KOMPASbola

KOMPASbola


Roura: Messi Tunjukkan Kualitasnya

Posted: 27 Apr 2013 08:23 PM PDT

BARCELONA, KOMPAS.com - Asisten pelatih Barcelona, Jordi Roura, memuji penampilan Lionel Messi yang menjadi inspirasi timnya saat melawan Athletic Bilbao di Stadion San Mames dalam lanjutan Liga BBVA, Sabtu atau Minggu (28/4/2013) dini hari WIB. Bermain sejak menit ke-59, ia menyelamatkan Barca dari kekalahan, bahkan sempat membawa timnya unggul sebelum akhirnya dipaksa Bilbao bermain imbang 2-2.

Pada laga itu, Barca tertinggal lebih dulu oleh gol Markel Susaeta pada menit ke-27. Messi kemudian diturunkan di babak kedua. Ia dengan gocekan manis melwati tiga lawan, langsung mencetak gol dan membuat kedudukan imbang 1-1. Bahkan, Messi kemudian membuat assist buat gol Alexis Sanchez di menit ke-69. Sayang, di menit akhir, Barca kebobolan oleh gol Ander Herrera.

Meski begitu, laga itu menunjukkan betapa pentingnya peran Messi. Ia turun dan langsung membuat perubahan.

"Leo (Messi) adalah pemain terbaik dunia. Leo dalam kondisi baik. Dia berlatih sangat bagus dan benar-benar membantu kami. Harapannya, dia terus membaik dan kembali fit 100 persen dan mencapai puncak kekuatannya lagi," harap Roura.

Roura menyatakan kecewa karena timnya hanya meraih nilai satu. "Menyedihkan kami hanya bisa bermain imbang. Kami gagal mencetak gol ketiga. Sayang sekali kami gagal meraih nilai tiga," sesal Roura.

"Kami bermain imbang di lapangan yang sangat menyulitkan. Kami datang ke sini dengan tekad meraih nilai tiga dan memperdekat gelar juara," tandasnya. (GL)

Dortmund Korban Media Sosial

Posted: 27 Apr 2013 08:16 PM PDT

DORTMUND, KOMPAS.com - CEO klub Jerman Borussia Dortmund, Hans-Joachim Watzke, mengeluhkan isu-isu mengenai transfer pemain yang melingkupi klubnya selama sepekan ini. Ia bahkan menyebut bahwa Die Schwarzegelbe telah menjadi korban dari kabar-kabar yang beredar di media sosial.

Isu terbaru yang berkaitan dengan Borussia Dortmund adalah kabar kepindahan penyerang Bayern Muenchen, Mario Gomez, menuju Signal Iduna Park menyusul transfer gelandang Mario Goetze ke FC Hollywood dan santernya kepergian bomber Robert Lewandowski musim depan.

"Para pemain bahkan menanyai saya mengenai Mario Gomez. Baru saja saya akan bicara, media lalu mengabarkan bahwa Gomez terlihat mengadakan pertemuan dengan pihak klub (Dortmund)," kata Watzke kepada WAZ.

"Kami adalah korban dari media sosial. Ada kegilaan yang menyebar dan terkadang efeknya buruk. Kami tak bisa lagi menjaga rahasia," keluhnnya.

Sebelum isu mengenai kehadiran Gomez di kota Dortmund, Watzke dan pihak klub pun sudah lebih dulu harus menghadapi serangkaian pertanyaan mengenai kejelasan masa depan Lewandowski, setelah agen pemain Polandia tersebut mengklaim bahwa Lewandowski sudah mencapai kesepakatan dengan sebuah klub. (GL)

Di Maria Menangkan Los Blancos dalam Derbi Madrid

Posted: 27 Apr 2013 08:03 PM PDT

MADRID, KOMPAS.com - Real Madrid mendapatkan suntikan moral jelang pertandingan leg ke-2 semifinal Liga Champions lawan Borussia Dortmund, setelah menang 2-1 atas tim sekota Atletico Madrid pada lanjutan Liga BBVA, Sabtu atau Minggu (28/4/2013) dini hari.

Bertanding di Stadion Vicente Calderon, Madrid yang tampil tanpa sebagian besar pemain intinya kebobolan lebih dulu oleh gol Radamel Falcao, sebelum gol bunuh diri Juanfran membuat kedudukan jadi imbang 1-1. Angel Di Maria kemudian muncul sebagai pahlawan dengan mencetak gol kemenangan.

Madrid mengawali laga kurang menggigit. Bahkan, pertandingan baru berjalan empat menit,  tuan rberhasil umah mencuri gol melalui bintangnya, Radamel Falcao, memanfaatkan tendangan bebas Gabi yang gagal dibendung Diego Lopez. Madrid baru bisa membalas lewat gol bunuh diri Juanfran delapan menit kemudian ketika keliru mengantisipasi tendangan sudut Madrid.

Atletico mencoba bangkit dan mengembalikan keunggulannya. Falcao kembali mengancam gawang Madrid setelah Koke mengirimkan umpan lambung, namun bola sundulannya masih terlampau mudah untuk diamankan oleh Diego Lopez.

Atletico tampil menekan sepanjang babak pertama dan beberapa kali menciptakan peluang di depan gawang Madrid. Namun, penyelesaian akhir yang buruk tidak bisa membuat mereka mengubah skor. Madrid pun sempat mendapat serangkaian peluang seperti tendangan bebas Kaka di menit ke-35, namun masih mampu diamankan kiper Atletico Thibaut Courtouis.

Madrid kembali mendapatkan peluang pada menit ke-40 melalui solo run Karim Benzema, namun lemahnya penyelesaian akhir membuat peluang yang diperoleh Madrid menjadi sia-sia. Hingga babak pertama kedudukan antara Atletico dan Madrid tetap imbang 1-1.

Di awal babak kedua Atletico langsung mendapat peluang melalui sundulan Diego Costa, namun Diego Lopez bisa melakuka penyelamatan sebelum bola menjebol gawangnya. Di menit ke-59, Ricardo Carvalho melanggar Falcao di kotak penalti, namun wasit Miguel Perez Lasa tidak menunjuk titik putih dan meneruskan permainan.

Angel Di Maria akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-63, setelah menerima umpan dari Karim Benzema. Dengan tenang Di Maria melewati Diego Godin dan meneruskan bola yang tak bisa ditahan oleh Courtouis dan membalikkan keadaan untuk keunggulan Los Blancos.

Gol Di Maria sepertinya memberi suntikan moral bagi Madrid yang mulai berani melepaskan diri dari tekanan Atletico. Madrid gagal menambah gol dan harus puas dengan kemenangan 2-1.

Susunan Pemain
Atletico:
13-Thibaut Courtois, 2-Diego Godin, 3-Filipe Kasmirski, 20-Francisco Juanfran, 23-Miranda, 4-Mario Suarez (11-Cristian Rodriguez 74), 6-Koke, 8-Raúl Garcia (7-Adrian 72), 14-Gabi, 9-Radamel Falcao, 19-Diego Da Silva Costa

Real Madrid: 25-Diego Lopez, 3-Pepe, 11-Ricardo Carvalho, 18-Raul Albiol, 27-Nacho, 6-Sami Khedira, 8-Kaka (14-Xabi Alonso 67), 15-Michael Essien (2-Raphael Varane 70), 22-Angel Di Maria (19-Luka Modric 77), 29-Morata, 9-Karim Benzema

Rahasia Sturridge Bersinar di St James Park

Posted: 27 Apr 2013 07:07 PM PDT

NEWCASTLE, KOMPAS.com - Penyerang Liverpool, Daniel Sturridge, mengungkapkan dirinya tak merasa terbebani sebagai pengganti Luis Suarez. Hal itulah yang membuat dirinya mampu menjadi motor kemenangan si Merah atas Newcastle dengan skor 6-0 dalam lanjutan Premier League di St James Park, Sabtu (27/4/2013).

"Aku tidak merasa tertekan oleh absennya Luis di tim. Aku datang ke Liverpool untuk bermain sebagai penyerang tengah dan itu yang aku harapkan," jelas Sturridge usai pertandingan.

Liverpool memang mampu membuktikan tak tergantung kepada Luis Suarez. Meski tanpa Suarez yang sedang menajalani hukuman sepuluh laga, The Reds masih memiliki Sturridge. Pemain asal Inggris itu bersinar setelah sukses mencetak dua gol dan sebuah asisst.  

Meski begitu, Sturridge tak mau jemawa. Ia berpendapat, Suarez masih dibutuhkan oleh Liverpool. "Aku tidak ingin mengatakan apakah kami lebih baik tanpa Luis atau bersama dia. Ketika Luis fit, dia akan kembali ke tim dan kami akan melewati ini," tutur pemain berusia 23 tahun itu.

Sturridge juga mengungkapkan bahwa timnya bermain sebagai sebuah tim sehingga akhirnya bisa meraih kemenangan 6-0. "Itu adalah hasil yang luar biasa. Kami bermain dengan sikap yang benar dan kami melakukannya," tuturnya. (BBC)

Romario: Pele Seorang yang Pandir

Posted: 27 Apr 2013 07:04 PM PDT

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com - Dua legenda sepak bola Brasil, Romario dan Pele, kembali terlibat perang urat syaraf. Bahkan, Romario menyebut Pele sebagai orang yang pandir. Pele pun kembali meresponsnya.

Kedua striker kenamaan Brasil ini terlibat hubungan panas pada 2007. Saat itu, Romario yang merupakan pahlawan Brasil di Piala Dunia 1994, menyebut Pele akan menjadi "sebuah puisi jika ia tak bicara".

Kini, Romario menyindir lebih tajam. Menurutnya, Pele adalah orang yang sinting. Pele yang pernah membawa Brasil juara Piala Dunia tiga kali (1958, 1962, 1970), langsung bereaksi.

"Banyak orang yang benar-benar tak tahu apa yang mereka inginkan dan dengan mudah menyerang masa lalu. Tapu, saya seorang Katolik dan saya yakin Tuhan akan selalu memaafkan orang yang salah. Maka, saya juga memaafkan orang yang bersalah," kata pele.

Lewat akun Facebook, Romario membalas pernyataan Pele tersebut. "(Jika) Diam, Pele akan seperti puisi."

"Hal bodoh yang ia (Pele) katakan adalah, Corinthians harusnya menjadi markas Selecao (timnas Brasil). Dia meminta hal itu, bukan?" sergah Romario.

"Beberapa lembar informasi tentang pria ini... Pertama-tama, markas tim yang ia sarankan untuk Selecao memiliki sejarah kecaman (dari sporter) yang terbesar. Kedua, dia mengaku Katolik taat. Saya tak percaya dia seorang Katolik. Jika demikian, ia pasti akan memperkenalkan putrinya dan datang pada pemakamannya," kecamnya lagi.

Lalu, Romario mengeluarkan kata-kata pamungkas yang tak kalah menyakitkan, "Selain sebagai sebuah puisi, dia (Pele) juga seorang yang pandir." (GL)

Madrid Sementara Diimbang Atletico 1-1

Posted: 27 Apr 2013 06:58 PM PDT

MADRID, KOMPAS.com - Real Madrid untuk sementara ditahan imbang rival sekotanya, Atletico Madrid, dalam lanjutan Liga BBVA Spanyol, Sabtu atau Minggu (28/4/2013) dini hari WIB. Bertanding di Estadio Vicente Calderon, Madrid bahkan kebobolan lebih dulu oleh gol Radamel Falcao, sebelum gol bunuh diri Juanfran membuat kedudukan jadi imbang 1-1 sampai babak pertama usai.

Pertandingan baru berjalan empat menit saat tuan rumah mencuri gol melalui bintangnya Radamel Falcao memanfaatkan tendangan bebas Gabi yang gagal dibendung Lopez. Madrid baru bisa membalas lewat gol bunuh diri Juanfran delapan menit kemudian ketika keliru mengantisipasi tendangan sudut Madrid. Falcao kembali mengancam gawang Madrid setelah Koke mengirimkan umpan lambung, namun sundulannya masih terlampau mudah untuk diamankan oleh Diego Lopez.

Atletico tampil menekan sepanjang babak pertama dan beberapa kali menciptakan peluang di depan gawang Madrid, namun penyelesaian akhir yang buruk tidak bisa membuat mereka mengubah skor. Madrid pun sempat mendapat serangkaian peluang seperti tendangan bebas Kaka di menit ke-35, namun masih mampu diamankan kiper Atletico Thibaut Courtouis. Madrid kembali mendapatkan peluang pada menit ke-40 melalui solo-run Karim Benzema, namun lemahnya penyelesaian akhir membuat peluang yang diperoleh Madrid menjadi sia-sia. Hingga babak pertama kedudukan antara Atletico dan Madrid tetap imbang 1-1. (C25-12)

Atletico Madrid (4-4-2): 13-Thibaut Courtois; 20-Francisco Juanfran, 2-Diego Godin, 23-Miranda, 3-Filipe Kasmirski; 4-Mario Suarez, 14-Gabi, 6-Koke, 8-Raul Garcia; 19-Diego Costa, 9-Radamel Falcao.

Real Madrid (4-2-3-1): 25-Diego Lopez; 15-Michael Essien, 18-Raul Albiol, 11-Ricardo Carvalho, 27-Nacho; 6-Sami Khedira, 3-Pepe; 22-Angel Di Maria, 8-Kaka, 29-Morata; 9-Benzema.

Sturridge Bersinar, Liverpool Bantai Newcastle 6-0

Posted: 27 Apr 2013 06:21 PM PDT

NEWCASTLE, KOMPAS.com - Liverpool berhasil mempermalukan Newcastle United dengan skor 6-0 pada lanjutan Premier League di St James Park, Sabtu atau Minggu (28/4/2012) dini hari WIB. Kemenangan si Merah ini tidak terlepas dari penampilan gemilang Daniel Sturridge yang sukses mencetak dua gol dan sebuah asisst pada laga ini.

Sturridge sebetulnya memiliki tugas berat pada pertandingan ini. Pemain asal Inggris itu menjadi ujung tombak, menggantikan Luis Suarez yang sedang menjalani 10 larangan bertanding akibat menggigit lengan bek Chelsea, Branislav Ivanovic.

Sturridge memang tak memiliki andil di balik gol cepat Daniel Agger saat laga baru berjalan tiga menit. Gol tersebut berkat umpan  Stevan Gerrard  ke dalam kotak penalti tim tuan rumah. Agger menyongsong umpan tersebut dengan kepalanya. Kiper Robert Elliot kesulitan menghalau bola karena posisinya yang terlalu maju meninggalkan gawangnya.

Sturridge baru menunjukkan taringnya ketika membidani gol kedua The Reds yang diciptakan Jordan Henderson pada menit ke-17. Begitu menguasai bola dari umpan terebosan dari Philippe Coutinho, Sturridge langsung melakukan penetrasi sehingga memancing Elliot keluar jauh meninggalkan sarangnya. Sturridge pun cerdik dengan menyodorkan bola kepada Henderson. Tanpa kesulitan, Henderson berhasil menyarangkan bola ke gawang yang memang kosong.

Tertinggal 0-2, Newcastle berusaha lepas dari tekanan tim tamu. Sebuah usaha mereka nyaris membuahkan hasil saat Massadio Haidara melepaskan umpan silang pada menit ke-35. Sayang, bola tandukan James Perch setelah memaksimalkan umpan tersebut masih melebar.

Setelah itu, Newcastle masih terlihat menekan Liverpool. Praktis, The Magpies mendominasi permainan sepuluh menit jelang turun minum. Namun, usaha mereka tak membuahkan hasil sampai wasit meniup peluit tanda istirahat.  

Babak kedua seperti menjadi panggung bagi Sturridge. Pemain berusia 23 tahun itu mampu mencetak dua gol dalam waktu 15 menit. Gol pertama diciptakan Sturridge pada menit ke-54.

Gol berawal dari kerja keras Coutinho yang berhasil merebut bola dari kaki Ben Arfa. Begitu menguasai bola, Coutinho merangsek ke dekat kotak penalti lawan dan memberikan umpan akurat kepada Sturridge. Tanpa kawalan ketat, pemain yang pernah membela Manchster City dan Chelsea tersebut melepaskan tembakan yang gagal ditangkal oleh Elliot.

Hanya berselang enam menit kemudian, Sturridge kembali mencatatkan namanya di papan skor. Gol berawal dari kecerdikan Gerrard yang berhasil melepaskan umpan kepada Jordan Henderson. Lolos dari jebakan offside, Henderson kemudian mengirimkan bola kepada Sturridge yang lagi-lagi berdiri bebas. Dengan cepat, Sturridge melepaskan tembakan yang sekaligus mengubah skor menjadi 4-0 untuk keunggulan The Reds.

Beberapa pendukung Newcastle pun terlihat kecewa. Mereka meninggalkan stadion setelah gol tersebut, meski pertandingan masih berlangsung lama.

Rodgers kemudian melakukan perubahan dengan memasukkan Fabio Borini, menggantikan Steven Gerrard pada menit ke-73. Pergantian brilian dari Rodgers. Baru satu menit tampil di lapangan, Borini berhasil mencetak gol setelah memaksimalkan umpan Stewart Downing.

Newcastle pun semakin sulit karena harus bermain sepuluh orang, menyusul kartu kuning kedua yang diterima Debuchy pada menit ke-75. Debuchy  harus meninggalkan lapangan usai melanggar Coutinho.

Pelanggaran tersebut makin memudahkan Liverpool dalam menekan. Henderson yang menjadi eksekutor tendangan bebas, sukses menyarangkan bola.  Pemain asal Inggris itu melepaskan tendangan melengkung yang bolanya sulit dijangkau Elliot. Gol itu sekaligus memateraikan kemenangan Liverpool 6-0.

Susunan Pemain
Newcastle Unted: 21-Robert Elliot; 13-Mapou Yanga-Mbiwa, 19-Massadio Haidara, 26-Mathieu Debuchy, 27-Steven Taylor; 4-Yohan Cabaye, 14-James Perch (Hatem Ben Arfa 45), 24-Ismael Cheik Tioté (Vurnon Anita 65); 7-Moussa Sissoko, 9-Papiss Demba Cisse, 18-Jonás Gutiérrez (Yoan Gouffran 45)
Pelatih: Alan Pardew

Liverpool: 25-Pepe Reina; 2-Glen Johnson, 3-Jose Enrique, 5-Daniel Agger, 23-Jamie Carragher; 8-Steven Gerrard (Borini 73), 14-Jordan Henderson, 21-Lucas; 10-Philippe Coutinho, 15-Daniel Sturridge (Jonjo Shelvey 85), 19-Stewart Downing
Pelatih: Brendan Rodgers

Diisukan Tangani Madrid, Ancelotti Hormati Kontrak

Posted: 27 Apr 2013 06:12 PM PDT

PARIS, KOMPAS.com - Pelatih Carlo Ancelotti menegaskan bahwa dirinya belum berbicara dengan Paris Saint-Germain soal kemungkinan meninggalkan Parc des Princes, untuk melatih Real Madrid pada musin depan.

"Saya ingin menunggu sampai akhir musim sebelum membuat sebuah keputusan. Saya belum berbicara dengan direktur atau pemilik klub (PSG)," kata Ancelotti.

Penyataan Ancelotti ini merupakan respons dari pemberitaan Le Perisien, Jumat (26/4/2012) kemarin. Harian Perancis tersebut menurunkan pemberitaan dari sumber yang dekat dengan Ancelotti bahwa pelatih asal Italia itu sudah membicarakan masa depannya dengan PSG. Ancelotti juga disebut siap menerima tawaran dari Real Madrid pada musim depan.

"Saya tidak mengatakan itu bahwa saya akan meninggalkan PSG. Semua bisa saja terjadi. Saya bisa bertahan atau pergi. Namun, Anda harus mempertimbangkan bahwa faktanya saya masih terikat kontrak (hingga 2014)," tegas pelatih yang pernah membesut AC Milan tersebut.

Le Perisen juga mempublikasikan bahwa Ancelotti juga akan membawa mantan pemain Madrid, Claude Makalele, sebagai asistennya, dan bek PSG, Thiago Silva, ke Santiago Bernabeu jika ia benar-benar menggantikan posisi Jose Mourinho pada musim depan.

Mourinho memang gencar diberitakan akan kembali ke Chelsea. Rumor yang berkembang, Mourinho mempertimbangkan hengkang karena sebagain besar pemain El Real menolak dilatih oleh pelatih kebangsaan Portugal itu pada musim depan. (AS)

No comments:

Post a Comment