KOMPAStekno

KOMPAStekno


Samsung Untung Besar dari Ponsel Galaxy

Posted: 28 Apr 2013 10:24 AM PDT

KOMPAS.com - Samsung mencatat laba kuartal pertama tahun 2013 sebagai rekor tertinggi sepanjang sejarah laporan keuangan perusahaan dalam tiga bulanan. Pendapatan Samsung di kuartal ini paling banyak disumbang dari bisnis ponsel pintar seri Galaxy.

Dalam laporan keuangan, Jumat (26/4/2013), laba bersih Samsung naik menjadi 7,15 triliun won Korea Selatan (atau 64 juta dollar AS) dalam tiga bulan pertama 2013 yang berakhir pada 31 Maret lalu. Laba bersih ini naik dari 5,05 triliun won pada kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Kesuksesan diraih berkat ponsel seri Galaxy yang memakai sistem operasi Android. Perusahaan Korea Selatan ini membanjiri pasar dengan beragam model ponsel, serta mengisi kesenjangan harga di pasar.

Laba dari divisi mobile Samsung melonjak 56 persen ke rekor 6,51 triliun won pada kuartal pertama 2013. Samsung tidak mengungkap berapa banyak ponsel yang dikirim pada kuartal itu. Namun menurut beberapa analis kepada Reuters, Samsung mengirim 68 juta sampai 70 juta ponsel pada kuartal pertama 2013.

Secara keseluruhan penjualan Samsung naik 17 persen menjadi 52,9 triliun won. Laba operasional juga naik 54 persen menjadi 8,8 triliun won.

Hasil yang bagus di bisnis ponsel membantu mengimbangi turunnya permintaan dalam bisnis televisi, begitu juga dengan bisnis komponen panel layar.

FBI Tak Boleh Mata-matai Peretas dari "Webcam"

Posted: 28 Apr 2013 08:30 AM PDT


KOMPAS.com - Usaha Biro Penyelidik Federal Amerika Serikat (FBI) untuk memata-matai aksi peretasan sistem keamanan komputer lewat kamera web di komputer (webcam) belum bisa dijalankan. Pada akhir April 2013, seorang hakim Amerika Serikat menolak permintaan FBI untuk memasang program mata-mata yang bekerja pada webcam komputer terduga peretas (hacker).

Seperti dikutip dari Ars Technica, program itu mampu melakukan tindakan mata-mata seperti mengaktifkan unit webcam, mengakses media penyimpanan, serta memberi tahu lokasi komputer kepada agen FBI.

Rupanya, sang hakim yang bernama Stephen Smith menilai program itu terlalu mirip dengan program jahat yang merekam aktivitas online (spyware) Remote Administration Tool (RAT). Program macam ini  biasa dipakai orang tak bertanggung jawab untuk memata-matai orang lain via webcam.

Sebelumnya, pada Maret lalu, FBI mengajukan permohonan surat perintah pada Hakim Smith untuk menginvestigasi kemungkinan "penipuan bank, pencurian identitas, dan pelanggaran undang-undang keamanan komputer" oleh seorang terduga peretas.

Namun, FBI belum mengungkap nama asli pelaku peretasan itu. Terduga hanya disebut dengan nama samaran "John Due." Ia diduga tinggal di distrik bagian selatan Texas dan mencoba melakukan transfer dana dari bank lokal di negara bagian tersebut ke rekening sebuah bank asing.

Hakim Smith menilai permintaan FBI untuk menanam program mata-mata tersebut terlalu luas dan invasif. Apalagi, FBI belum mengetahui pasti identitas orang yang diincar.

Hakim Smith menyoroti kemungkinan salah tuduh yang bisa muncul dari penggunaan program ini, misalnya ketika komputer tersebut ternyata dipakai bersama dengan orang lain yang tak tahu-menahu soal kejahatan siber yang dimaksud.

Beberapa pihak mempertanyakan maksud dan tujuan permohonan FBI ini. Seorang pengamat keamanan siber Chris Soghoian dari American Civil Liberties Union, mengatakan, rencana aksi mata-mata yang diajukan FBI seharusnya dilakukan sebagai upaya terakhir, bukannya tindakan pertama dalam menangani sebuah dugaan.

PlayStation 4 Dilengkapi "Controller" Canggih

Posted: 28 Apr 2013 05:57 AM PDT

KOMPAS.com - Seakan tak mau kalah dengan Microsoft yang baru mengumumkan tanggal pengumuman konsol game Xbox gnerasi berikutnya, Sony merilis video yang menunjukan fitur canggih dari alat pengendali (controller) Dual-Shock 4 (DS4) yang jadi pendamping konsol PlayStation 4.

Seperti dikutip dari CNet, video tersebut berisi penjelasan tentang controller DS4 beserta fitur yang dibenamkan Sony. "Segalanya telah ditingkatkan, termasuk stik analog dan sensitivitas trigger," ujar Wakil Presiden Senior Divisi Pengembangan Produk PlayStation Sony, Scott Rohde di dalam video.

Salah satu fitur utama pada DS4 adalah sebuah panel touchpad dengan dukungan multi-touch gesture yang terletak persis di atas kedua stik analog. Touchpad ini bisa dioperasikan dengan ibu jari maupun jari telunjuk untuk memberi input tambahan ketika bermain game.

Perusahaan Jepang ini juga menyelipkan speaker kecil di bagian tengah DS4 yang diklaim bisa memperkaya efek suara ketika bermain. Lalu ada lampu berwarna di bagian depan yang bisa menunjukkan pemain mana yang sedang mengendalikan sebuah sisi layar dalam sesi 2-player splitscreen.

Fitur yang tak kalah menarik adalah penyertaan tombol "share" yang bisa dipakai untuk merekam video atau screenshot ketika bermain game dan membaginya dengan teman-teman.

Penasaran? Ikuti penjelasan lengkapnya dalam video di bawah ini.

iPad Mulai Terancam Tablet Android dan Windows

Posted: 28 Apr 2013 04:50 AM PDT


KOMPAS.com - Pertumbuhan angka pengiriman tablet bersistem operasi Android dan Windows mulai mengikis pangsa pasar perangkat iPad buatan Apple, menurut laporan Strategy Analytics tentang pengiriman tablet secara global pada kuartal pertama 2013.

Seperti dikutip dari PC World, secara tahun ke tahun, pengiriman tablet bersistem operasi iOS mengalami pertumbuhan dari 11,8 juta unit pada kuartal pertama 2012 menjadi 19,5 juta unit pada kuartal pertama 2013.

Namun, dalam periode yang sama, pangsa pasar iPad secara global justru menyusut dari 63,1 persen menjadi 48,2 persen.

Menurut data Strategy Analytics, tablet Android mengalami pertumbuhan cukup signifikan. Tablet Android mencatat pengiriman 17,6 juta unit pada kuartal pertama 2013, dengan meraih pangsa pasar 43,4 persen. Sementara tablet Windows terkirim sebanyak 3 juta unit atau 7,5 persen dari keseluruhan pangsa pasar global.

Pengiriman tablet Android dan Windows ini jelas mulai mengancam posisi iPad. Karena sebelumnya, pada kuartal pertama 2012, tablet Android dan Windows masing-masing memiliki pangsa sebesar 34,2 persen dan 0 persen.

Kemajuan teknologi perangkat lunak mobile yang meningkatkan kapabilitas tablet Android dan Windows secara perlahan mampu bersaing langsung dengan iPad.

Produk-produk semacam Dell XPS 10 dan Samsung Galaxy Tab, misalnya, memanfaatkan prosesor Snapdragon S4 dari Qualcomm yang memberi efisiensi daya tinggi sekaligus penggunaan ruang minimal dengan desain all-in-one.

Saat ini iPad masih memimpin pasar tablet karena menjadi pionir dan mempelopori jenis perangkat ini di pasar global. Akan tetapi, pangsa pasar perangkat itu telah menurun drastis dari 90 persen pada dua tahun lalu menjadi kurang dari 50 persen pada kuartal pertama tahun ini.

Para analis memperkirakan tren ini akan terus berlanjut seiring dengan bertambahnya tablet Windows dan peningkatan kualitas tablet Android.

Akhir 2013, LG Bikin Ponsel Layar Fleksibel

Posted: 28 Apr 2013 02:22 AM PDT

KOMPAS.com - Setelah memamerkan teknologi layar fleksibel pada Januari lalu, LG akan membuat ponsel pintar dengan layar fleksibel jenis Organic Light Emitting Dioda (OLED). Produk itu akan diluncurkan pada kuartal empat tahun 2013.

Hal ini diucapkan oleh Wakil Presiden Mobile LG Yoon Bu-hyun saat membahas laporan keuangan perusahaan kepada investor, akhir April 2013. Untuk merealisasikannya, divisi mobile LG akan bekerjasama dengan LG Display yang memproduksi layar.

Selain LG, Samsung juga sudah mengembangkan layar fleksibel dengan merek dagang Youm. Ia diklaim tidak akan patah, karena sifat fleksibelnya yang bisa ditekuk, digulung, dan dilipat.

Youm didesain sangat tipis dan memakai teknologi OLED. Kualitas gambar dari layar OLED lebih cemerlang, bobotnya lebih ringan dan lebih irit daya listrik. Teknologi macam ini bisa digunakan pada ponsel, tablet, kamera, alat pemutar lagu digital, dan perangkat komputer lainnya.

No comments:

Post a Comment