KOMPAStekno

KOMPAStekno


Inilah Lensa Zoom "Bukaan" Terbesar

Posted: 21 Apr 2013 07:32 AM PDT


KOMPAS.com - Lensa zoom dengan bukaan (aperture) konstan untuk kamera SLR umumnya hanya memiliki bukaan maksimal f/2.8. Jika ingin lebih lebar dari itu, pilihan satu-satunya adalah berailh ke lensa prime (fixed).

Kini tidak lagi, Sigma, salah satu pihak ketiga yang memproduksi lensa untuk kamera dari merk-merk terkenal, memperkenalkan lensa zoom pertama dengan constant aperture selebar f/1.8.

Nama lengkap lensa ini adalah Sigma 18-35mm f/1.8 DC HSM. Dua huruf "DC" menandakan bahwa lensa dengan rentang zoom 2x ini didesain khusus untuk kamera DSLR dengan sensor APS-C dan tidak bisa dipakai pada kamera full-frame.

Rentang focal length 18-35mm pada lensa ini setara dengan 27-52,5mm pada kamera full-frame. Ini mencakup tiga focal length populer pada lensa prime, yaitu 28mm, 35mm, dan 50mm.

Adapun "HSM" menandakan bahwa lensa yang bersangkutan dilengkapi motor "hipersonik" besutan Sigma yang memungkinkan AF lebih gesit dibanding motor konvensional.

Lensa ini adalah anggota dari lini "Art" produk-produk baru Sigma. Dua lini lensa lainnya adalah "Contemporary" dan "Sports".

Sejauh ini, Sigma diketahui bakal menyediakan lensa ini dalam dua versi mounting, yaitu untuk Nikon dan Canon.

Seperti jajaran lensa-lensa baru lainnya dari Sigma, lensa ini juga kompatibel dengan software Optimization Pro yang memungkinkan pengguna mengatur presisi fokus dan beberapa tweaking lainnya dari komputer.

"Game" Horor Bandung Diminati Pembuat Film

Posted: 21 Apr 2013 03:49 AM PDT

BANDUNG, KOMPAS.comGame horor berjudul DreadOut, yang tengah digarap Digital Happiness, kini tengah diincar produser untuk dibuat versi filmnya. Padahal, game itu baru rampung 40 persen.

Hal itu terungkap di sela wawancara Kompas dengan Game Producer Digital Happiness, Rachmad Imron, di kantor mereka di daerah Terusan Cigadung Timur, Kamis (18/4/2013). Imron menerima panggilan telepon di tengah wawancara dari sebuah rumah produksi yang baru saja meluncurkan film untuk remaja.

Dari pembicaraan tersebut, tampaknya pihak pembuat film itu berminat untuk mengangkat cerita DreadOut ke layar bioskop. Mereka meminta Imron untuk datang ke Jakarta dan bertemu secara langsung.

"Wah, belum dulu deh. Kami masih harus menyelesaikan game-nya terlebih dahulu," kata Imron.

Dia mengungkapkan, rumah produksi yang meneleponnya tadi bukanlah pihak pertama yang mengajukan penawaran serupa. Dia menyebut beberapa nama yang menghubungi sebelumnya dengan maksud sama.

Animo tersebut diduga muncul menyusul demo game DreadOut yang dirilis tanggal 31 Maret 2013. Respons positif didapatkan dengan maraknya video ulasan, tidak hanya dari Indonesia, tetapi ada pula yang berasal dari luar negeri yang sudah ditonton lebih dari 1 juta kali.

Menurut Imron, pihaknya saat ini lebih memutuskan untuk berkonsentrasi merampungkan DreadOut. Tanpa bersedia menyebut bulan yang pasti, Imron mengatakan bahwa game tersebut bakal dirilis tahun 2013.

DreadOut mengisahkan Linda, pelajar SMA yang terdampar bersama teman-temannya di sebuah desa yang ditinggalkan. Linda harus mencari keberadaan teman-temannya yang menghilang sambil mengungkap misteri di balik desa tersebut.

Aspek horor muncul karena Linda harus berhadapan dengan berbagai hantu yang tidak bisa dilihat secara kasatmata. Satu-satunya jalan adalah mengintipnya melalui layar ponsel yang dimiliki.

SanDisk Kenalkan Cruzer Orbit

Posted: 21 Apr 2013 03:12 AM PDT

KOMPAS.com - SanDisk memperkenalkan USB flash disk Cruzer Orbit. Keunikan yang ditawarkannya adalah bentuknya yang bisa diputar 360 derajat.

Perangkat ini dirancang dengan penutup konektor USB yang bisa dibuka-tutup dengan memutar cincin pada tubuhnya.

Cruzer Orbit tersedia mulai dari kapasitas 4GB hingga kapasitas 32GB.

Sebagai tambahan, perangkat ini mengandung software SanDisk SecureAccess (Windows), untuk melakukan enkripsi pada file penting di dalamnya. Untuk Mac, pengguna perlu mengunduh software-nya secara terpisah.

Selain itu, juga tersedia layanan penyimpanan awan untuk backup data yang ada di dalamnya.

Jeroan Kamera iPhone Terbaru Bocor?

Posted: 21 Apr 2013 01:17 AM PDT

KOMPAS.com - Peningkatan apa saja yang bakal diterapkan Apple pada smartphone generasi berikutnya?

Salah satu kabar terbaru yang dilansir PetaPixel menyebutkan bahwa perangkat yang sering disebut sebagai "iPhone 5" ini kan mengusung modul kamera baru dengan resolusi 12 megapixel.

Bukan hanya resolusi saja yang ditingkatkan, kamera jenis baru ini kabarnya juga akan memiliki kapabilitas low-light yang lebih baik sehingga mampu menghasilkan gambar lebih bagus di kondisi minim cahaya.

Satu lagi tambahan fiturnya adalah fotografi High-Dynamic-Range (HDR) yang memperlebar rentang tangkapan tonal warna.

Apple dikabarkan turut merombak desain kamera untuk mengatasi masalah "purple fringing" yang sempat membuat heboh sebagian pemilik awal iPhone 5.

Sebelumnya, Apple memakai model kamera 8 megapixel pada dua andalan terdahulu, iPhone 4S dan iPhone 5. Pada iPhone 5, Apple memfokuskan peningkatan kamera pada performa low-light dan kecepatan pengambilan gambar, bukan tingkat resolusi.

Bocoran gambar modul kamera yang diklaim sebagai milik iPhone 5S pun telah beredar di internet. Bentuknya disebut mirip dengan modul kamera pada iPhone 5. 

No comments:

Post a Comment