KOMPASbola

KOMPASbola


Kerusuhan di Wembley, 10 Holigan Diciduk Polisi

Posted: 13 Apr 2013 10:06 PM PDT

LONDON, KOMPAS.com - Polisi menangkap 10 holigan menyusul pecahnya kerusuhan saat laga semifinal Piala FA di Stadion Wembley, Sabtu (13/4/2013).

Beberapa suporter tepergok berlumuran darah, sementara beberapa fans muda larut dalam air mata. Menangis

Kerusuhan kian merebak setelah The Latics menciptakan gol keduanya saat waktu normal tinggal 10 menit.

Seusai pertandingan, Millwall yang akhirnya keok dua gol tanpa balas, menyatakan tak pernah menolerir aksi tanpa dasar pikiran dari suporter minoritas. Pernyataan klub London itu untuk mendinginkan anggapan Millwall yang memang memiliki reputasi hitam sebagai sarang holigan.

Sementara Federasi Sepak Bola Inggris (FA) menyatakan, tak bisa menerima insiden tersebut.

Di lain pihak, analis ahli sepak bola BBC, Phil McNulty, mengatakan, kerusuhan itu --insiden terbesar pertama sejak New Wembley kembali dibuka pada 2007-- terjadi pada beberapa tribun di mana suporter Millwall ditempatkan, jelang akhir pertandingan.

Menurut McNulty, pemandangan itu memalukan untuk Millwall, di mana fans-nya mencapai sekitar 32.000 di antara total 62.335 penonton yang hadir di stadion kebanggaan The Three Lions itu. Tensi kian tinggi tatkala memasuki babak kedua sebelum kerusuhan itu pecah.

Polisi dan petugas stadion berusaha meredakan kerusuhan --disaksikan langsung oleh jutaan pemirsa televisi--, namun mereka butuh cukup banyak waktu untuk menguasai keadaan.

"Posisi kami jelas, setiap orang yang berkaitan dengan klub kami yang terbukti bertindak rusuh akan dilarang menyaksikan seluruh pertandingan Millwall dan hukuman itu sebagai tambahan dari yang mereka terima dari pihak berwenang," tegas Chief Executive Millwall, Andy Ambler.

"Saat ini, kami tengah mengumpulkan detail atas apa yang terjadi di stadion itu pada babak kedua. Ketika fakta telah selesai dikumpulkan dan polisi sudah menyelesaikan penyelidikannya, posisi kami akan lebih jelas untuk mengeluarkan pernyataan berikutnya," tutur Ambler.

Reputasi buruk
Sementara FA dan pihak petinggi Wigan pun turut mengeluarkan komentarnya.

"Kami akan memastikan mereka yang terlibat segera diidentifikasi dan kami akan mengajukan tuntutan kriminal dan melarang mereka menonton pertandingan sepak bola sebagai hukumannya," tandas Sekretaris Jenderal FA, Alex Horne.

"(Kerusuhan) itu memberikan reputasi yang sangat buruk bagi sepak bola. Kami tahu Millwall adalah klub yang keras dan tim mereka sangat sulit dilawan. Tetapi, janganlah saling berkelahi antarsuporter sendiri. Saya tak bisa memahami hal tersebut," keluh Chairman Wigan, Dave Whelan.

Laga Kandang Pertama, PSS Sleman Targetkan Rp 400 Juta

Posted: 13 Apr 2013 09:17 PM PDT

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Dalam laga kandang pertama kontra Persebangga Purbalingga, Minggu (14/4/2013) sore, Pantiia Pelaksana (panpel) PSS Sleman menargetkan pemasukan hingga Rp400 juta. Laga itu menjadi gong pembukaan kompetisi Divisi Utama Indonesian Premier League yang dihelat PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS).

Ketua panpel PSS, Sudibyo, mengatakan, pihaknya mencetak 30.000 lembar tiket dengan komposisi harga tergantung dari lokasi tribun di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta.

Lebih lanjut ia menjelaskan, sebanyak 4.000 lembar tiket tribun biru atau barat dibanderol Rp 50.000 per lembarnya. Sementara tribun merah bertotal 8.000 lembar dengan harga Rp 30.000 per tiketnya. Sisanya, tribun kuning dan hijau dibanderol Rp 20.000 per lembar karcis masuk.

"Target Rp 400 juta berasal dari tiket yang dijual. Kita yakin akan habis karena ini laga pertama dan pembukaan liga," kata Sudibyo, Sabtu (13/04).

Mengenai keamanan dalam laga perdana itu, pihaknya telah menyiapkan 500 personel keamanan dari Polres Sleman, serta tambahan dari Sabhara dan Paskhas TNI AU.

"Jumlah keamanan yang diturunkan dua kali lipat dari total personel keamanan saat laga uji coba PSS Sleman," tegasnya.

Sementara itu, Manajer PSS, Supardjiono, mengungkapkan akan ada seremonial sebelum kick-off. Rencananya pejabat PT LPIS akan hadir dalam laga pembukaan liga tersebut.

"Untuk pejabat PSSI belum ada konfirmasi, tapi kita berharap akan ada yang hadir," ujar Supardjiono.

Ke Final Piala FA, Manajer Wigan Puji Petinggi Klub

Posted: 13 Apr 2013 08:28 PM PDT

LONDON, KOMPAS.com - Manajer Wigan Athletic, Roberto Martinez, memuji Chairman Dave Whelan sebagai sosok di balik keberhasilan The Latics menembus final Piala FA musim ini. Menurut Martinez, Whelan telah berjasa besar membuat Wigan menjadi seperti sekarang ini.

Wigan memastikan satu tiket partai puncak setelah menaklukkan Millwall dua gol tanpa balas di Stadion Wembley, Sabtu (13/4/2013). Gol-gol kemenangan Wigan dihasilkan Shaun Maloney pada menit ke-25 dan Callum McManaman pada menit ke-78.

"Ya, kami memiliki chairman yang memimpin klub melaju ke final," jelas Martinez singkat.

"Hal itu sangat berarti seperti yang dibayangkan. Bukan hanya kali pertama ini kami bermain di semifinal, namun kesempatan ke final adalah sebuah penghargaan untuk para pemain. Mereka layak mendapatkannya," pujinya.

"Begitu pun dengan fans. Banyak orang menilai kami hanya klub medioker. Tetapi, ini adalah soal kualitas," tambahnya.

Di partai final, Wigan akan menunggu pemenang antara Chelsea kontra Manchester City yang akan dipertandingkan pada Minggu (14/4/2013) di Stadion Wembley.

Soal Guardiola, Heynckes Minta Dihormati

Posted: 13 Apr 2013 08:24 PM PDT

BERLIN, KOMPAS.com - Pelatih Bayern Muenchen Jupp Heynckes menyatakan, dirinya tak membutuhkan saran mantan pelatih Barcelona Pep Guardiola dalam persiapan timnya menjelang laga semifinal Liga Champions kontra Barca pada 23 April dan 1 Mei mendatang. Bayern akan bertindak sebagai tuan rumah pada leg pertama, sebelum bertandang ke Stadion Nou Camp.

Guardiola, yang akan menggantikan Heynckes sebagai pelatih Bayern musim depan, berperan besar dalam mengantarkan Barcelona memboyong 14 gelar juara dalam empat musim di bawah kepelatihannya. Dengan pengalaman seperti itu, ia diyakini tahu luar dalam kekuatan dan kelemahan Barcelona.

"Hormati saya dan tugas saya," kata Heynckes kepada wartawan, Jumat (12/04/2013).

"Saya belum pernah berkonsultasi pada siapa pun dan tak meminta saran. Saya tidak butuh orang lain untuk mempelajari tim lawan," tegasnya.

Bayern, yang telah memastikan juara Bundesliga Jerman musim ini, dua kali lolos ke final dalam tiga musim sebelumnya. Adapun Barcelona tengah mengejar gelar juara ketiga dalam lima tahun terakhir.

"Belum ada kontak dari Guardiola," ujar Karl-Heinz Rummenigge, Direktur Eksekutif Bayern.

"Dia mungkin tahu isi dapur mereka (Barcelona), tetapi kami juga punya orang yang punya pengetahuan serupa di bangku cadangan kami. Tidak ada orang Jerman yang tahu lebih baik soal sepak bola Spanyol dibanding Heynckes," timpal gelandang legendaris timnas Jerman itu.

Heynckes memamg punya pengalaman cukup di kancah sepak bola Spanyol. Selain pernah mengantarkan Real Madrid menjuarai Liga Champions 1998, pelatih berusia 67 tahun itu juga pernah melatih Tenerife dan Athletic Bilbao pada 1990-an.

"Mourinho Gagal Temukan Kelemahan Dortmund"

Posted: 13 Apr 2013 08:11 PM PDT

FUERTH, KOMPAS.com - Pelatih Real Madrid, Jose Mourinho, mulai mempersiapkan klubnya jelang pertemuan melawan Borussia Dortmund di semifinal Liga Champions. Terbukti, Mourinho hadir kala Dortmund menang telak 6-1 atas Greuther Fuerth, Sabtu (13/4/2013).

Madrid akan lebih dahulu bertandang ke markas Dortmund, Stadion Signal Iduna Park pada Rabu (24/4/2013) mendatang. Sepekan berikutnya, giliran Los Blancos menjamu Die Borussen di Santiago Bernabeu.

Meski masih berjarak 10 hari, Mourinho tampaknya tak mau berlama-lama memantau perkembangan calon lawannya. Di salah satu tribun Trolli Arena, markas Fuerth, Mourinho hadir dan bahkan disambut Direktur Eksekutif Dortmund, Hans-Joachim Watzke.

Pada pertandingan tersebut Dortmund berhasil menang telak 6-1 atas Fuerth. Pada babak pertama, Dortmund sudah unggul jauh lima gol tanpa balas melalui lesakan Mario Goetze (menit ke-12 dan ke-45), Ilkay Guendogan (menit ke-15 dan ke-33), dan Jakub Blaszczykowski (menit ke-33).

Seusai jeda, Fuerth mampu membalas lewat Edgar Prib (menit ke-71). Sepuluh menit jelang bubaran, pasukan Juergen Klopp memastikan kemenangan besar melalui gol Robert Lewandowski.

"Jose Mourinho memang perlu datang langsung menyaksikan Mario Goetze yang ternyata juga bisa bermain di sisi kiri. Ia telah menyaksikan permainan Dortmund ketika unggul 5-0 dan gagal menemukan kelemahan Dortmund," tandas der trainer Juergen Klopp.

 Sumber: Daily Mail, Goal

Klopp Sanjung Seni Permainan Dortmund

Posted: 13 Apr 2013 07:58 PM PDT

FUERTH, KOMPAS.com - Arsitek Borussia Dortmund, Juergen Klopp, memuji penampilan anak asuhnya dalam laga tandang melawan Greuther Fuerth, Sabtu (13/4/2013). Tampil dominan sejak awal, Robert Lewandowski dan kawan-kawan menghancurkan tuan rumah dengan skor telak 6-1. Laga itu juga dipantau langsung calon lawan semifinal Liga Champions, Real Madrid.

Meski mengakui kualitas yang ditampilkan lawan masih di bawah kualitas Dortmund, Klopp mengaku gembira dengan permainan menyerang yang digelar pasukannya.

"Paruh perdana bisa saja berjalan sulit, namun dari awal kami sudah fokus menyajikan sesuatu yang berseni dalam pertandingan itu," kata Klopp seusai timnya berlaga.

"Babak pertama berjalan sangat baik dan kunci keunggulan kami adalah dengan memperkuat serangan balasan serta terus menekan selama hampir 45 menit," lanjutnya.

"Kami bermain baik dan pantas unggul pada babak pertama. Saya terkesan dengan cara kami bermain dan kami akan menembus 60 poin dalam pertandingan melawan (FSV) Mainz Sabtu depan," tandas Klopp.

Saat ini, Dortmund berada di posisi kedua klasemen sementara Bundesliga dengan rangkuman 58 poin, unggul sembilan angka dari Bayer Leverkusen yang berada di posisi ketiga.

Dalam pertandingan antara Dortmund dan Fuerth, Pelatih Madrid, Jose Mourinho, tampak hadir di stadion. Seperti diketahui, Madrid dan Dortmund akan bersua dalam babak semifinal Liga Champions, dengan leg pertama bertempat di Stadion Signal Iduna Park, Rabu (24/4/2013).

Kontra Bilbao, Madrid Belum Tentukan Nasib Casillas

Posted: 13 Apr 2013 07:41 PM PDT

MADRID, KOMPAS.com - Asisten Pelatih Real Madrid, Aitor Karanka, menegaskan pihaknya belum menentukan apakah akan menurunkan Iker Casillas sebagai kiper utama saat menghadapi Athletic Bilbao di Stadion San Mames, Minggu (14/4/2013).

Saat ini, Los Blancos masih memercayakan posisi di bawah mistar kepada Diego Lopez, setelah San Iker --sebutan Casillas-- dibekap cedera retak tulang telapak tangan. Problem itu membuat Casillas absen sekitar dua bulan.

"San Mames adalah tempat yang spesial bagi setiap pemain. Bagi Iker, buat saya, Xabi (Alonso), (Sergio) Ramos... . Kami belum menentukan siapa saja yang bermain," tegas Karanka, Sabtu (13/4/2013).

Karanka juga berpendapat soal semifinal Liga Champions yang mempertemukan timnya dengan Juara Bundesliga 2010-12, Borussia Dortmund.

"Kita telah melihat apa yang terjadi saat melawan Galatasaray. Tak ada lawan yang mudah di Liga Champions. Kalau setiap orang berpikir demikian, kami sudah berada di final, tetapi ternyata itu salah," lanjut Karanka.

Eks bek Madrid itu juga menyanjung pola kepelatihan timnya, terutama apa yang telah dilakukan Jose Mourinho.

"Aku telah menghabiskan 2,5 tahun bersama pelatih ini (Mourinho) dan dengan staf pelatih yang lain, belajar dan menikmati setiap hari. Saya gembira bekerja dengan pelatih yang sangat dihormati para profesional sepak bola: pemain, manajer, pelatih. Ia dihormati oleh seluruh dunia," tutur Karanka.

Persibo Ditinggalkan 5 Pemain, Tinggal 11 yang Tersisa

Posted: 13 Apr 2013 05:53 PM PDT

BOJONEGORO, KOMPAS.com - Tim Persibo Bojonegoro, Jawa Timur, semakin krisis, setelah ditinggalkan lima pemainnya. Mereka adalah dua pemain asing Cirelli dan Han Ji Ho, serta Rendy Saputra, Tanzil Suaya, dan Edy Gunawan. Sehingga, Persibo tinggal memiliki 11 pemain.

"Lima pemain Persibo yang keluar bukan faktor isu suap yang menerpa Persibo dalam laga Piala AFC 2013. Akan tetapi, mereka pindah karena mencari kejelasan statusnya di klub," kata Manajer Persibo Bojonegoro, Nur Yahya, Sabtu (13/4/2013).

Ia menjelaskan, kelima pemain yang keluar itu selama bergabung dengan Persibo belum menjalin kontrak, termasuk para pemain lainnya. "Lima pemain Persibo keluar setelah pertandingan di Piala AFC 2013 melawan Sunray Cave Sun Hei di Hong Kong beberapa waktu lalu," jelas dia.

Ia menyebutkan, Han Ji Ho pindah ke Persegres Gresik, Rendy Saputra dan Tanzil Suaya ke Persik Kediri, sedangkan Edy Gunawan ke PSIS Semarang.

"Kalau pemain asing Cirelli pindah ke mana saya belum tahu. Kabar keluarnya Cirelli saya peroleh dari Asisten Pelatih Persibo Bambang Pramuji yang menerima SMS dari Cirelli soal kepindahannya," paparnya.

Dengan keluarnya lima pemain itu, kata dia, jumlah pemain Persibo yang tersisa hanya 11 pemain yang terdaftar di Piala AFC 2013, dan ditambah delapan pemain lokal, tujuh di antaranya pemain lokal Bojonegoro.

Meski demikian, lanjut dia, Manajemen Persibo tetap bertekad melanjutkan kompetisi di Liga Primer Indonesia (LPI) dan Piala AFC 2013.

Sesuai dengan jadwal, Persibo akan bertanding menghadapi Persiba Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, di Stadion Letjen H Soedirman Bojonegoro, Minggu (14/4/2013).

Namun, lanjut dia, pihaknya mengajukan usulan ke Liga Prima Sportindo Indonesia (LPSI) selaku pengelola kompetisi LPI untuk menunda pertandingan melawan Persiba Bantul.

"Penundaan pertandingan disetujui. Cuma kapan kelanjutannya saya belum tahu," ujarnya.

Jadwal Persibo lainnya, kata dia, akan menghadapi Arema Malang di kompetisi LPI pada tanggal 18 April. Mengenai laga melawan Arema ini Yahya mengaku bahwa dirinya tidak tahu apakah kemungkinan juga akan ditunda.

Sementara itu, lanjut dia, Persibo di Piala AFC 2013 juga akan bertanding melawan klub Myanmar di Stadion Letjen H Soedirman Bojonegoro pada tanggal 24 April.

"Karena pemain yang didaftarkan mengikuti Piala AFC 2013 hanya tinggal 11 pemain, kemungkinan akan pinjam pemain lain," ucapnya. (ANT)

No comments:

Post a Comment