KOMPASbola

KOMPASbola


Lawan Bayern, Pertahanan Barcelona Terancam Rapuh

Posted: 19 Apr 2013 09:52 PM PDT

AFP PHOTO / QUIQUE GARCIA

Gelandang bertahan Barcelona dari Argentina, Javier Mascherano (kiri), dan dokter Ricard Pruna (kanan), tiba di pusat medis FC Barcelona Sports Center Joan Gamper di Sant Joan Despi, dekat Barcelona, Rabu (3/4/2013), sehari setelah Barcelona ditahan imbang tuan rumah Paris Saint-Germain 2-2 dalam laga perdana Liga Champions.

BARCELONA, KOMPAS.com - Barcelona dipastikan tak diperkuat Carles Puyol dan Javier Mascherano dalam pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions kontra Bayern Muenchen di Stadion Allianz Arena, Selasa (23/4/2013). Pasalnya, kedua pemain tersebut belum pulih dari cedera.

Puyol dibelit cedera lutut dan mengharuskan bek timnas Spanyol tersebut naik ke meja operasi pada Maret lalu. Adapun Mascherano diprediksi baru pulih pada semifinal kedua. Sama dengan Puyol, pemain asal Argentina tersebut dibekap cedera lutut --otot ligament kanannya robek-- saat tampil melawan Paris Saint-Germain di babak perempat final.

"Puyol dan Mascherano punya kesempatan kembali tampil melawan Bayern. Namun, kini peluang itu telah tertutup," tutur asisten pelatih Jordi Roura.  

Selain Mascherano dan Puyol, pilar pertahanan El Barca lainnya, Adriano Correia, harus absen akibat akumulasi kartu. Tak tampilnya tiga pemain itu membuat Pelatih Tito Vilanova harus memeras otak lebih keras untuk menentukan pendamping Gerard Pique di jantung lini belakang Barca. Alex Song atau Sergio Busquets kemungkinan besar menggantikan peran yang biasa dimainkan Puyol atau Mascherano itu.  (SW)

Xavi: Mustahil Casillas Membelot

Posted: 19 Apr 2013 09:42 PM PDT

BARCELONA, KOMPAS.com — Gelandang Barcelona, Xavi Hernandez, berpendapat, Iker Casillas takkan melukai pendukung Real Madrid dengan memilih bergabung ke El Barca, jika benar kiper asal Spanyol tersebut meninggalkan Santiago Bernabeu pada suatu saat nanti.

Casillas sempat dibelit cedera retak tulang telapak tangan saat berlaga melawan Valencia, 23 Januari 2013. Hanya dalam tempo dua hari, Madrid memboyong Diego Lopez dari Sevilla. Pelatih Jose Mourinho tampaknya puas dengan perfoma Lopez. Meski Casillas telah pulih sejak 24 Maret lalu, pelatih asal Portugal itu tetap memercayakan posisi di bawah mistar kepada Lopez.

Keputusan tersebut memunculkan kabar yang menyebutkan Barcelona akan merekrut Casillas untuk menggantikan Victor Valdes.

"Iker tak akan bergabung dengan Barca. Dia fans Madrid. Menurutku, dia tidak akan meninggalkan Madrid. Aku akan menyambutnya (jika benar Casillas ke Barcelona). Sejujurnya, menurutku, hal itu takkan terjadi," jelas Xavi.

Xavi juga mengaku prihatin dengan kondisi San Iker —sebutan Casillas— yang belum kembali mendapatkan posisi utama. Menurut gelandang timnas Spanyol tersebut, Mourinho membuat keputusan yang tak adil bagi Casillas. "Dia tidak pantas diperlakukan seperti itu," tegas Xavi.  

Mourinho kemungkinan besar bakal kembali menyimpan Casillas di bangku cadangan saat El Real menjamu Real Betis, Sabtu (20/4/2013).

"Besok, Casillas akan berada di bangku cadangan. Diego akan bermain. Namun, Iker berada dalam kondisi sempurna untuk tampil. Bukan kejutan kalau dia segera bermain karena dia memang sudah siap. Sebuah kondisi yang sempurna bagi saya dan setiap orang di sini, karena kami memiliki dua kiper dalam kondisi puncak," tutur Mourinho. (AS)

Publik Anfield Pantas Sambut Benitez

Posted: 19 Apr 2013 08:20 PM PDT

LIVERPOOL, KOMPAS.com — Pelatih Liverpool, Brendan Rodgers, berpendapat, Rafael Benitez pantas menerima sambutan menghebohkan saat kembali untuk pertama kalinya ke Anfield bersama Chelsea, Minggu (21/4/2013).  

"Rafa Benitez pantas menerima sambutan hebat karena buah kerjanya yang luar biasa yang pernah dilakukan di sini," tutur Rodgers.

Benitez sempat membesut Steven Gerrard dan kawan-kawan selama enam musim dalam rentang 2004-2010. Pelatih berkebangsaan Spanyol tersebut sukses mempersembahkan trofi Liga Champions pada akhir musim pertamanya, plus gelar kampiun Piala FA, Community Shield, dan Piala Super Eropa pada musim-musim setelahnya.

"Mereka masih menyanyikan nama Kenny (Dalglish) dan memang demikian. Dia merupakan legenda di klub ini baik sebagai pemain maupun pelatih. Mereka bernyanyi untuk para pemain. Dan, saya yakin Rafa Benitez akan menerima sambutan hebat di sini," ujar Rodgers.

Pelatih berpaspor Irlandia Utara itu ditunjuk membesut Si Merah sejak musim panas 2012. Pelatih yang diboyong dari Swansea City tersebut diharapkan membawa Liverpool lolos ke Liga Champions, mengingat Steven Gerrard dan kawan-kawan tak pernah lagi mencicipi persaingan kompetisi elite Eropa tersebut sejak 2009. Namun, tugas Rodgers cukup berat.

Dengan tersisa lima pertandingan, Liverpool masih terkunci di peringkat ketujuh dengan merangkum 50 angka, terpaut sepuluh poin dari Arsenal di peringkat keempat yang merupakan tiket terakhir Premier League untuk tampil di Liga Champions.  

"Klub berharap bisa berada di sana (Liga Champions). Jika Anda lebih banyak menempatkan beban untuk tampil di sana, hal itu akan jadi lebih sulit," tuturnya. (SCN)

Milan Pilih Thiago Silva Ketimbang Ibrahimovic

Posted: 19 Apr 2013 08:10 PM PDT

MILAN, KOMPAS.com — Kalau memiliki kesempatan dan diberi pilihan, Wakil Presiden AC Milan Adriano Galliani akan membeli kembali Thiago Silva ketimbang Zlatan Ibrahimovic.

"Kembalinya Ibrahimovic sepertinya tak mungkin, karena permintaan gajinya yang terlalu tinggi," tutur Galliani, Sabtu (19/4/2013).

"Ia profesional. Kami sedih melepasnya, tetapi ia mendapatkan uang yang tak sesuai dengan kondisi keuangan kami," lanjut pria berusia 68 tahun itu.

Milan melego kedua pemain itu pada musim panas lalu ke Paris Saint-Germain. Dari penjualan itu, I Rossoneri mendapatkan 42 juta euro (sekitar Rp 500 miliar), dengan perincian Silva dilepas dengan banderol 10 juta euro, dan sisanya adalah nilai transfer Ibrahimovic.

"Apakah saya akan memboyong kembali Thiago Silva? Tim yang lebih sedikit kebobolan memenangi scudetto...," lanjut Galliani setengah berteka-teki.

Saat ini, Milan berada di posisi ketiga Serie-A, unggul empat poin dari Fiorentina. Posisi I Rossoneri itu merupakan slot terakhir Liga Champions bagi tim-tim Italia.

Milan akan berhadapan dengan capolista atau pemuncak klasemen Serie-A sementara, Juventus, di Turin pada Minggu (21/4/2013).

Dilatih Bepe, Dapat Buku Gratis

Posted: 19 Apr 2013 07:52 PM PDT

JAKARTA, LIGAKG.com — Duta Liga Kompas Gramedia (LKG) U-14, Bambang Pamungkas, akan memberikan coaching clinic kepada 100 siswa SSB se-Jabodetabek di Lapangan Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (28/4/2013). Selain akan memberikan teknik dan tips bermain bola, ia juga akan membagikan bukunya yang berjudul "Ketika Jemariku Menari" secara gratis kepada peserta.

Coaching clinic ini bagian dari acara laga Bintang Muda LKG. Pendaftaran coaching clinic dibuka untuk SSB se-Jabodetabek secara gratis. Pendaftaran bisa dilakukan lewat email dengan alamat ligakg2@gmail.com sebelum tanggal 27 April 2013.

Secara total, panitia membatasi hanya 100 peserta untuk berlatih bersama Bepe. Sebanyak 48 orang berasal dari SSB peserta LKG U-14 tahun 2013. Setiap SSB peserta LKG hanya boleh mengirimkan 3 anak didik untuk ikut coaching clinic ini atau total 48 orang. Adapun untuk 52 tempat dibuka secara umum untuk siswa SSB se-Jabodetabek.

SSB yang tertarik bisa mendaftarkan anak didiknya untuk mengikuti kesempatan berharga tersebut dengan batasan maksimal 5 pemain. Sementara itu, peserta yang didaftarkan harus di bawah umur 12 tahun. Pendaftar tinggal menyebutkan nama siswa yang didaftarkan, asal SSB, dan alamat SSB (alamat kantor dan nomor telepon yang bisa dihubungi).

Pendaftaran bisa dilakukan via email ke alamat ligakg2@gmail.com atau langsung ke panitia di setiap laga LKG di Lapangan Ciracas. Pendaftaran ditutup pada 27 April 2013. Karena tempat terbatas, diharapkan yang tertarik segera mendaftar. Pendaftar yang diterima akan mendapat konfirmasi lewat email atau secara langsung di lapangan.

Ketua Kompetisi Liga KG, Adi Prinantyo, mengatakan, Bepe akan memberikan banyak tips bermain sepak bola dalam coaching clinic tersebut. Alhasil, kesempatan singkat ini akan sangat berharga buat anak didik SSB. Apalagi, peserta akan mendapatkan buku gratis dari Bambang Pamungkas.

"Teknik-teknik dasar mungkin sudah diajarkan di SSB lain. Namun, tentu banyak tips khas Bambang Pamungkas atau pengalaman-pengalaman berharga dia yang bisa ditularkan kepada para peserta coaching clinic," jelas Adi Prinantyo.

Peringatan Prandelli untuk Balotelli

Posted: 19 Apr 2013 07:51 PM PDT

MILAN, KOMPAS.com — Pelatih Italia, Cesare Prandelli, mengingatkan Mario Balotelli untuk menjaga sikapnya karena hal itu berguna bagi kemajuan karier penyerang AC Milan tersebut.  

SuperMario sedang menjalani hukuman skors akibat mencemooh pengadil lapangan ketika timnya diimbangi Fiorentina 2-2, Minggu (7/4/2013). Sebelum pertandingan, pemain yang diboyong dari Manchester City juga sempat berulah dengan merokok di kereta api dalam perjalanan menuju Florence.

Hal itu cukup disesalkan karena publik Italia berharap Balotelli tak mengulangi tindakan-tindakan kontroversial seperti yang kerap dilakukannya di Inggris. Karena itu, Prandelli dengan cepat memperingatkan lelaki berusia 23 tahun itu. 

"Balotelli selalu terprovokasi. Dia harus belajar menjaga mulutnya dan tidak bereaksi. Sebagian besar hal dalam pertandingan adalah tetap bersikap tenang, dan dalam hal ini Mario harus meningkatkannya," tegas Prandelli kepada Rai Sport.

"Pada masa mendatang, dia akan mendapatkan lebih banyak provokasi dan dia harus bisa mengontrol dirinya," sambung eks pelatih Fiorentina itu.

Prandelli juga berkomentar mengenai pertandingan besar antara AC Milan melawan Juventus di Stadion San Siro, Minggu (21/4/2013).

"Juve semakin dekat dengan gelar juara dan Milan sedang berusaha menjaga posisinya di tempat ketiga. Itu akan jadi pertandingan yang bagus," ulas pelatih berusia 55 tahun tersebut. (RS)   

Gantikan Mourinho, Valdano Jagokan Ancelotti

Posted: 19 Apr 2013 07:46 PM PDT

MADRID, KOMPAS.com — Mantan direktur Real Madrid, Jorge Valdano, memuji kemampuan Carlo Ancelotti sebagai nakhoda tim. Sanjungannya kontan meniupkan rumor Carletto akan menggeser posisi Jose Mourinho dari jabatan pelatih Real Madrid.

"Ancelotti adalah pelatih yang bisa memahami pemain-pemain bintang," tegas Valdano kepada Marca, Sabtu (20/4/2013).

"Kemampuannya didewasakan dalam beberapa tahun terakhir. Itu perlu, seperti yang sudah terjadi, memiliki pelatih dengan kepribadian begitu kaya," sambung pria berusia 57 tahun itu.

Menurutnya, Ancelotti memiliki karakteristik sebagai pelatih berpengalaman dan kemampuannya masih berkembang pada usianya yang kini menginjak 53 tahun.

Valdano —pemenang Piala Dunia Meksiko 1986 bersama Argentina— juga memuji Xabi Alonso sebagai motor lini tengah Los Blancos, tetapi tak mau memperdebatkan siapa yang pantas tampil sebagai starter di lini depan, antara Karim Benzema atau Gonzalo Higuain.

"Lini tengah Madrid menuntut pemain berkemampuan lebih. Saya pikir, menggantikan dirinya (Alonso) sangat sulit, terutama saat ia harus absen. Xabi Alonso adalah pemain kedua terpenting di Real Madrid dalam hal pengaruh yang dimilikinya di sebuah pertandingan," ujar Valdano.

"Higuain atau Benzema? Real Madrid harus memutuskan pelatihnya lebih dulu untuk musim depan," timpalnya.

Pemenang Bayern Vs Barca Juarai Liga Champions

Posted: 19 Apr 2013 07:22 PM PDT

BARCELONA, KOMPAS.com — Barcelona akan menantang Bayern Muenchen di semifinal Liga Champions pada 23 April dan 1 Mei mendatang. Sang pemenang dalam pertandingan tersebut diprediksi akan menjadi kampiun.

"Banyak yang bilang, Bayern sedikit difavoritkan. Namun, aku melihat hal yang berbeda. Kedua tim berkekuatan seimbang. Bayern dan Barcelona merupakan dua tim terbaik Eropa. Aku yakin, pemenang pertandingan itu akan menjuarai Liga Champions," tutur gelandang PSV Eindhoven, Mark van Bommel, kepada El Mundo Deportivo.

Sedikit banyak Van Bommel mengetahui kekuatan Barca dan Bayern. Gelandang asal Belanda tersebut pernah menghabiskan kariernya selama setahun bersama Blaugrana, sebelum memutuskan hengkang ke kubu Die Bayern pada 2006 hingga 2011.

Meski begitu, Van Bommel memilih bersikap netral ketika diminta memprediksi tim mana yang bakal lolos ke final.

"Aku pernah bermain untuk kedua klub tersebut. Aku mengalami momen yang mengesankan, meski aku cukup lama bermain untuk Bayern," tutur Van Bommel.  

Satu tiket final lainnya akan diperebutkan Real Madrid dan Borrusia Dortmund. Laga kali ini jadi pertemuan ketiga kedua tim di Liga Champions 2012/13.

Sebelumnya, Madrid dan Dortmund bertarung di babak penyisihan Grup D, di mana Dortmund berhasil meraih satu kemenangan 2-1 di kandang dan mampu menahan imbang 2-2 Madrid di Santiago Bernabeu. (EMD)
 

No comments:

Post a Comment