KOMPAStekno

KOMPAStekno


Ini Dia Spesifikasi Google Glass

Posted: 16 Apr 2013 11:51 AM PDT

KOMPAS.com — Berita tentang perangkat kacamata pintar Google Glass terus bergulir. Setelah mengumumkan bahwa perangkat kontroversial ini telah siap diproduksi, Google juga telah merilis spesifikasi resmi dari gadget buatannya itu.

Lalu, apa saja komponen yang ditanam Google? Mari kita mulai dari layar/ lensa. Seperti dikutip dari Techcrunch, layar yang tak ubahnya lensa kacamata Google Glass diklaim bakal memiliki resolusi yang "setara dengan display high definition dilihat dari jarak 2,5 meter".

Kendati demikian, dalam keterangan spesifikasi, Google tidak mencantumkan berapa persisnya resolusi layar Google Glass.

Dalam panduan Google Glass untuk developer, Google menyatakan bahwa foto-foto yang ditampilkan melalui perangkat itu harus memiliki resolusi 640 x 360. Besar kemungkinan bahwa angka tersebut mewakili resolusi yang sebenarnya dari Google Glass.

Versi pertama kacamata pintar Google ini juga akan dibekali kamera yang mampu merekam video HD 720p. Media penyimpanan internal berukuran 16 GB (dengan 12 GB ruang kosong yang bisa dipakai) dapat menyimpan hasil tangkapan gambar atau rekaman video.

Media penyimpanan ini juga akan tersinkronisasi dengan layanan cloud storage Google.

Soal baterai, Google mengklaim bahwa Google Glass bisa bertahan seharian. Akan tetapi, ditambahkan pula bahwa daya tahan baterai tersebut bisa menurun apabila penggunanya memakai fitur-fitur rakus energi seperti merekam video atau ngobrol bareng di Google Hangout.

Nah, salah satu fitur yang paling unik adalah "bone conduction transducer". Kacamata pintar ini bisa mentransmisikan suara ke telinga bagian dalam melalui tulang tengkorak penggunanya. Berkat fitur ini, pengguna tak memerlukan headphone untuk mendengar suara dari Google Glass.

Berikut ini spesifikasi lengkap Google Glass.

Fitting:
- Bantalan hidung dan frame yang bisa disesuaikan dengan semua bentuk wajah
- Bantalan hidung tambahan dalam dua ukuran

Layar:
"Resolusi tinggi setara dengan display high definition dilihat dari jarak 2,5 meter"

Kamera:
- Foto: 5 megapiksel
- Video: HD 1280x720 p

Audio:
"Bone Conduction Transducer"

Konektivitas:
- WiFi 802.11b.g
- Bluetooth

Media penyimpanan:
16 GB, dengan kapasitas yang bisa dipakai sebesar 12 GB, tersinkronisasi dengan layanan cloud storage Google.

Daya tahan baterai:
Satu hari penuh, kecuali dipakai untuk merekam video atau video conferencing (hangout)

Charger:
Charger khusus dengan port micro-USB

Kompatibilitas:
- Semua ponsel dengan kapabilitas Bluetooth
- Software pendamping MyGlass membutuhkan sistem operasi Android 4.0.3 (Ice Cream Sandwich) atau yang lebih baru. MyGlass membuka fitur GPS dan SMS pada Google Glass.

BlackBerry Indonesia Ditinggal Petingginya

Posted: 16 Apr 2013 10:17 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Perusahaan telekomunikasi Bakrie Telecom yang terkenal dengan merek Esia merekrut Eka Anwar yang selama ini bekerja di BlackBerry Indonesia sebagai kepala pemasaran.

Eka mengatakan, ia akan aktif di Bakrie Telecom mulai Senin tanggal 22 April mendatang. "Sampai detik ini saya masih di BlackBerry, tapi Senin depan sudah di Bakrie Telecom," ujar Eka saat dihubungi KompasTekno, Selasa (16/4/2013).

Eka akan menjabat sebagai Chief Marketing Officer (CMO) Bakrie Telecom. Ia yakin bisa mengembalikan masa kejayaan Esia seperti dulu, meskipun menyadari ada banyak hal yang perlu dibenahi dari Bakrie Telecom.

"Semua orang tahu keadaan Esia sekarang bagaimana. Sudah setahun jarang ada aktivitas. Ini pekerjaan rumah saya," ungkapnya.

Eka mengaku belum bertemu dengan para petinggi Bakrie Telecom sehingga belum bisa bicara banyak tentang program yang akan dilakukan untuk Esia. Pekan depan, Eka baru akan bertemu dengan para petinggi perusahaan.

Di BlackBerry, Eka memimpin program pemasaran di seluruh Indonesia. Perjalanan Eka di perusahaan asal Kanada itu terbilang singkat, hanya satu tahun tiga bulan.

Eka mulai memasuki industri telekomunikasi di Indonesia sejak Oktober 2004. Dikutip dari akun jejaring sosial profesional LinkedIn, sebelumnya Eka bekerja untuk Nokia Indonesia sebagai marketing manager selama lima tahun sembilan bulan. Ia kemudian hijrah ke Samsung Indonesia sebagai head of marketing untuk bisnis perangkat mobile, dari Juli 2010 sampai Desember 2011.

Lagi, Anonymous Serang Situs Korut

Posted: 16 Apr 2013 08:51 AM PDT

KOMPAS.com — Anonymous melancarkan serangan terhadap beberapa properti digital yang dijalankan Pemerintah Korea Utara beberapa waktu lalu. Namun, ternyata kelompok hacker ini tak berniat berhenti sampai di situ.

Seperti dilaporkan oleh The Inquirer, Anonymous mengklaim telah menumbangkan sejumlah situs milik Korea Utara.

Pemberitahuan mengenai serangan tersebut—berikut "bukti" berupa gambar website yang offline—ditayangkan melalui akun Twitter badan propaganda Korea Utara, Uriminzokkiri (@uriminzok), yang diambil alih oleh Anonymous dalam serangan sebelumnya.

Berdasarkan keterangan Anonymous itu, sejauh ini sudah sembilan situs Korea Utara yang menjadi korban serangan Anonymous.

Beberapa situs dibuat tak bisa diakses, sementara lainnya mengalami deface dan menampilkan gambar pemimpin besar Korea Utara, Kim-Jong Un, yang dimodifikasi oleh hacker.

Sebelum ini, Anonymous sempat mengambil alih akun Twitter dan Flickr yang dijalankan oleh pihak Korea Utara. Akun Flickr tersebut tak lama kemudian ditutup dan hanya meninggalkan pesan yang isinya memberi tahu bahwa pemilik akun yang bersangkutan sudah "tidak aktif lagi".

Anonymous juga memasang pernyataan di situs pastebin.com mengenai rangkaian serangan cyber terhadap Korea Utara.

"Botnet" Serang Situs WordPress

Posted: 16 Apr 2013 08:16 AM PDT

KOMPAS.com — WordPress diserang oleh ''puluhan ribu'' botnet dari komputer individu sejak pekan lalu, demikian disampaikan penyedia server Cloudflare dan Hostgator.

Botnet menargetkan pengguna WordPress yang memakai nama ''admin'' untuk mencoba mencuri ribuan kata sandi atau password.

Serangan ini dimulai sepekan setelah WordPress menguatkan keamanan dengan tambahan opsi dua langkah saringan saat pengguna masuk ke sistem.

WordPress saat ini memiliki 64 juta blog dan dibaca oleh 371 juta orang setiap bulannya.

Menurut jajak pendapat situs W3Techs, sekitar 17 persen situs dunia dijalankan oleh WordPress.

"Ubah sandi"

"Ini yang saya bisa rekomendasikan: Jika Anda masih menggunakan nama 'admin' di blog Anda, ubah, gunakan kata sandi yang kuat,'' demikian tulis pendiri WordPress Matt Mullenweg di blog resminya.

Dia juga menyarankan dua langkah saringan masuk, termasuk menggunakan ''angka rahasia'' di nama pengguna dan kata sandi, dan menjamin bahwa versi terbaru WordPress telah terpasang.

"Kebanyakan saran lainnya tidak bagus, mengingat botnet memiliki lebih dari 90.000 alamat IP, jadi pembatasan IP tidak bagus karena mereka bisa mencoba dari berbagai alamat IP lainnya dalam hitungan detik selama 24 jam.''

Matthew Prince, Kepala Eksekutif dan pendiri Cloudflare, mengatakan, tujuan dari serangan ini mungkin untuk lebih memperkuat botnet.

"Salah satu kekhawatiran dari serangan semacam ini adalah peretas menggunakan botnet yang relatif lemah dari komputer rumah untuk membangun botnet yang lebih besar guna menyiapkan serangan berikutnya,'' demikian dikatakannya.

"Mesin yang lebih besar ini bisa menyebabkan kerusakan lebih besar dalam DDos karena server memiliki koneksi jaringan besar dan mampu menghasilkan lalu lintas yang besar,'' tambahnya.

Setelah Android, Facebook Home Sambangi iPhone?

Posted: 16 Apr 2013 07:50 AM PDT

KOMPAS.com - Facebook resmi meluncurkan aplikasi khusus yang diberi nama Facebook Home pada Kamis (4/4/2013). Aplikasi ini pun sudah tersedia untuk diunduh di toko aplikasi Google Play Store mulai 12 April 2013 yang lalu.

Pada saat peluncuran aplikasi ini, Mark Zuckerberg, CEO Facebook, mengatakan, Facebook Home akan sedikit sulit untuk hadir di platform milik Apple, iOS.

Menurutnya, Facebook harus menjalin kemitraan resmi dengan Apple yang terkenal sangat mengontrol ekosistemnya yang tertutup. Ini berarti, kendali Facebook Home juga harus diserahkan ke Apple.

Namun, kata "sulit" bukan berarti "tidak bisa". Ingin menghadirkan Facebook Home di pelbagai platform lainnya, Facebook dikabarkan sudah membuka perbincangan dengan Apple untuk menghadirkan aplikasi semacam Facebook Home di iPhone.

Hal tersebut terungkap dari hasil wawancara Bloomberg dengan Adam Mosseri, Director of Product Facebook. Menurut Mosseri, perbincangan mengenai Facebook Home saat ini sedang berjalan, tetapi belum ada keputusan apa pun.

"Kami telah memperlihatkan kepada mereka (Apple) apa yang telah kami bangun dan kami sedang dalam perbincangan," kata Mosseri, seperti dikutip dari Cnet, Selasa (16/4/2013).

Lebih lanjut, Mosseri menjelaskan, skin, penampilan, dan juga nama dari aplikasi Facebook Home versi iOS bisa saja berbeda dari versi Android.

"Kita juga bisa hanya membawa beberapa desain untuk aplikasi iOS. Atau kami hanya membuat layar kunci (lock screen). Mungkin pada saat itu, aplikasi tersebut tidak disebut sebagai Home, mungkin akan disebut sebagai nama yang lain," lanjut Mosseri.

Selain Apple, Facebook dikabarkan juga sedang berbicara dengan Microsoft untuk membawa Facebook Home ke platform Windows Phone.

Belum ada konfirmasi dari pihak Apple dan juga Microsoft terkait aplikasi Facebook Home ini.

No comments:

Post a Comment