KOMPASbola

KOMPASbola


Pukul Malaga 5-1, Valencia 1 Angka dari Champions

Posted: 20 Apr 2013 09:56 PM PDT

VALENCIA, KOMPAS.com - Valencia meraih kemenangan 5-1 atas Malaga, pada pertandingan Liga BBVA, di Mestalla, Sabtu (20/4/2013). Dengan hasil itu, Valencia naik ke posisi kelima dengan nilai 53, atau kalah satu angka dari Real Sociedad di tempat keempat. Sementara Malaga turun ke posisi keenam dengan nilai 50.

Valencia membuka pesta gol mereka dengan gol Daniel Parejo pada menit ke-25. Dari tengah kotak penalti, ia melepaskan tendangan kaki kanan, yang membuat bola melesat masuk sudut kiri bawah gawang.

Dalam waktu tiga menit, Valencia memperbesar keunggulan menjadi 2-0, melalui Roberto Soldado. Ia menaklukkan Wilfredo Caballero dengan tembakan kaki kanan dari tengah kotak penalti, memanfaatkan umpan Aly Cissokho.

Pada menit ke-30, Soldado kembali masuk daftar pencetak gol. Gol kali ini merupakan hasil eksekusi penalti, yang diberikan karena pelanggaran Martin Demichelis terhadap Ever Banega.

Sergio Canales mengubah angka di papan skor menjadi 4-0 pada menit ke-31. Canales membobol gawang tim tamu dengan tembakan jarak dekat, memanfaatkan bola muntah hasil tembakan Jonas yang diblok Caballero.

Malaga kemudian memangkas selisih melalui Julio Baptista pada menit ke-45+1. Gol ini merupakan hasil tendangan bebas, yang diberikan wasit setelah menilai Joao Pereira melanggar Eliseu.

Valencia akhirnya tetap mengakhiri laga dengan keunggulan empat gol atas Malaga, berkat gol Ever Banega pada menit ke-56. Memanfaatkan umpan Sofiane Feghouli, ia menaklukkan Caballero dengan tembakan kaki kanan dari dalam kotak penalti.

Valencia: 1-Diego Alves; 3-Aly Cissokho, 4-Adil Rami, 12-Joao Pereira, 22-Jeremy Mathieu; 6-David Albelda (18-Victor Ruiz 68), 7-Jonas, 10-Ever Banega, 21-Daniel Parejo, 23-Sergio Canales Madrazo (8-Sofiane Feghouli 35); 9-Roberto Soldado

Malaga: 13-Wilfredo Caballero; 2-Jesus Gamez, 3-Weligton, 5-Martín Demichelis, 18-Eliseu; 6-Ignacio Camacho, 7-Joaquin, 10-Julio Baptista, 16-Manuel Iturra (12-Lucas Piazon 85), 22-Isco, 9-Javier Saviola (17-Duda 45)

Wasit: Jose Antonio Teixeira Vitienes

Kontra Juve, El Shaarawy Starter

Posted: 20 Apr 2013 09:12 PM PDT

MILAN, KOMPAS.com - Penyerang Stephan El Shaarawy bermain sebagai pengganti Robinho pada laga Serie-A melawan Napoli, 14 April 2013. Untuk pertandingan Serie-A melawan Juventus, di Juventus Stadium, 21 April 2013, pelatih Massimiliano Allegri menyatakan bahwa El Shaarawy akan bermain sebagai starter.

Sejumlah kalangan menilai El Shaarawy diplot menjadi starter untuk laga melawan Juventus karena Mario Balotelli akan absen karena terkena sanksi skors. Namun, menurut Allegri, El Shaarawy akan tampil sebagai starter karena ia memang pemain berkualitas dan layak menjadi pilihan utama.

Selain El Shaarawy, Milan juga akan menghadapi Juventus dengan dukungan sejumlah pemain yang sebelumnya absen karena cedera, yaitu Massimo Ambrosini, Ignazio Abate, dan Kevin-Prince Boateng.

"Saya tak ingin mendudukan El Shaarawy di kursi cadangan. (Ia dicadangkan pada laga melawan Napoli) karena pertimbangan teknik dan saya akan melakukannya lagi. Menurut saya, ia luar biasa musim ini, dengan intensitas tinggi dan momen-momen penting. Duduk di kursi cadangan dalam satu pertandingan tak mengubah apa pun dalam hal cara pandang saya terhadapnya," ulas Allegri.

"Tak ada masalah El Shaarawy dan dengan memunculkan kontroversi ini, medis membuat Robinho tampak tak layak bermain. Terlepas dari itu, saya bisa mengatakan El Shaarawy akan bermain sebagai starter besok," lanjutnya.

Pada laga melawan Napoli, Milan bermain imbang 1-1. Sebelumnya, mereka juga berbagi gol 2-2 dengan Fiorentina. Dengan begitu, Milan tertahan di peringkat ketiga dengan nilai 59, kalah 15 poin dari Juventus di puncak klasemen dan kalah empat angka dari Napoli di tempat kedua. Adapun Fiorentina ada di peringkat keempat dengan nilai 55.

"Kami tak bermain buruk di Florence, tetapi sekarang kami harus meraih poin sebanyak mungkin untuk masuk zona Liga Champions, baik melalui babak play-off dengan finis di posisi ketiga atau langsung dengan finis di posisi kedua. Sekarang, kami harus melupakan kegagalan saat menghadapi Napoli dan jangan sampai dilewati Fiorentina," ulas Allegri.

"Juventus adalah tim terkuat di Serie-A, karena mereka menguasai klasemen dan unggul jauh dari (Napoli). Itu menunjukkan selisih antara Juventus dan tim lain," tandasnya.

Mengenai kontraknya di Milan yang akan habis pada Juni 2014, Allegri mengatakan, "Masa depan saya? Saya hanya mengatakan bahwa klub telah memperlakukan saya dengan baik dan saya memiliki relasi baik dengan Adriano Galliani. Pertumbuhan skuad ini telah sangat baik dalam beberapa bulan terakhir. Milan juga mempertimbangkan itu."

Gol Tunggal Di Natale Hempaskan Lazio di Friuli

Posted: 20 Apr 2013 08:46 PM PDT

UDINE, KOMPAS.com - Penyerang Antonio Di Natale mencetak gol yang menentukan kemenangan Udinese 1-0 atas Lazio, pada lanjutan Serie-A, di Friuli, Sabtu (20/4/2013).

Pada awal-awal laga, Lazio mendapatkan peluang masing-masing dari Cristian Ledesma pada menit ke-6 dan Antonio Candreva semenit setelahnya. Namun kedua peluang tersebut bisa dipatahkan para bek Udinese.

Udinese akhirnya keluar dari tekanan dan mendapatkan gol pada kesempatan pertama. Gol bermula dari pergerakan Gabriel Silva di sektor kanan pertahanan Lazio, yang berujung umpan silang. Di Natale luput dari penjagaan dua pemain Lazio dan melepaskan tendangan akrobatik yang membuat bola melesat masuk sudut kanan bawah gawang.

Lazio mencoba membalas lewat Miroslav Klose. Namun tendangan kaki kanan striker Jerman tersebut masih dapat diblok oleh Zeljko.

Setelah tembakan Miroslav Klose diblok Zeljko, Udinese melancarkan serangan yang berujung tembakan dari Di Natale kembali. Namun bola hasil tembakan kaki kanan Di Natale itu masih bisa diblok.

Pada babak kedua, Udinese mengambil inisiatif menyerang dan mendapatkan peluang melalui Dusan Basta, tetapi Brkic masih bisa mengantisipasnya. Lazio membalasnya melalui Stefano Mauri, tetapi usahanya diblok pagar betis tuan rumah.

Demi menambah daya gedor tim, pelatih Vladimir Petkovic melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Hernanes dan menarik keluar Cristian Ledesma. Namun usaha Petkovic tersebut tak membuahkan hasil berarti. Lazio tetap kesulitan menembus pertahanan Udinese.

Hernanes sempat mencoba memecahkan kebuntuan dengan tembakan pada menit ke-73. Namun, usahanya hanya membuahkan tendangan gawang.

Akhirnya, meski tak kebobolan, Lazio gagal mencetak gol hingga peluit berbunyi panjang.

Menurut catatan Lega Serie-A, sepanjang pertandingan, Udinese menguasai bola sebanyak 48 persen dan menciptakan tiga ancaman serius dari sepuluh usaha, sementara Lazio melepaskan tiga tembakan akurat dari tujuh percobaan.

Dengan hasil tersebut, Udinese duduk di peringkat ketujuh dengan nilai 51, sama dengan Lazio di posisi keenam.

Udinese: 1-Zeljko Brkic; 17-Mehdi Benatia, 5-Danilo, 11-Maurizio Domizzi; 8-Dusan Basta, 3-Allan, 21-Andrea Lazzari, 34-Gabriel Silva; 94-Piotr Zielinski (7-Emmanuel Badu, 85'), 37-Roberto Pereyra; 10-Antonio Di Natale (13-Mathias Ranegie, 80')

Lazio: 22-Federico Marchetti; 20-Giuseppe Biava, 3-Andre Dias, 2-Michael Ciani; 15-Alvaro Gonzalez, 24-Cristian Ledesma (8-Hernanes, 60'), 23-Ogenyi Onazi, 33-Marius Stankevicius (7-Honorato Ederson 61'); 87-Antonio Candreva, 6-Stefano Mauri (99-Sergio Floccari, 73'); 11-Miroslav Klose

Wasit: Marco Guida

Jamu Barca, Bayern Tak Perlu Berubah

Posted: 20 Apr 2013 08:21 PM PDT

BAYERN, KOMPAS.com - Bek Bayern Muenchen, Dante, menyatakan timnya takkan mengubah gaya permainan saat menjamu Barcelona pada semifinal leg pertama Liga Champions di Allianz Arena, Selasa (23/4/2013).

"Kami sedang berada dalam penampilan terbaik saat ini. Kami tidak akan mengubah penampilan kami untuk mereka. Kami takkan mengubahnya untuk klub mana pun,"  tutur Dante.

Dante tak memungkiri Barcelona merupakan tim terbaik dunia. Namun, Dante mengaku yakin, Die Rotten punya kemampuan membungkam El Barca pada laga nanti. "Kami bermain sebagai sebuah satu kesatuan dan kami sangat kompak," tuturnya.

Dante sendiri akan berhadapan dengan Lionel Messi pada  pertandingan nanti. Terkait hal tersebut, Dante mengatakan," Dia bisa melakukan hal luar biasa. Dia pemain terbaik dunia. Namun ketika Anda mendapatkan dukungan besar dari lini tengah, kerja pemain belakang akan menjadi semakin mudah."

Bayern Tak Punya "Tim B"

Posted: 20 Apr 2013 08:05 PM PDT

HANNOVER, KOMPAS.com - Kemenangan telak Bayern Muenchen atas tuan rumah Hannover 96 membuat pelatih Jupp Heynckes merasa puas. Menurut Heynckes kemenangan Mario Gomez dkk. ini menunjukkan bahwa dengan komposisi skuad seperti apa pun, Bayern bisa bermain di level terbaik.

"Para pemain menunjukkan bahwa kami tak punya tim B, hanya tim A," kata Heynckes di situs resmi FC Hollywood.

Dalam pertandingan tersebut, Henyckes mengistirahatkan beberapa pemain reguler Bayern, misalnya Bastian Schweinsteiger, Philipp Lahm, Javi Martinez dan Mario Mandzukic. Namun dua pemain yang dipasang di lini depan, yaitu Mario Gomez dan Claudio Pizarro, mampu menjawab kepercayaan Heynckes dengan mencetak dua gol masing-masing .  

"Para pemain menikmati pertandingan, dan sikap kami sangat baik. Setiap pemain sangat termotivasi dan kami membuat beberapa pergerakan yang sangat mengalir, menunjukkan disiplin tinggi, serta mencetak gol-gol luar biasa. Kami sudah menyiapkan kemenangan besar sejak babak pertama," ulas Heynckes.

Sementara itu kiper Manuel Neuer menganggap bahwa kemenangan melawan Hannover adalah bekal yang baik untuk menghadapi Barcelona, pada leg pertama semifinal Liga Champions, di Allianz Arena, Selasa (23/4/2013). 

"Kami bermain baik terutama di babak pertama, dan penampilan kami meyakinkan. Kami ingin mempersiapkan diri melawan Barcelona dan kami berhasil," ujar Neuer.

Barca Susah Payah Taklukkan Levante

Posted: 20 Apr 2013 07:57 PM PDT

BARCELONA, KOMPAS.com - Setelah bekerja keras, Barcelona akhirnya berhasil menaklukkan Levante dengan skor 1-0 pada lanjutan Liga BBVA di Camp Nou, Sabtu atau Minggu (21/4/2013) dini hari WIB. Gol tunggal Barca diciptakan Cesc Fabregas pada menit ke-86.

Barcelona sebetulnya memiliki kesempatan emas untuk unggul terlebih dulu setelah mendapatkan hadiah penati pada menit ke-17.  Wasit Alberto Undiano Mallenco langsung menunjuk titik putih begitu Andres Iniesta dilanggar Simao di kotak terlarang.

David Villa jutru yang dipercaya menjadi algojo, gagal membobol gawang tim tamu. Tendangan keras yang dilepaskan pemain asal Spanyol tersebut berhasil ditepis oleh kiper Keylor Navas.

Kegagalan tersebut tak membuat Barcelona menurunkan tekanan. Mereka terus menggempur tim tamu. Iniesta mencoba peruntungannya dengan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti pada menit ke-25. Sayang tembakan Iniesta masih bisa ditangkap dengan baik oleh Navas. Navas kembali melakukan penyelamatan sempurna saat menepis tendangan bebas Dani Alves pada menit ke-33.

Barca terus mengancam. Alex Song memberikan umpan kepada Thiago, yang kemudian meneruskan bola untuk Villa. Mantan pemain Valencia tersebut langsung melepaskan tembakan keras. Namun, tembakan Villa masih membentur Juanfran pada menit ke-39.

Lima menit kemudian, Villa yang mendapatkan bola dari Song berhasil melepaskan tembakan melengkung. Apa daya, Villa dibuat gigit jari karena tembakannya kembali berhasil diblok Navas. Itu menjadi peluang terakhir bagi Barca pada babak ini.

Selepas jeda, Tito Vilanova melakukan pergantian. Dia memasukkan Xavi Hernandez dan Pedro Rodriguez untuk menggantikan Iniesta serta Thiago. Setelah melihat tak ada perubahan signifikan, Vilanova memasukkan Alexis Sanchez untuk menggantikan Christian Tello pada menit ke-77.  

Tito pun akhirnya tersenyum. Perubahan tersebut membuat serangan Barcelona lebih bervariasi dan bertenaga, yang ditegaskan oleh Fabregas dengan sebuah gol. Dari sisi kiri pertahanan Levante, Sanchez mengirimkan bola kepada Fabregas yang berdiri di dalam kotak penalti. Dalam dua kawalan pemain lawan, Fabregas berhasil melepaskan tembakan yang gagal ditangkal Navas.

Barcelona terus berusaha mencetak gol pada waktu tersisa. Melalui Fabregas dan Pedro, Barcelona mendapatkan setidaknya tiga peluang emas yang tak berbuah gol, akibat antisipasi Navas.

Susunan Pemain
Barcelona:
1-Victor Valdés; 2-Dani Alves, 19-Martin Montoya, 21-Adriano, 22-Eric Abidal; 8-Andres Iniesta (Xavi 59), 11-Thiago (Pedro 67), 25-Alex Song; 4-Cesc Fabregas, 7-David Villa, 37-Cristian Tello (Sanchez 77)
Pelatih: Tito Vilanova

Levante: 13-Keylor Navas; 4-David Navarro, 6-Loukas Vyntra, 12-Juanfran, 19-Pedro López; 7-Jose Barkero, 8-Nabil El Zhar (Valdo 69(, 11-Rubén García, 23-Pape Diop, 24-Simao Mate Junior; 9-Robert Acquafresca
Pelatih: Juan Ignacio Martinez

Gol Di Natale Bawa Udinese Ungguli Lazio

Posted: 20 Apr 2013 07:47 PM PDT

UDINE, KOMPAS.com - Tuan rumah Udinese sementara unggul 1-0 dalam pertandingan Serie A melawan Lazio, di Friuli, Minggu (21/04/2013) dini hari WIB. Gol semata wayang dicetak Antonio Di Natale pada menit ke-19.

Pada awal-awal laga, Lazio mendapatkan peluang masing-masing dari Cristian Ledesma pada menit ke-6 dan Antonio Candreva semenit setelahnya. Namun kedua peluang tersebut masih bisa dipatahkan para bek Udinese.

Udinese akhirnya keluar dari tekanan dan mendapatkan gol pada kesempatan pertama. Gol bermula dari pergerakan Gabruel Silva di sektor kanan pertahanan Lazio, yang berujung umpan silang. Di Natale luput dari penjagaan dua pemain Lazio dan melepaskan tendangan akrobatik yang membuat bola melesat masuk sudut kanan bawah gawang.

Lazio mencoba membalas lewat Miroslav Klose. Namun tendangan kaki kanan striker Jermar tersebut masih dapat diblok oleh Zeljko. Di Natale kembali mengancam gawang Lazio memanfaatkan umpan Allan, namun tendangan kaki kanannya dari luar area gawang pun masih bisa dibendung.

Menjelang akhir babak pertama, Andrea Lazzari memiliki peluang mencetak gol, namun tendangannya masih melebar ke sisi kanan gawang Federico Marchetti.

Udinese: 1-Zeljko Brkic; Mehdi Benatia, 5-Danilo, 11-Maurizio Domizzi; 8-Dusan Basta, 3-Allan, 21-Andrea Lazzari, 34-Gabriel Silva; 94-Piotr Zielinski, 37-Roberto Pereyra; 10-Antonio Di Natale

Lazio: 22-Federico Marchetti; 20-Giuseppe Biava, 3-Andre Dias, 2-Michael Ciani; 15-Alvaro Gonzalez, 24-Cristian Ledesma, 23-Ogenyi Onazi, 33-Marius Stankevicius; 87-Antonio Candreva, 6-Stefano Mauri; 11-Miroslav Klose

Adriano Perhitungkan Postur Pemain Bayern

Posted: 20 Apr 2013 07:39 PM PDT

BARCELONA, KOMPAS.com - Bek Barcelona, Adriano, mengatakan, Bayern Muenchen memiliki pemain-pemain yang secara fisik bisa menyulitkan timnya dalam duel-duel di udara, saat kedua kubu melakoni pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions, di Allianz Arena, Selasa (23/4/2013).

"Jika aku harus bermain sebagai bek tengan dan menghadapi pemain-pemain jangkung Bayern, sepertinya saya harus memasang per di sepatu saya," kata bek bertinggi 172 cm ini, seperti dilansir El Mundo Deportivo.

Melawan Bayern, Adriano bisa dipastikan akan berhadapan dengan penyerang seperti Mario Gomez, Claudio Pizarro serta Mario Mandzukic yang menurut Adriano merupakan finisher luar biasa. Pun begitu, Adriano menyatakan akan melakukan yang terbaik.

"Banyak persaingan untuk mendapatkan kesempatan bermain, da kami semua ingin main., tetapi aku akan senang bermain di posisi mana pun pada pertandingan Liga Champions," jelas Adriano.

Mengenai kontraknya yang akan habis tahun depan, Adriano mengatakan, "Aku ingin tetap di klub ini. Namun, sejauh ini belum ada pembicaraan lebih jauh antara aku dan pihak klub. Barcelona mengajukan penawaran, aku mengajukanpenawaran, tapi belum ada penyelesaian," tuturnya.

No comments:

Post a Comment