellero, sesuai memanfaatkan umpan matang dari Pedro.

Publik Camp Nou kembali bersorak gembira menyambut gol yang diciptakan Cesc Fabregas pada menit ke-14. Berselang dua menit kemudian, giliran Martin Montoya yang mencetak gol. Montoya berhasil melepaskan tembakan keras yang membuat bola bersarang di sisi kiri gawang Malaga.   

Selepas turun minum, Barca kembali menguasai permainan. Namun, tim besutan Tito Vilanova tersebut hanya mampu mencetak satu gol tambahan melalui aksi Andres Iniesta pada menit ke-52. Sementara, Malaga mendapatkan gol hiburan melalui usaha keras Pedro Morales pada menit ke-56.

Dengan kemenangan ini, Barca mengoleksi 100 poin dari 32 kemenangan dan empat hasil imbang. Barca juga cukup produkltf setelah mereka berhasil mencetak 115 gol dan hanya kebobolan 40 gol.

Susunan pemain:
Barcelona (4-3-3): 13-Jose Manuel Pinto; 19-Martin Montoya, 3-Gerard Pique (Eric Abidal 76), 14-Javier Mascherano, 18- Jordi Alba; 6-Xavi, 16- Sergio Busquets, 8-Andres Iniesta (Thiago 55); 17-Pedro, 4-Cesc Fabregas, 7-David Villa (Sanchez 78).

Malaga (4-2-3-1): 13-Wilfredo Caballero; 2- Jesus Gamez, 3-Weligton, 4- Diego Lugano, 18-Eliseu; 8- Jeremy Toulalan, 6- Ignacio Camacho; 7-Joaquin (Seba Fernandez 71), 22-Isco (Javier Saviola 79), 10- Julio Baptista; 24-Santa Cruz (Pedro Morales 45).

No comments:

Post a Comment