KOMPAS.com - Nasional

KOMPAS.com - Nasional


Istana Benarkan Akun Instagram Aniyudhoyono

Posted: 13 Apr 2013 03:21 PM PDT

Istana Benarkan Akun Instagram Aniyudhoyono

Penulis : Icha Rastika | Sabtu, 13 April 2013 | 22:21 WIB

CIANJUR, KOMPAS.com - Pihak Istana negara membenarkan jika akun Instagram dengan nama "aniyudhoyono" merupakan akun resmi milik Ibu Negara Ani Yudhoyono. Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha membenarkan hal tersebut saat dikonfirmasi di sela-sela acara peluncuran akun Twitter Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (14/3/2013).

"Itu benar akun Ibu Ani," kata Julian. Dia juga mengatakan, foto-foto yang diunggah ke layanan berbagi foto Instagram melalui akun aniyudhoyono itu asli jepretan Ani. "Itu benar hasil foto Ibu sendiri," ucapnya.

Pernyataan Julian mengonfirmasi berita sebelumnya soal akun Instagram aniyudhoyono (baca: Inikah Akun Instagram Ani Yudhoyono?)

Pembuatan akun Instagram aniyudhoyono ini tidak terlepas dari hobi memotret yang dilakoni Ani. Sebelumnya, Ani mendokumentasikan foto hasil bidikannya dalam buku fotografi berjudul The Colors of Harmony - A Photography Journey by Ani Yudhoyono. Bersamaan dengan peluncuran buku ini pada 28 Oktober 2011 di Galeri Nasional, Jakarta, Ibu Negara juga menggelar pameran foto karyanya.

Pantauan Kompas.com di Instagram, dalam bio akun tersebut tertulis keterangan, "Akun resmi Ibu Negara Republik Indonesia. Semua foto adalah hasil bidikan Ibu Negara, kecuali foto-foto aktivitas dari Ibu Negara." Di sana juga ada tautan alamat http://istanapresiden.go.id.

Foto pertama akun ini diunggah ke Instagram pada 10 Aprlil 2013, atau sekitar empat hari lalu. Setiap foto tampak diberi judul atau keterangan untuk mempertegas maknanya. Foto-foto yang diunggah juga mencantumkan kredit di bagian bawah foto, bertuliskan: c. Ani Yudhoyono - 2013.

Ini Alasan Akun SBY Cepat Terverifikasi

Posted: 13 Apr 2013 02:33 PM PDT

CIANJUR, KOMPAS.com - Akun Twitter Presiden Susilo Bambang Yudhoyono @SBYudhoyono tergolong cepat diverifikasi sebagai akun resminya. Dibuat pada 27 Maret 2013, akun itu tampak terverifikasi pada Sabtu (13/4/2013) malam ini.

Saat meluncurkan akun Twitternya di Istana Cipanas, Cianjur, Jawa Barat malam ini, Yudhoyono menepis anggapan miring mengenai cepatnya akun itu diverifikasi. "Isunya saya harus bayar 15.000 dollar AS. Saya kalau dengar ini kok masih ada saudara-saudara kita yang berburuk sangka. Sama sekali tidak ada, sama sekali tidak terlintas dipikiran saya," ujar Yudhoyono.

Menurutnya, akun @SBYudhoyono cepat diverifikasi karena pihak Twitter di Amerika Serikat memang menunggu-nunggu kapan Presiden SBY bergabung di dunia Twitter. Pasalnya, kata Yudhoyono, di antara pemimpin negara G20, hanya tinggal empat orang, termasuk dirinya, yang belum memiliki akun Twitter.

"Setelah saya bergabung, sebagai terimakasih, tentu proses verifikasi ini dilakukan dengan cepat," ucapnya. Dia pun bersyukur akun @SBYudhoyono cepat terverifikasi karena sudah banyak akun palsu yang mengatasnamakan SBY.

Seperti diberitakan sebelumnya, Yudhoyono meluncurkan akun Twitter resminya @SBYudhoyono di Istana Cipanas malam ini. Hadir dalam peluncuran tersebut, Ibu Negara Ani Yudhoyono, dua putra Presiden, Agus Harimurti Yudhoyono serta Eddhie Baskoro Yudhoyono yang didampingi istri masing-masing, serta sejumlah staf ahli Presiden.

Dalam acara peluncuran tersebut, SBY menuliskan Tweet pertamanya yang isinya menyapa masyarakat Indonesia. Kemudian SBY menuliskan Tweet keduanya mengenai kecelakaan Lion Air. Melalui akun @SBYudhoyono tersebut, dia mengatakan sudah meminta menteri perhubungan untuk memerhatikan perawatan para korban kemudian melakukan investigasi atas insiden tersebut.

SBY juga mem-follow akun orang-orang terdekatnya, Wakil Presiden Boediono, anggota keluarganya, serta tiga wartawan yang terpilih melalui undian. Menurut Yudhoyono, dia mulai memasuki dunia per-Twitteran agar dapat setiap hari menyapa, berbagi inspirasi dan hal-hal penting yang barangkali berguna bagi rakyat. "Itu yang jadi tujuan utama saya dalam komunikasi melalui Twitter ini," ujar Yudhoyono.

SBY Instruksikan Menhub Investigasi Kecelakaan Lion Air

Posted: 13 Apr 2013 01:33 PM PDT

SBY Instruksikan Menhub Investigasi Kecelakaan Lion Air

Penulis : Icha Rastika | Sabtu, 13 April 2013 | 20:33 WIB

CIANJUR, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menginstruksikan Menteri Perhubungan EE Mangindaan untuk mengutamakan perawatan para korban kecelakaan pesawat Lion Air di Bali. Yudhoyono juga mengaku telah menginstruksikan untuk menginvestigasi kecelakaan tersebut.

"Saya sempat komunikasi dengan Menteri Perhubungan. Satu yang kita syukuri, tidak ada korban jiwa. Saya sudah meminta utamakan perawatan yang luka-luka, kemudian diatasi, kemudian diinvestigasi mengapa terjadi," kata Yudhoyono di Istana Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (14/3/2013).

Yudhoyono mengatakan, dia terus mengikuti perkembangan kecelakaan itu melalui pemberitaan media. Dia berharap para korban segera sembuh. "Saya ikuti media dalam dan luar negeri," katanya.

Dia juga telah menuliskan rasa simpatinya kepada korban kecelakaan Lion Air melalui akun Twitter @SBYudhoyono. "Terhadap kecelakaan Lion Air di Bali, saya telah instruksikan Menhub untuk merawat yang luka dan melakukan investigasi *SBY*" demikian bunyi tweet SBY.

Sebelumnya diberitakan, pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-904 terbang dari Bandung menuju Denpasar yang membawa 101 penumpang dan tujuh awak gagal mendarat dan jatuh ke laut di ujung barat landasan pacu Bandara Ngurah Rai, Bali, pukul 15.35 Wita.

Badan pesawat patah di dekat ekor dan mengapung di Pantai Segara, Kuta. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini, tetapi sejumlah penumpang mengalami luka-luka.

"Tweet" Kedua SBY Bicara soal Lion Air

Posted: 13 Apr 2013 01:27 PM PDT

'Tweet' Kedua SBY Bicara soal Lion Air

Penulis : Icha Rastika | Sabtu, 13 April 2013 | 20:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan simpatinya atas kecelakaan pesawat Lion Air di Bali melalui aku Twitter-nya @SBYudhoyono. Akun itu baru diluncurkan, Sabtu (13/4/2013) malam ini.

Setelah menuliskan tweet perdananya yang menyapa Indonesia, Yudhoyono pun nge-tweet dengan menuliskan rasa simpatinya atas kecelakaan pesawat Lion Air tersebut. "Terhadap kecelakaan Lion Air di Bali, saya telah instruksikan Menhub untuk merawat yang luka dan melakukan investigasi *SBY*" tulis akun Twitter @SBYudhoyono.

Sebelum menuliskan kicauannya yang kedua di hadapan para pewarta di Istana Cipanas, Cianjur, Kepala Negara mengaku terus mengikuti pemberitaan mengenai kecelakaan Lion Air. Dia menyatakan telah berkomunikasi dengan Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengenai insiden tersebut.

"Satu yang kita syukuri tidak ada korban jiwa. Saya sudah meminta utamakan perawatan yang luka-luka itu untuk kemudian diatasi, kemudian diinvestigasi kenapa itu terjadi," kata Yudhoyono.

Kepala Negara pun menyampaikan harapannya agar penumpang korban kecelakaan Lion Air itu segera sembuh.

Seperti diketahui, setelah resmi meluncurkan akun Twitter @SBYudhoyono, Presiden Yudhoyono mulai "berkicau". Dia pun menjadi follower atau pengikut sejumlah orang.

Orang pertama yang di-follow Yudhoyono adalah Wakil Presiden Boediono, kemudian anggota keluarganya, serta tiga wartawan yang terpilih melalui undian. Menurut Yudhoyono, dia mulai memasuki dunia per-Twitter-an agar dapat setiap hari menyapa, berbagi inspirasi dan hal-hal penting yang barangkali berguna bagi rakyat.

"Itu yang jadi tujuan utama saya dalam komunikasi melalui Twitter ini," ujar Yudhoyono.

Ini "Tweet" Perdana SBY

Posted: 13 Apr 2013 12:58 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara resmi meluncurkan akun Twitter-nya, @SBYudhoyono, di Istana Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (13/4/2013). Ini pertama kali Yudhoyono berkicau di Twitter. Apa kicauan perdananya?

Di hadapan para wartawan dan dengan didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono beserta dua putranya, Agus Harimurti Yudhoyono dan Eddhie Baskoro Yudhoyono, yang didampingi istri masing-masing, Yudhoyono mengetik melalui laptopnya sebuah kalimat, yakni "Helo Indonesia, saya bergabung ke dunia Twitter untuk ikut berbagi sapa, pandangan, dan inspirasi, salam kenal, SBY," begitu kicauan pertama SBY yang disampaikannya kepada wartawan.

Akun Twitter yang telah diverifikasi itu memiliki followers atau pengikut lebih dari 109.000 hingga sore ini. Tampak dalam foto profil akun, foto Presiden SBY berpakaian non-jas dengan latar belakang aktivitasnya bertemu masyarakat.

Yudhoyono mengatakan, dia memutuskan untuk bergabung dengan Twitter agar dapat setiap hari menyapa, berbagi inspirasi, dan hal-hal penting yang barangkali berguna bagi rakyat. "Itu yang jadi tujuan utama saya dalam komunikasi melalui Twitter ini," ujar Yudhoyono.

Sebelumnya, para pengguna Twitter bertanya dan menebak-nebak, kira-kira apa yang bakal dituliskan SBY sebagai tweet perdananya. Bahkan, pegiat sosial yang juga aktivis antikorupsi, Fadjroel Rachman, melalui akunnya, @fadjroeL, membuat kuis tebak tweet pertama Presiden SBY. Sebuah kaus disediakannya bagi tweeps yang tebakannya benar.

PJTKI adalah Masalah, Bukan Solusi

Posted: 13 Apr 2013 08:34 AM PDT

ADELAIDE, KOMPAS.com — Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) merupakan akar masalah bagi eksploatasi tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri. Adanya monopoli bagi PJTKI untuk menempatkan tenaga kerja yang sebagian besar berkecimpung di bidang keterampilan rendah, seperti pekerja rumah tangga, juga merupakan tindakan diskriminatif.

Demikian diungkapkan Wahyu Susilo dari Migrant Care dalam simposium yang diadakan oleh Universitas Flinders di Adelaide, Australia, Sabtu (13/4/2013). Simposium ini membahas masalah migran dan diaspora Indonesia.

"Kalau Anda memiliki keterampilan profesional di bidang komputer, dan mau bekerja di luar negeri, Anda bisa mencari lowongan kerja di internet sendiri. Namun, TKI harus lewat PJTKI. Adanya monopoli oleh pihak swasta ini merupakan tindakan diskriminastif," kata Wahyu, seperti dilaporkan koresponden Kompas di Australia, L Sastra Wijaya.

Oleh karena itu, Migrant Care mendesak pemerintah yang sudah meratifikasi konvensi internasional mengenai hak perlindungan semua pekerja migran dan keluarga mereka untuk memberi perlindungan hak asasi manusia bagi para pekerja migran atau TKI tersebut. "Sampai sekarang pemerintah belum memperlihatkan tindakan nyata bagi para pekerja kita dari sisi perlindungan hak asasi manusia," kata Wahyu.

Menurut Wahyu, pemberian monopoli terhadap PJTKI untuk menempatkan pekerja migran di luar negeri tersebut menciptakan kondisi yang tidak sehat karena para pekerja tidak bisa mencari cara lain yang lebih murah dan lebih efisien. "Selain itu juga, model seperti ini menciptakan dikotomi legal dan ilegal. Bagi mereka yang lewat PJTKI dianggap legal, sementara yang tidak, dianggap ilegal," tutur Wahyu.

Berdasar penelitian Migrant Care, PJTKI mendapat banyak keuntungan dari bisnis mereka lewat biaya ekonomi tidak langsung yang didapat dari TKI, bukan biaya langsung dari pemberangkatan mereka.

Ketika ditanya apakah model ini bisa diubah, Wahyu mengatakan bahwa beberapa pemilik PJTKI sekarang ini terlibat menjadi pengurus beberapa partai politik di Indonesia, baik di tingkat nasional maupun di daerah.

Wahyu merupakan salah satu dari pembicara yang hadir di Universitas Flinders dalam simposium selama dua hari yang diselenggarakan bersamaan dengan Festival Indofest 2013 di Adelaide. Pembicara lain, khusus berbicara mengenai diaspora Indonesia di Adelaide adalah Tji Srikandi Goodheart, bekas penerima beasiswa Colombo Plan tahun 1960-an, dan kemudian tinggal di Adelaide menjadi dokter gigi. Juga tampil Tomik Subagio, seorang insinyur yang setelah pensiun mencurahkan perhatian menjadi penerjemah lisan dan tulisan di Adelaide, serta Arif Febrianto, seorang pekerja IT profesional.

Malam Ini, SBY Luncurkan Akun Twitter-nya di Cipanas

Posted: 13 Apr 2013 08:20 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan meluncurkan akun Twitter-nya @SBYudhoyono di Istana Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (13/4/2013).

"Bapak Presiden berencana me-launching akun beliau pada hari ini, malam nanti. Kalau tidak ada perubahan berarti akun Twitter-nya akan di-launching di sini, di Istana Cipanas," kata Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha di Istana Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

Akun Twitter yang telah diverifikasi itu memiliki follower atau pengikut lebih dari 109.000 hingga sore ini. Meski sudah membuat heboh dunia per-Twitter-an, akun tersebut belum berkicau sama sekali karena memang belum resmi diluncurkan.

Jumlah following atau orang yang diikuti akun Twitter @SBYudhoyono ini pun masih nol.

Akun @SBYudhoyono mulai meramaikan Twitland pada Sabtu pagi ini. Akun tersebut pun telah terverifikasi sebagai akun resmi Yudhoyono. Belum lama, pengelola akun mengganti foto profil akun dengan foto Presiden SBY berpakaian non-jas dengan latar belakang aktivitasnya bertemu masyarakat.

Padahal sebelumnya, profil akun tersebut menampilkan foto Yudhoyono berpakaian jas dengan segala lencana kebesarannya. Beberapa hari lalu, Julian menyatakan bahwa Presiden SBY akan merilis akun Twitter pribadinya.

Salah satu tujuannya adalah untuk mendekatkan diri dengan rakyat dan mendengar aspirasi secara langsung. Akun Twitter Presiden akan dikelola oleh tim. Namun, Presiden bisa nge-tweet sendiri jika ada informasi penting yang ingin disampaikan kepada publik.

Tak sedikit pengguna Twitter yang bertanya dan menebak-nebak, kira-kira apa yang bakal dituliskan SBY sebagai tweet perdananya? Bahkan, pegiat sosial yang juga aktivis antikorupsi Fadjroel Rachman melalui akunnya @fadjroeL membuat kuis tebak tweet pertama Presiden SBY. Sebuah kaus disediakannya bagi tweeps yang tebakannya benar. Penasaran dengan tweet pertama SBY? Kita lihat saja seusai peluncurannya.

Baca juga:
Belum "Nge-Tweet", Followers Presiden Sudah Puluhan Ribu
Istana: Benar, @SBYudhoyono Akun Presiden
Tebak, Apa "Tweet" Pertama SBY?
JK: Selamat Datang di 'Twitterland', Pak SBY
Ini Dia Akun Twitter Presiden SBY

Berita terkait dapat diikuti dalam topik:
SBY "Nge-Tweet"

Editor :

Inggried Dwi Wedhaswary

Nasdem: Hanura Bukan Saingan Kami

Posted: 13 Apr 2013 08:10 AM PDT

Jelang 2014

Nasdem: Hanura Bukan Saingan Kami

Penulis : Alsadad Rudi | Sabtu, 13 April 2013 | 15:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sekjen DPP Partai Nasdem Rio Capella mengatakan, keluarnya Harry Tanoesoedibjo tak akan menggembosi suara partai pimpinan Surya Paloh itu. Harry saat ini bergabung ke Partai Hanura. Menurut Rio, Hanura bukan saingan Partai Nasdem pada Pemilu Legislatif 2014 nanti.

"Saingan kami tiga besar ke atas, masa kami saingan dengan yang di bawah. Kami sudah siap perang, jadi enggak bisa digembosi," ujar Rio, di sela-sela pembekalan bakal caleg DPR dari Partai Nasdem, Sabtu (13/4/2013), di Hotel JS Luwansa di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

Ia mengklaim, antusiasme para bakal calon anggota legislatif melalui Partai Nasdem cukup besar. Hingga Sabtu (13/4/2013) ini, menurut dia, pendaftar caleg DPR Partai Nasdem mencapai sekitar 600 orang. 

"Proses pendaftaran mulai Kamis kemarin dan akan selesai besok (minggu)," katanya.  

Partai Nasdem menargetkan meraih 130 kursi di DPR pada Pemilu 2014 mendatang. Target itu akan tercapai jika Partai Nasdem keluar sebagai pemenang pemilu. 

Editor :

Inggried Dwi Wedhaswary

No comments:

Post a Comment