KOMPASbola

KOMPASbola


"Pique Handsball, 3 Gol Bayern Ilegal"

Posted: 23 Apr 2013 10:07 PM PDT

MADRID, KOMPAS.com - Mantan wasit asal Spanyol, Andujar Oliver, menilai ilegal tiga Bayern Muenchen ke gawang Barcelona, pada leg pertama semifinal Liga Champions, di Allianz Arena, Selasa (23/4/2013).

Laga itu berakhir 4-0 untuk Bayern. Gol dicetak oleh Thomas Mueller (25, 82), Mario Gomez (49), dan Robben (73).

"Philipp Lahm melepaskan tembakan titis dan sikut Gerard Pique membuat bola berbelok ke belakang gawang. (Wasit) Viktor Kassai tak melihat bahwa itu penalti," ujar Oliver.

"Sepuluh menit kemudian, (Kassai) mengesahkan gol (pertama) Mueller, meski tangan Dante memegang pundak Dani Alves dan melakukan kesalahan, sebelum (Mueller) melepaskan tembakan. Ada juga handsball yang dilakukan Alexis Sanchez, meski itu tak sengaja," lanjutnya.

Untuk gol kedua, Oliver menilai itu ilegal, karena Gomez berada dalam posisi off-side. Sementara gol ketiga dinilai Oliver ilegal karena Mueller melanggar Jordi Alba, sehingga Robben mendapat ruang untuk berpenetrasi dan akhirnya mencetak gol ke gawang Victor Valdes.

Kalahkan Barca 4-0, Heynckes Belum Lega

Posted: 23 Apr 2013 09:44 PM PDT

MUENCHEN, KOMPAS.com — Pelatih Bayern Muenchen, Jupp Heynckes, menilai pasukannya tampil luar biasa saat mengalahkan Barcelona 4-0 pada leg pertama semifinal Liga Champions, di Allianz Arena, Selasa (23/4/2013). Meski begitu, ia mengaku belum lega karena masih ada leg kedua, di Camp Nou, 1 Mei 2013.

Kemenangan Bayern ditentukan oleh gol Thomas Mueller (25, 82), Mario Gomez (49), dan Arjen Robben (73). Menurut catatan UEFA, sepanjang laga itu, Bayern menguasai bola sebanyak 37 persen dan melepaskan sembilan tembakan titis dari 13 percobaan. Sementara Barcelona menciptakan dua tembakan titis dari empat usaha.

"Kami telah menampilkan permainan luar biasa sepanjang musim ini. Kegagalan meraih sukses dalam dua musim terakhir hanya membuat para pemain semakin berambisi meraihnya musim ini. Pemahaman taktik tim ini juga luar biasa, seperti halnya semangat mereka untuk berlari dan bertarung untuk satu sama lain. Pertandingan hari ini adalah contoh sempurna dari hal itu," ulas Heynckes.

"Saya gembira dengan hasil akhir, tetapi tak lebih dari itu. Saya tahu, kami masih punya pertandingan 90 menit yang sangat sulit di Spanyol. Kami akan menikmati apa yang terjadi malam ini, tetapi tak lebih dari itu. Penting bagi kami untuk berpegang pada panduan taktik ketika bertanding melawan Barcelona dan itulah yang membuat tim saya unggul musim ini," tambahnya.

Bayern Pesta 4 Gol ke Gawang Barca

Posted: 23 Apr 2013 08:36 PM PDT

MUENCHEN, KOMPAS.com — Bayern Muenchen berpesta empat gol tanpa balas saat menghadapi Barcelona pada pertandingan semifinal Liga Champions, di Allianz Arena, Selasa (23/4/2013).

Gol pertama tuan rumah dicetak Thomas Mueller pada menit ke-23. Sebuah umpan silang dari Arjen Robben dibelokkan Dante ke arah Mueller yang berada di depan gawang. Mueller menyundul bola ke arah gawang. Valdes melakukan antisipasi, tetapi tak cukup untuk mencegah bola masuk ke gawang.

Empat menit setelah turun minum, Bayern mendapatkan gol kedua dari Mario Gomez. Dari jarak dekat, Gomez meloloskan bola ke gawang Barcelona, memanfaatkan umpan Mueller.

Angka di papan skor diubah oleh Arjen Robben menjadi 3-0 pada menit ke-73. Setelah menguasai umpan Bastian Schweinsteiger, Robben menggiring bola masuk ke gawang dan, berkat bantuan Mueller, berhasil melewati Jordi Alba. Robben mengakhiri pergerakannya dengan melepaskan tembakan akurat dari sudut sempit, yang gagal dihalau Valdes.

Pesta gol Bayern ditutup oleh Mueller pada menit ke-82. Bayern membangun serangan melalui sektor kanan pertahanan Barcelona, yang berujung lepasnya umpan silang dari David Alaba. Mueller memenangi perebutan posisi dengan seorang pemain lawan sehingga bisa menyepak bola masuk ke gawang.

Secara umum, Barcelona mendominasi penguasaan bola, tetapi pemain-pemain Bayern membangun komunikasi dan koordinasi yang solid sehingga mampu memangkas umpan-umpan final Barcelona.

Di tengah kesulitan itu, Barcelona mencoba memecah kebuntuan dengan melepaskan sejumlah tembakan, tetapi tak cukup ampuh bagi Manuel Neuer.

Pada menit ke-69, misalnya, Lionel Messi melepaskan tembakan jarak dekat, tetapi diblok oleh Dante. Tak lama setelahnya, Marc Bartra melakukan usaha serupa, tetapi tak membuahkan gol akibat langkah antisipasi Neuer.

Di sisi lain, Bayern selalu berusaha mengalirkan bola dengan cepat ke lini pertahanan lawan melalui sektor sayap. Dengan permainan umpan silang ditambah keunggulan postur badan, Bayern mampu menyulitkan lini belakang lawan dalam menutup ruang dan menentukan siapa pemain yang perlu dikawal.

Menurut catatan UEFA, sepanjang pertandingan, Bayern menguasai bola sebanyak 37 persen dan melepaskan sembilan tembakan titis dari sembilan usaha. Sementara Barcelona melepaskan dua tembakan akurat dari empat percobaan.

Bayern: 1-Manuel Neuer; 21-Philipp Lahm, 17-Jerome Boateng, 4-Dante, 27-David Alaba; 8-Javi Martínez, 31-Bastian Schweinsteiger; 10-Arjen Robben, 25-Thomas Mueller (14-Claudio Pizarro 83), 7-Franck Ribery (11-Xherdan Shaqiri 89); 33-Mario Gomez (30-Luis Gustavo Dias 71)

Barcelona: 1-Victor Valdes; 2-Dani Alves, 3-Gerard Pique, 15-Marc Bartra, 18-Jordi Alba; 6-Xavi, 16-Sergio Busquets, 8-Andres Iniesta; 9-Alexis Sanchez, 10-Lionel Messi, 17-Pedro (7-David Villa 83)

Wasit: Viktor Kassai (Hongaria)

Suarez Mengaku Salah, tetapi Keberatan Diskors 3 Laga

Posted: 23 Apr 2013 08:05 PM PDT

LIVERPOOL, KOMPAS.com — Federasi Sepak Bola Inggris (FA) menyatakan bahwa penyerang Liverpool, Luis Suarez, menerima gugatan FA terhadapnya berkaitan dengan insiden penggigitan yang dilakukan Suarez terhadap bek Chelsea, Branislav Ivanovic, pada laga Premier League, di Anfield, Minggu (21/4/2013).

"Luis Suarez menerima gugatan bertindak tak pantas berkaitan dengan insiden antara dirinya dan pemain Chelsea Branislav Ivanovic pada pertandingan hari Minggu di Anfield," ujar FA.

"Namun, Suarez berkeberatan dengan pertimbangan FA, yaitu hukuman standar berupa larangan bermain dalam tiga pertandingan tidak cukup untuk pelanggaran ini."

"Pelanggaran itu tidak dilihat oleh ofisial pertandingan dan karenanya ditinjau kembali."

"Komisi Regulasi Independen akan menggelar sidang kasus ini besok, Rabu (24/4/2013)," demikian pernyataan FA.

Mueller Bawa Bayern Tinggalkan Barca

Posted: 23 Apr 2013 07:36 PM PDT

MUENCHEN, KOMPAS.com — Bayern Muenchen unggul 1-0 atas Barcelona hingga akhir babak pertama pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions, di Allianz Arena, Selasa (23/4/2013).

Gol tuan rumah dicetak Thomas Mueller pada menit ke-23. Sebuah umpan silang dari Arjen Robben dibelokkan Dante ke arah Mueller yang berada di depan gawang. Mueller menyundul bola ke arah gawang. Valdes melakukan antisipasi, tetapi tak cukup untuk mencegah bola masuk ke gawang.

Secara umum, Barcelona mendominasi pertandingan. Namun, pemain-pemain Bayern tampil disiplin dan mampu menjaga fokus sehingga bisa mematahkan umpan-umpan krusial tim tamu.

Pada menit ke-30, misalnya, Pedro melepaskan umpan silang, dengan Messi yang berdiri tanpa pengawalan di belakang Dante siap menyepak bola masuk ke gawang. Namun, Dante mampu memotong alur umpan itu.

Selain itu, Bayern juga berusaha tampil efektif. Setiap menguasai bola, mereka mengalirkan serangan melalui sektor sayap dan berusaha membuka ruang dengan umpan-umpan silang.

Pada menit kedua, misalnya, Bayern membangun serangan melalui sektor kiri pertahanan Barcelona. Setelah bekerja sama dengan Javi Martinez, Arjen Robben melepaskan tembakan dari tengah kotak penalti. Tembakan itu tampak akurat, tetapi Valdes masih bisa mengebloknya.

Menurut catatan UEFA, sepanjang paruh pertama, Bayern menguasai bola sebanyak 38 persen dan melepaskan empat tembakan titis dari empat percobaan. Adapun Barcelona hanya melepaskan satu tembakan, yang tidak mengarah tepat ke sasaran.

Bayern: 1-Manuel Neuer; 21-Philipp Lahm, 17-Jerome Boateng, 4-Dante, 27-David Alaba; 8-Javi Martínez, 31-Bastian Schweinsteiger; 10-Arjen Robben, 25-Thomas Mueller, 7-Franck Ribery; 33-Mario Gomez

Barcelona: 1-Victor Valdes; 2-Dani Alves, 3-Gerard Pique, 15-Marc Bartra, 18-Jordi Alba; 6-Xavi, 16-Sergio Busquets, 8-Andres Iniesta; 9-Alexis Sanchez, 10-Lionel Messi, 17-Pedro

Wasit: Viktor Kassai (Hongaria)

Messi Starter, Gomez Gantikan Mandzukic

Posted: 23 Apr 2013 06:24 PM PDT

MUENCHEN, KOMPAS.com — Penyerang Barcelona, Lionel Messi, akan tampil sebagai starter pada pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions melawan Bayern Muenchen, di Allianz Arena, Rabu (24/4/2013) pukul 01.45 WIB. Messi yang sempat diragukan tampil karena cedera otot paha dinyatakan siap tampil oleh tim medis Barcelona pada Selasa (23/4/2013) pukul 23.15 WIB. 

Berikut ini adalah susunan pemain Bayern dan Barcelona untuk pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions tersebut, seperti dilansir situs resmi UEFA.

Bayern (4-2-3-1): 1-Manuel Neuer; 21-Philipp Lahm, 17-Jerome Boateng, 4-Dante, 27-David Alaba; 8-Javi Martínez, 31-Bastian Schweinsteiger; 10-Arjen Robben, 25-Thomas Mueller, 7-Franck Ribery; 33-Mario Gomez

Cadangan: 22-Tom Starke (kiper), 5-Daniel van Buyten, 13-Rafinha, 11-Xherdan Shaqiri, 30-Luis Gustavo Dias, 44-Anatoliy Tymoschuk, 14-Claudio Pizarro

Pelatih: Jupp Heynckes

Barcelona (4-3-3): 1-Victor Valdes; 2-Dani Alves, 3-Gerard Pique, 15-Marc Bartra, 18-Jordi Alba; 6-Xavi, 16-Sergio Busquets, 8-Andres Iniesta; 9-Alexis Sanchez, 10-Lionel Messi, 17-Pedro

Cadangan: 13-Jose Manuel Pinto (kiper), 19-Martin Montoya, 22-Eric Abidal, 4-Cesc Fabregas, 11-Thiago, 25-Alex Song, 7-David Villa

Pelatih: Tito Vilanova

Wasit: Victor Kassai (Hongaria)

Oezil: Selamat, Goetze

Posted: 23 Apr 2013 04:56 PM PDT

DORTMUND, KOMPAS.com — Gelandang Real Madrid, Mesut Oezil, mengucapkan selamat kepada Mario Goetze atas keputusannya pindah dari Borussia Dortmund ke Bayern Muenchen.

Bayern resmi mendapatkan Goetze. Die Rotten harus mengucurkan dana 37 juta euro (sekitar Rp 445 miliar) demi mendapatkan tanda tangan gelandang serang berpostur 176 sentimeter itu. Goetze akan bergabung dengan Bayern mulai 1 Juli 2013. Saat itu, Bayern berada dalam arahan nakhoda barunya, Josep Guardiola.

"Aku bahagia dengan keputusannya karena dia teman yang baik dan pemain yang hebat," jelas Oezil.

Dalam kesempatan itu, Oezil juga berharap El Real memiliki keberuntungan untuk menjuarai Liga Champions musim ini. Saat ini, Si Putih berhasil melaju ke semifinal dengan Borrusia Dortmund sebagai penantangnya. Los Merengues akan lebih dulu bertandang ke markas Dortmund pada leg pertama di Stadion Signal Iduna Park, Rabu (23/4/2013). 

"Aku sudah tiga tahun bersama Real Madrid. Untuk ketiga kalinya, kami berhasil menembus semifinal. Kini, kami ingin mencapai final," tutur gelandang asal Jerman tersebut. (GL)

Milner: Tunggu Pembalasan Kami, MU

Posted: 23 Apr 2013 04:31 PM PDT

MANCHESTER, KOMPAS.com — Gelandang Manchester City, James Milner, mengaku terluka setelah menyaksikan keberhasilan Manchester United menjuarai Premier League 2012/13. Namun, menurut Milner, Setan Merah pantas meraih gelar kampiun tersebut karena mereka terbukti sebagai tim yang sangat kuat.

"Sungguh menyakitkan. Manchester United tim kuat dan liga tidak mungkin berbohong. Jadi mereka pantas meraihnya," jelas Milner kepada Sky Sports.

MU memastikan gelar juara ke-20 Liga Inggris setelah berhasil mengalahkan Aston Villa 3-0 di Stadion Old Trafford, Senin atau Selasa (23/4/2013) dini hari WIB. Semua gol The Red Devils diberondongkan Robin van Persie (menit ke-2, 13, 33).

Hasil tersebut mengubur impian Manchester City mempertahankan gelar juara. Manchester Biru yang berada di peringkat kedua tertinggal 16 poin dari MU. Mustahil bagi tim besutan Roberto Mancini bisa menyalip MU meskipun meraih kemenangan dalam lima laga sisa.

Meski begitu, Milner mengaku yakin, kegagalan musim ini akan menjadi pelecut semangat timnya tampil lebih baik pada musim depan.

"Kami sangat kecewa. Namun, kegagalan ini jadi pembakar semangat kami untuk kembali menang pada musim depan. Mudah-mudahan kami bisa mengakhiri musim ini dengan sebuah gelar juara," tutur gelandang asal Inggris tersebut.

City masih mempunyai kesempatan meraih trofi setelah memastikan tiket final Piala FA. Armada Roberto Mancini akan ditantang tim medioker Premier League sekaliber Wigan Athletic di Stadion Wembley, Sabtu (11/5/2013). Mahkota kampiun itu yang sedikit banyak jadi pelipur lara City mempertahankan jawara liga.

"Kami melihat bagaimana beratnya mempertahankan gelar juara dan MU menggunakan kekecewaan musim lalu sebagai pelecut semangat pada musim ini. Mereka sangat bagus di liga dan sangat sulit (dikalahkan). Mereka pantas (jadi juara) dan kami harus mengevaluasi kesalahan kami plus memperbaikinya," lanjut Milner. (SKY)

No comments:

Post a Comment