KOMPASbola

KOMPASbola


Allardyce: Gol Van Persie Offside

Posted: 17 Apr 2013 10:22 PM PDT

LONDON, KOMPAS.com - Pelatih West Ham United, Sam Allardyce, mengaku kecewa akan keputusan wasit Lee Probert mengesahkan gol penyerang Manchester United Robin van Persie, yang membuat timnya hanya meraih hasil 2-2, pada lanjutan Premier League di Upton Park, Rabu (17/4/2013).

The Hammers sempat unggul dua kali (1-0, 2-1) atas MU pada pertandingan itu, melalui gol yang diciptakan Ricardo Vaz Te (17) dan Mohamed Diame (55). Kemenangan yang sudah di depan mata akhirnya sirna setelah Van Persie mencetak gol balasan pada menit ke-77. Pemain yang diboyong dari Arsenal tersebut melepaskan tembakan keras, memanfaatkan bola liar hasil tembakan Shinji Kagawa yang membentur tiang.

"Kemenangan kami yang luar biasa yang diambil oleh asisten wasit dengan mengesahkan gol balasan Robin van Persie. Gol itu jelas-jelas offside, seperti yang semua orang bisa kita lihat," ujar Allardyce.

"Kami puas dengan hasil imbang sebelum laga dimulai. Namun, ketika Anda menyaksikan sebuah kemenangan melawan tim terbaik Eropa akhirnya dicuri, itu sulit diterima," sambungnya. (BBC)

Destro Puas Bobol Gawang Inter

Posted: 17 Apr 2013 10:01 PM PDT

MILAN, KOMPAS.com — Penyerang AS Roma, Mattia Destro, mengaku puas mencetak dua gol ke gawang mantan klubnya, Inter Milan, pada pertandingan leg kedua semifinal Coppa Italia, di Giuseppe Meazza, Rabu (17/4/2013), pertama-tama karena itu adalah laga pertama ia menjadi starter sejak mengalami cedera lutut pada 24 Januari 2013.

Setelah pulih dari cedera itu, pada 24 Maret 2013, Destro empat kali masuk skuad Roma, dengan catatan sekali dimainkan sebagai pengganti, dua kali tidak dimainkan, dan satu kali sebagai starter, yaitu pada laga melawan Inter tersebut.

Ketika tampil sebagai pengganti, yaitu pada laga Serie-A melawan Lazio, 8 April 2013, Destro tidak mencetak gol.

"Aku absen selama dua bulan, jadi aku sangat ingin mencetak gol. Kami semua ingin memenangi pertandingan ini. Bagaimana perasaanku sebagai mantan pemain Inter mencetak gol di sini (Giuseppe Meazza)? (Melepasku) adalah keputusan yang  mereka (Inter) ambil," ujar Destro.

Roma mengakhiri laga leg kedua semifinal Coppa Italia dengan skor 3-2. Sementara gol Inter dicetak Jonathan (22) dan Ricardo Alvarez (80), gol Roma dicetak Destro (55, 69) dan Vasilis Torisidis (73).

Roma pun berhak melaju ke final, di mana Lazio sudah menanti, mengingat pada leg pertama, 23 Januari 2013, Roma menang 2-1.

Terry 2 Gol, Chelsea Kembali Masuk 3 Besar

Posted: 17 Apr 2013 09:03 PM PDT

LONDON, KOMPAS.com — Chelsea meraih kemenangan 3-0 atas Fulham pada pertandingan di Craven Cottage, Rabu (17/4/2013). Dengan hasil itu, Chelsea mengoleksi 61 poin dan berhak naik ke peringkat ketiga klasemen sementara Premier League, menggeser Arsenal yang memiliki nilai 60.

Gol pertama tim tamu diciptakan David Luiz pada menit ke-30. Setelah menguasai umpan Eden Hazard, ia melepaskan tembakan jarak jauh yang membuat bola melesat masuk sudut kanan atas gawang Mark Schwarzer.

Chelsea mendapat gol kedua dari John Terry pada menit ke-43. Dengan kepalanya, ia membelokkan umpan silang Juan Mata masuk sudut kanan bawah gawang Fulham.

Terry kembali masuk daftar pencetak gol pada menit ke-72. Memanfaatkan umpan Fernando Torres, Terry membobol gawang Schwarzer dengan sundulan dari jarak dekat.

Secara umum, pertandingan berlangsung terbuka. Meski akhirnya kalah, Fulham sebetulnya mampu menciptakan sejumlah ancaman serius ke gawang Chelsea. Namun, tak satu pun membuahkan gol, karena penyelesaian yang kurang terukur dan koordinasi lini belakang Chelsea yang solid.

Pada menit ke-61, misalnya, Sascha Riether melepaskan tembakan yang diblok Terry. Lima menit kemudian, giliran Urby Emanuelson melihat bola tembakannya dikandaskan Ramires.

Menurut catatan Soccernet, selama pertandingan, Chelsea menguasai bola sebanyak 47 persen dan melepaskan tujuh tembakan titis dari 17 usaha, sementara Fulham menciptakan dua peluang emas dari 11 percobaan.

Fulham: 1-Mark Schwarzer; 3-John Arne Riise (20-Hugo Rodallega 67), 4-Philippe Senderos, 5-Brede Hangeland, 27-Sascha Riether; 11-Bryan Ruiz, 14-Giorgos Karagounis (12-Emmanuel Frimpong 77), 28-Urby Emanuelson, 33-Eyong Enoh; 9-Dimitar Berbatov, 10-Mladen Petric (21-Kerim Frei 82)

Chelsea: 1-Petr Cech; 2-Branislav Ivanovic, 4-David Luiz, 26-John Terry, 34-Ryan Bertrand; 7-Ramires (12-John Obi Mikel 76), 8-Frank Lampard, 10-Juan Mata (29-Demba Ba 81), 13-Victor Moses, 17-Eden Hazard (11-Oscar 69); 9-Fernando Torres

Wasit: Mike Dean

Tundukkan Inter di Milan, Roma Tantang Lazio

Posted: 17 Apr 2013 08:56 PM PDT

MILAN, KOMPAS.com - AS Roma menundukkan Inter Milan 3-2 pada leg kedua semifinal Coppa Italia di Giuseppe Meazza, Rabu (17/4/2013). Mengingat pada leg pertama Roma menang 2-1, mereka berhak melaju ke final, di mana Lazio sudah menanti.
 
Tampil di kandang sendiri berbekal kekalahan pada leg pertama, Inter langsung tampil menekan. Usaha Javier Zanetti dan kawan-kawan akhirnya membuahkan hasil setelah Jonathan berhasil menaklukkan kiper Maarten Stekelenburg pada menit ke-22.

Gol berawal dari pergerakan Jonathan yang menembus jantung pertahanan tim tamu melakukan umpan satu-dua dengan Ricardo Alvarez. Jonathan kemudian kembali melakukan umpan satu-dua yang cepat dengan Tommaso Rochi. Begitu menerima umpan yang dikirim Rochi dengan tumitnya, Jonathan langsung melepaskan tembakan akurat yang gagal dihalau Maarten Stekelenburg.

Inter juga berhasil unggul berkat performa kiper Samir Handanovic, yang melakukan sejumlah penyelamatan gemilang, misalnya ketika mengandaskan tembakan Mattia Destro pada menit ke-32 dan Alessandro Florenzi pada menit ke-45.

Peforma Handanovic digoyahkan oleh Mattia Destro pada menit ke-55. Setelah menguasai umpan terobosan Erik Lamela, Destro menggiring bola masuk kotak penalti lawan. Dalam duel satu lawan satu dengan Handanovic, Desto melambungkan bola ke arah gawang. Walter Samuel mencoba mencegah bola masuk gawang, tetapi gerak antisipasnya kalah cepat dari bola.

Pada menit ke-69, Destro kembali menaklukkan Handanovic. Gol berawal dari kejelian Daniele De Rossi melihat Destro berdiri bebas di dalam kotak penalti lawan. Tanpa kesulitan berarti, Destro berhasil memanfaatkan umpan De Rossi untuk mengubah angka di papan skor menjadi 1-2.

Belum sempat melepaskan ancaman, Inter kembali kebobolan pada menit ke-74. Kali ini, Handanovic gagal menghalau tembakan keras Vasilis Torosidis.

Inter berhasil memangkas jarak melalui gol yang diciptakan Alvarez pada menit ke-80 dan setelah itu terus berusaha mencetak gol. Namun, skor 2-3 tak berubah hingga peluit berbunyi panjang.

Susunan Pemain
Inter Milan:
1-Samir Handanovic; 4-Javier Zanetti, 23-Andrea Ranocchia, 25-Walter Samuel, 40-Juan, 42-Jonathan; 7-Ezequiel Matias Schelotto (benassi 63), 10-Mateo Kovacic, 11-Ricardo Alvarez, 17-Zdravko Kuzmanovic; 18-Tommaso Rocchi
Pelatih: Andrea Stramaccioni

AS Roma: 24-Maarten Stekelenburg; 3-Aoas Correa Marquinhos, 5- da Silva Leandro Castan, 46-Aleesio Romagnoli; 7-Marco Antonio de Mattos Filho, 16-Daniele De Rossi, 48-Alessandro Florenzi (Federico Balzaretti 46); 4-Michael Bradley, 8-Erik Lamela, 10-Francesco Totti, 22-Mattia Destro (Dodo 70).
Pelatih: Aurelio Andreazzoli

Van Persie Selamatkan MU di Upton Park

Posted: 17 Apr 2013 08:44 PM PDT

LONDON, KOMPAS.com — Bomber Manchester United, Robin van Persie, mencetak gol yang menyelamatkan timnya dari kekalahan pada pertandingan Premier League melawan West Ham United, di Upton Park, Rabu (17/4/2013), yang berakhir 2-2. Dengan hasil ini, MU tetap kokoh di puncak klasemen dengan mengoleksi 81 angka, atau unggul 13 poin dari pesaing terdekatnya, Manchester City.

Seten Merah sempat tertinggal terlebih dulu. Gol tim tuan rumah diciptakan Ricardo Vaz Te pada menit ke-17. Berawal dari serangan balik, Matthew Jarvis yang beroperasi di sayap kiri melepaskan umpan ke dalam kotak penalti. Dengan kepala, Andrew Carroll meneruskan bola kepada Vaz Te. Pemain bernomor punggung 12 tersebut kemudian menanduk bola yang gagal dijangkau kiper David De Gea.

Setan Merah bereaksi dengan meningkatkan intensitas serangan. Setelah gagal memanfaatkan secara maksimal beberapa peluang, Wayne Rooney dan kawan-kawan berhasil mencetak gol balasan melalui kaki Antonio Valencia pada menit ke-31.

Setelah menguasai bola kiriman Robin van Persie, Shinji Kagawa kemudian menggiring bola masuk kotak penalti dari sektor sayap kanan. Kagawa mengakhiri pergerakannya dengan melepaskan umpan datar ke depan gawang, yang disepak Valencia masuk gawang tuan rumah.

MU berusaha mempertahankan momentum. Namun, West Ham mampu bersikap tenang dan disiplin, sehingga meski tak menambah gol, mampu mempertahankan kedudukan 1-1 hingga peluit turun minum berbunyi.

Selepas turun minum, Carroll langsung mengancam gawang MU melalui tembakan keras yang dilepaskannya dari luar kotak penalti. Sayang tembakan penyerang asal Inggris itu masih gagal mengenai sasaran pada menit ke-52.

Tiga menit kemudian, publik Upton Park bersorak menyambut gol yang diciptakan Mohamed Diame. Begitu menguasai bola dari Guy Demel, Diame berhasil mengecoh Rooney dan kemudian melepaskan tembakan. Tembakan Diame melengkung sehingga menyulitkan De Gea menepis bola.

Tak berselang lama, Setan Merah nyaris mencetak gol balasan melalui tembakan keras Van Persie. Namun, wasit Van Persie terperangkap offside sebelum melepaskan tembakan.

Van Persie kembali melepaskan ancaman melalui tandukan yang dilepaskannya seusai memanfaatkan umpan silang Valencia. Namun, sundulan pemain Belanda tersebut masih bisa ditepis kiper Jussi Jaaskelainen pada menit ke-70.    

Van Persie akhirnya benar-benar mencetak gol pada menit ke-77. Pemain yang diboyong dari Arsenal tersebut melepaskan tembakan keras, memanfaatkan bola liar dari tembakan Kagawa yang membentur tiang. Itu merupakan gol ke-12 Van Persie dalam laga tandang sepanjang musim ini.

Fergie kembali melakukan perubahan di timnya. Dia memasukkan Hernadez untuk menggantikan Kagawa. Namun, perubahan yang dilakukan Fergie tak membuahkan hasil setelah skor 2-2 bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain
West Ham United:
22-Jussi Jaaskelainen; 2-Winston Reid, 17-Joey O'Brien, 19-James Collins, 20-Guy Demel; 4-Kevin Nolan, 7-Matthew Jarvis, 12-Ricardo Vaz Te, 21-Mohamed Diame, 32-Gary O'Neil (Mark Noble 68); 8-Andrew Carroll
Pelatih: Sam Allardyce

Manchester United: 1-David De Gea; 2-Rafael, 3-Patrice Evra, 5-Rio Ferdinand, 15-Nemanja Vidic; 4-Phil Jones, 7-Antonio Valencia, 10-Wayne Rooney (Ryan Giggs 71), 16-Michael Carrick, 26-Shinji Kagawa (Javier Hernandez 78); 20-Robin Van Persie
Pelatih: Sir Alex Ferguson

Tevez Menangkan City atas Wigan

Posted: 17 Apr 2013 08:42 PM PDT

MANCHESTER, KOMPAS.com — Penyerang Carlos Tevez mencetak gol yang menentukan kemenangan Manchester City 1-0 atas Wigan Athletic, pada lanjutan Premier League, di Etihad, Kamis (17/4/2013). Dengan hasil itu, City tertahan di posisi kedua dengan nilai 68 atau kalah 13 angka dari Manchester United.

Tevez membobol gawang tim tamu pada menit ke-83. Memanfaatkan umpan Aleksandar Kolarov, Tevez melepaskan tembakan kaki kanan di tengah kotak penalti, yang membuat bola melesat masuk sudut kanan atas gawang Joel Robles.

Gol Tevez bukan cuma berarti tiga angka, mengingat sepanjang pertandingan, City kesulitan mengatasi perlawanan Wigan dan bahkan beberapa kali nyaris kebobolan.

Setelah tembakan Sergio Aguero pada menit ke-21 meleset, City nyaris tak menciptakan peluang berarti. Di sisi lain, permainan Wigan kian membahayakan City.

Pada menit ke-36, Shaun Maloney melepaskan umpan ke arah Arouna Kone. Namun, Kone tidak mengontrol bola dengan baik sehingga bola lepas dari penguasaannya. Padahal, saat itu ia hanya berhadapan dengan Hart.

Semenit kemudian, Wigan menguji Hart melalui Franco Di Santo. Dalam duel satu lawan satu, Di Santo melepaskan tembakan dari jarak dekat, yang sayangnya masih bisa dikandaskan Hart.

City bisa memperbaiki performanya setelah itu. Namun, peluit turun minum keburu berbunyi, sebelum City menciptakan peluang emas baru.

Pada awal babak kedua, City mengambil inisiatif menyerang. Namun, Wigan mampu mematahkan serangan itu di tengah jalan dan melancarkan serangan balik, yang berujung tembakan dari Maloney. Namun, Joleon Lescott mengeblok tembakan itu.

Wigan mempertahankan tekanan terhadap tuan rumah dan pada menit ke-55, Maloney kembali berhasil melumpuhkan pertahanan City dan mengakhiri pergerakannya dengan melepaskan umpan kepada Kone. Kone melepaskan tembakan, tetapi diblok oleh Vincent Kompany.

City berusaha dan berhasil keluar dari tekanan Wigan. Tevez membuat usaha City membuahkan hasil sesuai harapan dengan gol pada menit ke-83.

Man City: 1-Joe Hart; 2-Micah Richards (11-Scott Sinclair 83), 4-Vincent Kompany, 6-Joleon Lescott, 13-Aleksandar Kolarov; 8-Samir Nasri, 14-Javi Garcia, 16-Sergio Aguero (10-Edin Dzeko 46), 18-Gareth Barry, 42-Yaya Toure;  32-Carlos Tevez

Wigan: 1-Joel Robles; 3-Antolin Alcaraz, 31-Maynor Figueroa, 33-Paul Scharner; 4-James McCarthy, 14-Jordi Gomez (16-James McArthur 84), 17-Emmerson Boyce, 22-Jean Beausejour; 2-Arouna Kone, 9-Franco Di Santo (15-Callum McManaman 69), 10-Shaun Maloney (18-Roger Espinoza 89)

Wasit: Anthony Taylor

Chelsea Ungguli Fulham 2-0

Posted: 17 Apr 2013 08:03 PM PDT

LONDON, KOMPAS.com — Chelsea unggul 2-0 atas Fulham hingga akhir babak pertama pertandingan Premier League, di Craven Cottage, Rabu (17/4/2013).

Gol pertama tim tamu diciptakan David Luiz pada menit ke-30. Setelah menguasai umpan Eden Hazard, ia melepaskan tembakan jarak jauh yang membuat bola melesat masuk sudut kanan atas gawang Mark Schwarzer.

Chelsea mendapat gol kedua dari John Terry pada menit ke-43. Dengan kepalanya, ia membelokkan umpan silang Juan Mata masuk sudut kanan bawah gawang Fulham.

Secara umum, kedua kubu tampil terbuka. Namun, mereka sama-sama kesulitan menuntaskan serangan dengan eksekusi. Sejumlah peluang yang susah payah diciptakan juga banyak yang hanya membuahkan tendangan gawang.

Menurut catatan Soccernet, selama paruh pertama, Chelsea menguasai bola sebanyak 49 persen dan melepaskan empat tembakan titis dari sepuluh usaha sementara Fulham menciptakan dua peluang emas dari tujuh percobaan.

Fulham: 1-Mark Schwarzer; 3-John Arne Riise, 4-Philippe Senderos, 5-Brede Hangeland, 27-Sascha Riether; 11-Bryan Ruiz, 14-Giorgos Karagounis, 28-Urby Emanuelson, 33-Eyong Enoh; 9-Dimitar Berbatov, 10-Mladen Petric

Chelsea: 1-Petr Cech; 2-Branislav Ivanovic, 4-David Luiz, 26-John Terry, 34-Ryan Bertrand; 7-Ramires, 8-Frank Lampard, 10-Juan Mata, 13-Victor Moses, 17-Eden Hazard; 9-Fernando Torres

Wasit: Mike Dean

City Kesulitan Tundukkan Wigan

Posted: 17 Apr 2013 07:56 PM PDT

AFP

Gelandang Manchester City, Yaya Toure (kanan), berebut bola dengan penyerang Wigan Athletic, Franco Di Santo, pada laga Premier League, di Etihad, Rabu (17/4/2013).

MANCHESTER, KOMPAS.com — Manchester City dan Wigan Athletic bermain imbang tanpa gol hingga turun minum pertandingan Premier League, di Etihad, Kamis (17/4/2013).

Bermain di kandang sendiri, City kesulitan mengembangkan permainan. Mereka baru menembus kotak penalti lawan dan menciptakan peluang pada menit ke-21, melalui Sergio Aguero. Namun, bola hasil tendangan kaki kanan Aguero itu meleset ke sisi kiri gawang.

City belum menciptakan peluang baru, ketika Wigan melancarkan dua serangan beruntun, yang masing-masing membahayakan gawang Joe Hart.

Pada menit ke-36, Shaun Maloney melepaskan umpan ke arah Arouna Kone. Namun, Kone tidak mengontrol bola dengan baik sehingga bola lepas dari penguasaannya. Padahal, saat itu ia hanya berhadapan dengan Hart.

Semenit kemudian, Wigan menguji Hart melalui Franco Di Santo. Dalam duel satu lawan satu, Di Santo melepaskan tembakan dari jarak dekat, yang sayangnya masih bisa dikandaskan Hart.

City bisa memperbaiki performanya setelah itu. Namun, peluit turun minum terburu berbunyi, sebelum City menciptakan peluang emas baru.

Man City: 1-Joe Hart; 2-Micah Richards, 4-Vincent Kompany, 6-Joleon Lescott, 13-Aleksandar Kolarov; 8-Samir Nasri, 14-Javi Garcia, 16-Sergio Agüero, 18-Gareth Barry, 42-Yaya Toure;  32-Carlos Tevez

Wigan: 1-Joel Robles; 3-Antolin Alcaraz, 31-Maynor Figueroa, 33-Paul Scharner; 4-James McCarthy, 14-Jordi Gomez, 17-Emmerson Boyce, 22-Jean Beausejour; 2-Arouna Kone, 9-Franco Di Santo, 10-Shaun Maloney

Wasit: Anthony Taylor

No comments:

Post a Comment