KOMPASbola

KOMPASbola


City Segera Perpanjang Kontrak Barry

Posted: 12 Apr 2013 10:10 PM PDT

MANCHESTER, KOMPAS.com — Pelatih Manchester City, Roberto Mancini, mengungkapkan segera menyodorkan kontrak baru terhadap salah satu gelandang andalannya, Gareth Barry.

Bersama Joleon Lescott, Barry dikabarkan bakal dilego City pada musim panas nanti. Namun, gelandang berusia 32 tahun itu membantah dan menyebutkan hubungannya dengan manajemen The Citizens dalam keadaan baik.

Untuk menepis rumor tersebut, manajemen City mempersiapkan kesepakatan bisnis baru untuk Barry. Kontrak mantan pemain Aston Villa itu memang akan habis pada 2014 mendatang.

"Saya pikir kami mempunyai tiga atau empat pemain dalam situasi ini. Kami akan putuskan bulan depan, tetapi sejumlah pemain sangat penting bagi kami," ujar Manajer Roberto Mancini.

"Saya sangat senang karena Gareth adalah pria yang baik dan pemain profesional. Sebagai pribadi, dia sangat serius," tambahnya.

Barry berlabuh ke Stamford Bridge dari The Villans pada 2009. Empat musim bersama Manchester Biru, Barry telah mencetak enam gol dari total 122 pertandingan.

Kritik Wasit, Moratti Terancam Sanksi FIGC

Posted: 12 Apr 2013 10:04 PM PDT

ROMA, KOMPAS.com — Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) akan menginvestigasi pernyataan Presiden Inter Milan, Massimo Moratti, soal kritiknya terhadap wasit pasca-kekalahan Inter dari Atalanta di Serie-A, Minggu (7/4/2013) lalu.

Pada laga yang berakhir dengan skor 4-3 untuk kemenangan Atalanta itu, Moratti mengaku dirinya tak percaya lagi terhadap kinerja wasit. Kata-kata pedas pemilik I Nerazzurri itu dilontarkannya menyusul penalti kontroversial yang diberikan wasit kepada tim tamu pada babak kedua.

"Moratti telah dilaporkan kepada komisi disiplin karena pernyataannya yang dapat merusak reputasi, terutama merusak iktikad baik dan sikap netral dari para ofisial pertandingan. Konsekuensinya adalah kredibilitas turnamen karena kinerja wasit," demikian pernyataan FIGC, Jumat (12/4/2013).

"Komentar itu merusak reputasi pihak yang berorganisasi dengan FIGC, juga kebanggaan dan kredibilitas federasi itu sendiri," lanjut pernyataan FIGC itu.

Effenberg: Mourinho Hormati Dortmund

Posted: 12 Apr 2013 09:18 PM PDT

DORTMUND, KOMPAS.com — Mantan gelandang Bayern Muenchen, Stefan Effenberg, mengungkapkan, Pelatih Real Madrid, Jose Mourinho, memiliki rasa hormat yang tinggi terhadap Borussia Dortmund. Hal itu diungkapkannya menanggapi hasil undian semifinal Liga Champions yang mempertemukan kedua tim tersebut.

Die Borussen sebelumnya sempat bertemu dengan Los Blancos pada babak penyisihan grup musim ini. Dari dua pertemuan, rekor Dortmund lebih baik karena mampu mengalahkan Madrid 2-1 di Stadion Signal Iduna Park dan menahan imbang 2-2 di Santiago Bernabeu.

"Saya berbicara kepada Mourinho beberapa pekan lalu. Dia mengatakan menghormati Dortmund," ungkap Effenberg.

"Dortmund tak akan rugi (kalau kalah) dan karena mereka telah mencapai sebagian besar tujuannya. Jika mereka mengalahkan Real, itu akan benar-benar sensasional," tambahnya.

"Dortmund adalah underdog pada pertandingan itu, tetapi mereka telah mengejutkan semua orang. Real jauh lebih kuat daripada saat tampil pada penyisihan grup, tetapi Dortmund mampu mengalahkan mereka," tuturnya lagi.

Terkait laga semifinal lainnya antara Bayern dan Barcelona, Effenberg menilai skuad FC Hollywood tak akan meminta advis dari Josep Guardiola, mantan pelatih Blaugrana yang musim depan akan menangani Javi Martinez dan kawan-kawan.

"Jupp Heynckes punya pengalaman untuk mengetahui apa yang dilakukannya. Barca mempunyai sedikit keuntungan, tetapi Bayern sangat kuat. Sangat penting bagi Bayern untuk tidak takut dan mereka tak perlu memfokuskan diri terhadap Lionel Messi karena Anda tidak dapat menghentikan pemain seperti Messi," tukasnya.

Milan: Balotelli Absen, Tak Masalah

Posted: 12 Apr 2013 09:14 PM PDT

MILAN, KOMPAS.com — Wakil Presiden AC Milan, Adriano Galliani, menyatakan, lini depan timnya tak bermasalah meski harus tampil tanpa Mario Balotelli saat berjumpa dengan runner-up sementara Serie-A, Napoli.

"Kami tak punya masalah pada barisan penyerang. (Giampaolo) Pazzini bukan pemain cadangan, lalu masih ada (Stephan) El Shaarawy, Robinho, dan Bojan (Krkic)," tegas Galliani yang dilansir Football Italia, Jumat (12/4/2013).

Milan akan menghadapi Napoli pada Minggu (14/4/2013). Tiga poin bagi I Rossoneri akan membuat defisit angka dengan I Partenopei menjadi hanya satu.

Sementara skors Balotelli akan berlangsung tiga pertandingan, dimulai saat laga Minggu nanti.

Il Diavolo Rosso pun harus menyerahkan tugas SuperMario, yang telah mengemas tujuh gol dalam tujuh laga Serie-A plus empat kartu kuning, kepada striker lainnya.

"Kami tak merasa kalah ketika menurunkan Pazzini. Pertandingan (melawan Napoli) itu sangat penting karena kami menghadapi rival langsung kami. Itu bagian krusial musim ini bagi setiap penggawa," lanjut Galliani.

Holigan Maroko Mengamuk di Casablanca

Posted: 12 Apr 2013 08:54 PM PDT

CASABLANCA, KOMPAS.com — Holigan sepak bola Maroko dikabarkan mengamuk dengan melakukan sejumlah perusakan fasilitas umum dan tindakan kriminal di Casablanca, Maroko, Jumat (12/4/2013). Sekitar 200 suporter diamankan akibat insiden tersebut.

Peristiwa itu bermula ketika ratusan pendukung Rabat Armed Force Club melakukan parade di Casablanca sebelum laga melawan klub lokal, Raja, Kamis (11/4/2013). Namun, aksi mereka berubah menjadi tindakan kekerasan dan anarkistis terhadap pendukung klub lokal. Tak ada korban jiwa dilaporkan dalam peristiwa tersebut.

Kepolisian setempat melaporkan, sebanyak 193 orang ditangkap dengan tuduhan melakukan vandalisme, termasuk terhadap delapan gerbong kereta api, tujuh bus, dan 13 mobil. Dalam tayangan televisi nasional, para suporter juga terlihat menjarah beberapa warga Casablanca.

Rivalitas antarpendukung sepak bola ultras (garis keras) di Maroko memang kerap terjadi. Pada 2011, tujuh orang tewas akibat kerusuhan antarsuporter seusai pertandingan Divisi Western Sahara. Di tempat yang sama, Casablanca, kerusuhan antarkelompok suporter juga pernah menimbulkan dua korban jiwa pada 2012.

"Kekerasan di sekitar stadion telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Karena itulah mengapa amandemen KUHP pada 2010 juga mencakup langkah-langkah mengatasi holiganisme dalam setiap pertandingan olahraga," ujar Hicham Ramram, salah satu jurnalis olahraga asal Maroko.

Ramires Ingin Jumpa Benfica di Final

Posted: 12 Apr 2013 08:47 PM PDT

LONDON, KOMPAS.com — Gelandang serang Chelsea, Ramires, berharap bisa bertemu Benfica pada final Liga Europa di Amsterdam pada 15 Mei 2013. Salah satu alasannya, pria berpaspor Brasil itu mengaku punya ikatan khusus dengan mantan klubnya tersebut.

Ramirez menghabiskan waktu bersama Benfica pada 2009/10 sebelum hijrah ke Stamford Bridge. Semusim bersama skuad Encarnados, gelandang berusia 26 tahun itu mencetak empat gol dari total 26 pertandingan.

"Aku benar-benar ingin kembali ke Estadio da Luz (kandang Benfica), di mana aku merasa sangat senang. Tetapi, kalaupun melawan Benfica, aku lebih memilih itu terjadi di final," ujar Ramires.

"Itu akan sangat menyenangkan bisa melihat temanku dan klub, yang sangat terkait (secara batin) denganku. Sekarang, kami akan bekerja keras untuk melihat apa yang akan terjadi nanti. Bagi kami tidak mudah melawan Benfica," tambahnya.

Chelsea lebih dulu akan berhadapan dengan wakil Swiss, Basel, pada semifinal yang akan berlangsung pada 25 April dan 2 Mei mendatang, sementara Benfica menantang Fenerbache.

"Basel dan Fenerbache telah bermain sepak bola dengan sangat baik dan kami akan bekerja keras," tukas Ramires.

Paceklik Gol, Van der Sar Bela Van Persie

Posted: 12 Apr 2013 07:51 PM PDT

MANCHESTER, KOMPAS.com — Mantan kiper Manchester United, Van der Sar, menilai bomber Setan Merah, Robin van Persie, tetap bermain baik meski tak mencetak gol dalam sepuluh laga terakhir MU. Ia menilai, Van Persie tetap berkontribusi besar bagi The Red Devils.

Van Persie terakhir kali mencetak gol ketika MU menang 2-0 atas Everton pada lanjutan Premier League, 10 Februari 2013. Ketika melawan Sunderland, 30 Maret lalu, RvP sebenarnya berhasil menceploskan gol. Namun, torehan itu dianggap sebagai gol bunuh diri bek Sunderland, Titus Bramble.

"Robin bermain baik. Apa yang tidak dilakukannya saat ini adalah hanya gagal mencetak gol. Sebagai penyerang, Anda selalu ingin mencetak gol. Tetapi, dia telah melakukan hal itu pada awal dan pertengahan musim ini," bela Van der Sar.

"Jadi, menurut saya, dia masih menjadi salah satu pemain terbaik Premier League," tambah mantan kiper Ajax itu.

Van der Sar juga berbicara perihal kekalahan MU dari Manchester City, Senin (8/4/2013). Meski begitu, ia menilai skuad asuhan Sir Alex Ferguson tersebut tetap akan meraih gelar juara Premier League ke-20 musim ini.

"Jika Manchester United menang pada Senin, hal itu (gelar juara) sudah diperoleh. Hasil itu memang menyakitkan dan itu terjadi setiap (Manchester) United kalah," kata Van der Sar.

"Tetapi, satu-satunya cara untuk lepas dari masalah itu adalah tetap fokus untuk pertandingan berikutnya. Perebutan gelar juara hampir selesai dan mereka (MU) sangat ingin mendapatkan hasil itu," tukasnya.

Iniesta Deg-degan Jumpa Bayern

Posted: 12 Apr 2013 07:44 PM PDT

BARCELONA, KOMPAS.com — Gelandang Barcelona, Andres Iniesta, mengaku tak sabar menjalani laga semifinal Liga Champions melawan Bayern Muenchen. Menurutnya, pertandingan tersebut akan jadi laga yang paling memacu adrenalin.

Dalam undian di Nyon, Jumat (12/4/2013), Bayern akan lebih dulu menjamu Barcelona di Stadion Allianz Arena pada 23 April 2013. Kedua tim itu sebelumnya pernah bertemu di perempat final Liga Champions empat musim lalu, yang berakhir untuk kemenangan Barca.

"Ini (laga Barcelona versus Bayern) akan jadi pertandingan yang mendebarkan," tulis Iniesta dalam akun Twitter-nya.

Tak hanya Iniesta, sejumlah pemain seperti Cecs Fabregas dan Jose Pinto pun mengaku senang bertemu dengan Bayern. "Kami akan menuju Muenchen!" ungkap kedua pemain tersebut.

Sementara itu, kubu Bayern juga tak kalah optimistis bisa melaju ke final yang akan digelar di Stadion Wembley, London, pada 25 Mei mendatang. "Jika ingin menjadi yang terbaik, Anda harus mengalahkan tim terbaik," kata Claudio Pizzaro.

Pernyataan itu diungkapkan Pizzaro menanggapi kicauan rekannya, David Alaba, "Barcelona berada di semifinal. Ini akan jadi tugas yang berat."

No comments:

Post a Comment