KOMPASbola

KOMPASbola


Figo: Semua Ingin Mourinho Tetap Latih Madrid

Posted: 18 Apr 2013 10:35 PM PDT

MADRID, KOMPAS.com - Legenda sepak bola Portugal dan Real madrid, Luis Figo, mengaku yakin, pelatih Jose Mourinho masih akan melatih mantan klubnya itu musim depan. Menurutnya, semua orang yang mendukung Madrid menginginkan Mourinho bertahan.  takkan meninggalkan Real Madrid karena setiap orang menginginkan Mourinho bertahan di Santiago Bernabeu.

Hal tersebut disampaikan Figo sebagai tanggapan atas pernyataan Presiden CD Canillas, Manuel Alvarez, yang mengatakan bahwa Mourinho mengatakan kepada dirinya (Alvarez) tak akan melatih Madrid musim depan. Chelsea disebut-sebut sejumlah kalangan sebagai klub yang akan ditangani Mourinho, jika ia meninggalkan Madrid.

"Anda harus bertanya kepada (Mourinho) apakah dia akan bertahan atau tidak. Saya tidak bisa berbicara untuk orang lain karena saya tidak berada di klub itu lagi. Kami hanya bisa menunggu. Madrid adalah klub dengan sejarah besar. Setiap orang berharap dia terus (melatih Madrid)," jelas Figo.

Dalam kesempatan itu, Figo juga mengaku yakin Madrid akan menjuarai Liga Champions 2012-2013. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan saat ini berada di babak semifinal dan akan berebut tiket babak puncak dengan Borussia Dortmund.

"Saya percaya mereka akan menang. Tim berada dalam performa bagus untuk memenanginya. Kini, saat yang tepat (menjuarai Liga Champions). Peluang meraih kemenangan melawan Dortmund, terbuka. Saya pikir, Madrid akan melangkah ke final," tutur pria asal Portugal tersebut.

Klopp: Tak Ada Waktu Pikirkan Madrid

Posted: 18 Apr 2013 10:28 PM PDT

DORTMUND, KOMPAS. com — Pelatih Borrusia Dortmund, Jurgen Klopp, mengaku belum berpikir soal laga semifinal Liga Champions melawan Real Madrid, di Signal Iduna Park, Selasa (23/4/2013). Klopp menyatakan, timnya untuk saat ini fokus melawan Mainz pada lanjutan Bundesliga 1, Sabtu (20/4/2013).  

"Kabar buruknya adalah saya hanya fokus melawan Mainz pada saat ini. Sejujurnya, saya tidak memiliki waktu berpikir lebih dalam soal Madrid. Saya masih memiliki waktu yakni hari Minggu, Senin, dan Selasa untuk menganalisis dengan benar," jelas Klopp.

Pertandingan antara Dortmund dan Madrid pada Selasa mendatang akan menjadi pertemuan ketiga kedua kubu di Liga Champions musim ini. Sebelumnya, Dortmund bertemu Madrid di babak fase Grup D, dengan rekor sekali menang 2-1 di kandang dan sekali imbang 2-2 di Santiago Bernabeu.

"Saya akan mengatakan dua hal. Faktanya, Madrid yang kami hadapi di babak penyisihan grup berbeda dari Madrid yang akan kami lawan di semifinal. Pada babak penyisihan grup, Madrid kehilangan Marcelo karena cedera. Madrid akan lebih kuat kali ini. Namun, kami juga. Kami sedang menikmati (keberhasilan lolos ke semifinal). Usaha keras dan fakta bahwa kami lolos ke semifinal merupakan sesuatu yang spesial bagi kami," beber Klopp.

Keberhasilan membawa Dortmund menjuarai Bundesliga dalam dua musim terakhir dan masuk semifinal Liga Champions 2012-2013 membuat Klopp diberitakan media-media Spanyol dan Jerman menjadi incaran sejumlah klub, termasuk Real Madrid, yang mungkin ditinggal Jose Mourinho pindah akhir musim ini.

"Saya akan bertanya kepada Jose mengenai rencananya tahun depan. Saya ingin tetap menjadi pelatih Borussia Dortmund pada musim depan, kecuali terjadi sesuatu yang drastis dan mereka menyingkirkan saya. Tahun depan, saya masih bertanggung jawab kepada Borussia Dortmund. Jika nama saya disebut di Madrid sebagai suksesor Mou, dan (Mourinho) pergi, itu sebuah kehormatan bagi saya. Tahun depan, saya akan berada di Borrusia dan itu pasti," papar pelatih asal Jerman tersebut. (AS)

Hanya Tuhan yang Dapat Hentikan Abidal Bermain

Posted: 18 Apr 2013 08:20 PM PDT

BARCELONA, KOMPAS.com — Bek Barcelona, Eric Abidal, mengaku masih ingin terus bermain bersama skuad Blaugrana. Meski begitu, pemain asal Perancis tersebut mengaku menyerahkan soal masa depannya kepada manajemen Barcelona.

Masa kontrak Abidal di Camp Nou akan berakhir pada 30 Juli 2013. Hingga kini manajemen Barcelona belum menyodorkan kontrak baru kepada pemain berusia 33 tahun tersebut.

Sejumlah media Spanyol mengabarkan, Abidal tengah diproyeksikan untuk menjadi duta Barcelona. Namun, Abidal mengaku, masih ingin bermain.

"Beberapa hal (mengenai duta klub) telah dikabarkan, tetapi tidak secara langsung. Aku tahu Presiden (Sandro Rosell) punya rencana untukku, tetapi, dalam hal apa pun, hanya aku yang dapat memutuskan masa depanku," ujar Abidal seperti dilansir AS.

"Hanya Tuhan yang akan memutuskan berapa lama aku dapat bermain, bukan diriku. Dan setelah itu, jika aku menjadi duta klub, aku akan sangat senang. Aku ingin pensiun di Barcelona, tetapi itu tergantung mereka (klub), bukan diriku. Jika mereka tidak ingin memperbaharui kontrakku, apa yang bisa aku perbuat?" tambahnya.

Abidal sebelumnya harus absen panjang setelah kedapatan memiliki kanker hati pada akhir 2011. Kini, kondisinya sudah membaik dan sudah kembali bergabung bersama Lionel Messi dan kawan-kawan.

Falcao Tak Peduli dengan Setan Merah

Posted: 18 Apr 2013 07:55 PM PDT

MADRID, KOMPAS.com — Bomber Atletico Madrid, Radamel Falcao, mengaku tak memikirkan pemberitaan yang menyebut dirinya akan berkostum Manchester United musim depan.

Menurut pemberitaan di Spanyol, MU sudah bernegosiasi dengan Atletico. MU bahkan disebut sudah memberikan uang muka untuk memastikan Atletico tak melepas Falcao ke klub lain. Klub lain yang disebut-sebut berminat merekrut Falcao adalah Real Madrid dan Chelsea.

"Dalam beberapa pekan terakhir, aku berusaha mengisolasi diri dan tidak berpikir soal masa depanku. Aku tidak tahu dari mana informasi soal aku akan bergabung dengan Manchester United berasal. Ini bagian dari dunia media. Aku hanya ingin fokus bersama Atletico Madrid," ujar Falcao.

Falcao sendiri masih terikat kontrak hingga 2017. Atletico disebut siap melepas Falcao jika ada klub yang siap membayar 50 juta poundsterling atau sekitar Rp 742 miliar.

Barcelonistas Tak Mau El Clasico di Final Champions

Posted: 18 Apr 2013 07:45 PM PDT

BARCELONA, KOMPAS.com — Sejumlah suporter Barcelona menyatakan, tak mengharapkan tim kesayangan mereka bertemu Real Madrid di final Liga Champions. Salah satu alasannya adalah Barcelona menelan tiga kekalahan dan meraih dua hasil imbang dalam enam pertemuan terakhir dengan Madrid.

Gelandang Barcelona, Xavi Hernandez, mengaku terkejut dengan sikap pendukung timnya. Menurutnya, tim mana pun yang ingin menjuarai sebuah turnamen harus siap menghadapi siapa pun dengan sikap optimistis.

"Aku tidak mengerti mengapa Barcelonistas tidak ingin Barca-Madrid di final. Kami harus optimistis. Ini sepak bola dan Anda harus menikmatinya. Kami bisa melangkah ke final dan memenanginya. Kami yakin bisa melakukan itu. El Clasico akan menjadi pertandingan spektakuler dan kunci bagi kami adalah saat melawan AC Milan di kandang," kata Xavi.

Jika El Clasico terjadi, Xavi mengaku Barca tak gentar sedikit pun terhadap Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan. "Barca superior dari Madrid dan setiap klub lain dalam sepuluh tahun terakhir. Hegemoni Barca sangat spektakuler," tukasnya.

Barcelona dan Madrid saat ini sama-sama berada di semifinal Liga Champions. Sementara Madrid akan menghadapi Borussia Dortmund, Barcelona akan melawan Bayern Muenchen.

Untuk partai Barcelona dan Bayern, leg pertama akan digelar di Allianz Arena pada Selasa (23/4/2013) dan leg kedua di Camp Nou pada 1 Mei 2013. Bayern akan menghadapi Barcelona dengan bekal kepastian menjuarai Bundesliga 2012-2013.

"Benar bahwa mereka sedang berada pada level penampilan yang luar biasa. Mereka adalah tim yang siap di Liga Champions dan sedang menikmati momen yang luar biasa," tambah Xavi.

Moratti Tetap Percaya Stramaccioni

Posted: 18 Apr 2013 06:19 PM PDT

MILAN, KOMPAS.com — Presiden Massimo Moratti kembali menyatakan dirinya sama sekali tidak kehilangan kepercayaan terhadap pelatih Andrea Stramaccioni, setelah Inter disingkirkan AS Roma dari ajang Coppa Italia, Rabu (17/4/2013).

Kegagalan tersebut memperburuk rapor Strama. Sebelumnya, Inter juga tersingkir dari Liga Europa dan kesulitan menembus zona Liga Champions di klasemen Serie-A. Hingga pekan ke-32, Inter duduk di peringkat ketujuh dengan nilai 50, atau kalah sembilan angka dari AC Milan di tempat ketiga.

"Tidak (saya tidak ragu). Saya ulangi apa yang saya katakan tempo hari bahwa saya tidak menganalisis pekerjaan seseorang yang kehilangan sepertiga skuadnya," tegas Moratti.

"Anda sebagai jurnalis telah menulis nama-nama pelatih alternatif. Namun, saya belum menghubungi satu pun pelatih. Saya membaca nama-nama tersebut di surat kabar," sambungnya.

Strama sendiri menyerahkan masa depannya kepada Moratti. Namun, ia menyatakan akan tetap bekerja sebaik mungkin hingga kontraknya berakhir.  "Saya akan memberikan segala yang saya miliki untuk klub ini dari sekarang sampai 30 Juni. Kemudian, presiden akan mengatakan kepada saya apa yang akan terjadi di masa depan," kata Stramaccioni.

"Saya selalu mencoba di garis yang semestinya, karena saya pelatih dan seharusnya saya akan melakukan hal itu. Saya tak punya masalah bekerja untuk klub dan presiden, membela mereka, meski ini akan terlalu menonjolkan saya sendiri. Saya akan selalu melakukannya, dan mereka yang tahu saya mengerti akan hal itu," lanjutnya.

Benitez Ingin Bungkam Liverpool di Anfield

Posted: 18 Apr 2013 05:46 PM PDT

LONDON, KOMPAS.com — Pelatih Chelsea, Rafael Benitez, mengaku berharap anak-anak didiknya mengalahkan Liverpool pada lanjutan Premier League di Stadion Anfield, Minggu (21/4/2013). Meskipun mengaku merasa masih mempunyai ikatan emosional istimewa dengan Liverpool, Benitez menyatakan fokus menyiapkan pasukannya meraih poin penuh di Anfield.

Benitez pernah sukses ketika membesut Liverpool. Melatih The Reds sejak 2004, ia langsung membawa klub itu menjuarai Liga Champions pada musim 2004-2005. Belum lama ini, Benitez menyatakan akan selalu terbuka terhadap kemungkinan kembali melatih The Reds.

"Liverpool adalah tempat di mana keluarga saya tinggal. Saya berada di sana selama enam tahun dan mempunyai kenangan yang sangat indah. Saya tidak dapat menutup-nutupi bahwa saya sangat senang kembali ke sana (Anfield) dan bertemu dengan teman-teman lama," ungkap Benitez.

"Saya tidak ingin terlalu banyak memikirkan tentang (kenangan di Liverpool) pertandingan Minggu nanti. Hal utama adalah tetap berada di tiga besar dan apa yang saya inginkan adalah kemenangan di Liverpool."

"Setelah itu, saya berharap mereka selalu mendapatkan yang terbaik dan jika mereka dapat memenangkan seluruh pertandingan hingga akhir musim, itu akan sangat luar biasa. Tetapi, sebagai profesional, saya yakin mereka akan mencoba memenangkan pertandingan dan begitu juga dengan kami," tuturnya.

Chelsea saat ini berada di peringkat tiga klasemen sementara Premier League dengan poin 61 dari total 32 pertandingan, unggul satu angka dari Arsenal di posisi keempat yang sudah melakoni 33 laga. Sementara itu, Liverpool ada di peringkat ketujuh dengan nilai 50.

Sahin: Dortmund Tahu Cara Robohkan Madrid

Posted: 18 Apr 2013 04:55 PM PDT

DORTMUND, KOMPAS.com — Gelandang Borussia Dortmund, Nuri Sahin, mengaku tak sabar kembali berhadapan dengan Real Madrid pada leg pertama semifinal Liga Champions, Rabu (24/4/2013).

Sahin berlabuh ke Signal Iduna Park pada Januari 2013 dengan status pemain pinjaman dari Madrid. Gelandang asal Jerman tersebut dikontrak skuad Die Borussen dengan durasi satu setengah tahun atau hingga Juli 2014.

Laga kali ini menjadi pertemuan ketiga antara Dortmund dan Madrid di Liga Champions 2012-2013. Sebelumnya, mereka bertemu di penyisihan Grup D, di mana Dortmund berhasil meraih satu kemenangan 2-1 di kandang dan mampu menahan imbang 2-2 di Santiago Bernabeu.

Berikut petikan wawancara Sahin, seperti dilansir AS, terkait pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions antara Dortmund dan Madrid:

Istimewakah laga ini untuk Anda?

Tentu saja. Aku bermain di sana (Madrid) selama beberapa tahun, aku tahu beberapa pemain, pelatih, dan setiap orang di klub. Aku harap kami dapat memenangkan pertandingan ini. Aku tahu pertandingan itu sangat penting, karena mereka ingin memenangkan gelar Liga Champions ke-10. Tetapi, kami juga ingin memenangkan Liga Champions tahun ini.

Soal Cristiano Ronaldo dan Jose Mourinho?

Cristiano adalah pemain yang sangat berbahaya. Dia adalah pemain yang unik. Madrid mempunyai sekitar 18 atau 20 pemain dengan kualitas yang hebat. Oleh karena itu, kami tidak harus hanya mengkhawatirkan Cristiano. Aku mempunyai hubungan baik dengan Mourinho. Dia adalah seorang pria sejati dan sangat baik ketika diriku berada di sana (Madrid).

Apakah Dortmund punya resep khusus untuk mengalahkan Madrid lagi?

Klub ini mengalahkan Madrid di babak penyisihan dan meraih hasil imbang di Bernabeu. Aku tidak berpikir tim ini membutuhkan informasi khusus dariku atau pun juga dari Jurgen Klopp (pelatih Dortmund).

Bagaimana Anda melihat Mourinho dan Juergen Klopp?

Mereka berdua adalah pelatih yang hebat dan sangat tulus kepada para pemain, itulah hal yang fundamental. Hal itu bagus bagi pemain agar bisa bertanding dengan 100 persen. Klopp adalah sosok yang luar biasa. Anda dapat tertawa dengannya di luar lapangan, tetapi, ketika berada dalam lapangan, Klopp menginginkan 100 persen dari kemampuan Anda.

Aku datang ke klub ini pada 2008 ketika masih dalam keadaan normal dan sekarang kami berada di semifinal Liga Champions, memberikan jumpa pers di Spanyol, Jerman, dan Inggris. Mereka banyak membicarakan klub ini.
Apa kunci keberhasilan Dortmund mengalahkan Madrid?

Kami sudah tahu bagaimana melakukannya. Dortmund mendapat empat poin dari Madrid dalam dua pertandingan. Cristiano adalah pemain yang spesial. Jika ada cara untuk menghentikannya, kami akan fokus penuh untuk melakukan hal itu. Dia dapat mengalahkan Anda dengan satu gerakan. Kami harus sangat berkonsentrasi (mengawalnya). Jika ada satu pemain yang dapat mengatasinya, maka dia adalah Lukasz Piszcek. Tetapi, bukan hanya dia saja, kami harus tetap bekerja sama sebagai tim.

Soal dua wakil Jerman bertemu dengan dua wakil Spanyol di semifinal?

Ini adalah situasi yang luar biasa bagi kami. Sepak bola Spanyol adalah nomor satu di dunia. Tetapi, setelah itu (dua wakil Jerman di semifinal), aku berpikir Bundesliga dan tim nasional Jerman. Ini adalah situasi yang ideal bagi kami. Jika dua tim Jerman berada di final, maka baru kami dapat berbicara di level internasional. Siapa tahu itu akan terjadi nanti. Sekarang, kami sedang menuju ke sana.

No comments:

Post a Comment