KOMPASbola

KOMPASbola


Pekerjaan Tak Mudah bagi Pelatih Bintang Muda

Posted: 28 Apr 2013 10:11 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim pelatih memiliki waktu 60 hari untuk memoles 18 pemain terpilih yang akan berangkat ke Piala Gothia, Swedia. Tugas yang tak mudah.

Keputusan untuk tak memberitahukan daftar susunan pemain sejak awal, diakui Wakil Direktur Kompetisi Liga Kompas Gramedia (LKG) U-14 Dede Supriyadi dan pelatih Benyamin Leo Betty, adalah guna memberikan kesempatan bagi atlet untuk mengembangkan imajinasi bermain di lapangan.

Sayang, harapan itu tak terlihat saat digelar Perang Bintang Muda LKG di Lapangan Sepak Bola Ciracas, Jakarta, Minggu (28/4). Ajang yang diikuti 44 pemain itu adalah tahap seleksi akhir untuk memilih 18 pemain yang akan dibawa ke Swedia.

Berlaga di depan pendukung setia, termasuk orangtua, sahabat, dan keluarga, 44 pemain yang tampil di lapangan tak memperlihatkan penampilan maksimal. Kerja sama antarlini, aliran bola, hingga penempatan posisi setiap pemain belum tertata rapi.

Begitu pula dengan teknik bermain dan kemampuan individu. Beberapa kesalahan mendasar masih sering terjadi, terutama ketika mengontrol dan mendistribusikan bola ke rekan satu tim.

Hadi Rahmaddani, Ketua Tim Pemandu Bakat LKG U-14, mengatakan, dibandingkan sebelumnya, kemampuan 18 pemain terpilih lebih merata. Namun, diakui, tim pelatih juga memiliki tugas tidak mudah untuk memoles mereka.

"Tidak perlu sampai ke teknik dasar walaupun mereka belum sempurna. Kini, tugas pelatih adalah memoles mereka sebagai tim," tuturnya.

Benyamin mengakui hal itu. Tim pelatih, katanya, dalam waktu dekat akan memulai latihan bersama untuk memantapkan kerja sama, teknik, dan kemampuan pemain. Ia mengaku koordinasi antarpemain masih harus dibenahi.

Lebih baik
Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo, didampingi Pemimpin Redaksi Kompas Rikard Bagun, Ketua LKG Mohammad Bakir, dan CEO SKF Indonesia Bono Rumbiono, menyatakan harapan agar semua pemain terpilih mampu berprestasi lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Pada 2011, Indonesia yang diwakili mayoritas pemain asal sekolah sepak bola ASIOP Apacinti, juara LKG musim itu, lolos hingga 16 besar. Setahun berikutnya, tim SKF-Kabomania menyabet peringkat ketiga. "Saya doakan Indonesia masuk final dan juara," kata Roy.

Rikard Bagun menyampaikan, pemain terpilih adalah kebanggaan dan masa depan sepak bola Indonesia. Kebanggaan menjadi lengkap dengan gelar juara di Piala Gothia.

Faris Naufal, salah satu pemain terpilih, menyatakan yakin bisa juara. "Untuk itu, saya dan kawan-kawan akan berlatih keras," ujarnya. (K01/K11/MHD/*)

Suporter Persiwa Lempari Asisten Wasit Hingga Pingsan?

Posted: 28 Apr 2013 09:58 PM PDT

JAYAPURA, KOMPAS.com - Persiwa Wamena sukses menahan Arema Indonesia 2-2 di Stadion Pendidikan, Jayapura, Minggu (28/4/2013). Namun, pada laga tersebut dikabarkan ada aksi tidak terpuji dari suporter tuan rumah yang sempat melakukan pelemparan terhadap asisten wasit.

Insiden ini mencuat di jejaring sosial ketika situs yang diperuntukkan bagi suporter Arema Indonesia, ongisnade.co.id, melaporkan hasil pertandingan antara Persiwa dan Arema. Dalam situs itu disebut insiden pelemparan oleh suporter terjadi di saat Arema sudah unggul dua gol lebih dulu lewat torehan Greg Nwokolo pada menit ke-56 dan Cristian Gonzalez (64).

Beberapa suporter Persiwa diberitakan secara tiba-tiba memasuki lapangan dan melakukan pelemparan ke arah asisten wasit, Samsudin, yang dikabarkan hingga pingsan karena menerima lemparan itu. Kondisi tersebut pun membuat laga sempat dihentikan selama lima menit.

"Dua gol itu (Persiwa) lahir setelah AW (asiten wasit) terkena lemparan batu sampai pingsan sebentar. Setelah dilanjutkan kita kebobolan," ujar Manajer Umum Arema, Ruddy Widodo seperti dikutip dalam situs tersebut.

"Setelah kemasukan satu gol, standar situasi kurang maksimal, karena memang gak mungkin dengan kondisi yang gak kondusif. Ya saya tidak menyalahkan atau mencari kambing hitam, manusiawi lah siapa yang tidak takut dengan keselamatan jiwanya yang terancam," tegasnya kemudian.

Jelang Lawan Dortmund, Ronaldo Berselingkuh

Posted: 28 Apr 2013 09:12 PM PDT

MADRID, KOMPAS.com - Petualangan cinta Cristiano Ronaldo kembali menyeruak. Sudah memiliki kekasih model secantik Irina Shayk, ia masih berkelana ke pelukan wanita lain. Miss BumBum asal Brasil, Andressa Urach, mengaku tidur bersama bintang Real Madrid itu, tepatnya 48 jam sebelum ia membela timnya melawan Borussia Dortmund di leg pertama semifinal Liga Champions.

Laga lawan Dortmund itu digelar pada 24 April. Ronaldo mencetak satu gol, tapi timnya dihajar Dortmund 1-4, sehingga minimal harus menang 3-0 pada leg kedua untuk bisa ke final Liga Champions.

Berarti, Ronaldo berselingkuh dengan Urach pada tanggal 22 April. Hal itu dituturkan Urach kepada The Sun. Sejauh ini, Ronaldo belum menanggapinya.

Menurut Urach, Ronaldo memimpikan p****tnya dan menyebutnya sebagai si kuda kecil. "Dia terobsesi kepada pantat saya," kata Urach.

Urcch kemudian mendeskripsikan bagimana mereka bersenang-senang di sebuah hotel. "Itu luar biasa. Tubuhnya sangat sempurna, seperti dewa Yunani. Dia terus saja membicarakan p****t saya," tutur Urach.

"Saya selalu merasa Ronaldo salah saatu pria yang terindah di dunia. Maka, saya hampir tak percaya ketika ia menyentuh saya," kata Andressa Urach.

"Ia mengatakan sangat senang melihat gambar di internet dan hal pertama yang ia tanyakan adalah, apakah saya benar-benar Miss P****t di Brasil.  Ia tahu wanita Brasil memiliki pinggul yang terbaik di dunia. Maka, ia sangat terkesan oleh hal itu. Kami saling berkirim pesan dan berbicara sebentar," kisahnya lagi.

Akhirnya, Ronaldo memintanya datang ke Madrid. Ronaldo memintanya bertemu du kota setelah sesi latihan Senin (22/4/2013).

"Tapi, ia tak mengatakan di mana tepatnya kami akan bertemu. Ia mengatakan harus hati-hati karena jika hal ini diketahui, maka ia akan terlihat. Kekasihnya pasti akan sedih. Mereka tinggal bersama dan hubungannya tak terlalu serius. Dia tak cerita lain soal dirinya (Irina Shayk)," katanya.

Urach menceritakan, mereka akhirnya bertemu di Hotel Villa Magna. Mereka menyewa kamar seharga 12.500 pounds (sekitar Rp 187 juta) per malam. Ronaldo datang ke hotel itu langsung masuk kamar dan mengirim SMS kepada Urach menjelaskan nomor kamar yang ia sewa.

"Ketika sampai di kamar, kami saling pandang dan berlanjut begitu saja. Dia fantastis. Luar biasa. Ini saat terbaik dalam hidup saya," akunya.

Setelah itu, lanjut Urach, Ronaldo memintanya menunggu di area publik di hotel itu. Namun, saat ia menuju ke tempat itu, Ronaldo mengirim SMS bahwa ia harus pergi.

"Saya sedikit terganggu. Saya berjalan keluar menuju gerbang hotel untuk merokok. Tiba-tiba, petugas keamanan meraih saya dan mengajak saya kembali ke dalam sambil mengatakan bahwa fotografer sudah ada di luar. Ronaldo kemudian mengurum pesan agar saya kembali ke kamar dan ia ingin mengatakan sesuatu. Namun, ketika saya sampai di sana, ia tak ada. Saya kemudian diantar petugas keamanan melalui elevator khusus menuju mobil hotel dan diantar ke hotel saya," jelasnya.

"Mungkin aku tidak akan bertemu dia lagi.

Tekuk Valencia, Sociedad Amankan Zona Liga Champions

Posted: 28 Apr 2013 09:10 PM PDT

MADRID, KOMPAS.com - Real Sociedad sukses mengamankan posisi empat besar klasemen Liga BBVA usai menaklukkan Valencia 4-2 pada lanjutan Liga BBVA di Stadion Anoeta, Minggu atau Senin (29/4/2013) dini hari WIB.

Berkat raihan tiga angka ini, Sociedad masih berada di peringkat empat dengan poin 58, unggul lima angka dari pesaing terdekatnya dalam perebutan tiket zona Eropa, Malaga, di posisi kelima dengan poin 53. Sementara, Valencia membuntuti di peringkat keenam dengan nilai yang sama, kalah selisih gol dari Malaga.

Meski bermain sebagai tim tamu, Valencia mampu unggul lebih dulu lewat gol Roberto Soldado pada menit ke-25. Gol itu ditorehkannya usai memanfaatkan umpan silang Aly Cissokho.

Tertinggal, Sociedad tak tinggal diam. Sembilan menit berselang, Inigo Martinez mampu menyamakan kedudukan 1-1 setelah mampu menaklukkan kiper Valencia, Diego Alves. Skor itu pun bertahan hingga babak pertama usai.

Selepas turun minum, kedua tim bermain terbuka. Namun, pada babak ini, Sociedad mampu menambah dua gol berkat torehan Gonzalo Castro pada menit ke-73 dan Imanol Agirretxe pada menit ke-86.

Valencia mampu membangkitkan asa ketika Jonas memperkecil kedudukan menjadi 2-3 pada menit ke-90. Namun, pada injury time, tuan rumah kembali memaksa kiper Alves memungut bola dari gawangnya sendiri untuk kali keempat sekaligus menutup laga dengan skor 4-2.

Susunan Pemain:
Sociedad:
1-Claudio Bravo, 2-Carlos Martinez, 3-Mikel Gonzalez, 6-Inigo Martinez, 24-Alberto de la Bella, 5-Markel Bergara Larranaga, 8-Illarramendi (14-Ruben Pardo 88), 10-Xabi Prieto (15-Jon Ansotegui 89), 11-Carlos Vela, 18-Gonzalo Castro (17-David Zurutuza 76), 9-Imanol Agirretxe.
Pelatih: Philippe Montanier

Valencia: 1-Diego Alves, 3-Aly Cissokho (16-Nelson Haedo Valdez 80), 12-Joao Pereira, 20-Ricardo Costa, 22-Jeremy Mathieu, 6-David Albelda (17-Andres Guardado 76), 7-Jonas, 8-Sofiane Feghouli (11-Pablo Piatti 72), 10-Ever Banega, 21-Daniel Parejo, 9-Roberto Soldado.
Pelatih: Ernesto Valverder.

Carvalho: Sulit, Tapi Madrid Bisa Cetak 3 Gol

Posted: 28 Apr 2013 08:59 PM PDT

MADRID, KOMPAS.com - Bek Real Madrid, Ricardo Carvalho, optimistis skuadnya mampu membalikkan keadaan untuk menang atas Borussia Dortmund dan melaju ke final Liga Champions. Meski tidak mudah, menurutnya, Madrid bisa mencetak tiga gol pada leg kedua di Santiago Bernabeu, Selasa (30/4/2013).

Pada leg pertama di Signal Iduna Park, Madrid takluk 1-4 dari Dortmund. Dengan begitu, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan mau tidak mau harus menang dengan selisih tiga gol jika ingin lolos ke Wembley.

"Kami harus bermain pada level yang bisa kami lakukan dan kami bisa mencetak gol karena kami mempunyai pemain-pemain berkualitas. Tetapi, kami juga harus bertahan dengan baik," ujar Carvalho.

"Ini akan menjadi laga sulit karena mereka (Dortmund) mempunyai pemain-pemain yang bagus dan juga bisa mencetak gol. Tetapi, kami bisa mencetak tiga gol nanti," tambah pemain asal Portugal tersebut.

"Kami tahu seberapa penting pertandingan ini bagi klub dan kami akan memberikan segalanya dalam lapangan pada Selasa. Kami juga harus bermain dengan intensitas tinggi," tegasnya kemudian.

Pazzini Datang, Milan Menang

Posted: 28 Apr 2013 08:44 PM PDT

MILAN, KOMPAS.com - Baru bermain sejak menit ke-67, bomber AC Milan, Giampaolo Pazzini, mencetak dua gol penting yang membuat timnya menang 4-2 atas Catania pada lanjutan Serie-A di Stadion San Siro, Minggu atau Senin (29/4/2013) dini hari WIB. Sempat tertinggal dua kali, Pazzini sukses mengantarkan Milan meraih poin penuh pada laga tersebut.

Berkat raihan tiga angka ini, Milan tetap berada di peringkat tiga klasemen sementara Serie-A dengan 62, tertinggal tujuh angka dari pesaing terdekat, Napoli, di posisi kedua. Sementara, Catania masih bercokol di posisi sembilan dengan raihan 48 poin.

Milan sebenarnya mampu menguasai jalannya laga sejak menit-menit awal pertandingan. Namun, serangan mereka beberapa kali dapat diredam oleh barisan pertahanan Catania yang tampil cukup disiplin pada paruh pertama ini.

Peluang terbaik Milan diperoleh Mario Balotelli pada menit ke-15. Namun, bomber kontroversial itu gagal menyambut umpan silang Kevin-Prince Boateng dari sisi kanan lapangan, sehingga peluang emas itu terbuang sia-sia.

Sementara, Catania yang lebih banyak bertahan mampu mencuri gol pada menit ke-30 lewat kepala Legrottaglie. Memanfaatkan tendangan bebas Francesco Lodi, Legrottaglie berhasil menyundul bola yang tak mampu dijangkau Marco Amelia.

Ketinggalan, Milan terus menggempur jantung pertahanan tim tamu. Pada menit ke-34, sempat terjadi kemelut di kotak penalti Catania. Namun, kemelut tersebut pun tidak membuahkan gol bagi I Rossonerri.

Satu menit menjelang turun minum, Flamini akhirnya sukses menyamakan kedudukan setelah tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti Catania masuk ke pojok kanan gawang tanpa mampu dihalau kiper Alberto Frison.

Selepas turun minum, Milan kembali dikejutkan dengan tim tamu yang mampu kembali unggul lewat aksi Bergessio pada menit ke-65. Menerima umpan matang Pablo Cesar Barrientos, dengan cerdik Bergessio menceplokan bola dengan tendangan cungkil yang tak mampu mengecoh kiper Milan, Marco Amelia.

Kembali tertinggal, pelatih AC Milan, Massimiliano Allegri pun memasukan Pazzini untuk menambah daya gedor skuadnya. Pergantian itu pun langsung membuahkan hasil ketika Pazzini sukses menyamakan kedudukan 2-2 pada menit ke-74.

Gol itu berawal dari aksi Balotelli yang melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Kiper Frison berhasil menepisnya, namun tepisannya tidak sempurna. Pazzini pun langsung menyambar bola tepisan itu untuk mencatatkan namanya di papan skor.

Dua menit berselang, Pazzini kembali membuat pendukung tim tuan rumah bersorak setelah mampu memaksa kiper Frison memungut bola dari gawangnya sendiri untuk ketiga kalinya. Gol itu pun kembali diciptakannya setelah memanfaatkan tepisan tidak sempurna Frison ketika memblok bola tendangan Stephan El Shaarawy.

Gol tersebut membuat daya juang Catania runtuh. Hal itu pun mampu dimanfaatkan Milan untuk menambah pundi-pundi golnya menjadi lewat kreasi Balotelli. Gol tersebut ditorehkannya dari titik putih pada menit ke-91. Skor 4-2 untuk Milan pun bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain:
Milan:
1-Marco Amelia, 2-Mattia De Sciglio, 5-Philippe Mexes, 20-Ignazio Abate, 25-Daniele Bonera, 8-Antonio Nocerino (11-Giampaolo Pazzini 67), 16-Mathieu Flamini, 18-Riccardo Montolivo, 10-Kevin-Prince Boateng, 45-Mario Balotelli, 92-Stephan El Shaarawy (4-Sulley Muntari 81).
Pelatih: Massimiliano Allegri.

Catania: 1-Alberto Frison, 5-Alexis Rolin, 6-Nicola Legrottaglie, 12-Giovanni Marchese, 13-Mariano Izco, 4-Sergio Almiron (27-Marco Biagianti 81), 10-Francesco Lodi (33-Ciro Capuano 88), 28-Pablo Barrientos, 9-Gonzalo Bergessio, 17-Alejandro Gomez, 19-Lucas Nahuel Castro.
Pelatih: Rolando Maran.

Wasit: Davide Massa‎.

Wenger: Wajar Gooners Cemooh Van Persie

Posted: 28 Apr 2013 08:06 PM PDT

LONDON, KOMPAS.com - Pelatih Arsenal, Arsene Wenger, menilai wajar jika para fans The Gunners mencemooh bomber Manchester United, Robin van Persie, saat kedua tim bertemu di Stadion Emirates, Minggu (28/4/2013). Menurutnya, cemoohan itu adalah bentuk kekecewaan Gooners terhadap RvP.

Van Persie pernah menjadi idola fans The Gunners dalam beberapa tahun terakhir. Namun, semenjak bergabung dengan MU awal musim ini, Van Persie untuk pertama kalinya tampil kembali di depan pendukung Arsenal pada laga yang berakhir 1-1 tersebut.

Kembalinya Van Persie ke Stadion Emirates itu langsung disambut secara "khusus" oleh fans Arsenal yang masih merasa kecewa. Bahkan, setiap kali memegang bola, pemain kelahiran Belanda itu selalu mendapatkan cemoohan.

"Ketika dia (Van Persie) berada di sini, dia tidak pernah menerima sambutan seperti ini. Mereka (fans Arsenal) mencintainya. Jadi, hari ini adalah sedikit kekecewaan karena cinta," ujar Wenger seusai pertandingan.

"Dia berada di ruang ganti sekarang, karena makanan (di Emirates) lebih baik. Anda tahu orang yang bermain selama lima atau enam tahun, tetap mereka melawan (hatinya sendiri). Tapi, bek kami tidak membuatnya mudah menjalani laga ini," tambahnya.

"Kami (dengan MU) adalah rival tetapi pada akhirnya kami memutuskan untuk menjualnya. Anda ingin kami menjaga kehormatan dan menghormati seorang juara, maka dari itu Anda juga harus tetap menghormati apa yang terjadi setelah pertandingan," tegas Wenger.

Messi Belum Berhenti Ciptakan Rekor Baru

Posted: 28 Apr 2013 07:43 PM PDT

BARCELONA, KOMPAS.com - Bintang Barcelona, Lionel Messi, mencetak dua rekor baru dalam urusan membobol gawang lawan ketika timnya bermain imbang 2-2 dengan Athletic Bilbao pada lanjutan Liga BBVA di Stadion San Mames, Sabtu (27/4/2013).

Pada laga itu, Barca tertinggal lebih dulu oleh gol Markel Susaeta pada menit ke-27. Messi yang baru diturunkan di babak kedua, langsung beraksi dengan melakukan gocekan manis melewati tiga lawan sebelum menceploskan bola untuk menyamakan kedudukan 1-1.

Setelah itu, Messi juga berperan ketika membuat assist buat gol Alexis Sanchez di menit ke-69. Sayang, di menit akhir, skuad Blaugrana kebobolan oleh gol Ander Herrera sehingga laga ditutup dengan skor 2-2.

Berkat satu golnya itu, Messi telah mencetak 24 gol di partai tandang sepanjang musim ini di Liga BBVA. Torehan itu mengalahkan rekor milik rivalnya asal Real Madrid, Cristiano Ronaldo, yang mencetak 23 gol di partai tandang musim lalu.

Selain itu, Messi juga sukses mencetak gol di 15 pertandingan berturut-turut pada partai tandang Barcelona di musim ini. Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh mantan bomber Getafe, Dani Guiza (14 gol), yang bertahan sejak 2008.

Dari lima laga sisa Liga BBVA, Messi masih berkesempatan memperpanjang rekor tersebut ketika Barcelona bertandang ke Vicente Calderon, kandang Atletico Madrid pada 12 Mei dan Cornelia-El Prat untuk berhadapan dengan Espanyol, 29 Mei.

No comments:

Post a Comment