KOMPAStekno

KOMPAStekno


Saingi Intel, AMD Bikin Prosesor Tablet Bisnis

Posted: 13 Apr 2013 07:26 AM PDT

KOMPAS.com - Pembuat prosesor AMD tak mau ketinggalan memeriahkan tren perangkat komputasi mobile. AMD mendesain dua prosesor yang bakal dibenamkan di tablet untuk kelas bisnis dan konsumen.

Langkah AMD ini seakan ingin menyaingi aksi kompetitornya, Intel, yang baru memperkenalkan konsep notebook masa depan "North Cape" dalam pameran produk elektronik CES 2013 di Las Vegas, AS, Januari lalu.

Dalam sebuah video di YouTube, seperti dikutip dari Tomshardware.com, AMD menunjukan tablet bisnis bisa memakai prosesor APU Temash quad-core yang mengusung atsitektur x86 "Jaguar", dipadu pemroses grafis terintegrasi seri Radeon HD 7000.

Selain tablet bisnis, AMD juga mendesain prosesor tablet untuk konsumen. Ia memakai prosesor AMD A6 "Kabini" yang juga diperuntukkan bagi perangkat PC kelas menengah. Meski begitu, tablet ini bisa menjalankan game Tochlight II pada resolusi full-HD (1920x1080 pixel), mode Direct X 11, dalam kecepatan 25 FPS.

AMD juga melengkapi kedua tablet dengan teknologi TurboDock, dimana tablet bisa ditancapkan ke perangkat docking yang bisa meningkatkan performa dan daya tahan baterai secara otomatis. 

Ini Dia Akun Twitter Presiden SBY

Posted: 13 Apr 2013 02:42 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha baru beberapa hari lalu mengungkap niatan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuat akun Twitter pribadi.

Sebenarnya Istana Presiden sudah memiliki akun resmi dengan nama @IstanaRakyat, tetapi Presiden yang akrab disapa dengan akronim SBY merasa perlu memiliki akun pribadi.

Sabtu, 13 April 2013, pagi ini, hal tersebut tampaknya telah terwujud. Akun bernama @SBYudhoyono muncul di Twitter. Pemiliknya disebutkan bernama "Susilo B. Yudhoyono".

Sama seperti akun @IstanaRakyat, akun @SBYudhoyono pun telah memperoleh badge verifikasi Twitter (verified account) yang menunjukkan bahwa akun tersebut memang benar-benar kepunyaan Presiden SBY.

Akun ini, berdasarkan keterangan dari Julian, sehari-hari akan dikelola oleh sebuah tim. Namun, Presiden SBY bisa langsung melakukan tweet sendiri juga bila dirasa ada informasi penting yang ingin disampaikan kepada publik.

Saat dikunjungi Kompas Tekno sekitar pukul 09.00 tadi, akun @SBYudhoyono sudah mengumpulkan sekitar 3.500 followers, tetapi akun ini belum menuliskan tweet apa pun. Di akun tersebut juga tertera alamat situs presidenri.go.id.

Selain Presiden SBY, Ibu Negara Ani Yudhoyono juga sempat dikabarkan membuat akun pribadi di jejaring sosial photo sharing Instagram.

"Hamster" Wakili Indonesia ke Rusia

Posted: 13 Apr 2013 02:09 AM PDT

KOMPAS.com - Tim Solite Studio berhasil muncul sebagai pemenang utama Kompetisi Microsoft Imagine Cup 2013 tingkat Indonesia dalam acara penjurian para finalis di Jakarta, Jumat (12/4/2013) kemarin.

Menyisihkan 8 finalis lain, tim yang mewakili Universitas Trunojoyo Madura ini berhasil menjadi juara lewat game edukatif berjudul "Save the Hamster".

"Konsep solusinya sudah matang dan berhasil memadukan aspek edukasi matematika dengan permainan yang menarik," komentar Presiden Direktur Microsoft Indonesia Andreas Diantoro tentang Save The Hamster dalam keterangan pers yang diterima KompasTekno.

Game Save The Hamster sendiri adalah game pada platform Windows Phone yang menceritakan empat ekor hamster yang tersesat. Tugas pemain adalah membantu mereka pulang.

Pelajaran matematika disisipkan dalam bentuk simbol matematika di tanah yang harus dicocokkan dengan hamster yang bersarang di situ.

Bersama peserta dari 108 negara lain di seluruh dunia, Solite Studio akan mewakili Indonesia dalam acara final dunia Imagine Cup 2013 di St. Petersburg, Rusia, 8-11 Juli mendatang. Mereka berkesempatan meraih hadiah utama senilai Rp 500 juta.

Yakin menang

Imagine Cup adalah kompetisi tahunan yang mengajak para mahasiswa dan pelajar menciptakan sebuah karya teknologi yang dapat mengatasi suatu permasalahan tertentu dan bisa diaplikasikan di kehidupan sehari-hari.

Kompetisi tersebut sudah digelar oleh Microsoft sejak tahun 2003, tetapi belum ada tim dari Indonesia yang berhasil menjadi juata di salah satu kategori utama. Hal tersebut diyakini Andreas bakal berubah tahun ini.

"Saya menargetkan kita harus membawa gelar juara dari Rusia. Pemilihan juri untuk Imagine Cup 2013 Indonesia kali ini jauh lebih ketat, supaya (tim) yang kita kirim juga berkualitas bagus," ujarnya dalam acara konferensi pers final Imagine Cup 2013 tingkat Indonesia di Jakarta, Jumat (12/4/2013).

Ada tiga kategori yang dilombakan dalam Imagine Cup tahun ini, yaitu Innovation, Games, dan World Citizenship. Karya tim Solite Studio yang menjadi pemenang Imagine Cup 2013 tingkat Indonesia termasuk dalam kategori game.

No comments:

Post a Comment